bacaterus web banner retina

17 Drama Korea Terbaik Bergenre Slice of Life

Saat aktivitas terlalu banyak dan hidup terasa berat, mungkin kamu bisa mendapatkan sedikit pencerahan dengan menonton drama Korea dengan genre slice of life. Sesuai dengan namanya, slice of life adalah genre yang menceritakan kehidupan nyata atau keseharian dalam sebuah drama.

Biasanya, adegan yang ditonton pun sedikit banyak relate dengan kehidupan atau situasi yang sedang dialami. Beberapa di antaranya bahkan bisa memberikan self healing.

Alur dan konfliknya cenderung ringan jadi bisa ditonton saat kamu ingin santai. Simak rekomendasi list drama Korea genre slice of life terbaik versi Bacaterus.

Baca juga: 14 Anime Slice of Life Terbaik yang Wajib untuk Ditonton

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist

Drama Korea dengan genre slice of life pertama yang perlu masuk ke dalam daftar tontonan adalah Hospital Playlist. Drama ini menceritakan tentang lima orang dokter yang mulai bersahabat dari jaman kuliah kedokteran di tahun 1999 sampai sekarang.

Hospital Playlist membuat pemeran utama nya rombongan alias lima orang yang berprofesi sebagai dokter spesialis yaitu Lee Ik Joon (Jo Jung Suk), Ahn Jeong Won (Yoo Yoen Soek), Kim Joon Wan (Jung Kyung Ho), Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung), dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do).

Masing-masing karakter memiliki masalah sendiri dan juga masalah percintaan. Dengan alur campuran, kamu akan menemukan bahwa setiap tokoh memiliki cerita dari sudut pandang dan karakter masing-masing. Rumah sakit menjadi tempat yang paling banyak digunakan oleh drama ini.

Ada banyak adegan dan juga percakapan yang bisa diambil menjadi quotes of life. Suasana drama yang hangat dari masing-masing pemeran dan juga ceritanya akan membuat kamu merasa relate dan juga terhubung. Apalagi dibumbui dengan unsur komedi yang tidak terus-terusan serius.

2. My Mister

drama korea genre slice of life_My Mister_

Mendapat penghargaan Best Drama dan Best Screenplay di ajang Baeksang Arts Awards 2019, drama My Mister (2018) terbukti berkualitas. Drama slice of life yang diperankan oleh aktor Parasite (2019), Lee Sun Kyun dan IU atau Lee Ji Eun ini sajikan cerita yang suram tentang seorang gadis muda yang terjerat hutang.

Ji An melakoni hidup penuh perjuangan karena harus melunasi hutang dan merawat neneknya yang sakit serta berkebutuhan khusus. Ji An bekerja di banyak tempat, salah satunya perusahaan tempat Park Dong Hoon bekerja.

Dia adalah supervisornya yang punya hidup tak kalah menyedihkan. Mereka disatukan oleh beban hidup yang berat hingga akhirnya saling menyembuhkan. 

3. Reply 1988

Reply 1988

Reply series memang membuktikan bahwa drama korea ini memang sangat relate dengan kehidupan sekaligus hangat untuk ditonton. Salah satu Reply series yang wajib ditonton adalah Reply 1988.

Reply 1988 berlatar tentang lima keluarga di tahun 1988 dalam satu jalan di lingkungan yang sama. Lima keluarga ini memiliki latar belakang keluarga yang berbeda dan anak seumuran dengan perbedaan karakter. Anak-anak tersebut pun bersahabat dari kecil sampai besar.

Mereka adalah Sung Deok Sun (Lee Hyeri), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Choi Taek (Park Bo Gum), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi). Kelima anak tersebut memulai perjalanan kisah persahabatan yang nyata dan tidak dibuat-buat.

Tentu saja ada bumbu percintaan di antara kelimanya yang membuat semakin menarik. Masalah keluarga dari masing-masing pihak pun membuat segalanya terasa relate. Latar waktu 1980an-2000an juga terasa nostalgia dengan tren saat itu yang dikemas dengan menarik.

4. Prison Playbook

Prison Playbook

Prison Playbook adalah drama korea slice of life yang bisa kamu tonton dengan latar penjara. Cerita ini dimulai dari baseball pitcher, Kim Je Hyeok (Park Hae Soo), yang dipenjara karena membela adiknya dari kejahatan seksual.

Dari sini, muncul karakter narapidana dan juga petugas penjara yang memiliki kisah menarik dan juga menyayat hati. Namun, dibalik kesalahan yang dilakukan terdapat sisi manusia yang tidak bisa dipungkiri pengaruhnya. Drama ini juga memiliki sisi komedi mengenai kehidupan dibalik jeruji besi.

5. Hometown Cha Cha Cha

Hometown Cha Cha Cha

Bila kamu sudah menonton Hometown Cha Cha Cha tentu setuju bahwa drama Korea ini ringan dan juga menghangatkan hati.

Bahkan diselipkan adegan tentang healing dan kehilangan yang sanggup membanjiri pipi. Dan banyak juga adegan mengenai kisah orang tua-anak, pasangan, sahabat, dan juga masa lalu.

Padahal awalnya drama ini menceritakan tentang dokter gigi dari Seoul bernama Yoon Hye Jin (Shin Min A) yang membuka klinik di Gongjin bertemu dengan kepala Hong atau Hong Du Shik (Kim Seon Ho).  Dari pertemuan ini semuanya bermula dengan kisah para penduduk Gongjin.

Hometown Cha Cha Cha menyelipkan pesan penting dalam kehidupan yang membuat penontonnya seakan tersentil, tersadar, dan membuat hati hangat secara bersamaan. Adegan tersebut pun sejujurnya nyata adanya dalam kehidupan sehari-hari.

6.  Our Beloved Summer

drama korea genre slice of life_Our Beloved Summer_

Our Beloved Summer (2021) bukan sekadar suguhkan cerita cinta antara Choi Ung dan Kook Yeon Su yang sudah kenal sejak duduk di bangku SMA. Drama karya sutradara Kim Yoo Jin ini juga suguhkan potongan kisah hidup serta perjuangan mereka dalam berproses menjadi manusia yang lebih baik.

Choi Ung yang semula tak punya ambisi apa pun dalam hidup, mulai merasa perlu upgrade diri. Di sisi lain, Yeon Su yang berjuang melunasi hutang keluarga dan merasa diperlakukan tak adil oleh keadaan, mulai menyadari bahwa hidupnya cukup memuaskan.

Mereka tumbuh bersama melalui masa-masa sulit dalam perjalanan menuju dewasa. Bagaimanakah kelanjutan kisah Choi Ung dan Yeon Su?

7.  My Liberation Notes

drama korea genre slice of life_My Liberation Notes_

My Liberation Notes (2022) sangat cocok untuk para kaum introvert. Drama ini akan memanjakanmu karena setiap dialognya begitu mengena di hati. Ia seperti curahan hati di buku harian yang disuarakan; jujur dan apa adanya.

Dibintangi oleh Kim Ji Won, Son Seok Koo, Lee Min Ki dan Lee El, drama slice of life ini mengisahkan kehidupan tiga kakak beradik yang tinggal jauh dari tempat kerjanya. Masing-masing punya masalah yang membelenggu kebebasan.

Sebagai kakak tertua, Gi Jeong gelisah mengenai urusan jodoh yang tak kunjung datang saat usianya sudah matang. Chang Hee sebagai anak kedua, ingin bebas dan hidup apa adanya setelah lelah bekerja, sementara Mi Jeong ingin bebas dari pengaruh buruk orang-orang yang membuatnya sulit menghargai diri sendiri. 

8. Misaeng: Incomplete Life

drama korea genre slice of life_Misaeng Incomplete Life_
  • Tahun Rilis: Oktober 2014
  • Genre: Slice of Life, Office Drama
  • Produksi: Number 3 Pictures
  • Sutradara: Kim Won Seok
  • Pemeran: Im Si Wan, Lee Sung Min, Kang So Ra, Kang Ha Neul
  • Jumlah Episode: 20

Jang Geu Rae tidak punya kehidupan sosial karena hidupnya dihabiskan bermain baduk. Ketika dirinya gagal menjadi pemain baduk profesional, mau tidak mau dia harus mulai memasuki dunia nyata.

Geu Rae jelas tidak punya pengalaman apa pun dalam bekerja, tetapi dia cukup beruntung karena punya kenalan yang bisa membantunya.

Geu Rae bekerja sebagai pemagang di sebuah perusahaan dagang. Di sana dia bertemu dengan Manajer Oh Sang Shik yang gila kerja dan berkepribadian hangat.

Geu Rae juga berkenalan dengan sesama pekerja magang, Ahn Young Yi yang kompeten. Geu Rae mulai beradaptasi dengan lingkungan dan menggunakan baduk sebagai pemandunya.

9. Our Blues

drama korea genre slice of life_Our Blues_

Drama Korea terbaik genre slice of life selanjutnya adalah Our Blues (2022). Berformat omnibus, drama berjumlah 20 episode ini menampilkan cerita berbeda-beda yang dialami sekelompok warga Jeju. Mereka berinteraksi layaknya hidup bertetangga, tapi di sisi lain juga punya masalah yang rumit dan emosional.

Potongan cerita hidup yang disuguhkan drama Our Blues (2022) tak ada yang gagal menyentuh hati. Walau diceritakan satu sampai dua episode untuk per cerita, pesannya selalu mendalam.

Ada banyak konflik yang bisa kamu jadikan pelajaran, mulai dari kehamilan di masa sekolah, rasa insecure karena memiliki saudara pengidap down syndrome hingga hubungan anak dan ibu yang buruk. 

10. It’s Okay, That’s Love 

drama korea genre slice of life_It’s Okay, That’s Love_

Mempertemukan Jo In Sung dan Gong Hyo Jin dalam satu drama, It’s Okay, That’s Love (2014) sangat ramai dibicarakan pada masanya hingga kini. Bukan hanya karena faktor pemain, melainkan karena ceritanya yang gak main-main.

Drama ini bercerita tentang Jang Jae Yeol, seorang penulis novel misterius yang terkenal sekaligus DJ radio yang mengalami gangguan obsesif kompulsif.

Gangguan mental ini dia dapat sebab trauma melihat kejadian tragis yang menimpa kedua orangtuanya. Suatu hari dia bertemu dengan psikiater bernama Ji Hae Soo.

Keduanya kerap berselisih karena berbeda dalam banyak hal, tapi perlahan cinta pun tumbuh. Ji Hae Soo pun mendapati fakta mencengangkan bahwa gangguan mental pada Jae Yeol lebih serius dari dugaannya.

11. Age of Youth

Age of Youth

Bila kamu mencari drama Korea slice of life tentang anak kosan, bisa memilih dengan Age of Youth atau dikenal juga dengan nama Hello, My Twenties.

Drama korea ini menceritakan tentang lima wanita yang tinggal di sebuah kosan. Tentu saja kisah cinta dan keluarga yang bisa relate dengan kehidupan sehari-hari tanpa berlebihan.

Lima wanita yang tinggal di kosan tersebut adalah Han Ye-ri sebagai Yoon Jin-Myung, Han Seung-yeon sebagai Jung Ye-Eun, Park Eun-bin sebagai Song Ji-Won, Ji Woo sebagai Yoo Eun-Jae, dan Choi Ah-ra sebagai Jo Eun. Kelima karakter ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Age of Youth sampai artikel ini ditayangkan sudah ada dua season. Keduanya patut untuk ditonton menemani me-time di waktu senggang. Age of Youth Season 2 bisa ditonton di Netflix dengan judul Hello, My Twenties.

12. Be Melodramatic

Be Melodramatic
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: JTBC Studios, Samhwa Networks
  • Sutradara: Lee Nyeong Heon, Kim Hye Young
  • Pemeran: Chun Woo Hee, Jeon Yeo Bin, Han Jie Eun, Ahn Jae Hong, Gong Myung
  • Jumlah Episode: 16

Drama Korea slice of life mengenai kehidupan perempuan di usia 30an yang bisa kamu nikmati adalah Be Melodramatic. Drama Korea satu ini dikemas dengan menarik oleh tiga karakter yang berbeda.

Lim Jin Joo adalah penulis serial drama dengan kepribadian unik, Lee Eun Jung seorang sutradara dokumenter yang hits, serta Hwang Han Jeo seorang ibu tunggal sekaligus kepala tim pemasaran.

Masing-masing karakter memiliki struggling tersendiri yang dikemas apik. Tak hanya itu, Be Melodramatic juga membuat penonton lebih mengenal bahasa Korea Kontemporer seperti onomatopoeia, alliterasi, dan sebagainya.

13. Itaewon Class

drama korea genre slice of life_Itaewon Class_

Kehidupan yang berat harus dijalani Park Sae Ro Yi setelah dirinya coba menolong teman sekelas yang dirisak oleh Jang Geun Won. Pasalnya Jang Geun Won adalah putra Jang Dae Hee, yaitu atasan ayahnya sekaligus pemilik perusahaan makanan terbesar di Korea Selatan.

Deritanya bertambah berat karena sang ayah tewas secara tidak sengaja oleh Jang Geun Won. Hal ini lantas membuat Park Sae Ro Yi mendendam dan berusaha mengalahkan Jang Geun Won juga Jang Dae Hee.

Dia bekerja keras untuk mengungguli perusahaan mereka. Park Sae Ro Yi memulai semua dari cafe kecil yang dia kelola bersama teman-teman. Langkahnya untuk balas dendam semakin cepat dengan bantuan gadis sosiopat yang cerdas dan berani. 

14. Fight For My Way

drama korea genre slice of life_Fight For My Way_
  • Tahun Rilis: Mei 2017
  • Genre: Slice of Life, Romance
  • Produksi: Pan Entertainment
  • Sutradara: Lee Na Jeong
  • Pemeran: Park Seo Joon, Kim Ji Won, Ahn Jae Hong, Song Ha Yoon
  • Jumlah Episode: 16

Fight For My Way (2017) masih banyak dibicarakan hingga kini karena cerita yang menarik. Bukan hanya itu, penokohan drama ini juga terhitung berbeda dari drama Korea arus utama.

Park Seo Joon dan Kim Ji Won yang dipasangkan dalam drama ini dikenal sebagai couple miskin. Keduanya bekerja keras untuk menghidupi diri masing-masing. 

Kim Ji Won bekerja di bagian informasi di sebuah pusat perbelanjaan, sedangkan Park Seo Joon mendapat uang dari bertarung sebagai martial arts fighter tanpa nama. Selain kisah keduanya, Fight For My Way (2017) juga menceritakan suka-duka persahabatan The Crazy Fantastic Four yang terjalin sejak lama. 

15. Because This Is My First Life

drama korea genre slice of life_Because This Is My First Life_

Because This Is My First Life (2017) bercerita tentang hubungan tiga pasangan dewasa yang memiliki masalah berbeda-beda.

Pasangan pertama adalah Ji Ho dan Se Hee yang bertemu saat masing-masing sedang membutuhkan bantuan. Ji Ho butuh tempat tinggal, sedangkan Se Hee butuh teman ‘patungan’ untuk menyicil apartemennya. Mereka terlibat salah paham yang berujung pada pernikahan.

Lain Ji Ho dan Se Hee, lain pula pasangan Soo Ji dan Sang Goo. Permasalahan yang mereka hadapi berupa perbedaan gaya hidup. Walau berbeda, keduanya bisa selaras. Pasangan terakhir adalah Ho Rang dan Won Seok. Ho Ran berkeinginan untuk menikah tetapi Won Seok merasa belum siap dan mapan. 

16. Lost 

drama korea genre slice of life_Lost_
  • Tahun Rilis: September 2021
  • Genre: Slice of Life, Melodrama, Romance
  • Produksi: C-JeS Entertainment
  • Sutradara: Hur Jin Ho
  • Pemeran: Jeon Do Yeon, Ryu Jun Yeol, Park Byung Eun, Kim Hyo Jin
  • Jumlah Episode: 16

Drama Korea terbaik genre slice of life selanjutnya berjudul Lost (2021). Dibintangi oleh Jeon Do Yeon dan Ryu Jun Yeol, drama ini sangat segmented.

Jalan ceritanya cukup suram dengan alur yang lambat. Ia mengisahkan tentang kehidupan seorang ghostwriter bernama Bu Jeong yang menderita setelah sang suami berselingkuh dan dia sendiri mengalami keguguran.

Seolah belum cukup, karir menulisnya pun hancur. Di usia yang sudah mulai menginjak 40 tahun, Bu Jeong merasa hidupnya tak berarti.

Bu Jeong yang kesepian menyewa jasa pemuda bernama Kang Jae untuk sekadar menemaninya. Siapa sangka ternyata Kang Jae juga membenci hidupnya. Mereka lantas merasa disatukan oleh penderitaan yang sama dan saling jatuh cinta. 

17. My Unfamiliar Family

My Unfamiliar Family
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Studio Dragon
  • Sutradara: Kwong Young Il
  • Pemeran: Jung Jin Young, Won Mi Kyung, Chu Ja Hyeon
  • Jumlah Episode: 12

Drama Korea slice of life dengan latar sebuah keluarga masa kini. My Unfamiliar Family menceritakan ayah, ibu, dan tiga orang anak dengan latar waktu tahun 2020 yang bersinggungan dengan waktu, smartphone, dan kehidupan pribadi ketiga anaknya.

Unsur karakter anak pertama, anak tengah, dan anak terakhir sangat terasa dalam drama Korea satu ini. Tak hanya itu, pesan tentang berkomunikasi dengan sesama anggota keluarga menjadi penting dan muncul secara nyata.

Tak sedikit keluarga yang bisa nyaman menceritakan masalah dengan anggota keluarga lain tapi banyak juga yang merasa minim bahkan canggung menceritakan masalah pribadi dengan anggota keluarga lain.

Bahkan perbedaan pendapat antara orang tua dan anak juga diceritakan dengan jelas di sini. Nilai-nilai mengenai keluarga kental terisi di My Unfamiliar Family.

Itulah 17 drama korea slice of life yang bisa kamu tonton di waktu senggang atau libur. Tak hanya menghibur tetapi drama tersebut bisa memberikan insight baru dalam kehidupan yang sedang kamu jalani.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram