bacaterus web banner retina

Daftar Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 23 Juli 2021

Drama Korea memang identik dengan kisah kasihnya yang romantis. Seperti tidak pernah kehabisan ide dalam meramu jalan cerita, tema romantis dalam drama Korea selalu dikemas dalam genre yang beragam, namun tetap berhasil membuat Anda yang menonton jadi terbawa perasaan sampai senyum-senyum dan baper sendiri.

Mulai dari senang, sedih, kesal, lucu, dan haru, semuanya jadi satu dalam drama romantis khas negeri ginseng itu. Namun, saking banyaknya list judul drama Korea romantis yang ada, Anda pasti kebingungan drama mana yang harus Anda tonton terlebih dulu. Berikut ini Bacaterus akan merekomendasikan 30 drama romantis yang wajib Anda tonton.

2020 - Sekarang

Buat kamu yang suka nonton drakor romantis, jangan lewatkan daftar drama Korea paling romantis yang hadir dari tahun 2020 ini!

1. It’s Okay to Not Be Okay

It’s Okay to Not Be Okay
*
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Kim Soo-hyun, Seo Ye-ji, Oh Jung-se, Park Kyu-young, Jang Young-nam, Kim Chang-wan

Sinopsis & Review It's Okay to Not Be Okay

Tahun 2020 menjadi waktu di mana lahirnya drama-drama bergengsi yang mampu menjaring banyak penonton. Setelah dihibur dengan “The World of the Married” dan “Hospital Playlist”, ada drama Korea yang juga sangat ditunggu-tunggu, yakni “It’s Okay to Not Be Okay”. Drama yang tayang di tvN dan Netflix ini memperoleh rating yang sangat baik.

Dikisahkan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) adalah pemuda yang bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa. Sejak usianya masih dini, Gang-tae harus merawat kakaknya, Moon Sang-tae (Oh Jung-se), yang mengidap down syndrome. Baik Gang-tae dan Sang-tae memiliki trauma masa lalu yang mendalam. Mereka berdua harus kehilangan ibunya dengan cara yang tragis.

Di sisi lain, ada seorang penulis dongeng anak-anak yang nyentrik dan anti-sosial, namanya Ko Moon-young (Seo Ye-ji). Sejak pertama kali bertemu, Moon-young sudah sangat agresif dalam mendekati Gang-tae. Meskipun sosoknya terlihat pemberani dan kuat, Moon-young juga memiliki masa lalu yang kelam dengan orang tuanya.

Gang-tae yang awalnya menjaga jarak dengan Moon-young lama kelamaan menjadi luluh. Timbul rasa ingin melindungi gadis itu di dalam diri Gang-tae. Kedua insan dengan pribadi yang sangat bertolak belakang ini sama-sama berjuang untuk menyembuhkan luka batin masa lalu. Keduanya tampak saling bisa menerima satu sama lain meskipun ada sebuah rahasia besar yang mungkin akan memisahkan mereka.

2. Hospital Playlist

Hospital Playlist
*
  • Genre: Comedy, Drama
  • Jumlah Episode: 12
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung

Sinopsis & Review Hospital Playlist

Kalau kamu berpikir bahwa “Hospital Playlist” adalah drama yang mengedepankan dunia medis saja, coba tonton dulu deh. Drama yang satu ini memang mengambil setting kehidupan para dokter. Namun, di dalamnya juga ada kisah cinta yang romantis, lho.

Salah satu yang bikin baper adalah Chae Song-hwa (Jeon Mi-do) yang menyadari Ahn Chi-hong (Kim Jin-han), rekan kerjanya, ternyata diam-diam memendam perasaan cinta. Meskipun sempat menghindar, akhirnya Song-hwa menerima ajakan makan malam dari Chi-hong.

Ada juga kisah dari Choo Min-ha (Ahn Eun-jin) yang ternyata punya perasaan tak terduga dengan si dokter tegas, Yang Seok-hyeong (Kim Dam-myeung). Tak segan-segan Min-ha mengutarakan perasaannya kepada Seok-hyeong. Sayangnya, Seok-hyeong belum bisa menentukan jawaban karena ia juga memiliki masalah keluarga yang rumit.

3. 18 Again

18 Again
*
  • Genre: Comedy, Romance, Life, Youth, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Kim Ha-neul, Yoon Sang-hyun, Lee Do-hyun

“18 Again” merupakan drakor yang membawa kita pada cerita unik Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun), pria usia 37 tahun yang mempunyai 2 anak kembar yang usianya telah menginjak remaja. Dae-young sedang dalam masa sulit karena digugat oleh istrinya, Jung Da-jung (Kim Ha-neul).

Ketika sedang berusaha bertahan dalam masa sulitnya, Dae-young mengalami kejadian yang tak biasa. Ia kembali ke tubuhnya yang masih berusia 18 tahun. Meskipun secara fisik ia kembali ke usia remaja, tetapi pikirannya adalah pikiran pria usia 37 tahun.

Dengan kembali ke tubuh mudanya ini, mungkinkah Dae-young muda (Lee Do-hyun) dapat memperbaiki hubungan dengan istrinya?

4. Dr. Romantic 2

Dr. Romantic 2
*
  • Genre: Romance, Drama, Medical, Melodrama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Han Suk-kyu, Ahn Hyo-seop, Lee Sung-kyung, Kim Joo-hun

Nggak cuma “Hospital Playlist” yang menjadi drakor medis dengan bumbu romance, “Dr. Romantic 2” pun juga. Sinopsis drama ini tentang Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung), dokter bedah paru tahun kedua yang pintar dan percaya diri. Ia memiliki trauma yang membuatnya muntah saat mengoperasi pasien. Karena hal ini Eun-jae dipindahkan ke RS Doldam.

Di sisi lain, ada Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), dokter bedah umum yang sangat terampil. Namun karena dulu ia tidak memiliki biaya untuk menempuh pendidikan dokter, ia pernah meminjang uang pada renternir. Karena ada senior yang tidak suka pada Woo-jin, akhirnya ia dikeluarkan dari rumah sakit tempatnya bekerja. Beruntung ia mendapat tawaran kerja di RS Doldam.

Di RS Doldam, Cha Eun-jae dan Seo Woo-jin akhirnya bertemu. Mereka tidak pernah akur dan saling berselisih. Namun Master Kim (Han Suk-kyu), dokter bedah umum senior di RS Doldam, selalu bisa membuat mereka berdua bekerjasama. Dari yang tadinya saling berselisih, akhirnya tumbuh cinta di antara Eun-jae dan Woo-jin.

5. True Beauty

True Beauty*
  • Genre: Comedy, Romance, Youth, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Moon Ga-young, Cha Eun-woo, Hwang In-yeop, Park Yoo-na

Drama yang diadaptasi dari Webtoon ini sempat menjadi perbincangan di awal tahun 2021. Ketika masih menjadi on-going drama, “True Beauty” menjadi trending topic di berbagai platform media sosial. Cerita cinta segitiga yang manis dan bikin gemes ini memang sangat menghibur.

Tokoh utama dalam drama ini adalah Im Ju-kyung (Moon Ga-young), gadis pintar yang selalu tidak percaya diri dengan penampilan wajahnya yang berjerawat. Akhirnya, ia mencoba make up untuk menutupi kekurangan di wajahnya itu. Benar saja, Ju-kyung menjadi gadis yang percaya diri di sekolah karena kekurangannya tertutup dengan make up.

Di sekolah, Ju-kyung bertemu dengan Lee Su-ho (Cha Eun-woo), cowok yang pernah menjadi cinta pertamanya. Su-ho tahu penampilan asli Ju-kyung, tapi ia tetap menerima gadis itu apa adanya. Selain Su-ho, Ju-kyung juga dekat dengan Han Seo-jun (Hwang In-yeop), cowok populer yang pandai bermain basket. Ju-kyung pun terlibat cinta segitiga dengan Seo-jun dan Su-ho.

6. Mr. Queen

Mr. Queen
  • Genre: Historical, Comedy, Romance, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 20
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Shin Hye-sun, Kim Jung-hyun, Bae Jong-ok, Kim Tae-woo

Meskipun lebih mengutamakan unsur komedi, “Mr. Queen” juga menampilkan sekelumit kisah cinta di dalamnya. Ya, walaupun kisah cinta dalam drama ini mungkin nggak sesuai ekspektasimu, tapi “Mr. Queen” menawarkan roman yang cukup kocak nan menghibur.

Bermula dari seorang koki pria bernama Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) yang tiba-tiba berada dalam tubuh seorang ratu, Kim So-yong (Shin Hye-sun). Kim So-yong menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun) dan keduanya didorong untuk segera memiliki momongan.

Suatu hari Bong-hwan yang sudah menempati tubuh Kim So-yong melihat Jo Hwa-jin (Seol In-ah), cinta pertama raja yang akan segera dijadikan selir. Naluri lelaki dalam diri So-yong pun bergejolak. Ia akhirnya mendekati Hwa-jin dan menawarkan banyak bantuan. Umumnya, seorang ratu akan cemburu dengan selir raja. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Kim So-yong.

Masalah juga hadir tatkala Raja Cheoljong bukan satu-satunya lelaki dalam hidup So-yong. Ternyata ia juga memiliki affair dengan sepupunya, Kim Byeong-in (Na In-woo). Nah, bagaimana kelanjutan cerita cinta Kim So-yong yang rumit dan kocak ini? Mari simak dramanya, yuk!

7. Itaewon Class

Itaewon Class
*
  • Genre: Drama, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung, Nara

Bagi sebagian orang, “Itaewon Class” dianggap sebagai drama yang memotivasi. Semangat Park Sae-ro-yi (Park Seo-joon) dalam drama ini memang bisa dijadikan panutan.

Namun, nggak cuma menyajikan kegigihan Sae-ro-yi saja, tapi ada juga romansa manis yang tersedia di dalamnya. Ya, percintaan Sae-ro-yi dengan Jo Yi-seo (Kim Da-mi), gadis pintar dan sosiopath, ini memang cukup menarik. Kegigihan Yi-seo yang ingin selalu dekat dengan Sae-ro-yi lama kelamaan membuat hati pria tersebut luluh.

Awalnya, Sae-ro-yi sendiri masih menyukai teman lamanya, Oh Soo-ah (Kwon Nara). Namun karena Soo-ah pernah menusuk Sae-ro-yi dari belakang, lama-lama Sae-ro-yi pun move on.

8. Start-Up

Start-Up
*
  • Genre: Business, Comedy, Romance, Youth, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, Kang Han-na

Sama seperti “Itaewon Class”, “Start-Up” juga sebenarnya merupakan drakor yang lebih menonjolkan jalan cerita yang bisa menumbuhkan motivasi dalam membangun bisnis atau usaha. Namun kisah cinta segitiga yang terjadi antara Seo Dal-mi (Bae Suzy), Nam Do-san (Nam Joo-hyuk), dan Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) sempat membuat para penonton penasaran.

Tagar #TeamDoSan dan #TeamJiPyeong ramai di media sosial. Netizen seolah tak sabar menantikan siapa pria yang akan dipilih oleh Seo Dal-mi. Nah, kalau kamu berada di team siapa nih?

9. The King: Eternal Monarch

The King Eternal Monarch
*
  • Genre: Mystery, Romance, Drama, Sci-Fi
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Lee Min-ho, Kim Go-eun, Woo Do-hwan, Kim Kyung-nam, Jung Eun-chae, Lee Jung-jin

Sinopsis & Review The King: Eternal Monarch

Lee Min-ho kembali menyapa penggemarnya setelah menjalani wajib militer. Lewat “The King: Eternal Monarch”, Lee Min-ho mengobati rasa rindu penggemarnya.

Di film ini, Lee Min-ho memerankan Lee Gon, kaisar Korea yang mencoba menutup pintu ke dunia paralel yang dibuka oleh iblis. Perjalanan Lee Gon menuju dunia manusia membawanya bertemu dengan Jung Tae-sul (Kim Go-eun), seorang wanita yang berprofesi sebagai detektif. Selain menyelesaikan misinya, Lee Gon pun juga akhirnya jatuh cinta dengan Tae-sul.

10. Record of Youth

Record of Youth
*
  • Genre: Friendship, Romance, Youth, Drama, Family, Melodrama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Park Bo-gum, Park So-dam, Byeon Woo-seok, Kwon Soo-hyun

Sinopsis & Review Record of Youth

Berlatar dunia model, drama yang satu ini menceritakan tentang Sa Hye-jun (Park Bo-gum), pemuda yang berprofesi sebagai model dan bekerja sambilan di beberapa bidang. Hye-jun memiliki teman masa kecil bernama Won Hae-hyo (Byeon Woo-seok). Sama seperti Hye-jun, Hae-hyo juga merupakan model yang ingin terjun ke dunia akting.

Meskipun sama-sama berprofesi sebagai model, keduanya memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda. Sampai suatu hari mereka bertemu dengan penata rias Ahn Jeong-ha (Park So-dam). Diam-diam Jeong-ha ternyata mengagumi Hye-jun.

Ketiga orang ini sama-sama ingin mewujudkan impiannya masing-masing. Namun selalu ada saja tantangan yang harus mereka lewati.

1 23

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram