Bacaterus / Drama Korea / 10 Drama Korea Paling Sedih, Kalau Nonton Harus Sedia Tisu!

10 Drama Korea Paling Sedih, Kalau Nonton Harus Sedia Tisu!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2020

Korea Selatan dikenal selalu menghasilkan film dan drama populer dalam beragam genre. Mulai dari roman, komedi, laga, thriller, horor maupun yang sedih-sedih, entah kenapa pasti jatuhnya sangat bagus dan bisa dinikmati siapa saja. Selain itu, drakor juga memiliki jalan cerita yang menarik, apalagi yang ber-genre sedih.

Drama Korea sedih sangat pandai memainkan emosi para penonton sekaligus membawa penonton masuk dalam cerita, akhirnya rasa sedih dan haru pun jadi lebih maksimal terasa pada setiap episodenya. Tak jarang para pecinta drama Korea sukses dibuat menangis saat menonton drama-drama sedih.

Jika Anda sedang ingin menonton serial drama yang menyayat hati, yang mengharukan, yang bisa membuat Anda menangis tersedu-sedu, Bacaterus sudah punya daftarnya. Berikut adalah deretan drama Korea bergenre melodrama dan sedih yang harus Anda tonton.

1. “The Wind Blows” (2019)

Drama yang dibintangi oleh Kam Woo Sung dan Kim Ha Neul ini disiarkan di channel JTBC dan memiliki 16 episode. Hadir dengan genre melodrama, drama “The Wind Blows” mengangkat kisah Kwon Do Hoon yang diperankan Kam Woo Sung.

Kwon Do Hoon menceraikan istrinya, Lee Soo Jin, saat ia mengetahui jika dirinya kini mengidap penyakit alzheimer. Namun walaupun keduanya telah resmi bercerai, Kwon Do Hoon tidak memberitahu alasan sebenarnya mengapa ia memilih pisah dengan belahan hatinya tersebut.

Lima tahun berlalu, Kwon Do Hoon dan Lee Soo Jin pun bertemu kembali. Dalam perjumpaan mereka kali ini, Lee Soo Jin yang dimainkan oleh Kim Ha Neul ternyata sudah mengetahui alasan mengapa mantan suaminya memilih bercerai dan apa yang selama ini Kwon Do Hoon tutupi darinya.

Tak hanya itu, Lee Soo Jin mengatakan jika dirinya masih mencintai Kwon Do Hoon. Ia memutuskan untuk selalu ada di sisi Kwang Do Hoon dan menemaninya selama ia berjuang untuk bisa sembuh dari sakitnya. Drama yang membuat air mata berderai ini dibintangi pula oleh Park Hyo Joo, Kim Ga Eun dan Lee Jun Hyeok.

2. “The Hymn of Death” (2018)

Drama “The Hymn of Death” hadir dengan episode yang cukup singkat, yaitu hanya enam episode saja. Drama mini seri yang tayang pada tahun 2018 tersebut diadaptasi dari kisah nyata, loh!

Sebelumnya, kisah ini pernah diabadikan melalui film yang rilis pada tahun 1991 berjudul “Death Song”. Menceritakan tentang seorang pria bernama Kim Woo Jin yang sudah menikah. Namun, rupanya ia malah mencintai wanita lain, yaitu Yun Sim Deok, bukan istrinya.

Drama yang mengilustrasikan kisah cinta tragis antara penulis drama jenius, Kim Woo Jin (diperankan oleh Lee Jong Suk) dengan Yun Sim Deok (diperankan oleh Shin Hye Sun), penyanyi sopran pertama pada masa pemerintahan Joseon.

Keduanya dikisahkan saling mencintai, namun hubungan mereka terhalang karena Kim Woo Jin sudah memiliki istri. Hingga keduanya pun memutuskan untuk bunuh diri secara bersamaan dengan cara menenggelamkan diri ke laut.

3. “The Most Beautiful Goodbye in The World” (2017)

Drama yang disiarkan oleh tvN berjudul “The Most Beautiful Goodbye in The World” ini adalah drama remake dari drama yang rilis pada tahun 1996 dengan judul serupa. Drama bergenre melodrama ini hanya mempunyai 4 episode, tapi akan terkenang di benak Anda seumur hidup.

Drama ini mengangkat kisah seorang ibu yang didiagnosa mengidap kanker stadium akhir. Setiap harinya, ibu itu selalu mempersiapkan kematian dengan mengucapkan selamat tinggal pada keluarganya.

Mengetahui hal itu, seluruh keluarganya tak henti memberi dukungan terbaik sampai sang ibu tiba di akhir hidupnya. Drama ini dibintangi sederet artis meliputi Won Mi Kyung, Choi Ji Woo, Kim Young Ok dan Choi Min Ho.

4. “Goblin” (2017)

Drama populer yang ditayangkan di channel tvN pada tahun 2016 ini sangat sukses tak hanya di Korea tapi di berbagai negara lainnya, termasuk di Indonesia. Drama “Goblin” yang memiliki tema fantasi dan roman ini menceritakan kisah Kim Shin, seorang panglima perang dari ratusan abad lalu yang mati ditusuk dengan pedangnya sendiri.

Kim Shin pun berubah menjadi goblin, makhluk legenda yang berasal dari Korea Selatan yang terkenal mempunyai kekuatan supranatural. Goblin tidak akan bisa benar-benar mati apabila pedang yang tertancap di dadanya belum dicabut oleh pengantin goblin itu sendiri.

Selama beratus tahun lamanya, Kim Shin tidak bisa beristirahat dengan tenang karena ia hidup kekal menjadi seorang goblin jika syarat itu tidak terpenuhi.

Hingga, Kim Shin bertemu dengan pelajar SMA yang mempunyai kemampuan melihat makhluk halus. Ia bernama Ji Eun Tak, putri dari sosok ibu hamil yang dahulu pernah diselamatkan oleh Kim Shin. Siapa sangka, sosok Ji Eun Tak itulah yang menjadi pengantin sang goblin?

Beragam peristiwa pun terjadi, mulai dari Ji Eun Tak yang kaget dengan nasibnya yang menjadi istri makhluk bukan manusia, cara unik Ji Eun Tak memanggil Kim Shin dengan meniup lilin, hingga usaha Kim Shin membujuk pengantin goblin itu untuk mencabut pedangnya. Di tengah perbedaan usia mereka yang sangat-sangat jauh, Kim Shin dan Ji Eun Tak tetap saling jatuh cinta pada akhirnya.

Bukan cuma cerita cinta Ji Eun Tak dan Kim Shin saja yang menyayat hati. Pasalnya, karakter pendukung Wang Yeo dan Kim Sun pun sangat menyentuh relung penonton. Bahkan, cerita tentang mereka disebut-sebut lebih tragis. Jadi, di kehidupan mereka yang sebelumnya, Wang Yeo dan Kim Sun adalah suami istri.

Tapi, karena hasutan orang kerajaan yang jahat, Wang Yeo pun membunuh istrinya sendiri. Dosa besar ini membuat Wang Yeo tidak bisa pergi ke alam selanjutnya setelah ia mati, yang membuatnya menjadi malaikat pencabut nyawa. Drama ini dibintangi oleh sederet artis mulai dari Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Yoo In Na hingga Yook Sung Jae.

5. “Cheese in The Trap” (2016)

Drama yang disiarkan oleh tvN ini diangkat dari webtoon di Naver dengan judul yang sama. Drama “Cheese in The Trap” yang hadir dengan genre romance mengangkat kisah kehidupan slice of life anak kuliahan.

Tapi, lebih centric ke hubungan antara mahasiswi yang mengandalkan beasiswa dan juga pekerja keras bernama Hong Seol. Ia bertemu dengan sosok senior yang ‘baik hati’, tampan dan kaya raya bernama Yoo Jung yang dimainkan oleh Park Hae Jin.

Yoo Jung adalah seorang pewaris kaya raya dari Taerang Grup sekaligus mahasiswa tampan, pintar dan populer. Siapa sangka, rupanya ia memiliki kisah gelap di hidupnya.

Yoo Jung digambarkan tampak baik kepada semua orang di sekitarnya, namun sebenarnya ia cukup manipulatif dan memiliki kecenderungan untuk menghancurkan orang-orang yang membuatnya marah. Sering kali Yoo Jung menyewa orang lain untuk melakukan hal tersebut, karena ia tidak ingin tangannya sendiri ‘kotor’.

Yoo Jung pun menjalin hubungan dengan Hong Seol yang dimainkan oleh Kim Go Eun. Diceritakan, Hong Seol adalah sosok mahasiswi yang harus bekerja paruh waktu untuk membantu ekonomi keluarga. Ketika Hong Seol mengambil cuti kuliah karena keterbatasan biaya, Yoo Jung diam-diam membantunya kembali kuliah melalui jalur beasiswa.

Yoo Jung juga tiba-tiba menjadi baik pada Hong Seol ketika ia mulai berkuliah lagi dan tiba-tiba juga mengajaknya berkencan. Awalnya, hubungan keduanya canggung, terlebih dengan adanya Baek In Ho dan kakaknya, Baek In Ha, yang merupakan teman teman masa kecil Yoo Jung yang tidak lagi memiliki hubungan baik.

Drama ini agak pusing karena memiliki cukup banyak intrik dan pendekatan psikologis. Akan sangat membantu jika sebelumnya Anda sudah membaca webtoon-nya. Walaupun, jika Anda ngefans dengan versi webtoon-nya pasti akan kecewa dengan drama ini, sih, haha. Soalnya, emosi Anda akan lebih tergolak dengan “Cheese in The Trap” versi teks dan gambar 2D-nya.

6. “The Smile Has Left Your Eyes” (2018)

Drama yang dibintangi oleh Seo In Guk, Jung So Min dan Park Sung Woong ini merupakan hasil remake drama dari Jepang yang berjudul “Sora Kara Furu Ichioku No Hoshi” karya Eriko Kitagawa.

Drama yang disiarkan oleh tvN ini bercerita tentang kisah cinta rumit antara Kim Moo Young bersama Yoo Jin Kang. Jalan cerita yang dihadirkan pada drama ini berawal manis, namun semuanya perlahan berubah ketika salah satu di antara keduanya mati tertembak.

7. “The Last Empress” (2018)

“The Last Empress” dimeriahkan oleh sederet artis meliputi Jang Na Ra, Choi Jin Hyuk, Shin Sung Rok, Lee Elijah dan Shin Eun Kyung. Drama bergenre laga ini memiliki ending cerita yang menyedihkan.

Drama yang mempunyai 52 episode ini bercerita tentang kehidupan permaisuri kekaisaran Korea bernama Oh Sunny yang ingin membongkar kekejaman kerajaan dan meneggakkan keadilan. Di luar itu, Oh Sunny terlibat kisah cinta dengan Na Wang Sik dan Lee Hyuk. Sayangnya satu di antara pria itu harus mengorbankan nyawanya.

8. “Mr. Sunshine” (2018)

Drama yang disiarkan oleh tvN ini memiliki tema sejarah. Dibintangi sederet artis antara lain ada Kim Tae Ri, Lee Byung Hun, Yoo Yeon Seok, Byun Yo Han dan Kim Min Jung. Pada drama yang memuat 24 episode itu diceritakan seorang pemuda yang pergi menuju Amerika Serikat pada tahun 1871 dan kembali ke Korea sebagai tentara Amerika Serikat.

Pemuda tersebut berjumpa dengan anak perempuan aristokrat dan jatuh cinta. Sayangnya, di akhir cerita, salah satu dari mereka harus pergi lebih dulu karena dibunuh.

9. “Uncontrollably Fond” (2016)

Drama yang disiarkan oleh KBS ini mengangkat kisah Shin Joon Young yang diperankan oleh Kim Woo Bin, dan No Eul yang diperankan Bae Suzy. Menceritakan cerita cinta yang terjalin sejak kecil, namun mereka pun terpisah setelah dewasa.

Beberapa tahun kemudian, keduanya berjumpa dengan keadaan yang berbeda. Shin Joon Young sukses menjadi aktor sekaligus penyanyi terkenal. Sedangkan No Eul sukses menjadi seorang produser sekaligus sutradara film dokumenter.

Tidak lama setelah keduanya bertemu, Shin Joon Young didiagnosa menderita penyakit serius dan dirinya tidak dapat bertahan lama. Sehingga Shin Joon Young dan No Eul berupaya untuk menyelesaikan problem mereka di masa lalu, meskipun mereka sadar tetap tidak bisa menghindari takdir di masa depan.

Akhirnya, Shin Joon Young dan Na Eul harus menerima kenyataan jika keduanya kembali terpisah karena Shin Joon Young akan pergi untuk selamanya. Drama romansa yang menyedihkan ini tembus hingga 20 episode. Siap-siap tisu yang banyak, ya.

10. “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” (2016)

Drama yang diangkat dari novel Tiongkok berjudul “Bu Bu Jing Xin” karya Tong Hua ini menceritakan seorang perempuan bernama Go Ha Jin yang mengalami kecelakaan hingga tenggelam. Usai peristiwa itu, Go Ha Jin menemukan dirinya berada pada zaman dinasti Goryeo dan akhirnya harus hidup sebagai Hae Soo.

Sejak menjadi Hae Soo, ia pun terlibat cinta dengan pangeran ke-8 kerajaan yaitu Wang Wok dan pangeran ke-4 bernama Wang So. Namun sayang, Hae Soo menderita penyakit serius hingga harus meregang nyawa. Hae Soo pun berubah kembali menjadi Go Ha Jin yang hidup pada abad ke-21. Drama yang ditayangkan SBS dan mencapai 22 episode ini dibintangi oleh Lee Joon Gi, Lee Ji Eun (IU) dan Kang Ha Neul.

Nah, itulah drama-drama Korea yang siap menguras air matamu. Tapi, jika drama Korea favoritmu tidak ada dalam daftar kami, bisa rekomendasikan drakor sedih lainnya melalui kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *