Bacaterus / Film Jepang / 10 Drama Jepang Terbaik yang Sayang Jika Dilewatkan

10 Drama Jepang Terbaik yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Meski serial drama Korea tengah digandrungi oleh sebagian masyarakat Indonesia, namun keberadaan dorama Jepang selalu dinanti bagi siapa saja yang menyukainya. Beberapa tahun kebelakang, stasiun televisi di tanah air memang sempat dihiasi drama-drama yang berasal dari Negeri Sakura tersebut.

Di penghujung tahun 90an dan awal 2000an, serial drama seperti Great Teacher Onizuka, One Litre Of Tears, Beach Boys, dan Beautiful Life menjadi tontonan yang menghibur sekaligus dinanti pada waktu itu.

Dorama Jepang telah berkembang dengan memberikan berbagai sudut pandang cerita yang semakin menarik untuk disaksikan. Tidak hanya menghadirkan kisah-kisah romantis klise saja, namun sekarang ini ceritanya pun jauh lebih seru dengan menawarkan alur cerita bergenre detektif, kriminal thriller, fantasi fiksi dan yang lainnya.

Nah, untuk kamu yang ingin menonton dorama Jepang dengan cerita yang menarik dan menegangkan, di bawah ini Bacaterus akan memberikan daftar pilihannya untukmu. Supaya tidak penasaran, langsung saja simak ulasannya ya.

1. Proposal Daisakusen (2007)

Proposal Daisakusen

* sumber: lifebackthen.wordpress.com

Proposal Daisakusen dibintangi oleh Masami Nagasawa sebagai Rei Yoshida dan Tomohisa Yamashita berperan menjadi Ken Iwase. Serial drama yang ditayangkan sejak 16 April 2007 ini memiliki 11 episode yang berakhir pada tanggal 24 Juni 2007.

Ken adalah seorang pemuda yang harus merelakan sahabat yang dicintainya, Rei, menikah dengan pria lain. Pada saat acara resepsi pernikahannya, ia bergumam bahwa jika diberi kesempatan lagi, dirinya ingin mengulang masa lalu dan mengungkapkan perasaannya kepada Rei.

Akibat ucapannya tersebut, tiba-tiba datang seorang pria berpakaian rapi yang dapat mengabulkan permintaannya untuk kembali ke masa lalu. Ken pun harus mengarungi lagi waktu dari masa SMA hingga kuliah demi berjuang mendapatkan cinta dari Rei.

2. Late Blooming Sunflower – My Life Renewed (2012)

Late Blooming Sunflower

* sumber: fyiz.wordpress.com

Pembuatan drama ini mengambil lokasi di sepanjang Sungai Shimanto di Prefektur Kochi, Jepang. Serial drama yang memiliki judul asli Osozaki no Himawari ini diperankan oleh Toma Ikuta, Yoko Maki, Kenta Kiritani, Yu Kashii, Tasuku Emoto, Fumino Kimura dan Ryoko Kuninaka.

Dorama ini sendiri menggambarkan kehidupan tujuh orang yang diperankan oleh aktor dan aktris tersebut dalam usahanya menjalani mimpi yang diharapkan. Aktor Toma Ikuta dan Yoho Maki menjadi karakter utama yang masing-masing memerankan Jotara Kodairo dan Kahori Nikaido.

Diceritakan bahwa Jotaro baru saja mendapatkan pekerjaan baru di Prefektur Kochi sebagai tenaga relawan. Sementara itu, Kahori adalah seorang dokter yang dikirimkan untuk bertugas di kota kelahirannya di Prefektur Kochi. Keduanya kemudian bertemu dan memulai kehidupan baru bersama orang-orang yang mereka temui nantinya.

3. Mr. Brain (2009)

Mr. Brain

* sumber: id.pinterest.com

Mr. Brain adalah serial drama Jepang yang disiarkan oleh saluran televisi TBS sejak 23 Mei 2009 hingga 11 Juli 2009 dengan total delapan episode. Drama ini diperankan oleh aktor terkenal Takuya Kimura yang berperan sebagai ahli neurologis bernama Ryusuku Tsukumo. Ia bertugas di Lembaga Ilmu Kepolisian Metropolitan.

Meski hanya seorang ahli syaraf, Ryusuku mampu memecahkan masalah kriminal yang rumit dengan menggunakan kecerdasannya. Walaupun begitu, ia juga terkadang suka mengacau dan menyebabkan tindakan investigasi menjadi runyam.

Suatu waktu, ia dituduh dan ditangkap karena telah melakukan ledakan secara sengaja. Berbekal kecerdasan yang dimilikinya, ia berhasil memutar balikan pertanyaan kepada para pemeriksa yang memeriksanya. Ceritanya semakin menarik ketika pihak kepolisian bersikukuh bahwa Ryusuku adalah pelakunya.

4. Crisis – Special Security Squad (2017)

Crisis

* sumber: dramaquarterly.com

Drama ini dilakoni oleh aktor Shun Oguri sebagai Akira Inami dan Hidetoshi Nishijima yang memerankan karakter Saburo Tamaru. Keduanya tergabung dalam unit investigasi khusus kepolisian. Crisis: Special Security Squad sendiri memiliki 10 episode yang ditayangkan sejak 11 April 2017 hingga 13 Juni 2017.

Sebelum masuk menjadi anggota di unit investigasi khusus kepolisian, Akira dulunya bertugas di badan ketahanan pemerintah. Sementara itu di waktu yang sama, Saburo baru bergabung menjadi anggota di unit tempat Akira berada. Keduanya kemudian menjadi rekan kerja untuk mengungkap kasus politik di pemerintahan.

Walaupun memiliki dua karakter yang sangat berbeda, keduanya mesti satu visi untuk menemukan bukti yang kuat sehingga bisa menjebloskan para pejabat korup ke dalam penjara. Namun, para politikus jahat bisa menjadi ancaman mereka dengan berbalik menyerang Akira dan Saburo di mana saja.

5. Ouroboros (2015)

Ouroboros

* sumber: alchetron.com

Cerita dalam drama ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Kanzaki Yuuya. Ouroboros menghadirkan aktor dan aktris papan atas Jepang, seperti Shun Oguri, Toma Ikuta, Juri Ueno dan Yo Yoshida.

Drama yang berjumlah 10 episode ini bercerita tentang dua orang anak yatim piatu yang ketika dewasa menjadi seorang detektif, dan satunya lagi bergabung sebagai anggota Yakuza.

Ikuo Ryuuzaki (Toma Ikuta) adalah seorang detektif yang berpartner dengan polisi elit bernama Mizuki Hibino (Juri Ueno). Keduanya adalah rekan yang solid karena mampu memecahkan kasus kriminal yang ada.

Sementara itu, Tatsuya Danno (Shun Oguri) merupakan anggota muda Yakuza yang mendapatkan jabatan tertinggi di organisasinya karena kecerdasan dan ketangkasannya.

Tatsuya dan Ikuo sudah saling mengenal sejak mereka dirawat di sebuah panti asuhan Mahoroba. Dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda, keduanya memiliki misi yang sama.

Mereka harus mencari dalang pembunuhan yang telah menewaskan seorang wanita bernama Yuiko yang telah mengasuh keduanya sedari kecil.

6. Good Doctor (2018)

Good Doctor

* sumber: japanesestation.com

Minato Shindo adalah seorang anak autis dengan keterampilan spasial dan kemampuan ingatan yang tajam. Ia mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang dokter dikarenakan kakak kandungnya telah meninggal.

Suatu hari, Minato bertemu dengan seorang dokter bernama Akira Shiga. Sang dokter lalu kagum kepada Minato karena mengetahui seluk beluk organ tubuh manusia. Akira kemudian mendukung dan merekomendasikannya untuk menjadi seorang dokter bedah yang handal.

Good Doctor merupakan sebuah cerita daur ulang dari drama asal Korea tahun 2013 dengan judul yang sama. Drama versi Jepang ini dibintangi oleh Kento Yamazaki sebagai Minato Shindo, Juri Ueno menjadi Natsumi Seto, dan Akira Emoto yang berperan sebagai Akira Shiga.

7. Ghost Writer (2015)

Ghost Writer

* sumber: id.pinterest.com

Ghost Writer adalah sebuah drama keluaran tahun 2015 yang dibintangi oleh Miki Nakatani, Asami Mizukawa, Shohei Miura, Nanao, Midoriko Kimura, Kyoko Enami, Ryo Ishibashi, dan Tetsushi Tanaka. Serial drama ini ditayangkan di Fuji TV sejak tanggal 13 Januari 2015 sampai 17 Maret 2015 dengan 10 episode.

Diceritakan bahwa Risa Tono (Miki Nakatani) merupakan seorang novelis sukses yang tengah menginjak usia kepala tiga. Karirnya cemerlang dan dirinya sangat dihormati. Namun di satu sisi ia cemas jika bakat menulisnya telah habis.

Sementara itu, Yuki adalah seorang gadis muda yang berbakat dalam menulis novel. Ia mempunyai pekerjaan sebagai penulis untuk orang lain. Risa dan Yuki lalu bertemu dalam sebuah persahabatan, namun mereka harus saling bersaing satu sama lain.

8. Galileo (2007)

Galileo

* sumber: news.codashop.com

Kaoru Utsumi adalah seorang detektif amatir yang baru saja dipindahtugaskan ke divisi kriminal. Ia lalu harus berhadapan dengan sebuah kasus sulit yang nampaknya ada unsur supernatural di dalamnya. Kaoru kemudian meminta bantuan rekannya, Kusanagi, untuk memecahkan kasus tersebut.

Kusanagi lalu membawa Kaoru kepada ilmuwan di bidang fisika bernama Manabu Yukawa untuk menyelidiki kasusnya itu. Kaoru dan Yukawa tanpa sengaja menjadi rekan kerja dan menjadi duet maut antara polisi dan ilmuwan dalam setiap memecahkan kasus-kasus yang rumit.

Drama ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul Detektif Galileo yang ditulis oleh Keigo Higashino. Galileo mempunyai sequel yang seri keduanya tayang di Fuji TV pada tanggal 15 April 2013.

9. The Full-Time Wife Escapist (2016)

The Full-Time

* sumber: today.line.me

The Full-Time Wife Escapist atau dalam bahasa Jepangnya Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu adalah sebuah drama adaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Tsunami Umino. Drama ini diperankan oleh Yui Aragaki sebagai Mikuri Moriyama dan Gen Hoshino yang menjadi Hiramasa Tsuzaki.

Mikuri kini berusia 25 tahun, namun ia tidak punya pekerjaan walaupun memiliki gelar sarjana. Ia pun tidak punya kekasih, dan selalu berpikiran bahwa keluarganya tidak memerlukan dirinya. Ayahnya menuntutnya untuk mendapatkan pekerjaan.

Ia kemudian bekerja menjadi asisten rumah tangga di kediaman seorang pria 36 tahun bernama Hiramasa Tsuzaki. Majikannya adalah seorang pria lajang dan cukup mapan. Seiring waktu berjalan, keduanya tiba-tiba memutuskan untuk menikah kontrak. Lika-liku kehidupan rumah tangga layaknya pasangan suami istri pun harus mereka hadapi.

10. Buzzer Beat (2009)

Buzzer Beat

* sumber: aoi-tori.org

Serial drama Buzzer Beat ini memiliki jumlah 10 episode dan ditayangkan pada saluran Fuji TV. Drama keluaran tahun 2009 ini diperankan oleh Tomohisa Yamashita yang berperan menjadi Naoki Kamiya dan aktris cantik Keiko Kitagawa sebagai Riko Shirakawa.

Diceritakan jika Naoki adalah seorang atlet bola basket profesional, sedangkan Riko merupakan pemain biola berbakat. Keduanya harus menghadapi kesulitan untuk dapat menggapai mimpinya masing-masing. Naoki ingin menjadi atlet basket yang sukses, dan Riko berusaha meraih cita-citanya sebagai violinist terkenal.

Di saat yang tak terduga, keduanya bertemu dan menjadi akrab. Naoki dan Riko saling menguatkan satu sama lain untuk bisa mencapai impiannya masing-masing. Keduanya lalu terlibat hubungan asmara yang mewarnai jalan cerita drama ini.

Dorama Jepang tentunya tidak hanya menghadirkan cerita-cerita romantis saja. Untuk kamu yang memerlukan asupan tontonan yang seru, bisa langsung menonton salah satu drama Jepang pilihan di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *