bacaterus web banner retina

10 Drama Komedi Romantis Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Anda sedang mencari rekomendasi terkait drama Jepang bergenre komedi romantis? Artikel ini akan menyuguhkan jawabannya! Terdapat sepuluh judul dengan beragam premis, alur cerita, karakter yang manis, konyol, lucu dan menggemaskan yang bisa dipilih.

Sebagian judul yang Bacaterus rekomendasikan datang dari beberapa tahun lalu, sebagiannya lagi masih cukup baru. Walau demikian ceritanya masih seru untuk diikuti. Kelucuan dan kekonyolan mereka sebagai pasangan dalam drama ditambah adegan-adegan manis yang mendebarkan jadi kekuatannya. Tak usah lama-lama, berikut pilihannya!

1. The Full-Time Wife Escapist

drama jepang komedi romantis_The Full-Time Wife Escapist
  • Tahun: 2016
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Fuminori Kaneko
  • Pemeran: Yuri Aragaki, Gen Hoshino, Ryohei Otani, Yuriko Ishida

The Full-Time Wife Escapist mengawali daftar drama Jepang komedi romantis dalam artikel ini. Ia merupakan adaptasi dari sebuah romance josei manga yang ditulis serta diilustrasikan oleh Tsunami Umino. Berkisah tentang hubungan romantis antara Mikuri dan Hiramasa yang terjalin secara tidak sengaja karena keduanya terlibat pernikahan kontrak.

Mikuri merupakan mahasiswa pascasarjana berusia 25 tahun yang baru saja dipecat dari pekerjaannya. Beruntung dia mendapat kesempatan bekerja kembali tapi kali ini sebagai pengurus rumah tangga di kediaman Hiramasa. Hiramasa sendiri adalah seorang pria mapan berusia 36 tahun yang masih sendiri. 

Sebuah kondisi membuat keduanya berada pada ikatan pernikahan pura-pura. Kelucuan ulah keduanya saat menjadi pasangan suami-istri kontrak akan menghibur Anda. Penasaran apakah lama-lama akan muncul cinta di antara keduanya?

2. He Who Can’t Marry

drama jepang komedi romantis_He Who Can’t Marry
  • Tahun: 2006
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Yoshishige Miyake, Takashi Komatsu, Hisashi Ueda
  • Pemeran: Hiroshi Abe, Yui Natsukawa, Ryoko Kuninaka, Takashi Tsukamoto

Shinsuke Kuwano adalah seorang arsitek berusia 40 tahun. Di usia yang sudah matang tersebut dia tidak memikirkan menikah sama sekali karena kepribadiannya yang cukup unik; Kuwano tidak menyukai orang. Di sisi lain dia selalu mampu menciptakan rumah yang indah untuk orang lain. Dia sangat canggung dan sering kasar karena bingung mengenai caranya bersikap. 

Kuwano hobi mendengarkan musik klasik sambil bersantai setelah makan malam yang dibuatnya sendiri. Pada suatu malam dia memutar musiknya cukup keras sehingga membuat tetangga bernama Michiru Tamura terganggu dan menggedor pintu untuk mengeluh.

Namun yang terjadi Kuwano tiba-tiba pingsan. Tamura pun bergegas membawanya ke rumah sakit. Sikap seorang pria berusia 40 tahun yang ditampilkan dalam drama ini menjadi suguhan utama yang mengundang tawa. Penasaran? Tonton langsung saja! 

3. Good Morning Call

drama jepang komedi romantis_Good Morning Call
  • Tahun: 2016
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Fujio Takashi, Kawahara Yo
  • Pemeran: Fukuhara Haruka, Shiraishi Shunya, Sakurada Dori, Arai Miu

Kembali diadaptasi dari sebuah manga, dorama selanjutnya yang akan membuat Anda tersenyum dan baper saat menontonnya berjudul Good Morning Call (2016). Drama ini mengisahkan kehidupan seorang Nao Yoshikawa yang bersemangat karena untuk pertama kalinya hidup mandiri jauh dari orangtua sebab harus melanjutkan sekolah.

Semangat Nao mendadak berubah ketika dia tahu ada orang lain yang juga menghuni apartemennya. Rupanya mereka adalah korban penipuan. Tak ada jalan lain, mereka akhirnya memutuskan berbagi kamar dengan aturan dan batasan, tentu saja tanpa sepengetahuan kedua orangtua. Kelucuan demi kelucuan saat mereka tinggal bersama, yang kemudian berubah jadi cinta sangat menghibur. 

4. Rich Man Poor Woman

drama jepang komedi romantis_Rich Man Poor Woman
  • Tahun: 2012
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Nashiura Masaki, Tanaka Ryo
  • Pemeran: Oguri Shun, Ishihara Satomi, Iura Arata, Aibu Saki

Hyuga Toru dan sahabatnya, Asahina Kosuke, mendirikan sebuah perusahaan bernama Next Innovation. Mereka sama-sama jenius sehingga tak perlu lama bagi keduanya untuk meraih kesuksesan di bidang yang mereka bangun.

Sayangnya, Asahina berhasil dihasut oleh salah satu karyawan yang terkena pemecatan sebab tak produktif bekerja. Hyuga pun berhasil digulingkan dari perusahaan yang sudah didirikannya.

Dalam keadaan terpuruk, Hyuga beruntung karena Natsui Makoto, salah satu karyawannya di Next Innovation tidak meninggalkannya. Natsui sendiri merupakan gadis miskin yang mencari kerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Walau menceritakan sebuah perjuangan yang penuh drama, selipan komedi dalam Rich Man Poor Woman terasa pas.

5. An Incurable Case of Love

drama jepang komedi romantis_An Incurable Case of Love
  • Tahun 2020
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Kaneko Fuminori, Fukuda Ryosuke, Tanaka Kenta
  • Pemeran: Kamishiraishi Mone, Sato Takeru, Karina, Maiguma Katsuya

Drama Jepang komedi romantis selanjutnya cukup banyak disukai karena memiliki cerita yang menyenangkan. Love Last Forever (2020) mengisahkan perjuangan seorang gadis bernama Nanase Sakura yang jatuh cinta pada seorang dokter bernama Kairi Tendo. Ia menjadikan perasaannya sebagai dorongan untuk menjadi perawat. Tujuannya tentu saja agar bisa bertemu kembali dengan pria idaman hati.

Lima tahun kemudian, impian Nanase tercapai. Ia kini menjadi perawat di rumah sakit yang sama dengan Kairi Tendo. Namun, bayang-bayang lelaki kharismatik seakan lenyap begitu saja ketika dia mengetahui bahwa Tendo tidak sebaik yang dipikirkan.

Dokter tersebut bahkan terkenal dengan julukan iblis. Tendo ternyata seorang dokter yang perfeksionis, berkepala dingin dan bermulut tajam. Lantas, apakah Nanase akan berubah pikiran?

6. You are My Destiny

drama jepang komedi romantis_You are My Destiny
  • Tahun: 2020
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Hirabayashi Katsutoshi, Ninomiya Takashi
  • Pemeran: Takimoto Miori, Kizu Takumi, Ishikawa Ren, Tokito Yuki

Drama komedi romantis Jepang berjudul You are My Destiny (2020) merupakan remake dari drama Taiwan berjudul sama yang tayang tahun 2008. Cerita ini juga sempat dibuat dalam versi drama Korea, drama Thailand, dan drama China. Mengapa ia sedemikian laris hingga dibuat berbagai versi oleh banyak negara?

You are My Destiny (2020) versi Jepang bercerita tentang seorang gadis bernama Satoh Aya yang tak pernah berpikiran buruk atau menjelekkan orang lain, sekalipun dia sendiri kerap dibodohi. Di tempat kerjanya, dia dikenal dengan julukan sticky woman karena kerap menerima rincian tugas dalam sebuah notes. Satoh tak pernah mengeluh walau dimanfaatkan.

Suatu hari dia bertemu dengan Ichijo Kei, seorang pewaris perusahaan kaya raya. Kei rupanya sedang didesak oleh sang nenek untuk segera menikah. Takdir akhirnya membawa Satoh dan Kei masuk dalam kondisi rumit  yang harus dipertanggungjawabkan. Hidup Satoh seketika berubah.

7. A Girl & Three Sweethearts

drama jepang komedi romantis_A Girl & Three Sweethearts
  • Tahun: 2016
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Produksi: Fuji Television Drama Production Center
  • Sutradara: Hiro Kanai, Ryo Tanaka, Tomonobu Moriwaki
  • Pemeran: Mirei Kiritani, Kento Yamazaki, Shohei Miura, Shuhei Nomura

Dorama yang tayang pada 2016 lalu ini mengisahkan kehidupan Misaki Sakurai yang bekerja paruh waktu di toko roti milik Chiaki Shibasaki. Shibasaki bukan orang asing sebab sejak kecil Sakurai sudah menyukainya. Selain bekerja bersama Shibasaki, Sakurai juga tinggal di kediaman lelaki itu. Shibasaki tidak sendiri, sebab di sana ada dua adiknya yaitu Kanata dan Toma.

Kanata merupakan kepala koki di toko roti keluarganya yang terampil, sementara itu Toma adalah adik terkecil yang gemar sekali merayu wanita dan berjiwa bebas. Sayang, dia diam-diam berhenti dari sekolah tanpa memberitahu kedua kakaknya. Bagaimana pengalaman Sakurai tinggal bersama tiga kakak-beradik tersebut? 

8. Overprotected Kahoko

drama jepang komedi romantis_Overprotected Kahoko
  • Tahun: 2017
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Produksi: NTV
  • Sutradara: Seiichi Nagumo, Ken Higurashi, Akinori Ito, Hiroto Akashi
  • Pemeran: Mitsuki Takahata, Hitomi Kuroki, Saburo Tokito, Ryoma Takeuchi

Drama Jepang komedi romantis berjudul Overprotected Kahoko (2017) akan memberikan suasana baru karena premisnya unik dan menarik. Ia bercerita tentang seorang gadis berusia 21 tahun bernama Kahoko Nemoto yang masih diperlakukan seperti anak-anak oleh kedua orangtuanya.

Mereka sangat protektif dalam hal apa pun, bahkan Kahoko tidak pernah pergi ke kampus sendiri karena selalu diantar dan dijemput. Gadis itu juga selalu memakai baju yang sudah dipilihkan oleh ibunya.

Semua tampak biasa saja hingga suatu hari Kahoko bertemu dengan Hajime Mugino, pemuda yang risih melihat gadis seusianya masih bergantung pada orangtua. Dari sinilah muncul adegan-adegan lucu sekaligus menggemaskan yang akan membuat Anda betah menontonnya.

9. Please Love the Useless Me

drama jepang komedi romantis_Please Love the Useless Me
  • Tahun: 2016
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Kawai Hayato, Fukuda Ryosuke, Tsukikawa Sho
  • Pemeran: Fukada Kyoko, Dean Fujioka, Miura Shohei, Nonami Maho

Michio Shibata tak pernah menyangka di usianya yang ke-30 dia harus menjadi pengangguran karena kantor tempatnya bekerja mengalami kebangkrutan. Bebannya bertambah berat karena tabungannya juga harus menanggung hidup sang pacar yang lebih muda.

Shibata bahkan hampir memakan makanan kucing karena lapar. Beruntung dia bertemu Ayumu Kurosawa, mantan bos serta seseorang yang dia anggap musuh.

Ayumu yang iba mengajak Shibata makan di café miliknya. Lelaki itu juga memberinya pekerjaan paruh waktu serta tempat tinggal. Mereka akhirnya tinggal bersama dan semakin dekat. Dari sana Shibata melihat bahwa Ayumu tidak seperti yang dipikirkan selama ini. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya pada mereka? Akankah ada jalinan romantis yang menggemaskan antara keduanya?

10. Ex-enthusiasts: Motokare Mania

drama jepang komedi romantis_Ex-enthusiasts Motokare Mania
  • Tahun: 2019
  • Genre: Romance, Comedy 
  • Sutradara: Namiki Michiko
  • Pemeran: Araki Yuko, Kora Kengo, Hamano Kenta, Yamaguchi Sayaka

Drama Jepang komedi romantis selanjutnya yang siap menghibur Anda berjudul Ex-enthusiasts: Motokare Mania (2019). Saat menonton drama ini Anda mungkin akan merasa familiar karena ia mengisahkan tentang seorang perempuan dewasa berusia 27 tahun yang masih kesulitan melupakan mantan kekasihnya.

Yurika Namba tak pernah tenang karena selalu gelisah memikirkan dan mengingat mantannya, Saito Makochi. Sudah lima tahun berlalu sejak peristiwa itu, Namba bahkan masih sering mengintip aktivitas sang mantan di media sosial.

Suatu hari keberuntungan seperti berpihak padanya ketika Namba pindah kerja di tempat baru dan mengetahui bahwa sang mantan kekasih bekerja di sana juga. Bagaimana reaksi Namba ketika mengetahui hal ini? Akankah mereka dapat menjalin kembali hubungan yang sudah lama putus? 

Drama romantis dengan bumbu-bumbu komedi rasanya masih akan terus digemari. Semua karena ceritanya ringan dan menggemaskan. Setuju? Jadi, apakah sudah menemukan cerita yang Anda cari? Adakah di antara sepuluh judul drama Jepang komedi romantis di atas yang membuat penasaran? 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram