Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Drama Korea Bertema Kedokteran yang Mengharu Biru

10 Drama Korea Bertema Kedokteran yang Mengharu Biru

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Berbagai jenis tema drama sudah diangkat ke layar televisi oleh drama Korea, salah satunya adalah tema kedokteran. Walaupun tema kedokteran sudah sering ditampilkan, tapi fokus cerita tiap drama pasti berbeda. Begitupun dengan deretan drama bertema kedokteran yang akan dibahas berikut ini. Yuk, simak 10 judul drama kedokteran yang seru untuk ditonton.

10 Drama Korea Bertema Kedokteran Terbaik

1. Heart surgeons

* sumber: www.soompi.com

Fokus cerita drama Heart Surgeons adalah kehidupan para dokter di departemen bedah toraks di Rumah Sakit Taesan. Drama ini mengisahkan perjuangan para dokter bedah toraks dalam menyelamatkan nyawa para pasien dengan beragam kondisi kesehatannya. Dikisahkan juga intrik perebutan tampuk kekuasaan di antara para dokter senior.

Heart Surgeons, seperti yang dijanjikan para pemainnya, lebih menitikberatkan pada dunia medis daripada kisah percintaan. Drama ini banyak menyajikan adegan proses operasi yang sangat menegangkan. Drama Heart Surgeons dibintangi oleh Go Soo (Park Tae Soo), Uhm Ki Joon (Choi Suk Han), dan Seo Ji Ye (Yoo Soo Yeon).

2. Life

Life

* sumber: forums.soompi.com

Drama yang tayang di stasiun JTBC ini dibintangi oleh aktor Lee Dong Wook (Ye Jin Woo), Cho Seung Woo (Goo Seung Hyo), Won Jin Ah (Lee Noh Eul), Yoo Jae Myung (Joo Kyung Moon), dan Moon So Ri (Oh Se Hwa). Seperti halnya Heart Surgeons, Life pun mengangkat cerita mengenai dunia medis, intrik praktik dunia kedokteran dan perebuatan kekuasaan.

Jika Heart Surgeons lebih menitikberatkan pada proses medis yang tejadi di ruang operasi, Life lebih fokus pada cerita mengenai penyalahgunaan kekuasaan, peliknya birokrasi rumah sakit, dan konflik kepentingan. Isu konflik kepentingan terjadi karena perbedaan tujuan antara dokter yang ingin menyelamatkan pasien dan CEO rumah sakit yang lebih condong pada sisi bisnis.

3. Risky Romance

* sumber: www.kpopmap.com

Walaupun judulnya tak nampak berkaitan dengan dunia kedokteran, Risky Romance berkisah tentang dua orang dokter, yaitu Joo Jin Ah (Lee Si Young) dan Han Seung Joo (Ji Hyun Woo). Jin Ah adalah seorang dokter endokrin yang sangat tertarik dengan peran hormon dalam ketertarikan seksual, sedangkan Seung Joo adalah seorang ahli bedah syaraf.

Awalnya, terjadi persaingan di antara keduanya. Namun, setelah mereka bekerja sama, benih-benih cinta pun mulai tumbuh. Risky Romance merupakan drama kedokteran bergenre komedi romantis sehingga penonton akan disuguhi berbagai isu percintaan, seperti cemburu, sakit hati, rasa bersalah, dan rasa khawatir. Semua permasalahan itu disajikan secara komedi sehingga terasa lebih ringan.

4. Hospital Ship

* sumber: www.spotvnews.co.kr

Berbeda dari drama bertema kedokteran umumnya, latar Hospital Ship adalah sebuah kapal. Ceritanya yang diangkat cukup “fresh” karena mengisahkan para dokter yang melayani masyarakat yang tinggal di desa atau pulau-pulau terpencil. Drama ini dibintangi oleh aktris senior ternama, Ha Ji Won, anggota CNBlue Kang Min Hyuk, Kwon Mi Na dari AOA, Lee Seo Won, dan Kim In Shik.

Dikisahkan ada tiga dokter laki-laki, Kwak Hyun (Kang Min Hyuk), Kim Jae Geol (Lee Seo Won), dan Cha Joon Young (Kim In Shik) dan satu orang perawat, Yoon Ah Rim (Kwon Min Na) yang bertugas di sebuah kapal yang berfungsi sebagai rumah sakit. Kemudian, muncul ahli bedah Song Eung Jae (Ha Ji Won) yang ikut bergabung dalam tim tersebut. Bersama, mereka memberikan layanan medis gratis.

5. Doctor Stranger

Doctor stranger

* sumber: www.soompi.com

Doctor Stranger bercerita tentang seorang dokter dari Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan. Diceritakan Park Hoon (Lee Jong Suk), seorang anak yang jenius, dididik oleh ayahnya, yang sempat membelot ke Korea Selatan, untuk mejadi ahli bedah toraks seperti dirinya. Ketika ayahnya meninggal, Park Hoon dan pacarnya Song Jae Hee (Jin Se Yeon) melarikan diri ke Korea Selatan.

Di Korea Selatan, Park Hoon berhasil mendapatkan posisi sebagai dokter di rumah sakit bergengsi, Rumah Sakit Universitas Myungwoo. Saat bekerja di rumah sakit itulah dia bertemu dokter perempuan yang mirip dengan pacarnya yang bernama Han Seung Hee (Jin Se Yeon). Tak disangka, ternyata dokter tersebut terlibat dalam misi rahasia atas suruhan orang yang membenci Park Hoon.

6. Emergency Couple

* sumber: www.fanpop.com

Emergency Couple menceritakan mantan suami istri yang kembali dipertemukan di sebuah rumah sakit. Keduanya bekerja sebagai dokter magang di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Awal mulanya, tokoh Oh Jin Hee (Song Ji Hyo) adalah seorang ahli diet. Kemudian dia bertemu dengan mahasiswa kedokteran bernama Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk). keduanya akhirnya menikah.

Sayang, pernikahan Jin Hee dan dan Chang Min harus berakhir dengan perceraian karena mereka berdua merasa tidak bahagia. Keduanya kemudian meneruskan sekolah untuk menjadi dokter. Takdir akhirnya mempertemukan mereka kembali dan menjadikan mereka teman sejawat di sebuah rumah sakit. Sejak itu, babak baru kehidupan mereka berdua pun kembali dimulai.

7. Doctors

* sumber: www.hancinema.net

Doctors bercerita tentang realitas hubungan antara dokter dan pasien yang dibumbui masalah mengenai prasangka sosial tentang latar belakang pendidikan dan asal seseorang. Drama ini menceritakan tokoh Yoo Hye Jung (Park Shin Hye) yang memiliki banyak luka di masa lalu yang membuatnya menutup diri. Namun, Semuanya berubah ketika dia bertemu mentornya.

Sang mentor yang bernama Hong Ji Hong (Kim Rae Won) berhasil mengubah Hye Jung, murid SMA yang senang menindas dan bandel menjadi dokter yang penuh dengan cinta kasih. Kisah hubungan guru dan murid yang diangkat dalam drama agaknya menjadi isu yang sedikit sensitif. Untungnya, jalinan kasih yang serius di antara keduanya dikisahkan ketika mereka sudah sama-sama dewasa.

8. Good Doctor

* sumber: www.soompi.com

Good Doctor merupakan drama bertema kedokteran yang unik. Berbeda dari gambaran kebanyakan tokoh dokter umumnya, sosok dokter dalam Good Doctor diceritakan memiliki kelainan autistik dan sindrom savant. Park Shin On (Joo Won) adalah seorang dokter bedah yang hebat, tapi dia memiliki masalah dengan perkembangan kepribadiannya.

Park Shin On bekerja di departemen pediatrik. Dia harus berjuang agar bisa diterima dan bekerja dengan dokter-dokter lain di rumah sakit tersebut. Dokter Cha Yoon Seo (Moon Chae Won), perempuan yang baik hati ini adalah orang pertama yang bersedia membantu Shin On. Good Doctor adalah drama yang sangat menyentuh yang menceritakan perjuangan seseorang meraih mimpinya.

9. Medical Top Team

* sumber: asianwiki.com

Drama Medical Top Team bercerita tentang tim dokter di Rumah Sakit Universitas Kwhanghae. Mereka terdiri dari dokter dan ahli bedah terbaik. Tujuan dibuatnya tim tersebut adalah untuk menangani masalah kedokteran yang rumit dan penelitian mengenai penyakit yang langka. Sayangnya, tujuan ini dikotori oleh masalah politik kekuasaan di rumah sakit tersebut.

Seperti umumnya drama bertema kedokteran, Medical Top Team menyajikan kisah asmara para dokter, perawat, para dokter residen, dan adegan di ruang operasi. Drama ini dibintangi oleh pemain ternama, seperti Kwon Sang Woo (Park Tae Shin), Joo Ji Hoon (Hang Seung Jae), dan Jung Ryu Won (Seo Joo Young). Ikut bermain anggota Shinee, Mi Ho sebagai Kang Sung Woo.

10. Romantic Doctor, Teacher Kim

* sumber: viewasian.tv

Romantic Doctor, Teacher Kim mengangkat kisah tiga orang dokter beda generasi yang bekerja di sebuah rumah sakit kecil di pinggiran kota bernama Rumah Sakit Doldam. Sebelumnya, ketiga dokter ini pernah bekerja di Rumah Sakit Goedae. Walaupun judulnya terdapat kata romantis, romantis yang dimaksud dalam drama ini lebih kepada sikap dan idealisme terhadap nilai kehidupan.

Diceritakan Boo yong Joo (Han Suk Kyu) adalah ahli bedah ternama di rumah sakit besar. Karena sebuah insiden, dia lalu menghilang dan berganti nama menjadi Kim Sa Bu alias “Teacher Kim”. Kang Dong Joo (Yoo Yun Suk) adalah seorang dokter dari keluarga miskin yang berjuang meraih sukses. Adapun Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin), dia adalah ahli bedah yang memiliki masalah di masa lalu.

Kedua dokter muda tersebut menemukan inspirasinya dalam diri Dokter Kim Sa Bu dan mereka pun bekerja sama, memulai kehidupan dan karir yang baru di rumah sakit kecil tersebut.

Nah, itulah drama-drama Korea yang mengangkat tema kehidupan rumah sakit dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Banyak cerita haru dan menegangkan yang disajikan dengan apik oleh sutradara dan para pemainnya sehingga membuat penonton kadang ikut larut dalam cerita. Apakah salah satu drama yang dibahas tadi adalah drama favoritmu?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

2 Comments

  1. Andrian 27 November 2018 at 17:41 - Reply

    Kwkwkwk ngakak gue gan…

    • Bacaterus 28 November 2018 at 22:44 - Reply

      🤪

Leave A Comment