Bacaterus / Drama Korea / 10 Drama Korea Bertema Detektif yang Sangat Menegangkan

10 Drama Korea Bertema Detektif yang Sangat Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2019

Salah satu genre drama Korea yang tak kalah menarik untuk ditonton adalah drama yang bertema detektif. Drama bertema detektif pun tetap diracik dengan apik sehingga menghasilkan drama yang menarik untuk ditonton, bahkan membuat penonton susah beranjak dan ingin terus menonton. Drama-drama tersebut menyajikan berbagai macam masalah dari penipuan hingga pembunuhan.

Yang membuat penonton tak bergeming dan tegang ketika menonton adalah cara para detektif itu beraksi dalam menyelesaikan masalah. Banyak teka-teki yang disajikan yang membuat penonton terus menerka-nerka. Dari banyaknya drama bertema detektif, berikut 10 judul drama yang Bacaterus rekomendasikan untuk ditonton.

10 Drama Korea Bertema Detektif

1. Bad Detective

Bad Detective

* sumber: www.koreandrama.org

Drama terbaru yang tayang di stasiun televisi MBC ini sudah mulai menarik banyak penonton. Ini terbukti dengan keberhasilan drama ini menduduki puncak rating untuk drama yang tayang pada hari Senin dan Selasa. Hebatnya lagi, drama ini sukses meraih rating double digit di 2 hari penayangan perdananya.

Bad Detective atau dikenal juga dengan judul “Less than Evil” ini merupakan drama remake dari serial TV BBC berjudul “Luther” yang dibintangi oleh Idris Elba. Tokoh utama drama ini adalah Woo Tae Suk (Shin Ha Kyun) yang merupakan seorang detektif mapan dan berpengalaman. Walaupun dia seorang detektif yang sukses, Tae Suk adalah seorang yang penuh dengan kepahitan dan kesepian.

Cara Tae Suk menyelesaikan kasus cukup kontroversial karena caranya terkadang menabrak batasan baik dan jahat. Secara tak sengaja Tae Suk bertemu dengan seorang perempuan psikopat bernama Eun Sun Jae (Lee Seol). Karena kurang bukti, Sun Jae tak bisa dia tangkap. Akhirnya, sang perempuan memutuskan untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus Tae Suk.

2. Life on Mars

Life on Mars

* sumber: www.koreandrama.org

Satu lagi drama Korea remake dari serial televisi BBC dengan judul yang sama, Life on Mars. Drama versi aslinya tayang pada tahun 2006 sampai 2007. Drama ini dibintangi oleh Jung Kyung Ho dan Park Sung Woo yang muncul dalam drama The Smile Has Left Your Eyes sebagai seorang polisi. Ada juga Go Ah Sung, Oh Dae Hwan dan Noh Jong Hyun yang ikut berperan dalam Life on Mars.

Cerita Life on Mars berpusat pada tokoh Hae Tae Joo (Jung Kyung Ho) yang merupakan seorang kepala tim investigasi kejahatan. Dia memiliki karir yang cemerlang. Suatu hari dia mengalami hal aneh. Ketika di sedang melakukan investigasi sebuah kasus pembunuhan berantai, dia mendapat kecelakaan. Saat terbangun, dia menemukan dirinya berada di tahun 1988.

Dia tak paham mengapa dia sampai terbawa ke masa lalu. Namun, yang dia ketahui saat itu dia merupakan seorang detektif yang bertugas sebuah kantor polisi di sebuah kota kecil. Dia akhirnya mencoba menyelesaikan kasus pembunuhan berantai itu agar bisa kembali ke masa sekarang.

3. The Ghost Detective

The Ghost Detective

* sumber: www.koreandrama.org

The Ghost Detective berkisah tentang seorang detektif swasta bernama Lee Da Il (Choi Daniel) yang berusaha menangani kasus kehilangan anak-anak. Dia bertemu dengan Jung Yeo Wool (Park Eun Bi) yang mengutarakan tentang kematian adiknya yang bernama Jung Yi Rang (Chae Jin Ah) yang menurutnya tidak masuk akal padanya.

Da Il lalu menginstruksikan Yeo Wool cara menangkap pembunuhnya. Seorang manajer merasa resah ketika anak perempuannya berbicara ngelantur tentang pembunuhan Yi Rang. Saat dia bangun dari pingsan akibat mengalami benturan, si manajer berusaha mengatasi halusinasinya. Dia pun lari ke atap restoran dan mencoba loncat.

Saat Da Il dan Yeo Wool mengikutinya dan mencoba menghentikannya pria itu untuk tidak meloncat, Da Il gagal menangkap tangan si pria. Dia hanya bisa menangkap angin. Untunglah ada Yeo Wool yang berhasil menolongnya. Saat itulah Da Il menyadari kalau dia sudah tidak ada lagi di dunia ini.

4. Voice 2

Voice 2

* sumber: www.koreandrama.org

Akhirnya, ahli profiler suara, Kang Kwon Joo, kembali lagi. Voice 2 berhasil menarik perhatian penonton karena alur ceritanya yang menarik. Drama ini bercerita tentang kehidupan yang penuh dengan konflik dan kekacauan di bagian pusat panggilan darurat ketika mereka bertugas menyelidiki kasus-kasus.

Di sekuel kedua ini, akan mengisahkan ahli profiler suara Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) dan detektif psikopat, Do Kang Woo (Lee Jin Wook). Mereka sedang mengamati TKP melalui pikiran si penjahat. Keduanya bergabung dalam satu tim karena Kwon Joo bisa mendengar kejahatan dan Kang  Woo bisa menggambarkan kejahatan itu melalui pikiran.

Mereka tak menyadari bahwa yang menghubungkan mereka adalah dalang dari pembunuhan yang sedang mereka selidiki. Kwon Joo dan Kang Woo mencoba menyelesaikan kejahatan paling berbahaya yang pernah ada di kota tersebut dan hanya yang kuat yang akan bertahan sampai akhir.

5. Black

Black

* sumber: www.koreandrama.org

Black adalah drama kriminal yang juga bergenre fantasi. Di ceritakan seorang malaikat maut alias grim reaper bernama Nr. 444 (Kim Tae Woo) yang merupakan grim reaper legendaris di antara para malaikat maut lainnya. Dia tidak pernah mati dan hanya memiliki perasaan tidak suka atau jijik terhadap manusia.

Dia ditugaskan untuk melacak partnernya yang menjadi pelarian. Dalam usahanya tersebut dia memasuki tubuh seorang detektif polisi bernama Han Moo Gang (Song Seun Heon). Nr. 444 alias Black  berhasil mengungkap kebenaran tentang sebuah pembunuhan berdarah dingin dari 20 tahun yang lalu saat mengejar partnernya tersebut.

Menyelidiki pembunuhan membuat tugasnya sebagai seorang malaikat kematian yang mengarahkan orang-orang yang meninggal ke dunia keabadian menjadi sulit. Apalagi dia pun jatuh cinta dengan seorang perempuan yang bernama Kang Ha Ram (Go Ah Ra) sehingga membuatnya melanggar peraturan untuk tidak terlibat dengan urusan manusia.

6. Voice

Voice

* sumber: www.koreandrama.org

Voice season satu mengisahkan aksi dua detektif, yaitu Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) dan Kang Kwon Joo (Lee Ha Na), yang seorang profiler suara lulusan Amerika. Mereka berdua bekerja sama untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang membunuh keluarga mereka.

Setelah istrinya meninggal karena dibunuh, kehidupan Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) menjadi tidak terkendali. Dia mulai bekerja sama dengan Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) setelah bertemu dengannya. Jika Jin Hyuk kehilangan istrinya, Kwon Joo kehilangan ayahnya yang seorang polisi karena dibunuh oleh pembunuh berantai yang sama beberapa tahun sebelumnya.

Mereka bekerja sama dalam tim pusat panggilan 112 (nomor telepon darurat) untuk menemukan pembunuh keluarga mereka.

7. Tunnel

Tunnel

* sumber: www.koreandrama.org

Drama Tunnel menceritakan seorang detektif bernama Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang bertugas di unit kejahatan berat di kantor polisi Hwayang. Pada tahun 1986 dia sedang bertugas menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang menargetkan wanita sebagai korbannya. Korban wanita itu ditandai dengan titik-titik di pergelangan kakinya.

Ketika sedang mencoba menangkap pelaku pembunuhan di dalam terowongan tempat ditemukannya salah satu korban, pelaku itu lepas. Akibat di pukul dengan batu berat oleh pelaku, Kwang Ho kehilangan kesadarannya. Bangun-bangun dia sudah berada di 30 tahun ke depan pada tahun 2016.

Kebingungan dengan apa yang terjadi dia mengasumsikan identitas seorang perwira polisi yang memiliki nama yang sama dengannya. Karena ingin kembali ke masa dulu, dia pun berkali-kali berlari ke terowongan misterius itu tapi tak mendapatkan hasil. Akhirnya dia terus bekerja di unit kejahatan berat Hwayang untuk sambil memecahkan kasus pembunuhan berantai agar bisa kembali.

8. Stranger

Stranger

* sumber: www.koreandrama.org

Drama ini bergenre thriller yang menceritakan seorang jaksa yang kehilangan emosinya. Ketika kecil Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) pernah mengalami operasi otak. Operasi tersebut membuatnya kehilangan emosi. Hwang Shi Mok dewasa tumbuh menjadi pribadi yang rasional tetapi dingin dan hidup dalam kesepian. Shi Mok berprofesi sebagai jaksa dan satu-satunya jaksa yang tidak korupsi.

Suatu hari dia menemukan sesosok mayat yang dilemparkan ke hadapannya. Di TKP dia bertemu seorang letnan polisi bernama Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Akhirnya mereka bekerja sama membongkar kebusukan di kantor kejaksaan dan kasus pembunuhan berantai.

Serial ini sukses di dalam dan luar negeri dan mendapatkan ulasan yang baik untuk plotnya yang rapat, rangkaian adegan yang mencengkeram dan penampilan para tokohnya yang kuat. Stranger muncul di New York Times sebagai salah satu acara TV terbaik 2017, juga mendapatkan beberapa penghargaan termasuk Grand Prize untuk televisi di Baeksang Arts Awards.

9. Pied Piper

Pied Piper

* sumber: www.koreandrama.org

Drama Pied Piper fokus pada cerita seorang polisi di gugus tugas negosiasi yang memiliki khusus menangani situasi yang tegang dan paling buruk yang membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi. Sang polisi itu bernama Joo Sung Chan (Shin Ha Kyun). Dia seorang pemimpin negosiator jenius di unit polisi yang menangani kasus berisiko tinggi.

Yeo Myung Ha (Jo Yoon Hee) adalah seorang inspektur di tim negosiasi krisis. Bersama dengan Sung Chan, mereka  setiap hari melakukan pekerjaan yang berisiko tinggi, seperti ancaman teroris dan penyanderaan yang bisa jadi membahayakan kehidupan orang tidak bersalah. Pekerjaan mereka mendapat tantangan dari Son Hee Sung (Yoo Joon Sang), seorang jurnalis dari stasiun TNN.

10. Signal

Signal

* sumber: www.koreandrama.org

Berawal dari sebuah walkie talkie milik seorang polisi bernama Lee Jae Han (Jo Jin Woong) yang hidup di jaman berbeda, seorang polisi profiler bernama Park Hae Yeong (Lee Je Hoon) berhasil mengungkap sebuah kasus pembunuhan yang terjadi 15 tahun yang lalu. Kasus tersebut adalah kasus yang dialami oleh Park Hae Young ketika kecil.

Bersama detektif polisi senior di kantornya yang bernama Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo), mereka berhasil menangkap pembunuh sebenarnya. Akhirnya dia dan beberapa polisi lainnya termasuk Cha Soo Hyun ditempatkan di unit kasus-kasus yang tak terselesaikan. Bekerja sama dengan polisi Lee Jae Han, Park Hae Yeon dan timnya berhasil mengungkap semua misteri kasus-kasus lama tersebut.

11. Sensory Couple

Sensory Couple

* sumber: www.koreandrama.org

Apa jadinya jika kamu bisa melihat bau? Itulah yang terjadi dengan drama berjudul Sensory Couple atau The Girl Who Can See Smells. Drama tentang psikopat ini adaptasi dari webcomic berjudul “Naemsaereul Boneun Sonyeo” karya Man Chwi.

Diceritakan Choi Moo Gak (Park Yoo Chun) kehilangan adiknya dalam kasus pembunuhan dengan barcode. Karena kematian adiknya dia mengalami trauma. Selama dua bulan dia tak bisa tidur dan selalu merasa kesakitan. Dia sempat koma dan dinyatakan mati selama 10 hari. Saat sadar, dia kehilangan indera penciuman dan perasa dan tak bisa merasa sakit.

Di saat yang sama ada seorang gadis bernama Oh Cho Rim (Shin Se Kyung) yang selamat dari pembunuhan barcode tersebut. Akibat peristiwa itu Cho Rim kehilangan ingatan, tetapi dia memiliki kemampuan melihat bau.

Mereka akhirnya bertemu ketika Cho Rim memerlukan pasangan untuk audisi sebagai pelawak. Moo Gak setuju tetapi dia meminta Cho Rim membantunya menyelesaikan kasus-kasus kejahatan yang ditangani timnya.

Itulah sebelas judul drama Korea bertema detektif yang sangat menarik dan menegangkan. Penonton pasti diaduk-aduk emosinya ketika menonton. Dari 11 judul itu, manakah drama yang pernah kamu tonton dan bagaimana pendapatmu tentang drama tersebut? Simak juga artikel drama action Korea terbaik ini untuk menambah referensi Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar