bacaterus web banner retina

20 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

Jika Jepang sukses menghasilkan sederet manga yang diadaptasi menjadi drama, Korea memiliki beberapa seri webtoon seru yang sukses diadaptasi menjadi beberapa judul drama. Deretan drama adaptasi webtoon tersebut berhasil memikat hati banyak penonton.

Berikut adalah beberapa rekomendasi drama Korea adaptasi dari webtoon yang tetap seru untuk ditonton ulang. Yuk, simak list-nya!

1. Navillera (2021) 

Navillera_

Drama Korea adaptasi webtoon yang dibintangi aktor senior Park In Hwan dan Song Kang ini diadaptasi dari Daum webtoon berjudul samakarya Hun dan illustrator Ji Min. Ia terbit antara 2016 dan 2017. Pada 2021, cerita tersebut menjelma jadi sebuah drama berjumlah 12 episode di tangan sutradara Han Dong Hwa.

Navillera (2021) bercerita tentang Shim Deok Chul, seorang kakek berusia 70 tahun yang memutuskan mengejar mimpinya belajar menari balet. Walau tanpa dukungan keluarga, Deok Chul tidak peduli.

Dia lalu bertemu pemuda bernama Lee Chae Rok di akademi tari balet yang diikuti. Chae Rok yang hendak menyerah dengan balet, berubah pikiran setelah bertemu dengan Deok Chul.

2. A Business Proposal (2022)

drama korea lucu_Business Proposal_

A Business Proposal (2022) merupakan drama Korea adaptasi webtoon dengan ratusan juta pembaca di negaranya. Drama yang dibintangi Ahn Hyo Seop dan Kim Se Jeong ini diangkat dari webtoon berjudul The Office Blind Date karya Hae Hwa.

A Business Proposal (2022) bercerita tentang kisah cinta antara direktur perusahaan dengan pekerjanya yang dimulai dari kesalahan pada kencan buta.

Kang Tae Moo, Direktur Gofood yang baru, mengikuti kencan buta yang sudah dirancang kakeknya. Namun, gadis yang akan dijodohkan dengan Tae Moo, Jin Young Seo, meminta Shin Ha Ri untuk menggantikannya.

Siapa sangka dari sana, Tae Moo justru jatuh cinta sungguhan pada Ha Ri. Ha Ri sendiri adalah salah satu pekerja Go Food yang datang dari keluarga sederhana.

Baca juga: 11 Pemeran A Business Proposal, Cerita Cliché Jadi Menyenangkan

3.  D.P (2021)

D.P._

D.P (2021) dikenal juga dengan nama Deserter Pursuit dibuat berdasarkan adaptasi sebuah webtoon berjudul Dog’s Day yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kim Bo Tong. Dog’s Day pertama kali terbit di portal khusus webtoon bernama Lezhin dari tahun 2015-2016. Setidaknya webtoon ini terdiri atas 4 volume dengan 56 chapter.

D.P (2021) bercerita tentang Ahn Joon Ho yang memutuskan untuk mengikuti wajib militer lebih cepat. Joon Ho memiliki ketelitian yang akurat, sehingga dipercaya Sersan Park Bum Gu bergabung bersama tim khusus. Joon Ho bersama seniornya, Kopral Han Ho Yul, berjibaku mengejar dan membawa para wajib militer yang melarikan diri kembali ke markas.

4. Taxi Driver (2021)

Taxi Driver_

Siapa masih belum bisa melupakan penampilan Lee Je Hoon sebagai Kim Do Gi, si sopir taksi yang jenius dan seksi? Cerita yang menegangkan setiap episodenya ini merupakan adaptasi dari sebuah webtoon berjudul The Deluxe Taxi karya Carlos dan Lee Jae Jin.

Ia mengisahkan sekelompok orang yang mengoperasikan layanan taksi khusus bagi para korban penyiksaan atau pihak-pihak tertindas. Mereka yang merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum adalah klien utama The Deluxe Taxi.

Taksi yang dikendarai oleh Kim Do Gi, membawa klien berkeliling. Mereka lantas diberi pilihan untuk balas dendam atau tidak. Jika memilih balas dendam, Do Gi dan tim akan langsung bergerak. Klien hanya membayar sejumlah uang sebagai tarif. 

5. The Uncanny Counter (2020)

The Uncanny Counter Movie Poster_

The Uncanny Counter (2021) juga merupakan adaptasi sebuah webtoon. Webtoon berjudul Amazing Rumor karya Jang Yi dan diterbitkan di Daum menjadi ide untuk drama berjumlah 16 episode ini.

Dibintangi oleh Jo Byung Gyu, Yoo Jun Sang, Kim Se Jeong dan Yeom Hye Ran, ia bercerita tentang perjalanan empat pemburu iblis atau counter yang bersembunyi sebagai pengelola restoran mie. Masing-masing counter, Ga Mo Tak, Do Ha Na, Choo Mae Ok dan So Mun,diceritakan memiliki keunggulan berbeda.


So Mun sebagai anggota termuda memiliki kecepatan manusia super, psikometri jarak pendek dan kemampuan merasakan roh jahat yang memasuki Wilayah Yung. Selain So Mun, tiga counter yang lain juga punya kekuatan tak kalah hebat.

6. Sweet Home (2020)

review drama sweet home_Budget Mahal

Drama Korea Sweet Home (2020) yang terkenal sampai ke mancanegara juga merupakan hasil adaptasi webtoon. Webtoon yang diangkat menjadi drama dengan cerita mengerikan ini merupakan karya Kim Carnby dan illustrator Hwang Young Chan.

Webtoon Sweet Home pertama kali terbit di Naver Webtoon dari Oktober 2017 sampai Juli 2020. Sweet Home (2020) bercerita tentang perjuangan para penghuni Green Home dari serangan monster-monster raksasa yang aneh dan menyeramkan.

Cha Hyun Soo sebagai karakter utamanya pindah ke Green Home semenjak kedua orangtuanya meninggal. Di tengah keputusasaan karena rasa bersalah, Hyun Soo harus melawan para monster bersama penghuni lain.

7. Strangers from Hell (2019)

Review Strangers From Hell (2)

Drama Korea adaptasi webtoon berikutnya yaitu Strangers From Hell (2019) yang mempertemukan Im Siwan dan Lee Dong Wook dalam satu proyek.

Drama ini diadaptasi dari Naver webtoon karya Kim Yong Ki dan setidaknya memiliki 88 episode dengan tambahan 3 episode spesial. Strangers From Hell (2020) merupakan seri kedua dari proyek OCN’s Dramatic Cinema.

Drama dari proyek tersebut dibuat dengan menggabungkan format drama dan film. Ia bercerita tentang Yoon Jong Woo yang pindah ke Seoul setelah mendapatkan pekerjaan sebagai pemagang di sebuah perusahaan.

Sayangnya, Jong Woo belum memiliki banyak uang untuk bayar sewa tempat tinggal. Hingga suatu hari dia menemukan Eden Studio yakni sebuah tempat yang mengubah hidupnya. 

8. Mystic Pop-up Bar (2020)

Mystic-Pop-Up-Bar_

Drama Mystic Pop-up Bar (2020) diangkat dari webtoon yang diterbitkan Kakao Webtoon mulai Juni 2016. Judul asli webtoon-nya sendiri ada beberapa alternatif, di antaranya Twin Tops Bar, Twin Pub, Ssanggab Pocha, atau Two Tops Pocha. Ia merupakan karya Bae Hye Su yang mendapat Grand Prize pada penghargaan Korean Comic Awards 2017.

Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan sesosok wanita abadi bernama Weol Ju. Dia dan Chief Gwi mengelola pojangmacha atau warung tenda yang hanya buka di malam hari.

Weol Ju menggunakan pojangmacha tersebut untuk membantu 100.000 jiwa yang mendendam sebagai hukumannya. Beruntung seorang pemuda berkekuatan super membantunya menyelesaikan tugas lebih cepat.

9. Yumi’s Cells Season 1 (2021) 

Yumi’s Cells (2021) Episode 3-4_

Webtoon Yumi’s Cells merupakan karya Lee Dong Gun yang terbit di Naver pada April 2015 sampai November 2020. Keseruan ceritanya diangkat menjadi drama berjudul sama yang disutradarai oleh Lee Sang Yeob dan dibintangi oleh Kim Go Eun.

Sebagai karakter utama, Go Eun berperan sebagai Kim Yumi; seorang wanita karir berusia 32 tahun yang kembali merasakan jatuh cinta setelah bertahun-tahun patah hati. Drama ini akan membuatmu terhibur karena menampilkan animasi dari sel-sel di tubuh Yumi. Cerita yang sederhana jadi manis dan unik.

10. Itaewon Class (2020)

Itaewon Class_

Drama yang menyabet banyak penghargaan ini juga merupakan adaptasi webtoon. Cerita yang diangkat berasal dari webtoon karya Gwang Jin berjudul Itaewon Class. Ia mengisahkan perjuangan seorang pemuda putus sekolah bernama Park Saeroyi yang bertekad membalas dendam atas kematian sang ayah.

Perjalanan Saeroyi sangat berat karena dia harus melawan Jangga, perusahaan makanan nomor satu di Korea. Selama hidupnya, Saeroyi hanya fokus untuk mengungguli Jangga.

Balas dendam yang rasanya tidak mungkin itu menjadi lebih ringan karena suatu hari seorang gadis sosiopat yang jenius bernama Jo Yiseo jatuh cinta dan bertekad membantunya.

11. All of Us Are Dead (2022)

All of Us Are Dead (2022)_

Drama Korea adaptasi webtoon selanjutnya sangat hits di awal tahun, apalagi kalau bukan All of Us Are Dead (2022). Kisah menegangkan sekelompok siswa sekolah menengah atas yang menyelamatkan diri dari serangan zombie ini diangkat dari webtoon berjudul Now at Our School.

Terbit di Naver untuk pertama kali pada 2009 sampai 2011, karya Joo Dong Geun ini menjelma jadi drama 12 episode yang menegangkan. Nam On Jo, Lee Cheong San, Choi Nam Ra, Lee Su Hyeok dan anak-anak lain berjuang mati-matian melarikan diri dari serangan zombie di sekolah.

12. My Roommate is Gumiho (2021)

My-Roommate-is-Gumiho_

Drama Korea ber-genre fantasi yang mengangkat tema gumiho sudah cukup banyak. Salah satu yang paling baru berjudul My Roommate is Gumiho (2021). Drama yang dibintangi Jang Ki Yong dan Lee Hye Ri ini juga merupakan hasil adaptasi webtoon karya Na berjudul serupa.

My Roommate is Gumiho (2021) bercerita tentang sosok gumiho, yaitu siluman rubah berekor sembilan berusia 999 tahun yang ingin menjadi manusia. Untuk mewujudkan keinginannya, dia harus mengumpulkan energi manusia yang disimpan dalam mutiara.

Sayang, salah satu mutiaranya tertelan oleh seorang gadis. Keduanya lalu tinggal bersama untuk mencari solusi.

13. Memorist (2020)

Memorist_

Drama Memorist (2020) yang mempertemukan Yoo Seung Ho dan Lee Se Young juga merupakan hasil adaptasi webtoon. Tepatnya, webtoon berjudul sama karya Jae Hoo yang terbit melalui Daum dari 2016 sampai 2018. Ia menceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Dong Baek yang mendapatkan kekuatan ajaib sejak duduk di bangku SMA.

Dong Baek bisa membaca ingatan seseorang hanya dengan menyentuhnya. Berbeda dengan ‘anak ajaib’ yang lain, Dong Baek menunjukkan kekuatannya secara terang-terangan, sehingga negara juga turut meneliti kekuatannya. Dong Baek pun direkrut menjadi detektif dan mendapat banyak pujian atas keberhasilannya mengungkap kasus.

14. At A Distance, Spring is Green (2021)

drama korea adaptasi webtoon_At The Distance, Spring is Green_

Drama Korea adaptasi webtoon selanjutnya berjudul At A Distance, Spring is Green (2021). Ia merupakan karya adaptasi dari webtoon berjudul serupa karya Jinyoong. Diperankan para aktor muda, cerita drama ini berputar di kehidupan Yeo Jun, seorang mahasiswa baru di Universitas Myeongil.

Yeo Jun memiliki hidup yang sempurna. Dia berasal dari keluarga kaya, tampan, dicintai teman-temannya dan berkepribadian menawan. Namun, siapa sangka dibalik itu semua Jun punya banyak rasa sakit yang disembunyikan. Hingga akhirnya dia bertemu dengan Nam Soo Hyun. Dua mahasiswa berbeda segalanya itu pun perlahan menjadi dekat.

15. True Beauty (2020)

Sinopsis True Beauty (2)

Diangkat dari Line Webtoon berjudul True Beauty karya Yaongyi, drama yang dibintangi Moon Ga Young, Cha Eun Woo dan Hwang In Yeop ini sempat jadi pembicaraan banyak penikmat drama. Memasang wajah-wajah rupawan untuk menghidupkan karakter dari webtoon aslinya, ia dengan mudah memikat hati.

True Beauty (2021) bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Lim Ju Kyung yang kerap di-bully karena wajah dan penampilannya. Tak ingin terus-menerus menderita, Ju Kyung pun mulai belajar make up.

Hasilnya, di sekolahnya yang baru Ju Kyung langsung memikat hati banyak siswa, baik lelaki atau wanita. Namun, salah satu siswa di sekolah diam-diam mengetahui wajah Ju Kyung ketika tanpa make up.

16. Love Revolution (2020)

drama korea adaptasi webtoon_Love Revolution_

Dibuat berdasarkan webtoon terkenal Naver, Love Revolution (2020) menambah panjang daftar drama Korea yang diangkat dari cerita bergambar. Webtoon berjudul Love Revolution karya 232 ini disulap oleh sutradara Seo Joo Wan menjadi web drama berjumlah 30 episode.

Ia mengisahkan seorang pemuda berusia 17 tahun bernama Gong Joo Young yang menyenangkan dan lucu. Joo Young jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Wang Ja Rim; gadis cantik yang cukup angkuh. Joo Young berpikir mereka ditakdirkan untuk satu sama lain sementara Ja Rim sebaliknya.

17. She Would Never Know (2021)

She Would Never Know

Drama She Would Never Know (2021) merupakan hasil adaptasi dari webtoon. Tepatnya dari web novel berjudul Senior, Don’t Put on That Lipstick karya Elise (Elize). Memasangkan Won Jin Ah dan Rowoon, drama ini bercerita tentang kesibukan tim pemasaran di sebuah perusahaan kosmetik.

She Would Never Know (2021) juga mengisahkan hubungan noona romance antara Yoon Song Ah dan Chae Hyun Seung. Song Ah sebagai pekerja senior adalah sosok yang menyenangkan.

Sikapnya tersebut membuat Hyun Seung, seorang intern yang berusia lebih muda, menyukainya. Sayang, Song Ah tidak berniat menjalin hubungan dengan pria yang lebih muda. Selain itu, dia juga sudah punya pria idaman.

18. Dinner Mate (2020)

drama korea adaptasi webtoon_Dinner Mate_

Drama Korea adaptasi webtoon selanjutnya berjudul Dinner Mate (2020). Drama ini diangkat dari webtoon yang terbit tahun 2013 berjudul Would You Like to Have Dinner Together? karya Park Si In. Berbeda dengan beberapa judul drama sebelumnya, karya adaptasi ini punya episode cukup panjang yaitu 32 episode.

Dinner Mate (2020) menceritakan hubungan Woo Do Hee, seorang produser di perusahaan konten digital dengan psikolog cantik bernama Kim Hae Kyung.

Hubungan mereka cukup unik karena keduanya sebatas teman makan malam. Do Hee dan Hae Kyung sepakat untuk menjadi teman makan malam tanpa membahas atau mencari tahu soal identitas masing-masing.

19. Tomorrow (2022)

drama korea adaptasi webtoon_Tomorrow_

Drama Korea yang diangkat dari webtoon berjudul Tomorrow karya Llama ini ber-genre fantasi. Mempertemukan Kim Hee Sun, Rowoon, Lee Soo Hyuk dan Yoon Ji On, ia mengisahkan sekelompok grim reapers yang bertugas mencegah manusia dari bunuh diri.

Goo Ryeon sebagai kepala tim tampak kesulitan menurunkan angka bunuh diri sampai-sampai timnya terancam dibubarkan. Suatu hari, seorang pemuda bernama Choi Joon Woong jatuh koma setelah menyelamatkan seseorang dari bunuh diri.

Ruh Joon Woong lantas ditawari sebuah kerjasama. Joon Woong akan bangun dalam waktu tiga bulan jika bersedia membantu Goo Ryeon dan tim.

20. Again My Life (2022)

Again My Life 2022_

Setelah sukses dengan Flower of Evil (2020), Lee Joon Gi kembali dengan drama adaptasi webtoon berjudul Again My Life (2022). Cerita ber-genre fantasi thriller ini diangkat dari web novel KakaoPage karya Lee Hae-nal.

Lee Joon Gi berperan sebagai Jaksa Kim Hee Woo yang mendapatkan kehidupan kedua pasca tewas sia-sia saat mengusut kasus korupsi besar.  

Kim Hee Woo mendapat kesempatan tersebut untuk menghukum seorang koruptor kelas kakap bernama Cha Tae Sub. Dia pun kembali ke masa lalu dan mengubah bagian-bagian hidupnya yang pedih, termasuk mengubah takdir kematian kedua orang tuanya. 

Webtoon terbukti bisa menjadi penyumbang ide-ide segar bagi drama-drama Korea, seperti rekomendasi drama yang dibahas di atas. Apakah kamu tahu drama adaptasi webtoon lainnya yang tak membosankan untuk ditonton ulang? Ayo tuliskan di kolom komentar di bawah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram