bacaterus web banner retina

20 Daftar Drama Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Listiorini

11. The Makanai: Cooking for the Maiko House

dorama terbaik sepanjang masa_The Makanai Cooking for the Maiko House_

Di sini ada dua karakter utama perempuan yang bersahabat dekat, mereka adalah Kiyo dan Sumire. Keduanya berasal dari Aomori, dan memiliki cita-cita yang sama, yaitu ingin menjadi seorang maiko. Untuk mewujudkan impiannya itu, akhirnya Kiyo dan Sumire pergi ke Kyoto.

Sayangnya, selama masa pelatihan, Kiyo merasa kesulitan untuk menjalani ilmu-ilmu dasar sebagai maiko. Berbanding terbalik dengan Sumire, justru ia bisa belajar dengan cepat menjadi maiko profesional. Awalnya, Kiyo merasa sedih, namun ia tidak menyerah dan akhirnya menemukan bakat baru, yaitu menjadi juru masak untuk para maiko.

Nah, bakat Kiyo ini ternyata sangat diapresiasi karena kepintaran Kiyo dalam memasak. Akhirnya, Kiyo dan Sumire tetap bekerja di satu tempat yang sama meski punya fokus profesi yang berbeda.

12. Silent

dorama terbaik_Silent_

Silent adalah sebuah drama Jepang yang dirilis pada tahun 2022, disutradarai oleh Hiroki Kazama, yang sebelumnya telah menggarap drama populer seperti Swim Ring: More Than Friends, Less Than An Affair (2021). Bahkan, kepopuleran drama ini juga tak terlepas dari pemainnya, yaitu Haruna Kawaguchi, Ren Meguro, Ryoko Shinohara, dan masih banyak lagi.

Meski digandrungi banyak aktor dan aktris, namun drama ini punya fokus di dua karakter utama, yaitu Tsumugi Aoba (Haruna Kawaguchi) dan So Sakura (Ren Meguro). Tsumugi menyukai Sakura sejak mereka berdua masih SMA. Perasaan Tsumugi pada Sakura pun didasari atas berbagi minat yang sama dalam bidang musik. Saat hubungan mereka semakin dekat, tiba-tiba Sakura pergi.

Delapan tahun berlalu, dan Tsumugi kini bekerja di Tokyo sambil mengambil pekerjaan paruh waktu di sebuah toko CD musik besar, dikelilingi oleh musik yang ia sukai. Suatu hari, nasib mempertemukan mereka lagi, tetapi Tsumugi akhirnya sadar bahwa Sakura mengalami masalah pada pendengarannya, bahkan ia hampir tuli. Kaget mengetahui hal itu, bagaimana reaksi Tsumugi menghadapi Sakura?

13. If My Wife Becomes an Elementary School Student

dorama_ If My Wife Becomes an Elementary School Student_

Drama ini diadaptasi dari manga seri dengan judul sama karya Yayu Murata, yang pertama kali dipublikasikan pada 10 Agustus 2018. Ia menceritakan kisah sepasang suami istri yang kembali bertemu setelah terpisah selama 10 tahun.

Cerita mulai menyoroti hidup Takae dan anaknya, Mai, yang merasa hampa sejak ditinggal oleh istri/ibu mereka. Hari-hari yang dijalani oleh Takae dan Mai terasa lesu dan seperti tidak punya tujuan hidup. Namun, suasana suram itu berubah ketika seorang anak perempuan masih SD umur 10 tahun hadir di kehidupan mereka.

Anehnya, anak itu mengaku sebagai Keisuke, istri dari Takae. Tentu saja Takae tidak mempercayainya, begitu pun dengan Mai. Namun, kelakukan anak perempuan itu sangat menunjukkan bahwa dia benar-benar reinkarnasi dari Keisuke. Bahkan, anak itu hafal semua tentang Takae maupun Mai.

Sejak saat itu, hidup Takae dan Mai yang flat tiba-tiba penuh warna. Bahkan, kehadiran reinkarnasi Keisuke itu bisa mengeratkan lagi keharmonisan hubungan antara ayah dan anak yang sudah lama redup.

14. Towako Omameda and Her Three Ex-Husbands

dorama terbaik_Omameda Towako and Her Three Ex-Husbands_

Drama ini sangat unik, karena digarap oleh tiga sutradara berbeda, yaitu Kazuhito Nakae, Chihiro Ikeda, dan Yusuke Taki. Meski begitu, ceritanya tetap solid, bahkan membawa komedi yang sangat khas lengkap dengan pembelajaran hidup, terutama soal pernikahan.

Drama ini berpusat pada kehidupan Omameda Towako (Matsu Takako), seorang wanita yang telah tiga kali bercerai, sehingga ia menjadi bahan gosip panas di lingkungannya. Meski dianggap sebagai wanita yang bermasalah, Towako tetap termotivasi dan optimis dalam menjalani hidupnya.

Kini, ia tinggal bersama putrinya yang berusia 15 tahun dan berusaha menjalani hidup sebaik mungkin. Saking baiknya, ia bahkan berhasil menduduki posisi Presiden di perusahaan konstruksi Shirokuma Housing.

Nah, yang menarik dari kehidupan Tawako adalah ketiga mantan suaminya—seorang kepala pelayan, seorang pengacara, dan seorang fotografer—tak pernah benar-benar pergi dari kehidupannya. Mereka selalu tetap ada untuk Towako, bahkan sampai mengikuti Towako ketika ia ingin bertemu dengan pria lain.

Dari sini, penonton diajak untuk memperhatikan kehidupan Tawako dengan tiga mantan suaminya, lantas muncul pertanyaan: bagaimana Towako menjalin hubungan dengan ketiga mantan suaminya, apakah mereka bisa mempertahankan hubungan yang akrab?

15. She Loves to Cook, and She Loves to Eat

dorama terbaik sepanjang masa_She Loves to Cook, and She Loves to Eat_

Towako Omameda and Her Three Ex-Husbands, yang juga dikenal dengan judul Tsukuritai Onna to Tabetai Onna, adalah drama Jepang yang dirilis pada tahun 2022. Serial ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul sama yang dibuat oleh Yuzaki Sakaomi.

Inti cerita dari drama ini ada di dua tokoh utamanya, Nomoto dan Kasuga, yang membangun hubungan persahabatan yang tidak terduga melalui kecintaan mereka pada makanan.

Nomoto adalah seorang wanita yang biasanya menenangkan diri dari stres dengan cara memasak. Dia memanfaatkan memasak sebagai sarana untuk melarikan diri dari tekanan yang ia rasakan.

Suatu hari, dia tanpa sengaja memasak makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, akhirnya ia mengundang tetangganya, Kasuga, untuk membantunya menghabiskan makanan itu. Kasuga, yang juga hidup sendiri, dengan senang hati menerima undangan tersebut. Dari saat itu, hubungan antara Nomoto dan Kasuga mulai berkembang.

Mereka menemukan bahwa makanan—sesuatu yang begitu esensial tetapi seringkali dianggap remeh—bisa menjadi alat untuk membangun persahabatan. Bahkan, kini persahabatan mereka tidak hanya terbatas pada memasak dan makan bersama saja, karena mereka juga berbagi masalah, harapan, dan impian mereka, dan saling memberikan dukungan satu sama lain.

16. Don't Call it Mystery

dorama terbaik sepanjang masa_Mystery to Iunakare

Don't Call it Mystery atau Mystery to Iunakare diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Yumi Tamura. Drama yang diperankan oleh Masaki Suda ini menyuguhkan sebuah kisah misteri yang dialami oleh Totono Kuno.

Drama ini punya tokoh sentral bernama Totono Kuno. Meskipun ia adalah seorang pribadi yang tertutup dan tidak memiliki teman ataupun pacar, Totono memiliki kemampuan untuk menganalisis dan mengamati secara logis.

Dan, kemampuannya itu ia gunakan saat Totono dituduh menjadi tersangka utama dalam kasus pembunuhan di dekat rumahnya. Selama diinterogasi oleh polisi, Totono memperhatikan beberapa petunjuk yang nantinya akan membantunya keluar dari tuduhan ini.

Namun, situasinya menjadi semakin rumitketika sebuah senjata yang berisi sidik jari Totono ditemukan oleh polisi. Sekarang, Totono harus memutar otak untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Kali ini, Totono kembali menunjukkan bakat analisisnya untuk menyelesaikan misteri ini. Jadi, siapa pembunuh yang sebenarnya?

17. Rokuhoudou Colorful days

dorama terbaik sepanjang masa_Rokuhodo Colorful days_

Drama ini menggambarkan kisah empat pria yang mengurus sebuah kafe tradisional Jepang. Kafe ini unik, karena di sini memiliki suasana yang tenang dan menenangkan, dengan aroma teh, kopi, makanan hangat, dan hidangan penutup yang menggugah selera.

Jadi, tidak heran jika pelanggan Rokuhoudou betah mengunjunginya. Selain sebagai tempat makan, Rokuhoudou juga dikenal sebagai tempat untuk 'curhat.' Semua pelanggannya bisa dengan nyaman membagikan cerita kehidupannya masing-masing, bahkan sering diberi solusi.

Dimulai dari Sui, ia adalah pemilik kafe yang selalu sabar mendengarkan keluh kesah dari pelanggannya. Kemudian, ada Tokitaka yang jago masak dan selalu memberikan kenyamanan lewat makanan. Sedangkan Gure, orang yang sangat ramah sehingga siapa pun merasa damai di dekatnya. Terakhir, Tsubaki, orang yang jago bikin dessert sehingga membuat pelanggannya bahagia.

Meski keempat pengurus kafe ini tampak ramah dan seperti tidak memiliki beban hidup, nyatanya mereka juga sering dihadapi oleh permasalahan yang pelik. Meski begitu, Sui, Tokitaka, Gure, dan Tsubaki tetap bisa profesional menghadapi pelanggannya. Tapi, sampai kapan mereka bisa menahan semua permasalahan hidupnya?

18. The World Where Only I'm 17 Years Old

dorama terbaik sepanjang masa_The World Where Only I'm 17 Years Old_

Selain romantis, drama berjudul The World Where Only I'm 17 Years Old yang tayang tahun 2020 ini diselipi sedikit genre fantasi. Kisahnya dimulai dari dua sahabat, yaitu Kota dan Mei. Mereka berteman sejak kecil hingga menumbuhkan perasaan romantis sampai SMA. Namun sayangnya, saat kelas 3 SMA, Kota meninggal dunia.

Waktu berlalu, Kota telah tiada selama 7 tahun, kini Mei sudah menjalani kehidupan pribadinya sebagai wanita berusia 24 tahun. Suatu hari, Mei kembali ke kampung halamannya dan mengunjungi sebuah pohon Sakura yang menjadi kenangan bersama Kota. Saat di sana, Mei terkejut karena melihat sosok Kota.

Anehnya lagi, Kota tidak menua sama sekali. Ia masih seperti anak SMA berusia 17 tahun, baik dari segi fisik maupun mentalnya. Hal misterius lain yang membuat Mei bingung adalah, Kota hanya bisa datang di pohon sakura itu saat sedang mekar. Lantas, apa yang akan dilakukan Mei pada Kota?

19. Honest Real Estate

dorama terbaik sepanjang masa_Honest Real Estate_

Drama komedi ini berfokus pada Nagase Saichi dan Tsukishita Sakura, dua pekerja di sebuah agen real estate terkemuka. Mereka memiliki hubungan sebagai senior-junior di tempat kerja, dan mereka dikenal sebagai dua karakter yang punya pandangan berbeda dalam menjalani pekerjaannya.

Nagase Saichi adalah agen real estate terbaik dan selalu di posisi pertama. Dia memiliki reputasi sebagai pekerja yang handal dan terpercaya, tetapi kekurangannya adalah, dia terlalu jujur. Kejujurannya ini bukan hanya membuatnya sulit, tetapi juga mempertaruhkan reputasi pekerjaannya.

Di sisi lain, Tsukishita Sakura adalah junior Saichi yang ambisius dan ingin cepat naik pangkat. Meski berbakat, dia sering kebingungan karena menganggap bahwa metode Saichi yang sangat jujur itu "tidak efisien". Bahkan, Sakura menganggap kejujuran sebagai hambatan, bukan sebagai kebajikan.

Meski sering berselisih paham, namun mereka berdua tetap harus menjalankan pekerjaannya dengan baik. Bahkan, sering kali mereka harus menghadapi berbagai karakter dari beragam latar belakang yang memiliki etos kerja yang berbeda-beda.

Dari pelanggan yang curang hingga rekan kerja yang manipulatif, mereka harus bekerja bersama untuk mengatasi rintangan dan mempertahankan reputasi pekerjaan mereka. Dapatkah Saichi mempertahankan posisinya tanpa mengorbankan prinsipnya?

20. Gannibal

dorama terbaik sepanjang masa_Gannibal_

Dibumbui dengan elemen misteri dan suspense, Gannibal adalah sebuah drama yang diadaptasi dari manga populer dengan judul yang sama. Cerita ini mengikuti petualangan Agawa Daigo, seorang polisi muda yang dipindahkan ke desa terpencil Kuge. Daigo sengaja mengunjungi tempat ini karena ternyata Kuge adalah tempat seniornya yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Saat Agawa Daigo tiba di desa, ia merasakan banyak hal aneh. Dengan cepat dia menyadari bahwa suasana di desa ini jauh dari kata normal. Warganya terbagi menjadi dua kubu yang saling bertentangan. Kubu pertama adalah keluarga Goto, yang memiliki kekuasaan dan pengaruh besar di desa. Sedangkan kubu kedua adalah warga biasa yang lebih memilih menjauh dari keluarga Goto.

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di desa Kuge, Daigo merasakan sesuatu yang ganjil tentang keluarga Goto. Dia mendengar cerita tentang misteri mengerikan yang merenggut beberapa penduduk desa—termasuk seniornya. Akhirnya, Daigo mulai curiga bahwa keluarga Goto memiliki andil dalam kasus hilangnya penduduk serta seniornya. Apa yang dilakukan oleh keluarga Goto?

Itulah tadi 20 drama Jepang terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton di waktu senggang. Tak kalah dengan drama Korea, Jepang juga punya banyak pilihan drama yang seru untuk ditonton. Dari 20 drama di atas, mana yang ingin kamu tonton?

«1 2
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram