10 Drama Korea tentang Bullying, Belajar Banyak dari Drama Perisakan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Bullying atau perisakan menjadi tema yang sensitif sekaligus tak ada habisnya untuk diangkat menjadi sebuah drama. Walau ikut jengkel dan marah melihat tindak kekerasan atau penganiayaan pada sosok yang dianggap lebih lemah, drama Korea tentang bullying kerap memberi banyak moral value.

Selain itu meski berangkat dari premis yang sama, drama-drama bertemakan bullying punya pengemasan cerita dan pesan yang berbeda. Tidak heran jika beberapa drama Korea yang mengangkat isu tersebut meraih kesuksesan. Lalu, apa saja drama Korea yang mengangkat isu tersebut? Kami pilihkan sepuluh judul untukmu!  

1. Weak Hero Class 1

drakor tentang bullying-1_

Yeon Si Eun tidak pernah tertarik bersosialisasi dengan siapa pun selama di kelas. Dia sangat diam dan hanya fokus belajar. Kebiasaannya yang tidak merugikan siapa pun ini ternyata mengusik Young Bin.

Siswa itu dan dua temannya pun mulai mengganggu Si Eun. Tanpa dia duga, Si Eun yang terkesan lemah dan mudah ditindas ternyata bisa melawan bahkan membuat hidungnya patah.

Sejak itu Young Bin terus berusaha mengusik Si Eun dan sangat ingin membuatnya terluka. Beruntung, Si Eun punya dua teman ‘baru’ yang bisa diandalkan. Mereka adalah Soo Ho dan Bum Seok.

Sayang, persahabatan tiga siswa itu retak ketika Bum Seok merasa diabaikan oleh Soo Ho dan mulai menaruh dendam padanya. Sebagai teman keduanya, Si Eun berusaha mencegah mereka saling menyakiti.

2. The Penthouse 1

drakor tentang bullying-2_
Tahun Rilis 2020
Genre ,
Sutradara ,
Pemeran Lee Ji Ah Kim So Yeon Eugene
Review Baca di sini

Drama fenomenal The Penthouse War in Life (2020) memuat unsur bullying pada musim perdananya. Masalah panjang yang terjadi di drama ini dimulai dari keinginan Bae Ro Na, putri satu-satunya Yoon Hee, mengikuti ujian masuk ke sekolah seni bergengsi.

Bae Ro Na harus bersaing dengan anak-anak konglomerat, salah satunya Joon Seo Kyung. Namun, Seo Kyung ternyata gagal mendapat posisi pertama

Peringkat pertama didapat Min Seol Ah, seorang gadis yatim piatu yang pintar dan pekerja keras. Min Seol Ah ternyata bekerja paruh waktu sebagai tutor untuk Seo Kyung dan anak-anak konglomerat lain.

Selama mengajar anak-anak itu Seol Ah diperlakukan buruk. Suatu hari dia bahkan di-bully habis-habisan dan hampir tewas terpanggang di dalam mobil.  

3. The King of Pigs

drakor tentang bullying-3_

Bicara tentang drama Korea tentang bullying, The King of Pigs (2022) akan membuatmu bergidik ngeri. Drama ini diadaptasi dari film animasi berjudul sama karya Yeon Sang Ho, yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Kisah dimulai dari trauma kekerasan yang dialami Hwang Kyung Min semasa duduk di bangku sekolah 20 tahun lalu. 

Trauma dan dendam itu dia sembunyikan hingga dia terlihat seperti orang yang tak punya beban apa pun dan hidup bahagia bersama istrinya. Namun, sebuah kasus tak terduga, memancing memori dan emosi yang selama ini dia sembunyikan.

Pembunuhan berantai pun terjadi dan seorang detektif menerima pesan yang mengingatkannya pada kejadian memilukan 20 tahun lalu. 

4. Save Me

drakor tentang bullying-4_

Save Me (2017) terkenal sebagai drama yang mengemas tema aliran sesat dengan cukup triggering, tapi tahukah kamu bahwa drama ini juga menyinggung isu tentang bullying? Korbannya adalah adik lelaki Im Sang Mi yang bernama Im Sang Jin. Sebagai penderita polio, Im Sang Jin mendapat perlakuan asar dari teman-temannya di sekolah.

Rasa tertekan yang dialami Sang Jin akibat perisakan tersebut berakhir tragis dan menyedihkan karena pemuda itu memilih bunuh diri.

Dalam keadaan berduka di acara pemakaman yang sepi tamu, keluarga Sang Mi kedatangan Pendeta Baek Jung Gi; sosok lelaki paruh baya, pemimpin aliran sesat yang membahayakan keluarga Sang Mi ke depannya.

5. Extracurricular

drakor tentang bullying-5_

Extracurricular (2020) bukan drama sekolah ‘biasa’ yang identik dengan romansa atau kehidupan penuh semangat dan ceria. Ia dibuat dengan memasukkan beragam isu sosial di lingkungan sekolah.

Cerita drama ini mengikuti empat karakter utamanya yaitu Oh Ji Soo, si penyendiri yang canggung, Bae Gyu Ri yang keras kepala, si cantik Seo Min Hee dan tukang bully, Kwak Ki Tae.

Sebagai siswa dengan kecenderungan mengganggu siswa lain, Kwak Ki Tae sudah menargetkan Oh Ji Soo sejak awal. Dia tidak tahu bahwa pemuda yang penyendiri itu adalah seorang security service provider di sebuah bisnis prostitusi ilegal.

Ji Soo dengan image yang tenang di luar, rupanya punya rahasia di dalam. Dia menjadi ‘uncle’ untuk Seo Min Hee; kekasih Kwak Ki Tae. 

6. Beautiful World

drakor tentang bullying-6_

Drama Korea tentang bullying, Beautiful World (2019), tidak seindah judulnya. Ia adalah cerita mengenai perjuangan orangtua korban bully menemukan keadilan untuk anaknya.

Park Moo Jin dan istrinya, Kang In Ha, tak pernah menyangka jika putra mereka yang duduk di kelas 3 sekolah menengah menjadi korban kekerasan hingga mengalami kerusakan otak dan koma.

Park Sun Ho harus berjuang antara hidup dan mati setelah melompat dari atas gedung sekolah akibat dirisak oleh teman-temannya. Adik Sun Ho, Park Soo Ho, bersama kedua orangtuanya berjuang mengungkap kebenaran.

Perjalanan mereka sangat sulit karena pihak sekolah, kepolisian dan orangtua pelaku berusaha menyembunyikan dan mengaburkan keadaan sebenarnya.

7. Angry Mom

drakor tentang bullying-7_
Tahun Rilis 2015
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Kim Hee Sun Ji Hyun Woo Kim Yoo Jung Kim Ji Soo

Semua ibu tidak bisa menerima jika putrinya menjadi korban perisakan di sekolah, begitu pula Kang Ja. Semasa sekolah dulu dia adalah legenda karena terkenal suka berkelahi, tangguh dan sangat ditakuti.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram