Inilah Daftar Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Kompetisi rating drama Korea sangat sengit dan kompetitif mengingat tiap bulan selalu ada beberapa judul drama baru yang muncul. Setiap akhir penayangan drama, para penonton drama tak pernah alfa untuk memposting kemajuan rating drama kesukaannya.

Coba saja cek forum-forum drama Korea di Soompi, misalnya. Bahasan rating selalu ada. Perhitungan rating di Korea unik karena drama dari TV kabel dan TV publik akan memperlihatkan hasil yang berbeda.

Umumnya TV kabel lebih kecil angka ratingnya karena tidak semua orang berlangganan TV kabel, berbeda dengan TV publik yang bisa diakses dengan bebas. Ada dua perusahaan yang melakukan perhitungan rating, TNmS dan AGB Nielson.

Mau tahu drama apa yang meraih rating tinggi sampai tahun ini? Simak 41 judul drama Korea yang telah dirangkum Bacaterus berikut ini.

2020 - Sekarang

Setiap tahun selalu ada belasan atau puluhan drakor yang tayang di stasiun TV Korea Selatan atau layanan streaming. Penonton di Indonesia juga bisa mengakses drakor tersebut.

Namun, kalau kamu masih bingung memilih judul drama Korea yang bagus, cobalah menonton berdasarkan rating tertinggi. Berikut adalah drakor dengan rating tertinggi dari tahun 2020.

1. Homemade Love Story

Homemade Love Story

Sejak episode pertama drama Homemade Love Story (2020) sudah mencapai rating rata-rata 19-23%. Angka itu terus naik hingga rating paling tinggi menyentuh 33,7% pada episode 80. Tayang setiap akhir pekan, drama ini bercerita tentang kehidupan keluarga Woo Jae Hee dan Lee Bit Chae Woon.

Woo Jae Hee adalah seorang arsitek yang tidak memiliki hubungan baik dengan ayahnya. Meski sang ayah pemilik perusahaan besar, Jae Hee memilih hidup mandiri.

Suatu hari Jae Hee bertemu Lee Bit Chae Woon, seorang gadis yang bekerja di interior design shop. Lee bertugas membantu segala macam kebutuhan pelanggannya. Bagaimana hubungan antara keduanya berjalan?

2. The World of the Married

The World of the Married
*
Tahun Rilis 2020
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Kim Hee Ae Park Hae Joon Han So Hee

Mengangkat tema perselingkuhan, “The World of the Married” berhasil menjadi salah satu drakor dengan rating tertinggi.

Drama yang dianggap memiliki jalan cerita yang realistis ini tayang setiap Jumat dan Sabtu di JTBC. Bahkan, popularitas drama ini membuat salah satu stasiun TV tanah air ikut menayangkannya.

Konflik dalam drama ini berpusat pada kehidupan Dr. Ji Sun-woo (Kim Hee-ae). Pernikahan Dr. Ji dengan Lee Tae-oh (Park Hae-joon) nampak baik-baik saja.

Namun, semua yang terlihat baik tidak selamanya benar-benar baik. Tae-oh selingkuh dengan wanita yang lebih muda, Yeo Da-kyung (Han So-hee). Celakanya, semua orang-orang terdekat Dr. Ji mengetahui perselingkuhan itu dan menutupinya.

Dari episode awal sampai akhir emosi penonton akan dipermainkan saat melihat tingkah laku Tae-oh dan Da-kyung yang dianggap tidak tahu diri. Film ini juga menekankan dampak perceraian orang tua bagi si anak.

3. Itaewon Class

Itaewon Class
Tahun Rilis 2020
Genre
Sutradara
Pemeran Park Seo Joon Kim Da Mi Yoo Jae Myung Kwon Na Ra
Review Baca di sini

Park Seo-joon adalah aktor drama kelas ‘A’ di Korea Selatan. Tak heran jika setiap drama yang dibintanginya selalu memperoleh rating yang tinggi.

“Itaewon Class” adalah salah satu drama yang mendapuk Park Seo-joon sebagai bintang utamanya. Drama yang diadaptasi dari cerita Webtoon ini langsung mampu menyedot perhatian penonton.

Dalam “Itaewon Class”, Park Seo-joon memerankan sosok Park Sae-ro-yi, pemuda yang bercita-cita mendirikan franchise sebuah restoran dengan tujuan untuk membalas dendam masa lalunya.

Akan tetapi, menjalankan usaha dengan latar belakang balas dendam tidak mudah, apalagi Park Sae-ro-yi sendiri tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis.

Drama ini akan mengajakmu mengikuti jatuh bangun usaha Park Sae-ro-yi dalam mendirikan restoran dibantu dengan orang-orang terdekatnya.

Bahkan, semangat Sae-ro-yi bisa menjadi contoh bagi kamu yang sedang struggle terhadap suatu masalah. Kamu bisa menyaksikan drama ini di situs streaming internasional, Netflix.

4. Hospital Playlist

Sinopsis Hospital Playlist

Walaupun setting yang diambil oleh drama ini kebanyakan berada di rumah sakit, tetapi “Hospital Playlist” adalah drama yang tergolong ringan. Drama ini lebih berfokus pada kisah persahabatan 5 orang dokter.

Mereka sama-sama menempuh studi kedokteran di tempat yang sama dan mengambil spesialis yang berbeda-beda. Namun, pada akhirnya mereka berlima bekerja dalam satu rumah sakit yang sama.

Drama segar dan menghibur ini akan mengajakmu melihat kelima orang tokoh utamanya mempertahankan persahabatan mereka. Melalui drama ini kamu juga bisa mengetahui sisi lain kehidupan seorang dokter yang tak jauh berbeda dari orang biasa.

5. Mr. Queen

Mr. Queen

Drama-drama bertema sageuk, sebagian besar berisi konflik-konflik perebutan kekuasaan dengan pengemasan yang serius dan dramatis.

Kesan-kesan membosankan itu tidak akan kamu temui saat menonton Mr. Queen (2020) karena drama ini mengemas cerita berlatar kerajaan dengan gaya yang segar. Gak heran kalau rating rata-ratanya mencapai 13,5%.

Dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun, Mr. Queen (2020) bercerita tentang pertukaran jiwa seorang pria modern yang bekerja sebagai koki Blue House dengan jiwa seorang ratu yang hidup di zaman Joseon.

Kekocakan Shin Hye Sun berlaku sebagai pria di tubuh seorang ratu benar-benar absurd dan sukses mengocok perut.

6. Young Lady and Gentleman

Young Lady and Gentleman

Young Lady and Gentleman (2021) sudah memenangkan kurang lebih 7 penghargaan di KBS Drama Awards 2021. Pada episode ke 32 yang tayang 9 Januari 2022, drama ini bahkan mencatat rata-rata rating yang mencengangkan.

Drama ini memperoleh 36% dan ditonton oleh 6,72 juta pemirsa. Untuk sementara ia berada di posisi ke 4 di antara Top 50 Series per Nationwide Viewers in Korea.

Drama ini bercerita tentang kehidupan Lee Young Guk, pria dewasa berusia 40 dan berstatus duda yang memiliki tiga buah hati. Dia bertemu gadis muda berusia 27 tahun yang berani dan ceria bernama Park Dan Dan.

Dan Dan yang meninggalkan rumah kini bekerja di rumah Young Guk sebagai tutor bagi tiga buah hatinya. Perlahan perasaan romantis mulai tumbuh di hati masing-masing walau perbedaan usia di antara mereka cukup jauh.

7. Revolutionary Sister

Revolutionary Sister
  • Tahun Rilis: Maret 2021
  • Genre: Family, Romance, Comedy, Drama, Thriller, Mystery,
  • Produksi: Chorokbaem Media, Pan Entertainment,
  • Sutradara: Lee Jin Seo
  • Pemeran: Yoon Joo Sang, Hong Eun Hee, Jeon Hye Bin, Kim Kyung Nam
  • Jumlah Episode: 50

Satu lagi drama Korea dengan rating tertinggi yang mencatatkan angka terbaiknya selama masa penayangan. Revolutionary Sisters (2021) sampai menyentuh rating rata-rata sebesar 32,6% untuk episode ke 49 dan ditonton oleh 5,8 juta pemirsa.

Angka-angka tersebut memosisikannya di peringkat 7 di antara Top 50 Series per Nationwide Viewers in Korea.

Drama ini bercerita tentang keluarga besar Lee Cheol Soo yang dicurigai terlihat dalam pembunuhan seorang wanita. Lee Cheol Soo memiliki tiga anak perempuan.

Dia tipikal ayah yang ketat pada aturan dan berprinsip sehingga membuat ketiga putrinya membencinya. Lantas benarkah Lee dan anak-anaknya berada di belakang kematian misterius itu?

8. The Penthouse Season 2

The Penthouse Season 2
Tahun Rilis 2021
Genre ,
Sutradara
Pemeran Kim So Yeon Eugene Lee Ji Ah Uhm Ki Joon
Review Baca di sini

Di tengah kritik pedas para pakar industri hiburan yang menyebutnya sebagai worst drama of the year, kenyataannya ia tetap mampu menarik minat penonton.

Episode akhir The Penthouse Season 2 (2021) bahkan berhasil membawa drama ini menduduki peringkat 8 dari Top 50 Series per Nationwide Viewers in Korea. Rating rata-rata yang diperoleh musim kedua pun cukup tinggi, yaitu 23,3%.

Pada musim kedua cerita drama ini berfokus pada rahasia Shim Su Ryeon, balas dendam Oh Yoon Hee dan kejatuhan Cheon Seo Jin. Cerita bermula dari acara pertunangan Seo Jin dan Joo Dan Tae setelah berhasil menjebak Yoon Hee sebagai pembunuh Su Ryeon.

Namun, suasana bahagia di pesta pertunangan itu berubah ketika Yoon Hee dan Ha Yoon Cheol datang dari Amerika mengejutkan mereka. Yoon Hee siap membalas dendam atas derita yang dirasakannya.

9. Love (ft. Marriage and Divorce) Season 2

Love (ft. Marriage and Divorce) Season 2

Tayang di TV Chosun, Love Ft Marriage and Divorce Season 2 (2021) mencetak rating memuaskan. Untuk episode akhirnya saja, drama ini berhasil mencatatkan rating sebesar 16,6%. Angka tersebut sekaligus menjadikannya sebagai drama tertinggi sepanjang sejarah yang tayang di TV kabel/berbayar.

Love ft Marriage and Divorce Season 2 (2021) masih bercerita tentang kehidupan rumah tangga tiga pasangan, yaitu Boo Hye Ryung dan Pan Sa Hyun, Sa Pi Young dan Shin Yu Shin serta pasangan berusia 50 tahun, Lee Si Eun dan Park Hae Ryun.

Pada musim kedua rumah tangga mereka semakin berantakan karena kebohongan dan perselingkuhan.

10. One the Woman

One the Woman

Drama One the Women (2021) bisa dikatakan tidak terlalu hype di Indonesia, tetapi di Korea Selatan, ia salah satu drama dengan rating tertinggi. Rating rata-rata yang dicatatkannya sampai episode 16 adalah 14,22%.

Dibintangi Honey Lee dan Lee Sang Yoon mereka kerap disebut sebagai 'Pasangan SNU'. Soalnya, dua-duanya berkuliah di universitas paling bergengsi di Korea Selatan itu.

Drama ini mengisahkan kehidupan Jo Yeon Joo, jaksa korup yang lebih banyak berhubungan dengan kaum elite Korea Selatan tetapi di saat bersamaan tidak menutup diri berhubungan dengan pengedar narkoba atau pelaku kriminal lainnya.

Kehidupannya mendadak berubah ketika suatu hari Yeon Joo mengalami kecelakaan dan hilang ingatan karena dia tiba-tiba menjadi pewaris keluarga konglomerat bernama Kang Mi Na.

11. Hospital Playlist Season 2

Hospital Playlist Season 2

Penayangan Hospital Playlist Season 2 (2021) memang sudah banyak ditunggu-tunggu, gak heran kalau pada episode pertamanya rating yang diperoleh langsung mencapai 10%.

Angka tersebut sekaligus memecahkan rekor sebagai drama dengan rating tertinggi di episode pertama sepanjang sejarah tvN selaku stasiun penyiaran. Sampai episode akhir, rata-rata rating yang didapatkannya yaitu 14,02%.

Pada musim kedua kita masih diajak melihat kehidupan lima dokter ahli di Rumah Sakit Yulje yang sudah bersahabat sejak zaman kuliah.

Selain disuguhi cerita-cerita hangat dari para pasien, kekompakan Ik Jun, Andrea, Kim Jun Wan, Seok Hyeong dan Song Hwa juga terasa membahagiakan. Apalagi di musim kedua ini, masing-masing menemukan cintanya kembali.

12. Taxi Driver

Taxi Driver
Tahun Rilis 2021
Genre ,
Sutradara
Pemeran Lee Je-Hoon Esom Kim Eui Sung Pyo Ye Jin
Review Baca di sini

Taxi Driver (2021) dibuat berdasarkan adaptasi webtoon berjudul The Deluxe Taxi karya Lee Jae Jin dan Carlos. Ratingnya tak perlu lagi diragukan karena untuk rata-rata nasional, ia mendapatkan 13,8%.

Memasang Lee Je Hoon, Esom dan Kim Eui Sung, drama ini bercerita tentang sebuah perusahaan taksi misterius yang tidak bisa dinaiki orang sembarangan.

Para penumpangnya adalah orang-orang yang tersakiti, yang diperlakukan tidak adil oleh hukum atau keadaan. Kim Do Gi selaku supir taksi misterius ini menawarkan bantuan untuk membalaskan dendam para penumpangnya dengan tarif tertentu.

Tidak jarang kasus-kasus yang dia tangani membawanya semakin dekat dengan bahaya. Namun, berkat bantuan tim yang berisi orang-orang pintar, berdedikasi dan lucu, masalah dapat teratasi.

13. Vincenzo

Vincenzo

Vincenzo (2021) menjadi drama Korea terbaik selanjutnya yang memperoleh rating tinggi selama masa penayangannya. Drama ini menutup ceritanya dengan rating sebesar 14,6%.

Sementara untuk rating rata-rata, drama ini mencatatkan angka 11,570%. Angka-angka tersebut mengantarkan menjadi drama urutan ke enam dengan jumlah penonton terbanyak dalam sejarah tvN.

Rating yang tinggi tersebut tentu saja diperoleh berkat ceritanya yang menarik. Kamu akan melihat aksi Song Joong Ki sebagai pengacara keluarga Mafia yang tinggal di Italia.

Sebagai keturunan Korea suatu hari dia kembali ke negaranya pasca kematian sang ayah angkat yang menyebabkan konflik keluarga dan organisasi. Di Korea dia bertemu Hong Cha Young, dan bekerja sama menjatuhkan penjahat yang kebal hukum.

14. The Red Sleeve

The Red Sleeve

Mencetak rating tinggi di episode terakhirnya, yaitu 17,4%, The Red Sleeve (2021) jadi salah satu drama Korea yang paling banyak dibicarakan di akhir tahun 2021. Rating rata-ratanya sendiri juga tidak kalah besar, yakni 10,7%. Drama ini dibuat berdasarkan novel berjudul The Red Sleeve Cuff karya Kang Mi Kang.

Jalan cerita novel tersebut dibuat dari kisah nyata hubungan romantis Raja Jeongjo dengan dayang istana bernama Duk Im, yang kelak menjadi Selir Uibin. Diperankan oleh Junho 2PM dan Lee Se Young, banyak penonton tergila-gila karena keromantisan keduanya dan jalan cerita yang berakhir sedih.  

15. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha (2021) menambah panjang daftar drama Korea yang mencetak rekor memuaskan, khususnya dalam sejarah televisi kabel.

Selama delapan minggu penayangannya, HCCC selalu menduduki peringkat pertama. Episode akhir drama ini mencatatkan angka 12,665% dengan rata-rata keseluruhan 10,081%.

HCCC bercerita tentang seorang dokter gigi dari kota yang pindah ke sebuah desa nelayan. Di sana dia perlu beberapa waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan para tetangga.

Kesulitannya menjadi serba mudah ketika seorang pemuda desa serba bisa membantunya dalam banyak hal. Perasaan romantis pun mulai tumbuh di antara keduanya.

16. Jirisan

Jirisan

Drama yang merupakan kerjasama antara sutradara Lee Eung Bok dengan penulis Kingdom Series dan Signal (2016), Kim Eun Hee, ini tak kalah sodorkan angka besar untuk perolehan ratingnya.

Rating rata-rata yang didapat Jirisan (2021) selama 16 episode adalah 9,103%. Lebih menarik lagi karena ia menjadi drama Korea terbaik sepanjang masa dengan cerita yang sangat segar.

Jirisan (2021) mengisahkan perjuangan para ranger penjaga Gunung Jiri dalam menyelamatkan para pendaki dari pembunuh berantai yang punya dendam di masa lalu. Jun Ji Hyun sebagai Yi Gang adalah salah satu ranger terbaik yang bisa diandalkan.

Sementara Ju Ji Hoon yang berperan sebagai Hyun Jo merupakan ranger baru dengan kemampuan khusus. Bersama ranger lain, mereka mengungkap pembunuh di Jirisan.

17. Mine

Mine

Mine (2021) merupakan drama tvN yang tayang di akhir pekan. Rating pada episode awal sudah sangat memuaskan, yaitu 6,6% untuk nasional dan 7,9% untuk Seoul.

Angka itu mengantarkannya menduduki peringkat ke enam tertinggi sepanjang sejarah drama akhir pekan tvN. Sampai episode akhir, rating terus mengalami kenaikan hingga rata-ratanya pun ikut naik menjadi 9,078%.

Mine (2021) menampilkan gaya hidup masyarakat kelas atas di Korea Selatan dengan tokoh utama Seo Hee Soo, seorang mantan aktris papan atas.

Hee Soo kini menjadi menantu kedua dari keluarga kaya raya pemilik Grup Hyowon. Bersama menantu pertama Grup Hyowon, Jung Seo Hyun, keduanya mencoba mencari dan menemukan identitas mereka sebenarnya.

18. The Veil

The Veil

The Veil (2021) adalah drama yang dibuat berdasarkan naskah pemenang dari Kontes Skenario Drama MBC tahun 2018 karya Park Seok Ho. Dalam proses pembuatannya Badan Intelijen Korea Selatan turut mendanai sekaligus memberikan saran.

Dana yang digelontorkan MBC untuk memproduksi drama ini sekitar Rp 118 Milyar. Nilai setinggi itu sepantasnya mendapatkan rating yang terhitung tinggi pula.

Dalam 12 episodenya, The Veil (2021) mendapatkan perolehan rating rata-rata 8,71%. Alur ceritanya berada di sekitar Han Ji Hyuk, agen lapangan BIN terbaik yang mengalami hilang ingatan pasca menjalankan tugas berbahaya di luar negeri.

Ketika ingatannya kembali, Han Ji Hyuk mendapati fakta bahwa pelaku yang membahayakan nyawanya adalah pengkhianat di dalam BIN sendiri.

19. Lovers of the Red Sky

Lovers of the Red Sky

Kembali bertemu drama sageuk dalam daftar drakor terbaik sepanjang masa, kali ini romansa Kim Yoo Jung dan Ahn Hyo Seop mendapatkan giliran.

Tentu saja karena rating Lovers at The Red Sky (2021) adalah salah satu yang tertinggi. Untuk drama yang tayang di awal pekan, rating rata-rata sebesar 8,69% cukup memuaskan.

Lovers at The Red Sky (2021) bercerita tentang seorang gadis buta, putri pelukis kerajaan yang menjadi gila karena melukis gambar raja. Lukisan raja itu akan dipakai untuk mengurung iblis yang ada di dalam tubuh raja sendiri.

Lukisan tersebut lalu terbakar dan iblis di dalamnya berhasil keluar. Peristiwa itu membuat gadis buta tadi mendapatkan penglihatannya kembali sementara seorang anak lelaki di tempat berbeda menjadi buta. Sejak itu mereka terikat takdir yang membahayakan.

20. River Where The Moon Rises

River Where The Moon Rises
Tahun Rilis 2021
Genre ,
Sutradara
Pemeran Kim So Hyun Na In Woo Lee Ji Hoon Choi Yoo Hwa

River Where the Moon Rises (2021) yang sempat tersandung kontroversi karena tokoh utamanya terlibat skandal, terhitung memiliki rating tinggi.

Episode perdana drama ini bahkan lebih tinggi dibandingkan Royal Secret Agent (2021) yang tayang sebelumnya. Rating rata-rata yang diperoleh River Where the Moon Rises (2022) mencapai 7,6%.

Drama ini diangkat dari kisah klasik cerita rakyat pada zaman Goryeo tentang Putri Pyeonggang dan On Dal, seorang pemuda pencari rempah yang tinggal di desa.

Sebagai keturunan raja Putri Pyeonggang hidup terancam karena orang-orang yang haus kekuasaan. Bersama On Dal yang perlahan belajar memainkan pedang, Pyeonggang menyelamatkan kerajaannya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram