Bacaterus / Film Korea / 10 Drama Korea Bertema Sekolah yang Paling Seru Buat Ditonton

10 Drama Korea Bertema Sekolah yang Paling Seru Buat Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Drama Korea sepertinya tak pernah kehabisan tema cerita, tema sekolah pun berhasil diangkat ke layar televisi. Drama-dramanya bercerita tentang kehidupan sekolah dan kisah romansanya. Drama tentang sekolah selalu menarik perhatian penonton, terutama remaja, karena tak tak melulu bercerita tentang sekolah, tapi juga drama percintaannya.

Drama bertema sekolah juga membahas isu-isu penting yang terjadi di lingkungan sekolah, seperti bullying atau perundungan, kebobrokan sistem sekolah, atau kekerasan di sekolah. Nah, inilah drama Korea bertema sekolah yang paling populer.

10 Drama Korea Bertema Sekolah Terbaik

1. My ID is Gangnam Beauty

* sumber: www.koreandrama.org

Drama My ID is Gangnam Beauty adalah salah satu drama yang diadaptasi dari serial webtoon yang seru. Drama ini berani mengangkat isu yang paling sensitif di lingkungan masyarakat Korea, yaitu operasi plastik dan penampilan fisik. Drama yang dibintangi oleh aktor yang sedang digandrungi, Cha Eun Woo, dan aktris Im soo Hyang ini mengisahkan tokoh Kang Mi rae (Im Soo Hyang) yang mengalami bullying ketika sekolah.

Kang Mi Rae memilih operasi plastik untuk terbebas dari ejekan teman-temannya. Namun, setelah menjadi cantik pun dia tetap mengalami masa-masa sulit saat duduk di bangku kuliah. Untunglah ada Do Kyung Seok (Cha Eun Woo), teman semasa SMP Kang Mi Rae yang selalu melindunginya. Walaupun tampak dingin, Do Kyung Seok adalah sosok pria baik hati.

2. Boys over Flower

* sumber: www.koreandrama.org

Drama yang sudah dibuat dalam beberapa versi, termasuk Jepang, Taiwan, dan Korea, ini merupakan adaptasi dari manga karya Yoko Kamio yang berjudul Boys over Flowers. Boys over Flower versi Korea dibintangi oleh Lee Mi Ho (Goo Joon Pyo), Goo Hye Sun (Geum Jan Di), Kim Hyun Joong (Yoon Ji Hoo), Kim Bum (So Yi Jung), dan Kim Joon (Song Woo Bin).

Drama ini menceritakan kisah Geum Jan Di yang bersekolah di sekolah terkenal, Shin Hwa College. Tak sengaja Jan Di bertemu F4, geng anak orang kaya yang diketuai Joon Pyo. Jan Di menumpahkan es krim di sepatu Joon Pyo dan akibatnya Jan Di mendapat hukuman dari F4. Tak terima dengan perlakuan Joon Pyo, Jan Di pun menyatakan perang dengan F4.

3. The heirs

* sumber: www.koreandrama.org

The Heirs adalah hasil karya penulis naskah drama terkenal, Kim Eun Sook yang juga sukses melahirkan drama seperti Secret Garden, Goblin dan Mr. Sunshine. The Heirs menampilkan sederet artis terkenal seperti, Lee Min Ho (Kim Tan), Park Shin Hye (Cha Eun Sang), dan Kim Woo Bin (Choi Young Do). Selain itu ada juga Krystal Jung, Kang Min Hyuk, dan Kim Ji Won.

Drama the Heirs menceritakan tentang anak-anak perwaris kekayaan keluarga yang bersekolah di sekolah elite bernama SMA Jeguk. Salah satu murid sekolah itu adalah Kim Tan. Dia merupakan perwaris Grup Empire. Kim Tan bertemu dengan Cha Eun Sang yang adalah anak asisten rumahnya. Keduanya kemudian terlibat jalinan asmara.

4. God of Study

* sumber: www.koreandrama.org

God of Study atau Master of Study adalah drama remake dari drama Jepang yang berjudul Dragon Zakura. Dragon Zakura diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Drama ini dibintangi oleh Yoo Seung Ho (Hwang Baek Hyun), Kim Soo Ro (Kang Seok Ho), Go Ah Sung (Kil Pul Ip), Park Ji Yeon (Na Hyeon Jeong), dan Lee Hyun Woo (Hong Chan Doo).

Drama God of Study bercerita tentang Kang Seok Ho, seorang pengacara yang memutuskan untuk menjadi guru di SMA Byung Moon, sebuah sekolah yang terkenal karena kenakalan dan prestasi buruknya. Seok Ho berniat mengubah sekolah tersebut dengan bertekad mengirim 5 muridnya ke sekolah ternama seperti Universitas Chunha.

5. Heart Strings

Heart strings

* sumber: www.koreandrama.org

Heartstrings berlatar kehidupan mahasiswa jurusan musik. Drama ini dibintangi oleh aktris komedi romantis ternama, Park Shin Hye (Lee Kyu Won) dan dua anggota CNBlue, Jung Yong Hwa (Lee Shin), dan Kang Min Hyuk (Yeo Joon). Tokoh Lee Shin mempelajari musik modern, sedangkan tokoh Lee Kyu Won mempelajari alat musik tradisional Korea.

Diceritakan bahwa Shin merupakan vokalis dan gitaris grup “The Stupid” yang memiliki paras tampan dan ketertarikan yang tinggi terhadap musik. Saking sukanya dengan musik, dia tak memiliki impian lain. Ketika bertemu dengan Lee Kyu Won, kehidupan Lee Shin pun berubah. Selain berkolaborasi dalam musik, mereka pun terlibat jalinan cinta.

6. Reply 1997

Reply 1997

Reply 1997 adalah drama pertama dari trilogi Reply. Drama ini berlatar gebyar K-Pop yang mulai menggeliat saat itu. Salah satu grup K-Pop yang tengah banyak digandrungi adalah grup boyband H.O.T. yang salah anggotanya adalah Kangta. Aktor dan aktris yang terlibat dalam Reply 1997, di antaranya Jung Eun Ji (Sung Si Won) dan Seo In Guk (Mo Yoo Jeong)

Fokus utama drama Reply 1997 adalah kehidupan Sung Si Won. Diceritakan Si Won dan lima orang temannya menggemari boyband HOT. Tahun berganti dan mereka kembali dipertemukan pada tahun 2012. Cerita pun berputar sekitar kehidupan mereka dahulu dan sekarang.

7. Goong

* sumber: www.koreandrama.org

Dikenal juga dengan judul Princess House, Goong merupakan drama ber-setting kerajaan di era modern yang diwarnai oleh intrik politik, cinta, dan tradisi. Goong dibintangi oleh Joo Ji Hoon (Lee Shin), Yoon Eun Hye (Shin Chae Kyung), Song ji Ho (Min Hyo Rin), dan Kim Jeong Hoon (Lee Yul). Sukses drama ini menyebar ke Asia dan ikut menyukseskan Korean Wave.

Kisah Goong berfokus pada cerita kehidupan Pangeran Lee Shin. Diceritakan Shin yang bersekolah di sekolah seni secara tak sengaja bertemu Shin Chae Kyung yang juga murid sekolah tersebut. Tanpa sepengetahuan mereka, ternyata keduanya telah dijodohkan oleh kakek mereka. Walau awalnya tak cinta, Shin akhirnya jatuh cinta pada istrinya Chae Kyung.

8. Dream high

Dream high

* sumber: www.koreandrama.org

Dream High adalah drama yang bertemakan tentang sekolah dan kehidupan para muridnya. Berkisah tentang perjuangan enam murid Kirin Art High School yang bercita-cita menjadi bintang di industri musik Korea. Hampir sebagian besar pemain yang terlibat dalam drama ini adalah bintang K-Pop, seperti IU, Bae Suzy (Miss A), Ok Taec Yeon (2 PM), Jang Woo Young (2 PM), dan Ham Eun Jung (T-ara). Idola K-pop lainnya muncul sebagai cameo.

9. Playful kiss

* sumber: www.koreandrama.org

Drama remake dari drama Jepang berjudul Itazura na Kiss ini dibintangi oleh Kim Hyung Joong (Baek Seung Jo), Jung So Min (Oh Ha Ni), Lee Tae Sung (Bong Joon Gu), dan Lee Si Young (Yoon He Ra).

Playful kiss berkisah tentang Baek Seung Jo, yang seorang murid pintar, dan Oh Ha Ni, seorang murid yang ceroboh dan kurang pintar. Oh Ha Ni tinggal di rumah Baek Seung Jo ketika rumahnya hangus karena kebakaran. Kisah mereka pun berkembang, yang awalnya hanya cinta sepihak menjadi saling mencintai satu sama lain.

10. Angry Mom

* sumber: www.koreandrama.org

Angry Mom bercerita tentang seorang ibu yang melakukan penyamaran demi menyelamatkan anaknya yang mengalami bullying di sekolahnya. Hal lucu terjadi ketika salah satu murid sekolah ini jatuh cinta dengan ibu murid tersebut. Drama Angry Mom dibintangi oleh Kim Hee Sun (Jo Kang Ja), Kim Yoo Jung (Oh Ah Ran),  Ji Hyun Woo (Park No Ah), Baro (Hong Sang Tae), dan Ji Soo (Go Bok Dong).

11. Sungkyunkwan Scandal

Sungkyunkwan Scandal

* sumber: www.koreandrama.org

Sungkyunkwan Scandal berkisah tentang murid-murid di Universitas Sungkyunkwan di era dinasti Joseon. Drama ini berkisah tentang tokoh murid perempuan bernama Kim Yoon Hee yang menyamar menjadi seorang laki-laki bernama Kim Yoon Shik agar bisa bersekolah di Sungkyunkwan.

Di Sungkyunkwan, Kim Yoon Hee bertemu dengan Lee Sun Joon (Park Yoo Chun), seorang anak dari keluarga bangsawan yang juga murid di sana. Mereka berdua akhirnya menjadi teman sekamar. Kedua teman itu akhirnya saling jatuh cinta dan menikah.

12. School 2013

School 2013

* sumber: www.koreandrama.org

School adalah drama seri antologi yang diproduksi oleh stasiun televisi KBS2. Pertama kali tayang pada tahun 1999. Drama School mengangkat isu-isu penting dalam dunia pendidikan Korea, seperti bullying, bimbingan belajar, bunuh diri, sistem pendidikan yang korup, juga hukuman di sekolah.

School 2013 bercerita tentang SMA Seungri yang termasuk jajaran sekolah terburuk di Korea. Munculah dua guru Kang se Chan (Daniel Choi) dan Jung in Jae (Jang Na Ra) yang berjuang mati-matian demi memajukan murid-muridnya agar bisa naik kelas.

13. Who are you: School 2015

* sumber: www.koreandrama.org

Merupakan seri keenam dari drama School, Who Are You: School 2015 pun masih membahas isu yang biasa dihadapi murid-murid sekolah di Korea. Drama ini bercerita tentang dua orang anak kembar bernama Lee Eun Bi dan Go Eun Byul (Kim So Hyun) yang terpisah hidupnya.

Suatu saat Eun Byul menghilang secara misterius. Lalu Eun Bi mengalami hilang ingatan setelah ditemukan di pinggir laut. Melihat Eun Bi, orang-orang mengira dia adalah Eun Byul. Sejak itu dia menjalani hidup sebagai Eun Byul dan terlibat kisah cinta segitiga bersama dua temanya, Gong Tae Kwang (Yook Sung Jae) dan Han Yi An (Nam Joo Hyuk).

14. Go Sassy Go Go

* sumber: www.koreandrama.org

Drama ini mengungkap dunia pedidikan di sebuah sekolah yang sangat kompetitif, SMA Sevit. Sekolah tersebut lebih menitikberatkan pada pencapaian akademis. Go Sassy Go Go bercerita tentang dua kelompok murid yang berbeda yang akhirnya bersatu menjadi sebuah tim Cheerleader. Mereka berjuang agar meraih juara pertama. Go Sassy Go Go dibintangi oleh Jung Eun Ji, Ji Soo, Chae Soon Bi, Lee Won Keun, N, dan Kim Ji Suk.

15. Second Time Twenty Years Old

* sumber: www.koreandrama.org

Drama Second Time Twenty Years Old bercerita tentang seorang ibu rumah tangga yang memutuskan untuk kembali bersekolah. Ha No Ra (Choi Ji Woo) selalu dianggap tak tahu apa-apa oleh suaminya, Kim Woo Cheol (Choi Won Young) yang seorang professor di sebuah universitas.

Di kampus, dia bertemu kembali dengan cinta pertamanya, Cha Hyeon Seok (Lee Sang Yoon) yang menjadi profesor di kampus yang sama dengan suaminya. Awalnya sempat mendapat penolakan dari teman-teman sekelasnya yang masih muda, Ha No Ra berhasil membuktikan dia mampu sejajar dengan mereka yang masih muda. Di akhir cerita, Ha No Ra kembali bersatu dengan cinta pertamanya setelah bercerai dari suaminya yang berselingkuh dengan teman sejawatnya.

Sekolah dan semua intriknya memang selalu menarik untuk dijadikan tema drama atau pun film. Begitu pula dengan drama-drama bertema sekolah di atas, semuanya memiliki cerita yang menarik dan pesan positif yang ingin disampaikan. Dari semua drama tersebut, manakah yang menjadi favoritmu?

Jika kamu lebih suka dengan cerita drama korea yang romantis hingga bikin baper banget, coba tonton 10 Rekomendasi Drama Korea Paling Romantis yang pernah diulas oleh Bacaterus ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar