bacaterus web banner retina

Daftar Drama Komedi Romantis Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 25 September 2021

2010 – 2019

Di era tahun 2010 – 2019 ada banyak drama romcom Korea yang mendapat sambutan baik dari penonton di seluruh dunia, di antaranya ada “Reply 1988”, “Crash Landing on You”, sampai dengan “Hotel del Luna” yang dibintangi oleh penyanyi multitalenta IU. Yuk, cek sejumlah drakor romcom era terbaik di tahun 2010 – 2019!

1. Reply 1988

Reply 1988
*
  • Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Youth, Drama, Family
  • Jumlah Episode: 20
  • Rilis: 2015
  • Pemeran: Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Ryu Jun-yeol, Lee Dong-hwi

Sinopsis & Review Reply 1988

“Reply 1988” menjadi drakor dengan rating yang cukup tinggi sepanjang masa. Drama dengan alur cerita ringan ini mengangkat tema persahabatan, cinta, dan keluarga. Setting yang diambil dalam drama ini adalah tahun 1988, sesuai dengan judulnya.

Drakor ini menceritakan tentang persahabatan 5 sekawan - Duk-sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-yeol), Sun-woo (Ko Gyung-pyo), Dong-ryong (Lee Dong-hwi), dan Taek (Park Bo-gum). Mereka tumbuh besar dalam lingkungan yang sama.

Penonton akan diajak untuk larut dalam hangatnya persahabatan 5 sekawan ini. Bahkan, persahabatan yang terjalin menjadikan mereka seperti sebuah keluarga. Apakah ada kisah cintanya? Tentu saja ada, dong! Tonton langsung “Reply 1988” biar nggak penasaran, yuk!

2. Crash Landing on You

Crash Landing on You
*
  • Genre: Military, Comedy, Romance, Drama, Political
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2019
  • Pemeran: Hyun Bin, Son Ye-jin, Kim Jung-hyun, Seo Ji-hye

Sinopsis & Review Crash Landing on You

Di penghujung tahun 2019 lalu tvN menghadirkan sebuah drakor yang digawangi oleh dua aktor dan aktris yang punya jam terbang cukup tinggi, yakni Hyun Bin dan Son Ye-jin.

Jalan cerita “Crash Landing on You” ini terbilang unik karena percintaan antara tokoh utamanya terhalang perbedaan negara. Ya, sosok Captain Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin) merupakan tentara militer Korea Utara. Sementara Yoon Se-ri (Son Ye-jin) adalah pengusaha wanita sukses yang berasal dari Korea Selatan.

Percintaan antara dua insan yang berasal dari dua negara ini mau tak mau membuat para penonton penasaran terhadap ending-nya. Apalagi meskipun hubungan mereka dipenuhi ‘konflik’, tapi tingkah laku pasangan kocak ini dan orang-orang di sekitar mereka bisa membuat kamu yang lagi nonton jadi senyum-senyum sendiri.

3. Hotel del Luna

Hotel del Luna
  • Genre: Action, Mystery, Horror, Comedy, Romance, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2019
  • Pemeran: Lee Ji-eun, Yeo Jin-goo

Ini adalah drama Korea romcom yang sangat populer. Selain dramanya yang populer, Hotel Del Luna juga menampilkan deretan aktor dan aktris berbakat yang juga populer, seperti IU, Jingoo, Park Yoona, P.O, hingga Kang Mina. Mereka beradu akting dengan alur cerita yang ceria namun juga bikin penonton baper!

Drama ini mengisahkan Man Weol (IU) yang sudah hidup sekitar 1300 tahun. Arwahnya belum tenang karena kesalahan masa lalunya yang amat berat sehingga para dewa memutuskan untuk mengutuknya dan menitahnya mengelola sebuah hotel istimewa. Hotel yang dikelola oleh Man Weol ini adalah hotel untuk para arwah gentayangan yang belum siap untuk pergi ke alam baka. Hanya para hantu yang bisa melihat hotel ini.

Tapi, hotel ini juga butuh pengakuan bisnis layaknya bisnis di dunia manusia. Hal tersebut membuat Man Weol harus merekrut manusia sebagai manager di hotel. Manager yang direkrut ternyata membuat Man Weol jatuh cinta. Namun sayangnya, suatu saat mereka harus berpisah dan menerima takdir bahwa mereka hidup di dua dunia yang berbeda.

4. Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Do Bong Soon
  • Genre: Action, Thriller, Comedy, Romance, Drama, Supernatural
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2017
  • Pemeran: Park Bo-young, Park Hyung-sik, Ji Soo

Sinopsis & Review Strong Woman Do Bong Soon

Do Bong-soon (Park Bo-young) adalah seorang gadis bertubuh mungil. Namun di balik tubuhnya yang mungil, Bong-soon memiliki sebuah kekuatan super yang ia sembunyikan sendiri. Kekuatan tersebut ia peroleh secara turun temurun dari keluarganya. Karena tidak ingin dianggap aneh, Bong-soon memilih untuk menyimpan rahasia kekuatannya ini rapat-rapat.

Bong-soon sendiri menaruh perasaan pada sahabatnya, Guk-doo (Ji Soo), sejak mereka masih duduk di bangku SMA. Akan tetapi, lagi-lagi Bong-soon memilih untuk menyimpan perasaannya sendiri karena merasa Guk-doo tidak menyukainya.

Suatu hari, Bong-soon melihat sebuah bus yang diserang sekelompok preman. Dengan kekuatannya Bong-soon membantu seluruh penumpang bus tersebut. Di antara para penumpang ada Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik), seorang CEO perusahaan game. Mengetahui kekuatan Bong-soon, Min-hyuk menawari gadis itu pekerjaan sebagai pengawal pribadi. Bong-soon pun menerima pekerjaan tersebut.

Setelah bekerja di perusahaan milik Min-hyuk, sang CEO tersebut menaruh perasaan pada Bong-soon dan meminta gadis itu menjadi pacarnya. Bong-soon yang mengira bahwa cintanya tak mungkin terbalas oleh Guk-doo pun akhirnya menerima cinta Min-hyuk. Di saat Bong-soon sudah berpacaran dengan Min-hyuk, barulah Guk-doo menyadari bahwa selama ini ia juga menyukai Bong-soon.

5. What's Wrong with Secretary Kim

What's Wrong with Secretary Kim
  • Genre: Friendship, Business, Comedy, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2018
  • Pemeran: Park Seo-joon, Park Min-young

Drama yang menghebohkan jagat romcom karena adegan percintaan antara kedua tokoh utamanya, sukses menjadi salah satu drama yang banyak diminati penonton dalam dan luar negeri. "What’s Wrong with Secretary Kim" menceritakan tokoh Lee Yong Joon (Park Seo Joon), seorang wakil direktur yang narsis. Dia bekerja dengan sekretaris yang setia bernama Kim Mi So (Park Min Young).

Setelah sembilan tahun bekerja bersama, Mi So meminta untuk berhenti menjadi sekretaris. Yong Joon yang kebingungan berupaya keras untuk menggagalkan pengunduran diri Mi So. Hubungan mereka kemudian berubah, dari hanya hubungan bos dan bawahan menjadi antar kekasih.

Kemudian terungkaplah rahasia besar yang coba untuk disembunyikan oleh Young Joon. Dengan terbongkarnya masa lalu Young Joon, jelas pula alasan mengapa Yong Joon mempekerjakan Mi So selama ini.

6. Pinocchio

Pinocchio
*
  • Genre: Thriller, Mystery, Comedy, Romance, Melodrama
  • Jumlah Episode: 20
  • Rilis: 2014
  • Pemeran: Lee Jong-suk, Park Shin-hye, Kim Young-kwang, Lee Yu-bi

Meskipun masuk dalam drakor ber-genre romcom, tapi sebenarnya “Pinocchio” mempunyai jalan cerita yang sedikit dark. Tokoh utamanya, Choi Dal-po (Lee Jong-suk) adalah pria cuek yang merahasiakan identitas dirinya. Dal-po juga punya masa lalu kelam lantaran hampir meregang nyawa karena diajak bunuh diri bersama oleh ibunya.

Tokoh sentral lainnya adalah Choi In-ha (Park Shin-hye) yang mengidap sindrom Pinocchio. Sindrom ini membuat In-ha tidak bisa berbohong. Setiap kali berbohong, dirinya akan langsung cegukan.

Dal-po dan In-ha sama-sama memiliki impian untuk menjadi reporter televisi. Namun tentu saja hal tersebut tak semudah yang mereka bayangkan. Mereka harus berurusan dengan kemunafikan dan sepak terjang politik yang kejam.

7. Love in the Moonlight

Love in the Moonlight
  • Genre: Historical, Comedy, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 18
  • Rilis: 2016
  • Pemeran: Park Bo-gum, Kim Yoo-jung, Jinyoung, Chae Soo-bin, Kwak Dong-yeon

Menjadi seorang putra mahkota di kerajaan Dinasti Joseon membuat Pangeran Lee Yeong (Park Bo-gum) banyak mengisi hari-harinya dengan belajar atau mengikuti kegiatan kerajaan yang monoton. Meskipun dirinya merupakan seorang pewaris tahta, Pangeran Lee Young memiliki sifat yang jahil dan ketertarikan terhadap seni maupun musik.

Sampai suatu ketika sang pangeran membaca sebuah buku yang saat itu sedang best seller, yakni buku karangan seorang penasihat percintaan bernama Hong Sam-nom. Tak ada yang tahu bahwa nama “Hong Sam-nom” adalah fiktif. Pengarang asli buku tersebut adalah seorang gadis bernama Hong Ra-on (Kim Yoo-jung).

Percintaan unik dan kocak antara sang pangeran dan kasim pun terjadi. Apalagi Hong Ra-on harus berpenampilan seperti pria untuk merahasiakan identitas aslinya yang merupakan seorang wanita.

8. Rooftop Prince

Rooftop Prince
  • Genre: Historical, Mystery, Comedy, Romance, Drama, Supernatural
  • Jumlah Episode: 20
  • Rilis: 2012
  • Pemeran: Park Yuchun, Han Ji-min, Jeong Yu-mi, Lee Tae-sung, Jung Suk-won, Choi Woo-shik, Lee Tae-ri, Lee Moon-sik

Tahun 2021 dunia pertelevisian Korea mendapatkan angin segar dari sebuah drama fantasi yang dibumbui dengan genre komedi romantis. “Rooftop Prince” mengisahkan perjalanan waktu seorang pangeran dari Dinasti Joseon ke dunia modern untuk mengungkap misteri pembunuhan istrinya.

Perjalanan Pangeran Lee Gak (Park Yuchun) ke dunia modern ternyata memiliki benang merah dengan misteri kematian istrinya. Bahkan, di dunia modern tersebut sang pangeran bertemu dengan pria masa kini yang wajahnya sangat mirip dengan dirinya.

Apakah perjalanan lintas waktu Pangeran Lee Gak berhasil menguak misteri kematian istrinya? Langsung nonton “Rooftop Prince” biar kamu nggak penasaran, ya!

9. Reply 1994

Reply 1994
*
  • Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Youth, Drama, Family, Sports
  • Jumlah Episode: 21
  • Rilis: 2013
  • Pemeran: Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon-seok, Kim Sung-kyun, Son Ho-jun, Baro, Min Do-hee

Sebelum “Reply 1988” mendulang kesuksesan, ada “Reply 1994” yang lebih dulu mendapatkan rating tinggi pada masanya. Drakor yang juga dibintangi oleh Go Ara ini juga mengusung genre komedi-romantis yang juga tak melewatkan sentuhan persahabatan dan kekeluargaan.

“Reply 1994” mengisahkan tentang sejumlah mahasiswa perantauan yang menyewa kos di rumah pasangan suami istri Sung Dong-il dan Lee Il-hwa. Pasutri ini memiliki seorang anak gadis bernama Sung Na-jung (Go Ara).

Drama yang mengusung alur maju mundur dari tahun 1994 hingga 2013 ini cukup menghibur. Penonton akan diajak untuk menebak siapa sosok laki-laki di antara mahasiswa perantauan tersebut yang nantinya akan menjadi suami Na-jung.

10. My Girlfriend Is a Gumiho

My Girlfriend Is a Gumiho
  • Genre: Comedy, Romance, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2010
  • Pemeran: Lee Seung-gi, Shin Min-ah

Beberapa drakor sempat mengangkat kisah cinta dua dunia, sebut saja “Goblin” atau “Legend of the Blue Sea”. Namun jauh sebelum kedua drakor itu booming di tahun 2010 sudah ada drama yang juga mengangkat tema percintaan dua dunia, yaitu “My Girlfriend Is a Gumiho”.

Dikisahkan Cha Dae-woong (Lee Seung-gi) adalah seorang pemuda pembangkang yang punya mimpi menjadi superhero. Suatu ketika, Dae-woong bertengkar dengan kakeknya dan melarikan diri ke sebuah tempat sejenis kuil.

Di kuil itu Dae-woong tak sengaja membebaskan gumiho, sejenis siluman rubah betina. Gumiho (Shin Min-ah) ini memiliki wujud seorang wanita cantik. Si gumiho ini terus mengikuti Dae-woong. Karena terjebak di dalam lukisan selama ratusan tahun, tingkah laku gumiho ini sangat aneh dan kadang-kadang kocak.

Pertemuan tak sengaja itulah membuat Dae-woong dan gumiho ini saling jatuh cinta. Namun seperti biasa, kisah cinta dua dunia memang selalu rumit dan disertai oleh rintangan-rintangan yang membuat hubungan mereka tidak mulus.

1 2 3

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram