Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

10 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Jika Jepang sukses menghasilkan sederet manga yang diadaptasi menjadi drama, Korea memiliki beberapa seri webtoon seru yang sukses diadaptasi menjadi beberapa judul drama. Deretan drama adaptasi webtoon tersebut berhasil memikat hati banyak penonton. Berikut adalah beberapa rekomendasi drama Korea adaptasi dari webtoon yang tetap seru untuk ditonton ulang.

10 Drama Korea Adaptasi Webtoon Terbaik

1. My ID is Gangnam Beauty

* sumber: www.allkpop.com

Drama genre sekolah yang sukses melambungkan nama Cha Eun Woo ini diadaptasi dari webtoon yang berjudul “Nae IDneun Gangnamiin” karya Gi Maeng Gi. Sukses My ID Gangnam Beauty mengantarkan Cha Eun Woo meraih beberapa penghargaan sebagai Best New Actor dan Hallyu Star Award di acara  11th Korean Drama Awards. Gangnam Beauty adalah istilah untuk wanita cantik hasil operasi plastik.

My ID is Gangnam Beauty berkisah tenang seorang gadis bernama Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) yang menderita karena bullying yang dilakukan teman-temannya di sekolah. Di kampus dia dipertemukan kembali dengan teman semasa SMP yang bernama Do Kyung Seok (Cha Eun Woo). Berawal dari pertemanan di kampus, keduanya akhirnya menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih.

2. Your House Helper

* sumber: my.castko.com

Your House Helper diadaptasi dari webtoon berjudul “Dangshinui House Helper” karya Seung Jung-Yeon. Drama ini dibintangi oleh Ha Seok Jin (Kim Ji Woon), Bona (Im Da Young), Go Won Hee (Yoon Sang A), Lee Ji Hoon (Kwon Jin Kook), Seo Eun A (Han So Mi), dan Jeon Soo Jin (Kang Hye Joo).

Drama ini fokus pada cerita kehidupan Kim Ji Woon dan Im Da Young. Ji Woon adalah seorang bankir yang beralih profesi menjadi seorang “housekeeper” profesional, sedangkan Im Da Young adalah seorang pegawai magang di perusahaan iklan yang berjuang untuk menjadi pegawai tetap. Hubungan keduanya dimulai ketika Da Young meminta Ji Woon untuk membersihkan rumahnya.

3. What’s Wrong with Secretary Kim

What’s Wrong with Secretary Kim

* sumber: id.pinterest.com

What’s Wrong with Secretary Kim dibuat berdasarkan novel webtoon karya Kim Young Mi yang diadaptasi dari novel berjudul sama “Kimbiseoga Wae Geureolgga” yang ditulis oleh Jung Kyung-Yoon. Drama WWWSK mendapatkan banyak perhatian dari penonton dalam dan luar Korea. Banyak fans dari luar negeri yang memfavoritkan pemain utamanya, Park Seo Joon dan Park Min Young.

Fokus cerita berpusat pada tokoh utamanya, Lee Young Joon (Park Seo Joon) dan Kim Mi So (Park Min Young). Young Joon adalah seorang wakil direktur yang perfeksionis dan eksentrik, sedangkan Miso adalah seorang sekretaris pekerja keras. Setelah sembilan tahun bersama, tiba-tiba saja sekretaris Kim mengajukan diri untuk berhenti. Young Joon pun berusaha menggagalkan rencana itu.

4. My First Love/ Longing Heart

* sumber: youtube.com

My first love atau Longing Heart merupakan adaptasi dari webtoon berjudul “Aeganjang” yang ditulis oleh Kim Hee-Ran & Kim Byung-Gwan. Drama bergenre fantasi dan percintaan ini menceritakan tokoh Kang Shin Woo (Lee Jung Shin), seorang guru matematika dengan wajah rupawan. Dia menyesal tak bisa menyatakan perasaanya pada wanita yang dicintainya 10 tahun lalu.

Secara misterius dia kembali ke masa lalu dan bertemu dengan dirinya ketika muda (Seo Ji Hoon). Dia berusaha keras untuk membantu dirinya yang dulu agar berani menyatakan perasaannya pada cinta pertamanya Ha Ji Soo (Lee Yeol Eum). Situasi ternyata menjadi rumit karena Ji Soo lebih mencintai dirinya yang dewasa.

5. Save Me

* sumber: www.dramabeans.com

Drama Save Me dibuat berdasarkan webtoon yang berjudul “Sesang Bakeuro” karya Jo Geum-San. Save Me menceritakan sebuah keluarga yang pindah ke kota kecil bernama Muji. Keluarga tersebut masuk dalam sebuah grup keagamaan yang menyebabkan keluarga itu menjadi hancur.

Yang tersisa adalah anak perempuan mereka bernama Im Sang Mi (Seo Ye Ji). Kemudian dia meminta tolong kepada empat pemuda lokal. Drama ini juga dibintangi oleh Oh Taec Yeon (Han Sang Hwan), Woo Do Hwan (Seok Dong Cheol), David Lee (Woo Jung Hoon), Ha Hoe Jung (Choi Man Hee), dan Cho Seong Ha (Baek Jung Ki).

6. Cheese in The Trap

Cheese in The Trap

Drama yang sempat mendapat protes dari para penonton ini diadaptasi dari webtoon terkenal berjudul “Cheese in the Trap” karya Soon Ggi. Cheese in the Trap dibuat ketika webtoon-nya sendiri belum selesai sehingga skenario drama berbeda dari komiknya. Kontroversi semakin menjadi dengan akhir cerita yang dirasa kurang pas.

Cheese in the Trap bercerita tentang seorang mahasiswi bernama Hong Seol (Kim Go Eun). Hong Seol adalah mahasiswi pintar dan pekerja keras. Dia akhirnya kembali ke kampus setelah mengambil cuti. Di kampus dia bertemu dengan Yoo Jung (Park Hae Jin) seorang mahasiswa senior yang sempurna dengan wajah rupawan. Namun, Yoo Jung memiliki sisi gelap yang mengerikan.

Diceritakan keduanya terlibat hubungan asmara, tetapi hubungan mereka banyak mengalami kendala salah satunya karena sifat Yoo Jung. Akhir cerita drama ini cenderung bersifat terbuka, bergantung dari interpretasi penontonnya. Drama ini sebenarnya asyik untuk ditonton jika kita kesampingkan akhir ceritanya.

7. Sound of Your Heart

* sumber: teenage.com.sg

Webtoon “Maeumui Sori” karya Jo Suk berhasil diadaptasi menjadi sebuah drama dengan judul Sound of Your Heart. Drama ini dibintangi oleh Lee Kwang Soo (Jo Suk), Kim Dae Myung (Jo Joon), Jung So Min (Choi Ae Bong), Kim Byung Ok (Jo Chul Wang), dan Kim Mi Kyung (Kwon Jung Gwon).

Drama Sound of Your Heart mengisahkan cerita kehidupan kartunis Jo Suk dan hubungannya dengan saudaranya Jo Suk dan pacarnya yang akhirnya menjadi istrinya, Choi Ae Bong. Sound of Your Heart mengusung tema “pure” komedi dengan segala “absurdity”-nya. Drama ini juga memparodikan beberapa drama Korea yang populer. Kelucuan drama ini berasal dari kekonyolan ceritanya.

8. Sensory Couple

Sensory Couple

* sumber: aminoapps.com

Dikenal juga dengan judul “The Girl Who Sees Smell”, Sensory Couple adalah drama yang diangkat dari webtoon berjudul “Naemsaereul Boneun Sonyeo” karya Man Chwi. Dibintangi oleh Park Yoo Chun (Choi Moo Gak), Shin Se Kyung (Cho Rim / Choi Eun Seol), Nam Goong Min (Kwon Jae Hee), dan Yoon Ji Seo (Yeom Mi), Sensory Couple mengusung genre kriminal dan komedi romantis.

Sensory Couple berkisah tentang anggota polisi bernama Choi Moo Gak yang kehilangan adiknya karena pembunuhan. Si pembunuh meninggalkan tanda barcode di tubuh korbannya. Oh Cho Rim adalah saksi dan korban yang selamat dari kasus pembunuhan tersebut. Keduanya kemudian bekerja sama untuk mengungkap tokoh pembunuh tersebut.

9. Ho Goo’s Love

* sumber: www.hancinema.net

Drama yang diadaptasi dari seri webtoon berjudul “Hogooui Sarang” karya Yoo Hyun Sook ini dibintangi oleh Choi Woo Sik (Kang Ho Goo), UEE (Do Do Hee), Im Seul Ong (Byun Kang Chul), dan Lee Soo Kyung (Kang Ho Kyung). Kata Ho Goo yang berarti bodoh atau pecundang menggambarkan kehidupan tokoh Ho Goo yang tak pernah berhasil dalam soal percintaan dan pekerjaan.

Diceritakan Ho Goo bertemu lagi dengan cinta pertamanya, Do Do Hee. Do Hee seorang perenang nasional yang terlibat masalah. Ho Goo secara tak sengaja dia terlibat dalam masalah Do Hee setelah menghabiskan suatu malam bersamanya. Hubungan mereka pun menjadi semakin rumit.

10. Orange Marmalade

Orange Marmalade

* sumber: aminoapps.com

Orange Marmalede diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama “Orange Marmalade” yang ditulis oleh Seok Woo. Drama yang bergenre sekolah, kerajaan, dan percintaan ini bercerita tentang dunia manusia dan dunia vampir. Sempat membuat perjanjian, tetapi hubungan di antara manusia dan vampir tetap tak harmonis menyebabkan sebagian vampir menyembunyikan identitasnya.

Dikisahkan tokoh Jung Jae Min (Yeo Jin Goo),  seorang murid yang sangat populer jatuh cinta dengan siswi yang baru saja pindah ke sekolahnya yang bernama Baek Ma Ri (Seoul Hyun). Namun ada hal yang tidak diketahui Jae Min mengenai Ma Ri, yaitu identitas asli siswi tersebut.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment