20 Drama Korea Bertema Sekolah yang Seru Buat Ditonton

Ditulis oleh Siti Hasanah

7. Reply 1997

Reply 1997
Tahun Rilis 2012
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Jung Eun Ji Seo In Guk Hoya Shin So Yool Eun Ji Won Lee Si Eon Song Jong Ho

Reply 1997 adalah drama pertama dari trilogi Reply. Drama ini berlatar gebyar K-Pop yang mulai menggeliat saat itu.

Salah satu grup K-Pop yang tengah banyak digandrungi adalah grup boyband H.O.T. yang salah anggotanya adalah Kangta. Aktor dan aktris yang terlibat dalam Reply 1997, di antaranya Jung Eun Ji (Sung Si Won) dan Seo In Guk (Mo Yoo Jeong)

Fokus utama drama Reply 1997 adalah kehidupan Sung Si Won. Diceritakan Si Won dan lima orang temannya menggemari boyband HOT. Tahun berganti dan mereka kembali dipertemukan pada tahun 2012. Cerita pun berputar sekitar kehidupan mereka dahulu dan sekarang.

8. Extracurricular

Extracurricular

Drama Korea berlatarkan sekolah yang satu ini ‘agak laen’ dari yang lain. Ulah anak-anak sekolah yang ada di drama Extracurricular (2020) bukan hanya bullying, tetapi lebih gelap dan membahayakan. Kamu akan bertemu dengan empat anak sekolah yang masing-masing punya ‘pesona’.

Mereka adalah Oh Ji Soo yang penyendiri dan terlihat canggung, Bae Gyu Ri gadis yang keras kepala, Seo Min Hee yang cantik dan Kwak Ki Tae si tukang bully.

Oh Ji Soo yang diperankan oleh Kim Dong Hee terlihat sebagai siswa tak bermasalah dan memiliki prestasi akademik yang baik. Namun, Ji Soo sebenarnya tidak memiliki ambisi dan tidak melihat kuliah sebagai sesuatu yang penting.

Pandangan Ji Soo yang seperti itu bukan tanpa alasan karena kedua orang tuanya juga tidak pernah menghidupnya secara layak. Untuk membayar biaya sekolah dan hidupnya, Ji Soo melakukan pekerjaan yang berisiko. Dia terlibat dalam bisnis prostitusi ilegal sebagai security service provider secara diam-diam.

9. All of Us Are Dead

All of Us Are Dead

Pagi seperti biasa, Lee Cheong San dan gadis yang diam-diam disukainya, Nam On Jo, berangkat ke sekolah bersama-sama. Sayangnya, hari yang biasa itu seketika menjadi sebuah pertarungan antara hidup dan mati setelah salah satu teman mereka tergigit hewan hasil penelitian.

Siswi yang terinfeksi itu berubah menjadi makhluk haus darah dan mulai menyerang teman-temannya. Seketika hidup Cheong San dan On Jo dipertaruhkan bersama dengan para siswa yang mencoba menyelamatkan diri; dua di antaranya adalah Choi Nam Ra dan Lee Su Hyeok.

Empat orang itu dan beberapa siswa lainnya kemudian bekerjasama melepaskan diri dari kejaran monster menggunakan perlengkapan seadanya yang ada di sekolah.

10. Revenge of Others

Revenge of Others

Revenge of Others (2022) merupakan drama Park Solomon yang dia bintangi setelah sukses dengan All of Us Are Dead (2022). Aktor muda kelahiran 1999 ini kembali berperan sebagai anak sekolah, bedanya dia tidak dikejar-kejar zombie, melainkan waktu.

Pasalnya karakter yang dia mainkan, Ji Su Heon, hanya punya waktu hidup beberapa bulan lagi setelah divonis menderita penyakit tumor otak. Drama berlatarkan sekolah yang juga dibintangi Shin Ye Eun ini mengisahkan upaya pengungkapan kasus kematian saudara kembar Ok Chan Mi bernama Ok Chan Kyu.

Chan Mi yang tidak percaya saudaranya itu bunuh diri memutuskan pindah sekolah untuk mulai menyelidikinya. Di sekolah yang baru dia berurusan dengan Ji Su Heon yang kebetulan mengenal mendiang Chan Kyu.

Ji Su Heon yang merasa hidupnya tak lama lagi berniat menghabiskan sisa waktu yang dimiliki untuk membantu para siswa yang tertindas, padahal Ji Su Heon memiliki jalan hidup yang berat.

Pasalnya dia harus kerja keras untuk membiayai perawatan ibunya di panti jompo. Selain itu, dia juga mencari uang untuk biaya sekolah dan menghidupi diri sendiri.

11. Extraordinary You

Extraordinary You

Drama yang menampilkan romansa masa muda dengan latar sebuah sekolah tak pernah kehilangan peminatnya. Di antara cukup banyak drama manis seperti itu, Extraordinary You (2019) salah satu yang sukses dan banyak dibicarakan.

Cerita drama romantis dan fantasi ini berputar pada kehidupan siswa dan siswi di Seoul High School. Eun Dan Oh adalah seorang siswi dari keluarga kaya yang mengidap penyakit jantung sehingga diprediksi tidak akan melewati masa remajanya.

Namun, dia menyadari bahwa dirinya dan orang-orang di sekitarnya adalah sosok karakter dalam sebuah webtoon berjudul Secret. Sedihnya Dan Oh mendapati jika dirinya hanya karakter pendukung.

Sebagai salah satu karakter dalam Secret, Dan Oh bertunangan dengan Baek Kyung. Menariknya dia juga karakter utama dari karya penulis sebelumnya, yaitu sebuah komik roman berlatarkan era Goryeo.

Di sana dia adalah gadis bangsawan yang bertunangan dengan Baek Kyung. Namun, dalam komik roman itu ada pula sesosok pemuda bernama Ha Ru.

12. Class of Lies

drama korea bertema sekolah_Class of Lies_

Sekolah Menengah Chunmyung mempercayakan Gi Moo Hyeok, salah satu pengacara dari firma hukum Songha untuk membela salah satu murid mereka, Kim Han Soo. Kim Han Soo berada di lokasi saat salah satu murid bernama Jeong Soo Ah ditemukan dalam keadaan penuh tikaman. 

Moo Hyeok menawarkan kesepakatan agar Kim Han Soo mengakui perbuatannya dengan jaminan mendapat hukuman lebih ringan. Han Soo menolak karena ternyata dia adalah kekasih Jeong Soo Ah.

Murid tersebut lebih peduli pada kondisi pacarnya daripada urusan hukum itu sendiri. Moo Hyeok lantas mencari cara agar kasus ini dapat selesai. 

13. True Beauty

Sinopsis True Beauty (2)

Drama yang tayang pada akhir tahun 2020 ini berhasil membelah penonton menjadi dua kubu, yaitu #TimSuho dan #TimSeojun. Diadaptasi dari serial webtoon berjudul The Secret of Angel, banyak yang menilai bahwa drama ini berbeda dengan versi webtoonnya, sehingga banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan penggemar.

«1 2 34»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram