bacaterus web banner retina

17 Drama Korea tentang Kisah Kehidupan Pekerja Kantoran

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Drama Korea memang tidak ada habisnya. Hampir semua genre drama pasti ada dalam daftar pilihan. Kemudian cukup banyak pilihan yang bisa dipilih untuk dinikmati saat senggang.

Nah, kalau kamu baru lulus atau sedang mencari referensi kira-kira seputar dunia kerja di negeri ginseng, bisa memilih rekomendasi Bacaterus tentang drama korea kehidupan pekerja kantoran. Bahkan, beberapa bisa jadi bayangan bila bekerja di industri tersebut.

Yuk, simak beberapa drama korea tentang kisah pekerja kantoran yang sudah Bacaterus rangkum untuk kamu berikut ini!

1. My Mister

My Mister

Dong Hun adalah supervisor di sebuah perusahaan konstruksi. Di antara saudara yang lain, dia yang paling sukses. Alhasil dia menanggung hampir semua kebutuhan keluarga, termasuk dua saudara lelakinya.

Dong Hun sudah menikah dengan Kang Yoon Hee. Namun, istrinya itu menjalin hubungan terlarang dengan seorang eksekutif senior di kantor Dong Hun.

Di kantor tempatnya bekerja, seorang gadis belia bernama Ji An terlihat selalu murung. Gadis itu sering terlihat membawa pulang beberapa bungkus kopi dari kantor.

Belakangan diketahui kalau Ji An menanggung beban hidup yang berat. Dua orang yang masing-masing memiliki beban ini pun pada akhirnya saling menguatkan dan membantu.

2. My Liberation Notes

My Liberation Notes

Yeom Gi Jeong, Yeom Chang Hee dan Yeom Mi Jeong adalah tiga bersaudara yang setiap hari harus pulang-pergi dari rumah ke tempat kerja. Waktu yang mereka habiskan di jalan dalam satu hari bisa mencapai tiga jam.

Masing-masing bekerja di kantor yang berbeda. Gi Jeong sebagai putri tertua bekerja di sebuah perusahaan riset.

Chang Hee sebagai anak kedua sekaligus satu-satunya saudara lelaki sibuk dengan pekerjaannya di kantor pusat toko waralaba. Sebagai anak bungsu, Mi Jeong bekerja sebagai designer kartu kredit di sebuah perusahaan.

Pekerjaan dan kehidupan yang membosankan menggelayuti pundak mereka setiap hari. Hingga akhirnya dengan cara berbeda, masing-masing menemukan makna kebebasan.   

3. A Business Proposal

A Business Proposal

Apa jadinya jika pasangan kencan butamu ternyata adalah direktur perusahaan di tempat kamu bekerja? Perasaan takut bertemu di kantor pasti terlintas.

Begitu pula yang dirasakan oleh Shin Ha Ri. Gadis yang bekerja sebagai periset di perusahaan makanan itu selalu berusaha sembunyi ketika bertemu Tae Moo di kantor.

Semua masalah tak akan terjadi jika Shin Ha Ri menolak permintaan temannya untuk melakukan kencan buta. Sayangnya semua sudah terjadi dan Shin Ha Ri harus menghadapi konsekuensi karena sudah menggunakan identitas palsu saat bertemu Tae Moo.

4. Sh**ting Stars

Sh**ting Stars

Sejak menjadi kepala Humas atau PR di sebuah agensi artis, hidup Han Byeol tak pernah santai. Hampir setiap hari dia berhadapan dengan rumor yang menghampiri artis-artisnya.

Hampir setiap hari pula Han Byeol sibuk melakukan konfirmasi pada para wartawan. Dia nyaris tak punya banyak waktu untuk dirinya sendiri.

Di antara jadwal yang sibuk, Han Byeol diam-diam menjalin hubungan dengan salah satu artis di agensinya, yaitu Gong Tae Sung.

Mereka teman di bangku kuliah yang sebenarnya sudah saling menyukai sejak lama. Namun, karena suatu hari Han Byeol harus mengonfirmasi berita kencan Tae Sung dengan artis lain, gadis itu pun mundur.

5. Start Up

Start Up (2020)

Dengan munculnya dunia digital membuat banyak generasi muda membuat perusahaannya sendiri atau kini disebut dengan start up. Dengan latar belakang seperti itu, tvN membuat drama dengan judul Start Up dan menjadi hits di tahun 2020. IMDb memberikan rating sebesar 8.1/10.

Start Up menceritakan tentang Seo Dal Mi (Bae Suzy), seorang mahasiswi yang memiliki mimpi menjadi the next Steve Jobs. Untuk mencapai mimpinya, ia membuat bisnis sendiri dengan keluar dari universitas dan mengambil pekerjaan paruh waktu.

Di sisi lain terdapat karakter bernama Nam Do san (Nam Joo Hyuk) yang merupakan pendiri Samsan Tech. Namun, perusahaannya tidak berjalan dengan baik. Mereka berdua pun mencari investor dengan mengikuti kompetisi.

Dari drama Korea ini, kamu bisa memetik pelajaran bagaimana harus kerasnya bekerja untuk bisa mendirikan perusahaan sendiri.

Ada berbagai rintangan dalam membuat perusahaan baru, mulai dari mencari investor, mengembangkannya, sampai mempertahankannya. Kamu bisa menikmati Start Up di Netflix.

6. WWW

 WWW (2019)
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: tvN 
  • Sutradara: Jung Ji Hyun, Kwon Young Il
  • Pemeran: Lim Soo Jung, Lee Da Hee, Keon Hye Jin, Jang Ki Yong, Lee Jae Wook.
  • Jumlah episode: 16

WWW bisa dimasukan ke dalam daftar tontonan tentang kehidupan pekerja kantoran. Menurut IMDb, ratingnya sebesar 7.9/10. WWW menceritakan tentang seorang direktur perusahaan portal web besar bernama Bae Ta Mi yang diperankan oleh Lim Soo Jung.

Bae Ta Mi merupakan sosok yang kompetitif dan ambisius untuk membuat perusahaannya mencapai posisi teratas. Di sini lain, ia juga mempertanyakan apakah kehidupan pribadinya terlalu dikorbankan. Pada saat itu ia bertemu dengan pria bernama Park Mo Gun (Jang Ki Yong).

Park Mo Gun adalah composer berbakat. Ia membuat musik untuk video game. Mereka bertemu di arcade. Kisah cinta dari Bae Ta Mi sekaligus kehidupan kantornya menjadi sorotan dari drama ini. Kamu bisa menikmati WWW melalui Viu.

7. She Was Pretty

She Was Pretty (2015)

She Was Pretty adalah drama Korea dengan latar dunia perkantoran di majalah mode. IMDb memberikan rating 7.7/10 untuk She Was Pretty. Memang bumbunya lebih ke drama romantis tetapi ada berbagai hal yang bisa kamu petik dan bayangkan bagaimana bekerja di majalah mode.

She Was Pretty menceritakan tentang teman masa kecil antara Ji Sung Joon (Park Seo Jun) dan Kim Hye Jin (Hwang Jeong Eum).

Keduanya bersahabat sejak kecil kemudian Ji Sung Joon pindah ke Amerika. Setelah dewasa, Sung Joon meminta Hye Jin untuk bertemu. Di sinilah cerita tentang keduanya bermula.

Memang, drama Korea ini lebih banyak unsur drama romantis tetapi kamu tetap bisa menikmati suasana pekerja kantoran khususnya untuk majalah mode.

8. What’s Wrong with Secretary Kim

What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Bila kamu mencari bayangan bagaimana bekerja sebagai sekretaris pribadi dari atasan kaya raya, bisa menonton What’s Wrong with Secretary Kim?

Walaupun ini lebih mencari tahu alasan sekretaris andalan berhenti bekerja tetapi sedikit banyak drama ini bisa memberikan refleksi. Diangkat dari novel karya Jung Kyung Yoon, drama Korea satu ini memiliki rating sebesar 8.1/10 dari IMDb.

9. Itaewon Class

Itaewon Class (2020)

Saat rilis, Itaewon Class berhasil merebut hati masyarakat. Apalagi drama Korea ini minim bumbu percintaan. Selain itu, cerita dari sisi dunia kehidupan pekerja kantoran dalam industri makanan dengan kehidupan pekerja yang membantu atasan merintis usaha restoran menjadi dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Kamu bisa melihat kedua hal itu dalam drama Itaewon Class. Perbedaan masalah dalam dua dunia yang berbeda membuatnya semakin menarik untuk ditonton. Apalagi drama dua pemilik dibaliknya menjadi lebih seru untuk dinikmati.

Itaewon Class menceritakan tentang Park Sae Royi (Park Seo Jun) yang merupakan anak dari bawahan CEO Jang Dae Hee (Yoo Jae Myung).

Kehidupan sekolah ini membawa orang tua mereka menjadi bermasalah. Ditambah dengan ayah Park Sae Royi yang meninggal dalam kecelakaan karena ditabrak Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun).

Park Sae Royi memukul Jang Geun Won. Ia ditangkap dan dipenjara. Kemudian, Sae Royi memutuskan untuk membalas dendam kepada CEO Jang Dae Hee dan Jang Geun Won.

10. Crazy Love

Crazy Love

Lee Shin A bekerja sebagai sekretaris pribadi CEO Go Top Education bernama Noh Go Jin yang terkenal tak punya adab. Shin A memecahkan rekor sebagai sekretaris paling betah karena pendahulunya hanya bisa bertahan sekitar tiga bulan.

Sampai satu tahun, Shin A tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Alasannya bukan karena dia betah, tapi Shin A punya mimpi menjadi instruktur pengajar.

Mimpi tersebut akan lebih mudah didapatkan ketika dia bekerja di Go Top. Namun, perjalanannya tidak mudah karena sehari-hari Shin A seperti dijajah.

Setiap pagi dia harus menyediakan roti lapis dan kopi untuk Go Jin yang dipesan dengan catatan khusus. Saking setresnya, Shin A sering sakit kepala. Dia terkejut ketika mendengar vonis dokter. Sejak itu Shin A menaruh dendam pada Go Jin.

11. She Would Never Know

She Would Never Know

Drama ini menceritakan mengenai dinamika para pekerja yang tergabung dalam tim pemasaran sebuah merek kosmetik terkenal. Yoon Song Ah merupakan senior marketer di KLAR Cosmetics.

Dia sangat menyukai pekerjaannya dan tak pernah kehilangan semangat. Song Ah punya mimpi memiliki merek kosmetik tersendiri.

Song Ah menjalin hubungan diam-diam dengan Lee Jae Sin selaku Brand Manager di perusahaan tersebut selama dua tahun.

Namun, junior Song Ah yang bernama Chae Hyun Seung mengetahui kisah cinta mereka. Sayang, hubungan Song Ah dan Jae Sin kandas. Hyun Seung yang tertarik pada seniornya itu, mulai melakukan pendekatan.

12. Kiss Sixth Sense

Kiss Sixth Sense

Hong Ye Sool bekerja di sebuah perusahaan periklanan dan kerap dipercaya memimpin beberapa proyek besar. Walau kemampuannya sudah terbukti, Ye Sool tetap harus menghadapi sikap atasannya, Min Hu, yang ketus dan dingin. Hubungan keduanya tidak terlalu dekat dan cenderung terlihat bertentangan.

Namun, suatu hari Ye Sool yang punya kemampuan melihat masa depan seseorang melalui bibirnya, melihat mereka akan berakhir di tempat tidur.

Ye Sool gelisah memikirkannya karena hal tersebut tampak mustahil. Kemustahilan itu mendadak semakin dekat dengan kenyataan karena hubungan mereka berkembang ke arah romantis.

13. The Secret Life of My Secretary

The Secret Life of My Secretary

Do Min Ik adalah bos yang cerdas dan perfeksionis. Dia cenderung keras dan selalu mengandalkan sekretarisnya, Jung Gal Hee.

Menjadi Direktur di sebuah perusahaan media seluler T&T Mobile Media, Min Ik rupanya punya masalah dalam mengenali wajah. Namun, masalah tersebut justru bisa membuatnya mengetahui siapa teman dan musuh sebenarnya.

Gal Hee yang bekerja sebagai sekretarisnya adalah gadis lincah dan patuh. Dia selalu mengerjakan perintah bosnya dengan baik.

Gal Hee juga tak merasa segan atau takut mengatakan apa pun yang ada di pikirannya. Cara bicaranya blak-blakan dan cukup membantu Min Ik. Kerjasama mereka perlahan menimbulkan cinta.

14. Kkondae Intern

Kkondae Intern
  • Tahun Rilis: Maret 2022
  • Genre: Workplace, Comedy Drama
  • Produksi: Studio HIM
  • Sutradara: Nam Sung Woo
  • Pemeran: Park Hae Jin, Kim Eung Soo, Han Ji Eun, Park Ki Woong
  • Jumlah Episode: 24

Ka Yeol Chan, seorang lulusan anyar mendapatkan pekerjaan pertamanya. Atasannya, Lee Man Shik terkenal kaku dan kolot sehingga disebut juga kkondae.

Merasa tak berkembang dan justru tertekan, Yeol Chan memutuskan resign. Lepas dari perusahaan tersebut pemuda itu semakin berkembang di tempatnya yang baru.

Dia bahkan diangkat menjadi manajer umum karena kerjanya yang memuaskan. Keadaan sebaliknya terjadi pada atasan Yeol Chan yang galak itu.

Lee Man Sik kehilangan harapan untuk dipromosikan, padahal waktu pensiunnya sebentar lagi. Dia lantas melamar sebagai pemagang di perusahaan Yeol Chan yang baru. Kini nasib mereka seperti tertukar.

15. Forecasting Love and Weather

Forecasting Love and Weather

Penasaran bagaimana sebuah lembaga prakiraan cuaca bekerja? Kamu harus nonton Forecasting Love and Weather (2022). Drama yang dibintangi Park Min Young dan Song Kang ini cukup segar karena berlatarkan kehidupan para forecaster atau prakirawan cuaca.

Setiap episode akan ada penjelasan detail mengenai perubahan cuaca dan dampak serta bahayanya. Jin Ha Kyung sebagai kepala tim 2 dibantu anggota timnya bertugas memperkirakan cuaca. Salah satu anggota timnya adalah pemuda pintar bernama Shi Woo.

Shi Woo bukan hanya junior dan bawahan Ha Kyung, melainkan kekasihnya. Namun, mereka sepakat untuk merahasiakan hal ini dan fokus bekerja.

16. Misaeng

 Misaeng (2014)
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Office
  • Produksi: tvN
  • Sutradara: Kim Won Suk
  • Pemeran: Im Si Wan, Kang So Ra, Kang Ha Neul, Byun Yo Han, Lee Sung Min, Kim Dae Myung.
  • Jumlah episode: 20

Misaeng (Incomplete Life) adalah drama Korea Selatan pertama yang bisa kamu tonton untuk melihat kehidupan pekerja kantoran. IMDb memberi rating 8.6/10 untuk drama ini. Karakter utamanya adalah Jang Geu Rae (Im Si Wan) yang dulunya adalah pemain Baduk.

Namun, ia harus melepaskan mimpinya sebagai pemain Baduk dan terjun ke dunia nyata. Kemudian Geu Rae mulai bekerja di perusahaan trading bernama One International sebagai pekerja magang.

Akan tetapi, ia perlu menghadapi kenyataan bahwa dirinya hanyalah pekerja magang dengan lulusan kesetaraan SMA. Jang Geu Rae harus bersaing dengan pekerja magang dengan kualifikasi jauh lebih baik di atasnya.

Tentu saja, Jang Geu Rae cukup kesulitan untuk bekerja di bawah kepemimpinan sales manager, Oh Sang Sik (Lee Sung Min).

Bagaimana Jang Geu Rae bisa bersaing dengan sehat oleh pekerja magang lain? Bagaimana ia membuktikan bahwa dirinya berkualifikasi di mata Oh Sang Sik bisa kamu tonton di Netflix.

17. Good Manager

Good Manager (2017)
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Office, Drama, Comedy
  • Produksi: KBS Drama Production, Logos Film
  • Sutradara: Lee Jae Hoon, Choi Yoon Suk
  • Pemeran: Min Namkoong, Nam Sang Mi, Lee Joon Ho, Jung Hye Sung, Kim Won Hae, Kim Gang-Hyun
  • Jumlah episode: 20

Good Manager adalah drama Korea tentang dunia perkantoran di Korea Selatan. Drama dengan rating 7.8/10 dari IMDb ini menceritakan tentang Kim Sung Ryong yang diperankan oleh Min Namkoong.

Karakternya adalah seorang akuntan yang jenius dengan gaya flamboyant. Dulunya, ia adalah pengelola keuangan untuk geng. Ia pun menabung dan bepergian ke luar negeri.

Kemudian Kim Sung Ryong secara tidak sengaja dipekerjakan oleh salah satu perusahaan paling terkenal di Korea Selatan. Di sana, ia merencanakan pencurian dengan mengambil uang dari perusahaan.

Namun seiring waktu ia semakin dekat dengan rekan kerja dan terikat dengan kehidupan kerja. Hal ini membuatnya menghadapi dilema moral.

Nah, apa keputusan Kim Sung Ryong bisa kamu lihat di Netflix. Di sini, kamu pun bisa melihat sisi perkantoran dari pekerja sebagai akuntan.

Itulah 10 rekomendasi drama Korea tentang kehidupan pekerja kantoran. Tentu saja ada drama lain yang menyelimutinya. Namun, kamu tetap bisa melihat dan membayangkan bagaimana bekerja di industri tersebut. Kalau kamu sendiri, mana yang jadi favorit?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram