9 Drama Terbaik Kim Mu Yeol, Aksi Berkualitas Sang Aktor Senior

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Catatan drama Kim Mu Yeol tidak terlalu panjang. Sang aktor terlalu asyik bermain film sampai istirahat terlalu lama dari layar kaca. Untungnya tahun 2022 dia kembali aktif; dimulai dengan drama Grid (2022) yang dia bintangi bersama Kang Seo Joon.

Sebagian besar penonton drama bisa jadi tidak begitu akrab dengan penampilannya, tetapi percaya saja kualitas Kim Mu Yeol sudah teruji. Salah satu drama terbarunya, Juvenile Justice (2022) bahkan meraih popularitas.

Di sana dia berkesempatan adu akting dengan Kim Hye Soo. Duet keduanya dan cerita yang bagus membawa drama tersebut banyak digemari. Lalu, apa lagi drama Kim Mu Yeol yang menarik ditonton?

Baca juga: 14 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Aktor Jung Hae In

1. Juvenile Justice

Juvenile Justice
Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Kim Hye-Soo Kim Mu Yeol Lee Sung Min
Review Baca di sini

Drama Korea bertemakan hukum yang mengangkat tema kejahatan anak-anak dan remaja rasanya masih tidak terlalu banyak. Di antara yang sedikit itu, drama Kim Mu Yeol berjudul Juvenile Justice (2022) sangat mendominasi.

Drama yang turut dibintangi Kim Hye Soo ini bukan hanya baru dari segi premis, tetapi pengemasan ceritanya juga apik. Di sini Kim Mu Yeol berperan sebagai seorang hakim yang punya masa lalu menyedihkan bernama Cha Tae Joo.

Dia memutuskan menjadi hakim karena terinspirasi oleh hakim hebat yang membantunya saat sulit dulu. Cha Tae Joo bekerjasama dengan hakim Shim Eun Seok. Sebagai rekan, mereka punya pandangan dan cara penanganan yang berbeda dalam menghadapi anak-anak dan remaja yang liar. 

2. Iljimae

Iljimae

Iljimae (2008), satu dari sekian banyak drama sageuk yang mendapat kesuksesan besar memuat nama Kim Mu Yeol sebagai pemeran pendukung. Peran yang dia bawakan bernama Byeon Si Wan, yaitu putra seorang bangsawan sekaligus kakak laki-laki Byeon Eun Chae.

Dia adalah gadis yang membuat Iljimae jatuh cinta. Iljimae adalah seorang perampok misterius yang selalu meninggalkan tanda berupa sapu tangan. Dia bukan perampok sembarangan karena sejatinya Iljimae adalah pemuda yang siap menuntut balas atas kematian ayah dan kakak perempuannya.

Iljimae bernama asli Lee Gyeom, tetapi karena satu peristiwa traumatis dia kehilangan ingatan dan diasuh oleh seorang pensiunan pencuri lalu berganti nama.

3. My Beautiful Bride

My Beautiful Bride

Pada drama Kim Mu Yeol berjudul My Beautiful Bride (2015), sang aktor berperan sebagai karakter utama bernama Kim Do Hyeong. Diceritakan bahwa Do Hyeong adalah salah satu tenaga eksekutif di sebuah bank.

Dia berasal dari keluarga kaya dan memiliki kekasih yang sudah dipacarinya selama dua tahun. Do Hyeong mengajak kekasihnya, Yoon Joo Young, untuk menikah. Akan tetapi, Joo Young justru khawatir kekasihnya itu mengetahui masa lalunya yang kacau.

Setelah mempertimbangkannya, Joo Young menerima lamaran Do Hyeong, tetapi anehnya dia menghilang tanpa jejak. Ketika Do Hyeong mencarinya, situasi berubah kacau karena lelaki itu masuk ke dunia gangster dan rentenir.

4. Byul Soon Geom 2

Byul Soon Geom 2

Byul Soon Geom 2 (2008) atau Chosun Police 2 (2008) adalah drama Kim Mu Yeol berikutnya dengan cerita tak kalah seru. Ia adalah drama Korea sageuk ber-genre misteri dan sejarah dengan tema investigasi.

Drama berjumlah 20 episode yang tayang di MBC ini dibintangi oleh Lee Jong Hyuk, Lee Chung Ah, Park Kwang Hyun dan Kim Mu Yeol sebagai peran pendukung bernama Oh Deok.

Han Da Kyeong mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang penyidik. Dia dan beberapa orang lain bekerjasama memecahkan satu kasus tertentu.

Mereka adalah Jin Moo Yeong yang datang dari keluarga bangsawan, Sun Woo Hun yang merupakan anak gisaeng dan bangsawan, Ji Dae Han yang sangat intuitif dan Cho Sul yang pintar dalam pemeriksaan medis.

5. Bad Guys: City of Evil

Bad Guys: City of Evil

Bagaimana jika kamu berada dalam satu tim dengan para penegak hukum yang perilakunya tak berbeda jauh dari preman? Bad Guys: City of Evil (2017) siap mengajakmu bertualang dengan mereka. Semua bermula dari kejadian tiga tahun lalu ketika penyelidikan terhadap kasus korupsi berjalan tragis dan penuh kekerasan.

Tiga tahun kemudian sekelompok jaksa dan detektif bertekad membalas kejadian itu. Mereka siap memerangi kejahatan terorganisasi dan mengakhiri tindak korupsi. Salah satu penegak hukum yang terlibat adalah Woo Je Mun.

Dia merupakan jaksa yang siap berjuang secara kotor untuk menangkap target. Je Mun harus bekerjasama dengan jaksa pemula yang mengalami kesedihan panjang pasca kematian rekannya, Noh Jin Pyeong, yang diperankan oleh Kim Mu Yeol.

6. Drama Special Season 9: Forgotten Season

Drama Special Season 9: Forgotten Season

Drama Kim Mu Yeol berikutnya merupakan drama spesial KBS2 yang tayang 1 episode saja. Di sini sang aktor mendapatkan kepercayaan berlakon sebagai peran utama bernama Heo Joon Ki.

Drama Special Season 9: Forgotten Season (2018) merupakan karya sutradara Kim Min Tae, yaitu sutradara yang juga menggarap School 2021 (2021) dan Cheat on Me, If You Can (2020).

Kisah bermula dari kegagalan Heo Joon Ki dalam mengikuti ujian pegawai negeri secara berturut-turut. Kegagalan yang sama dialami juga oleh Lee Eun Jae, yang kebetulan tinggal di kawasan perumahan yang sama dengan Joon Ki.

Selain gagal ujian, Joon Ki tengah berjuang berhenti kecanduan membeli action figure. Hidup mereka mulai terusik ketika seorang siswa di komplek perumahan siswa meninggal dunia.

7. Byul Soon Geom

Byul Soon Geom

Chosun Police atau Byul Soon Geom Season 1 (2007) menjadi drama Kim Mu Yeol paling bersejarah karena ia merupakan drama debutannya. Sebagai pemula, Kim Mu Yeol mendapat peran sebagai karakter pendukung bernama Oh Deok.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram