bacaterus web banner retina

Daftar Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Drama Korea memang identik dengan kisah kasihnya yang romantis. Seperti tidak pernah kehabisan ide dalam meramu jalan cerita, tema romantis dalam drama Korea selalu dikemas dalam genre yang beragam, namun tetap berhasil membuat Anda yang menonton jadi terbawa perasaan sampai senyum-senyum dan baper sendiri.

Mulai dari senang, sedih, kesal, lucu, dan haru, semuanya jadi satu dalam drama romantis khas negeri ginseng itu. Namun, saking banyaknya list judul drama Korea romantis yang ada, Anda pasti kebingungan drama mana yang harus Anda tonton terlebih dulu. Berikut ini Bacaterus akan merekomendasikan 30 drama romantis yang wajib ditonton.

2020 - Sekarang

Buat kamu yang suka nonton drakor romantis, jangan lewatkan daftar drama Korea paling romantis yang hadir dari tahun 2020 ini!

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist

Kalau kamu berpikir bahwa Hospital Playlist adalah drama yang mengedepankan dunia medis saja, coba tonton dulu deh. Drama yang satu ini memang mengambil setting kehidupan para dokter. Namun, di dalamnya juga ada kisah cinta yang romantis, lho.

Salah satu yang bikin baper adalah Chae Song-hwa (Jeon Mi-do) yang menyadari Ahn Chi-hong (Kim Jin-han), rekan kerjanya, ternyata diam-diam memendam perasaan cinta. Meskipun sempat menghindar, akhirnya Song-hwa menerima ajakan makan malam dari Chi-hong.

Ada juga kisah dari Choo Min-ha (Ahn Eun-jin) yang ternyata punya perasaan tak terduga dengan si dokter tegas, Yang Seok-hyeong (Kim Dam-myeung). Tak segan-segan Min-ha mengutarakan perasaannya kepada Seok-hyeong.

Sayangnya, Seok-hyeong belum bisa menentukan jawaban karena ia juga memiliki masalah keluarga yang rumit.

2. Hospital Playlist 2

drama korea romantis_hospital playlist 2_

Melanjutkan kesuksesan musim pertama, Hospital Playlist 2 (2021) hadir dengan banyak kabar gembira. Masih menyoroti kesibukan lima dokter yang bersahabat, musim kedua ini ada beberapa pasangan baru.

Masing-masing tetap disibukkan dengan tindakan operasi yang menguras tenaga, emosi dan mengharukan. Setiap dokter menghadapi pasien dengan kasus-kasus rumit dan emosional. 

Jika pada musim pertama Ik Jun terkenal ramah, di musim kedua untuk pertama kalinya Ik Jun terlihat marah pada salah satu pasiennya.

Selain itu, dokter kandungan yang terkenal kaku, Yang Seok Hyeong, mulai lebih luwes menghadapi pasien dan berinteraksi dengan rekan kerjanya. Di akhir musim kedua ini, mereka sama-sama mendapatkan cinta dari orang lama yang selalu ada.

3. Mr. Queen

Mr. Queen

Meskipun lebih mengutamakan unsur komedi, Mr. Queen juga menampilkan sekelumit kisah cinta di dalamnya. Ya, walaupun kisah cinta dalam drama ini mungkin nggak sesuai ekspektasimu, tapi Mr. Queen menawarkan roman yang cukup kocak nan menghibur.

Bermula dari seorang koki pria bernama Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) yang tiba-tiba berada dalam tubuh seorang ratu, Kim So-yong (Shin Hye-sun). Kim So-yong menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun) dan keduanya didorong untuk segera memiliki momongan.

Suatu hari Bong-hwan yang sudah menempati tubuh Kim So-yong melihat Jo Hwa-jin (Seol In-ah), cinta pertama raja yang akan segera dijadikan selir. Naluri lelaki dalam diri So-yong pun bergejolak. Ia akhirnya mendekati Hwa-jin dan menawarkan banyak bantuan.

Umumnya, seorang ratu akan cemburu dengan selir raja. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Kim So-yong.

Masalah juga hadir tatkala Raja Cheoljong bukan satu-satunya lelaki dalam hidup So-yong. Ternyata ia juga memiliki affair dengan sepupunya, Kim Byeong-in (Na In-woo). Nah, bagaimana kelanjutan cerita cinta Kim So-yong yang rumit dan kocak ini? Mari simak dramanya, yuk!

4. It’s Okay to Not Be Okay

It’s Okay to Not Be Okay

Tahun 2020 menjadi waktu di mana lahirnya drama-drama bergengsi yang mampu menjaring banyak penonton. Setelah dihibur dengan The World of the Married dan Hospital Playlist, ada drama Korea yang juga sangat ditunggu-tunggu, yakni It’s Okay to Not Be Okay.


Drama yang tayang di tvN dan Netflix ini memperoleh rating yang sangat baik. Dikisahkan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) adalah pemuda yang bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa.

Sejak usianya masih dini, Gang-tae harus merawat kakaknya, Moon Sang-tae (Oh Jung-se), yang mengidap down syndrome. Baik Gang-tae dan Sang-tae memiliki trauma masa lalu yang mendalam. Mereka berdua harus kehilangan ibunya dengan cara yang tragis.

Di sisi lain, ada seorang penulis dongeng anak-anak yang nyentrik dan anti-sosial, namanya Ko Moon-young (Seo Ye-ji). Sejak pertama kali bertemu, Moon-young sudah sangat agresif dalam mendekati Gang-tae. Meskipun sosoknya terlihat pemberani dan kuat, Moon-young juga memiliki masa lalu yang kelam dengan orang tuanya.

Gang-tae yang awalnya menjaga jarak dengan Moon-young lama kelamaan menjadi luluh. Timbul rasa ingin melindungi gadis itu di dalam diri Gang-tae.

Kedua insan dengan pribadi yang sangat bertolak belakang ini sama-sama berjuang untuk menyembuhkan luka batin masa lalu. Keduanya tampak saling bisa menerima satu sama lain meskipun ada sebuah rahasia besar yang mungkin akan memisahkan mereka.

5. The Red Sleeve

the red sleeve_

The Red Sleeve adalah drama romantis selanjutnya yang mendapatkan rating fantastis. Drama bergenre saeguk ini berhasil mendapatkan rating 8.7 di iMDb dan rating nasional hingga 17.4 persen.

Alasannya karena drama yang dibintangi oleh Lee Jun-ho dan Lee Se-young ini, tidak hanya memiliki cerita yang menarik tapi kemistri pemeran utamanya yang ciamik. Drama ini menceritakan cinta seorang Raja muda bernama Lee San yang jatuh cinta pada kepala pelayan bernama Sung Deok-im (Lee Se-young).

Sayangnya perasaan raja terus saja di tolak oleh Sung Deok-im, karena ia hanya ingin menjalani kehidupan yang bebas. Namun karena berbagai kejadian di dalam istana, Sung Deok-im harus menerima kenyataan menjadi selir dari Raja Lee San.

6. Twenty Five Twenty One

drama korea romantis_Twenty Five Twenty One_

Twenty Five Twenty One (2022) menjadi ajang comeback Kim Tae Ri setelah sukses dengan Mr. Sunshine (2018). Cerita ber-genre coming of age dengan bumbu kisah romantis ini tak kalah berhasil memikat hati banyak penikmat Korean drama.

Drama ini bercerita tentang seorang remaja penuh semangat bernama Na Hee Do yang teguh pada cita-citanya menjadi pemain anggar profesional. Ia bertemu seorang pemuda bernama Baek Yi Jin yang berjuang menghidupi dirinya setelah kebangkrutan perusahaan sang ayah.

Keduanya berteman dekat dan saling membutuhkan sebelum masing-masing jatuh cinta. Na Hee Do ajarkan Yi Jin agar menertawakan tragedi, sementara Yi Jin selalu ada untuk Na Hee Do yang minim mendapat apresiasi.

7. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha

Rilis Agustus 2021, Hometown Cha-Cha-Cha (2021) langsung menarik perhatian. Dia menyalip popularitas drama-drama lain yang tayang di periode yang sama.

Memasangkan Kim Seon Ho dan Shin Min Ah sebagai karakter utama, drama ini memang ditunggu banyak orang. Pesona dua aktor tersebut menyebarkan aura positif yang menyenangkan.

Terbukti, dengan sinematografi yang cantik, alur ringan dan menghangatkan, Hometown Cha-Cha-Cha (2021) meraih popularitasnya dengan rating menjanjikan. Drama ini bercerita tentang seorang dokter gigi muda dan cantik yang terbiasa dengan kehidupan kota. Hari-harinya berubah ketika dia pindah ke sebuah desa.

Segala keterbatasan harus dia siasati. Di saat bersamaan dia juga perlu waktu untuk beradaptasi. Beruntung dia bertemu pemuda desa yang serba bisa.

Dia adalah adalah warga desa karena rajin, gesit, tidak sungkan membantu dan yang pasti baik hati. Dari segi premis dan alur, drama ini memang mirip-mirip FTV, tapi eksekusinya istimewa!

8. Our Beloved Summer

drama korea romantis_Our Beloved Summer_

Our Beloved Summer (2021) menjadi drama Korea romantis terbaik selanjutnya yang terekomendasi. Digawangi oleh sutradara dan penulis yang terhitung baru, ia sudah berhasil mendapat tempat di hati banyak penikmat drama.

Memasang Choi Woo Shik dan Kim Da Mi, ia berkisah tentang hubungan dua murid sekolah yang masing-masing berada di peringkat pertama dan terakhir.

Choi Ung dan Kook Yeon Su memiliki kepribadian yang jauh berbeda. Namun, mereka harus kerjasama untuk sebuah proyek video dokumenter.

Kebersamaan itu menumbuhkan cinta di hati keduanya. Mereka pun menjalin hubungan selama lima tahun sebelum Ung diputuskan tanpa sebab yang jelas oleh Yeon Su. Lima tahun kemudian keduanya bertemu lagi dalam sebuah pekerjaan. 

9. Youth of May

drama korea romantis_Youth of May_

Berlatarkan peristiwa kerusuhan di Gwangju tahun 1980, drama Youth of May (2021) sajikan cerita romantis yang pilu antara Hwang Tee Tae dan Kim Myung Hee.

Keduanya bertemu secara tidak sengaja ketika Kim Myung Hee menggantikan sahabatnya melakukan kencan buta dengan Hwang Hee Tae. Hwang Hee Tae yang sudah tertarik lebih dulu pada Myung Hee, tentu senang dengan kondisi tersebut.

Sayang, latar belakang mereka sangat berbeda sehingga Myung Hee yang bekerja sebagai perawat menolaknya. Sementara Hwang Hee Tae terus berusaha mendapatkan gadis idamannya tersebut. Dia tidak peduli sekalipun itu artinya melawan sang ayah.

Nahas, kekuatan cinta mereka tetap tidak cukup kuat melawan takdir. Keduanya berpisah tepat setelah mengucap janji setia di depan altar. 

10. A Business Proposal

drama korea romantis_A Business Proposal_

Formula kencan buta tampaknya masih jadi salah satu pilihan para penulis drama untuk memulai cerita. Selain Kim Myung Hee yang menggantikan sahabatnya kencan buta, Shin Ha Ri dalam drama ini juga melakukannya.

Dia menggantikan sahabatnya untuk bertemu dengan Kang Tae Moo. Akan tetapi, Shin Ha Ri terkejut karena Kang Tae Moo adalah CEO-nya yang baru.

Penampilan Shin Ha Ri yang nyeleneh dan unik justru membuat Kang Tae Moo jatuh cinta. Namun, Shin Ha Ri tidak percaya diri mengingat mereka berasal dari kelas ekonomi yang berbeda.

Bagi Shin Ha Ri rasanya sulit membayangkan menjalin hubungan dengan CEOnya sendiri, tapi bagi Kang Tae Moo semua tak masalah.

11. Yumi’s Cells

drama korea romantis_Yumi’s Cells_

Drama Korea romantis terbaik yang satu ini benar-benar menyegarkan. Plot-nya sendiri cukup klasik, yaitu menceritakan kehidupan cinta seorang wanita karir berusia matang bernama Yu Mi beserta sel-sel di tubuhnya yang beraksi atas banyak peristiwa.

Pengemasan ceritanya sungguh menarik karena ia dilengkapi visualisasi sel yang menggemaskan. Yumi’s Cells musim pertama mengisahkan perkenalan Yu Mi dengan Woong yang dimulai pada sebuah kencan buta.

Yu Mi yang patah hati akhirnya mau kembali menjalin hubungan dengan seorang pria. Meski awalnya tidak meyakinkan, kebaikan hati Woong membuatnya terpikat. Sayang, mereka harus putus karena masalah yang bersifat personal. Dunia Sel Yu Mi jadi porak-poranda lagi.

12. Snowdrop

drama korea romantis_Snowdrop_

Sempat kontroversi di negaranya, drama Snowdrop (2022) tetap digemari dan meninggalkan kesan bagi para penggemar. Berlatarkan peristiwa demokrasi besar-besaran yang terjadi di tahun 1987 di Korea Selatan, drama ini suguhkan kisah cinta yang tragis antara Lim Soo Ho dan Eun Yeong Ro.

Keduanya bertemu dalam acara kencan buta kelompok. Masing-masing sudah saling tertarik sejak itu. Sayang, latar belakang Lim Soo Ho yang ternyata adalah agen rahasia Korea Utara membuat hubungan mereka sangat rumit.

Eun Yeong Ro sendiri merupakan putri Direktur ANSP; pihak yang bertugas menangkap Lim Soo Ho dan agen rahasia lain. Di tengah keadaan yang mustahil keduanya tetap berbagi kekuatan cinta yang besar sampai akhir.

13. Why Her?

drama korea romantis_Why Her_

Adegan romantis dalam drama Why Her? (2022) berperan sebagai pemanis untuk konfliknya yang menegangkan dan rumit. Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan seorang pengacara wanita lulusan SMA yang terkenal hebat bernama Oh Soo Jae.

Soo Jae sosok adalah yang dingin dan tegas sehingga tidak disukai oleh rekan-rekan pengacara lainnya. Padahal dulu Soo Jae adalah pengacara yang hangat dan percaya pada kliennya.

Hal itulah yang membuat seorang pemuda bernama Gong Chan, mantan narapidana sekaligus mantan kliennya jatuh cinta. Terpaut usia yang cukup jauh bukan alasan bagi Gong Chan untuk mundur. Baginya Soo Jae tetap penyelamat dan pengacara yang hebat.

14. Dali and the Cocky Prince

drama korea romantis_Dali and Cocky Prince_

Dali and the Cocky Prince (2022) salah satu drama romantis komedi yang tak kalah segar karena mempertemukan Kim Min Jae dan Park Gyu Young. Drama berjumlah 16 episode ini bercerita tentang Kim Dali, anak panti asuhan yang diadopsi oleh pemilik galeri seni terkenal.

Dia tumbuh jadi wanita yang pintar dan berkecukupan, tapi keadaan berubah setelah sang ayah meninggal. Dali jadi diincar banyak pihak karena tanah tempat galeri seni milik ayahnya berdiri berdaya jual tinggi.

Banyak cara dilakukan orang licik hingga membuat hidup Dali sulit. Seorang pemuda, pengusaha makanan yang terkenal materialistis dan congkak adalah salah satu yang mengganggunya. Namun, hubungan mereka yang semula berstatus kreditur dan debitur berubah jadi saling cinta. 

15. Sh**ting Stars

drama korea romantis_Shooting Stars_

Lee Sung Kyung kali ini beradu akting dengan Kim Young Dae sebagai Kepala PR sebuah agensi dengan artisnya yang selalu berselisih. Perselisihan mereka rupanya karena masing-masing memendam rindu dan perasaan sejak duduk di bangku kuliah.

Drama ini memotret kesibukan agensi artis di Korea Selatan berikut cara kerja mereka menangani rumor-rumor yang beredar. Sh**ting Stars (2022) juga suguhkan kisah cinta antara beberapa karakter.

Selain kisah Lee Sung Kyung dan Kim Young Dae, ada beberapa pasangan lagi yang bersenang-senang di sini. Nonton drama ini sedikit banyak kamu akan tahu bagaimana kesibukan artis dan agensinya di belakang layar.

16. My Roommate is Gumiho

drama korea romantis_My Roommate is Gumiho_

Drama Korea romantis terbaik selanjutnya berjudul My Roommate is Gumiho (2021). Tema tentang gumiho atau siluman rubah ekor sembilan bukan hal baru di dunia drakor. Kali ini kamu akan bertemu dengan siluman rubah dalam wujud lelaki super tampan bernama Shin Woo Yeo.

Dia adalah siluman rubah berusia 999 tahun yang sangat ingin menjadi manusia. Agar menjadi manusia, Woo Yeo harus mengumpulkan sejenis mutiara.

Sayang, mutiara yang dia butuhkan secara tidak sengaja tertelan oleh seorang mahasiswa bernama Lee Dam. Keduanya lantas tinggal satu atap untuk mencari cara mengeluarkan mutiara tersebut.

17. Doom at Your Service

doom at your service_

Drama yang ditayangkan di tvN ini memang berhasil mencuri perhatian banyak pecinta K-Drama. Bergenre fantasi, Doom at Your Service ditulis oleh Im Mae-A-Ri yang sebelumnya menulis drama populer The Beauty Inside (2015). Sedangkan sutradara Kwon Young-il dikenal dengan drama populer seperti Search: WWW (2019).

Doom at Your Service mengisahkan Tak Do-kyung (Park Bo-young), ketika doanya pada bintang jatuh di dengar oleh Sang Dewa.

Kesal karena hidupnya tidak lama lagi, gadis ini berdoa meminta kehancuran, yang langsung didengar oleh Dewa Kehancuran Myul-Mang (Seo In-guk). Pertemuan ini secara perlahan membuat keduanya semakin dekat dan jatuh cinta.  

18. Love All Play

drama korea romantis_Love All Play_

Love All Play (2022) menambah daftar drama coming of age dengan sentuhan tema olahraga. Memasang Park Ju Hyun dan Chae Jong Hyeop sebagai pemeran utama, drama ini bercerita tentang seorang atlet nasional bulutangkis yang ‘menghilang’ tiga tahun karena rumor suap.

Atlet bernama Park Tae Yang tersebut muncul kembali dan mulai beraksi di lapangan lagi. Belakangan diketahui kalau menghilangnya Tae Yang dari dunia bulu tangkis bukan karena kasus suap.

Tae Yang terlibat dalam kasus kecelakaan yang menimpa salah satu atlet kebanggaan Korea Selatan. Keadaan semakin rumit ketika Tae Yang menjalin kedekatan dan hubungan dengan adik dari atlet tersebut. 

19. Run On

drama korea romantis_Run On_

Disebut-sebut sebagai drama Korea romantis dengan gaya percintaan yang dewasa, Run On (2020) gak boleh kamu lewatkan.

Dibintangi duet Im Si Wan dan Shin Se Kyung, unsur olahraga disuntikkan pada drama ini. Dalam 16 episode kamu akan melihat hubungan antara Ki Seon Gyeom, seorang mantan atlet lari dan Oh Mi Joo, wanita mandiri yang bekerja sebagai penerjemah.

Keduanya dipertemukan dalam sebuah pekerjaan. Kedekatan mereka dimulai sebagai teman. Ki Seon Gyeom yang selalu berada di posisi kedua memutuskan berhenti dari karirnya.

Walau berkecukupan dia tak punya kehidupan sosial yang bagus. Beruntung, Ki Seon Gyeom bertemu Oh Mi Joo, orang pertama yang benar-benar menjadi temannya.  

20. Crazy Love

drama korea romantis_Crazy Love_

Drama Korea romantis terbaik yang gak boleh kamu skip selanjutnya dibintangi oleh Kim Jae Wook dan Krystal Jung. Berjudul Crazy Love (2022), drama ini bisa bikin kamu ‘tergila-gila’ melihat interaksi yang manis antara Noh Go Jin dan Lee Shin Ah.

Noh Go Jin adalah CEO sebuah lembaga belajar online yang terkenal tidak memiliki belas kasihan. Saking dinginnya dan kerap memperlakukan orang sesukanya, dia dijuluki Nol Adab. Satu-satunya pekerja yang betah menjadi sekretarisnya adalah Lee Shin Ah.

Namun, kesabaran Shin Ah sampai pada batasnya ketika dia divonis menderita kanker otak karena terlalu sering saking kepala akibat Noh Go Jin. Dia pun menyusun rencana untuk membalas dendam tapi akhirnya malah saling jatuh cinta.

1 23
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram