Bacaterus / Drama Korea / 10 Drama Korea dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

10 Drama Korea dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Januari 2019

Kompetisi rating drama Korea sangat sengit dan kompetitif mengingat tiap bulan selalu ada beberapa judul drama baru yang muncul. Setiap akhir penayangan drama, para penonton drama tak pernah alfa untuk memposting kemajuan rating drama kesukaannya. Coba saja cek forum-forum drama Korea di Soompi, misalnya. Bahasan rating selalu ada.

Perhitungan rating di Korea unik karena drama dari TV kabel dan TV publik akan memperlihatkan hasil yang berbeda. Umumnya TV kabel lebih kecil angka ratingnya karena tidak semua orang berlangganan TV kabel, berbeda dengan TV publik yang bisa diakses dengan bebas. Ada dua perusahaan yang melakukan perhitungan rating, TNmS dan AGB Nielson.

Mau tahu drama apa yang meraih rating tertinggi sampai 2018 ini? Simak 10 judul drama Korea yang telah dirangkum Bacaterus berikut ini.

10 Drama Korea dengan Rating Tertinggi

1. Shining Inheritance (SBS)

Shining Inheritance

* sumber: ddramatards.wordpress.com

Drama ini sempat tayang di salah satu televisi Indonesia dan berhasil menggaet banyak penggemar. Drama yang tayang tahun 2009 di stasiun TV SBS ini dibintangi oleh Lee Seung Ki, Han Hyo Joo, Bae Soo Bin dan Moon Chae Won. Raihan ratingnya berada di posisi satu baik secara nasional maupun di  metropolitan Seoul dengan jumlah 47%. Sederet penghargaan pun berhasil diraih drama ini.

Di acara SBS Drama Awards tahun 2009, beberapa aktor dan aktrisnya berhasil mendapatkan penghargaan, di antaranya Lee Seung Gi dan Han Hyo Joo mendapatkan gelar Best Actor and Actress juga Best Couple dan Kim Mi Sook dianugerahi Female Top Excellence. Di Acara MNET 20’s, Han Hyo Joo dan Lee Seung Gi terpilih sebagai Hot Female dan Male Drama Star.

Shining Inheritance mengisahkan tokoh Go Eun Sung (Han Hyo Joo) yang hidupnya menderita setelah ditinggalkan oleh ayahnya. Mirip seperti cerita Cinderella, sepeninggal ayahnya semua hartanya dikuasai oleh ibu tirinya. Adiknya, Go Eun Woo (Yun Joon Suk) pun menghilang tanpa jejak. Meskipun hidup dalam kepedihan, hal ini tak menyurutkan Eun Sung untuk meraih mimpinya.

Dikisahkan pula seorang CEO perusahaan makanan Jang Sook Ja (Ban Hyo Jung) menderita amnesia dan dia tak bisa mengingat dirinya. Eun Sung mengurus CEO tersebut tanpa mengetahui bahwa perempuan tersebut adalah nenek Sun Woo Hwan (Lee Sung Ki), pria yang tasnya tertukar dengannya ketika di bandara.

Hubungan tarik ulur, pertengkaran yang sering terjadi di antara keduanya, membuat Eun Sung dan Woo Hwan menyadari ada perasaan lain di antara keduanya.

2. Bake King Kim Tak Goo (KBS2)

Bake King Kim Tak Goo

* sumber: www.justwatch.com

Tayang pada tahun 2010 di stasiun televisi KBS 2, drama Bake King Kim Tak Goo sukses meraih rating sebesar 51% dan berada di peringkat pertama. Drama bergenre, keluarga, percintaan dan makanan ini menyabet beberapa penghargaan, di antaranya Excellence Award untuk Yoon Shi Yoon dan Best Couple untuk Yoon Shi Yoon dan Lee Young Ah dalam acara KBS Drama Awards tahun 2010.

Hebatnya lagi, drama ini juga menggondol penghargaan Presidential Honors pada Desember 2010 untuk kontennya yang bermuatan kebudayaan. Penghargaan ini diberikan dalam acara Republic of Korea Content Award kepada mereka yang berkontribusi pada keberhasilan penyebaran kebudayaan pop Korea di luar negeri.

Bake King Kim Tak Goo bercerita tentang anak tertua President Samhwa Enterprise, sebuah perusahaan legendaris di dunia bakery, bernama Kim Tak Goo (Yoon Shi Yoon). Tak Goo seorang pembuat roti yang berbakat, tapi karena dia lahir dari seorang istri simpanan maka dia pun disingkirkan dari posisi sebagai pewaris oleh keluarga ayahnya.

Meskipun disingkirkan, Tak Goo tak menyerah. Dia terus berjuang untuk menjadi nomor satu dalam industri roti. Dia pun akhirnya membangun karirnya walaupun tak henti-hentinya harus menghadapi berbagai cobaan.

3. The Moon Embracing the Sun (MBC)

The Moon Embracing the Sun

Drama sageuk yang digawangi oleh aktor ternama, Kim Soo Hyun dan aktris kawakan Han Ga In ini meraih rating tertinggi versi TNmS Media Korea dan AGB Nielson, sebesar 41%. The Moon and the Sun atau the Moon Embracing the Sun ini merupakan drama yang diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Jung Eun Gwol yang juga menulis Sungkyunkwan Scandal.

Kesuksesan drama ini berimbas pada peraihan penghargaan, di antaranya dari acara MBC Drama Awards 2016 untuk Top Excellence Actress dan Actor untuk Han Ga In dan Kim Soo Hyun. Di acara 48th Baeksang Arts Awards, kembali aktor Kim Soo Hyun menyabet penghargaan Top Excellence Actor. Dramanya sendiri juga meraih penghargaan sebagai Best Drama.

Drama the Moon Embracing the Sun mengisahkan cerita cinta antara King Lee Hwon  (Kim Soo Hyun) dengan Heo Yeon Woo (Han Ga In) seorang anak dari keluarga bangsawan yang juga seorang puteri mahkota. Sebelum keduanya sempat menikah, permaisuri mendiang sang raja memerintahkan orang untuk melenyapkan Yeon Woo.

Setelah meregang nyawa, Yeon Woo hidup kembali menjadi seorang shaman bernama Wol yang mengalami hilang ingatan.  Sementara raja muda, Lee Hwon berusaha menginvestigasi kematian kekasihnya setelah bertemu dengan Wol yang sudah tumbuh dewasa. Namun dia menghadapi tantangan dari ratu yang berusaha untuk menurunkan dirinya dari tahta kerajaan.

4. Descendant of the Sun (KBS2)

Descendant of the Sun

Drama Descendant of the Sun merupakan comeback-nya Song Joong Ki setelah dia mengikuti wajib militer selama dua tahun. Drama yang dibintangi juga oleh Song Hye Kyo ini berhasil meraih rating tertinggi sebesar 35%.

Setumpuk penghargaan juga ikut diraih oleh drama yang dikenal dengan DOTS ini, di antaranya Daesang untuk Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dari KBS Drama Award 2016. Di acara 5th APAN Star Awards kembali Song Joong Ki meraih Grand Prize atau Daesang, dan Popularity Actor dan Actress untuk Song Joong Ki dan Song Hye Kyo di acara 5th Baeksang Arts Awards 2016.

DOTS menceritakan hubungan seorang tentara dengan seorang dokter. Kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) jatuh cinta dengan dokter Kang Mo Yun (Song Hye Kyo) saat bertemu di ruang gawat darurat. Hubungan mereka berlanjut menjadi serius. Sayang, karena ada perbedaan prinsip, mereka berpisah. Keduanya kembali bersama ketika bertemu di sebuah negara bernama Uruk saat bertugas.

Tak hanya Descendants of the Sun saja, ternyata ada sejumlah judul drama romantis lainnya yang bisa Anda ketahui di artikel drama Korea paling romantis ini.

5. Boys over Flowers (KBS2)

Boys over Flowers

Siapa yang tak kenal Dao Ming Shi versi Korea yang dimainkan oleh Lee Min Ho? Drama adaptasi dari manga Jepang terkenal ini diberi judul sama Boys over Flower. Drama ini meraih rating tertinggi untuk nasional dan metropolitan Seoul dengan raihan rating sebesar 34%. Beberapa penghargaan juga berhasil disabet, seperti Best New TV Actor untuk Lee Min Ho di 45th Baeksang Arts Awards.

Cerita drama ini sama dengan Meteor Garden ataupun Hana yori Dango, tentang grup F4 yang menguasai sekolah. Grup ini dipimpin oleh Goo Joon Pyo (Lee Min Ho) yang berseteru dengan Geum Jan Di (Goo Hye Sun). Keduanya sering terlibat perselisihan, tetapi lama-kelamaan mereka saling jatuh cinta. Sempat dipisahkan oleh ibu Goo Joon Pyo, keduanya akhirnya bisa kembali bersama.

6. The Lady in Dignity (Jtbc)

The Lady in Dignity

Drama the Lady in Dignity disiarkan di televisi kabel JTBC dan meraih rating sebesar 12 %. Tokoh utama drama ini adalah Woo Ah Jin (Kim Hee Sun) yang hidup mewah karena ayah mertuanya adalah orang kaya. Namun keuangan ayah mertuanya menipis dan suaminya berkhianat. Hidup Woo Jin Ah pun mencapai titik terendah.

Sementara Park Bok Ja (Kim Sun Ah) adalah seseorang yang dipekerjakan oleh Ah Jin untuk mengurus mertuanya. Namun, Bok Ja malah merayu mertuanya dan berhasil mendapatkan harta dari sang mertua. Kesuksesan Bok Ja mengambil harta keluarga, membuat hidup Woo Jin Ah menjadi sengsara.

7. Signal (TvN)

Signal

* sumber: dramaforreal.com

Signal adalah drama kriminal yang menegangkan yang tayang di TV kabel TvN. Drama ini sukses memenangkan hati penonton sehingga berhasil mendapatkan rating tertinggi sebesar 12,5%. Signal berhasil merebut beberapa penghargaan, di antaranya PD’s Choice Award untuk aktor Lee Je Hoon dalam TvN10 Award 2016, Best Drama dan Top Excellence Actress di 52nd Baeksang Arts Award.

Diceritakan Park Hae Young (Lee Je Hoon) menemukan sebuah walkie talkie yang misterius yang berasal dari masa lalu. Berkat polisi Lee Jae Han (Jo Jin Woong) yang selalu bertukar informasi dengannya melalui walkie talkie tersebut, dia dan timnya dari departemen kasus-kasus yang tak terungkap berhasil mengungkap kembali kejahatan lama dan menangkap pelakunya.

8. Sunshine (TvN)

Sunshine

* sumber: www.habkorea.net

Drama yang naskahnya ditulis oleh Kim Eun Sook yang sukses dengan Goblin dan DOTS berhasil mendapatkan rating tertinggi sebesar 18%. Mr. Sunshine juga menyabet beberapa penghargaan di antaranya, Drama of the Year, Grand Prize (Daesang) untuk Lee Byung Hun, dan Best New Actress untuk Kim Tae Ri di 6th APAN Star Awards.

Mr. Sunshine yang tayang di stasiun televisi kabel TvN ini dibintangi oleh Lee Byung Hun setelah sebelumnya Won Bin menolak untuk berperan dalam drama ini. Dikisahkan Kapten Eugene Choi (Lee Byung Hun) kembali ke Korea sebagai seorang tentara setelah lama tinggal di Amerika. Di Korea, dia bertemu aktivis kemerdekaan bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri).

Mereka akhirnya saling jatuh cinta tapi nasib membuat mereka terpisah karena Eugene mengorbankan dirinya demi Ae Shin.

9. Goblin (TvN)

Goblin

Drama yang dibintangi oleh Gong Yoo setelah lama hiatus dan Lee Dong Wook ini merupakan drama bergenre komedi romantis dan fantasi. Sukses Goblin menyebar hingga ke luar negeri.  Goblin pun mendapatkan rating tertinggi sebesar 18,7% dan berhasil membuat Gong Yoo dan Kim Eun Sook mendapatkan penghargaan Best Actor dan Daesang untuk televisi di 53rd Baeksang Arts Awards.

Goblin bercerita tentang Kim Shin (Gong Yoo) yang mencari orang untuk mencabut pedang dari tubuhnya agar dia bisa pergi ke alam keabadian. Kim Shin yang seorang goblin kemudian bertemu dengan seorang perempuan yang dapat melihat pedangnya. Perempuan itu bernama Jin Eun Tak (Kim Go Eun). Keduanya berakhir menjadi sepasang kekasih.

10. Reply 1988 (TvN)

Reply 1988

* sumber: www.anitatonks.com

Reply 1988 merupakan bagian dari trilogi Reply, yaitu Reply 1994 dan 1997. Drama yang tayang di TvN ini meraih rating tertinggi sebesar 18.8%. Para aktor dan aktrisnya pun sukses meraih penghargaan di TVN10 Awards 2016 dan 52nd Baeksang Arts Awards, seperti Rising Actor dan New Actor untuk Ryu Joon Yul, Rising Actress untuk Hyeri dan Asia Star Award untuk Park Bo Geum.

Seperti drama Reply sebelumnya, Reply 1988 masih mengisahkan pertemanan, percintaan, dan keluarga. Drama ini mengisahkan lima teman semasa kanak-kanak yang hidup di daerah yang sama. Reply 1988 dibintangi oleh Ryu Joon Yul, Park Bo Geum, Go Kyung Pyo, Hyeri, dan Lee Dong Hwi. Walaupun disukai banyak penonton tapi tetap ada kritik karena endingnya yang tak sesuai harapan.

Nah, itulah drama Korea dengan raihan rating tertinggi yang sukses menyabet penghargaan dan perhatian penonton drakor. Dari 10 drama itu, adakah yang menjadi favoritmu? Share komenmu di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar