bacaterus web banner retina

13 Drama Jepang Terbaik yang Diadaptasi dari Drama Korea

Ditulis oleh Listiorini

Sudah menjadi hal yang biasa jika ada drama, film, manga, atau webtoon yang booming, maka karya tersebut umumnya akan dibuat ulang atau diadaptasi. Beberapa drakor sempat diadaptasi dari beberapa drama Jepang yang hits. Contohnya saja yang paling terkenal adalah Boys Over Flower. Drama ini diadaptasi dari drama Jepang berjudul Hana Yori Dango.

Hal yang sama terjadi dengan drama Korea. Beberapa drakor populer diadaptasi menjadi drama Jepang. Kira-kira drama Jepang apa saja yang diadaptasi dari drama Korea? Pasti kamu tahu beberapa di antaranya, mari simak baik-baik.

1. Good Doctor

Good Doctor

Masih ingat dengan drama Good Doctor yang dibintangi oleh Joo Won dan Moon Chae Won? Drama Korea ini sukses menarik perhatian penonton luar sehingga dibuat versi Jepang dan Amerikanya. Untuk versi Jepangnya ini ditayangkan oleh Fuji TV pada musim panas tahun 2018 dengan cerita yang masih sama.

Shindo Minato, diperankan oleh Yamazaki Kento, adalah seorang dokter muda yang mengidap sindrom savant. Meskipun ia memiliki ingatan yang sangat baik, Minato sering dianggap remeh oleh rekan-rekan kerjanya yang sesama dokter. 

Tim medis, khususnya pemimpin timnya, bahkan selalu berusaha untuk membuat Minato menyerah. Namun, berkat kegigihannya, Minato tidak pernah mundur sebagai dokter. Bahkan, ia bercita-cita ingin melihat setiap anak bisa tumbuh menjadi dewasa, karena terinspirasi dari kakaknya yang meninggal muda.

2. Maou

Maou

Drama ini merupakan adaptasi dari drama Korea berjudul "The Lucifer." Kisah ini berpusat pada Ryo Naruse, seorang pengacara ulung yang dikenal dengan sebutan “Angelic Lawyer”. Di sisi lain, ada detektif Naoto Serizawa, seorang penegak hukum yang sangat membenci kejahatan. Meskipun keduanya sama-sama berperang melawan kejahatan, namun keduanya punya cara yang berbeda dalam melawan kejahatan.

Suatu hari Naoto menerima paket misterius berisi kartu tarot. Awalnya, dia mengabaikannya, namun setelah beberapa temannya tewas dengan ditemukan paket serupa di lokasi kejadian, ia memutuskan untuk menyelidiki paket tersebut lebih lanjut. 

Setelah menyelidiki lebih jauh, akhirnya banyak rahasia yang terungkap, termasuk kenyataan bahwa setiap tersangka pembunuhan selalu dibebaskan oleh Ryo Naruse dengan alasan membela diri. Dan, hal tersebut membuat Naoto bingung, kenapa Ryo selalu melakukan itu? Apa tujuan Ryo sebenarnya?

3. Signal

Signal_

Mungkin bagi yang suka drama kriminal Korea sudah tidak asing dengan drama berjudul Signal. Nah, drama tersebut diadaptasi ke drama Jepang dengan judul dan alur yang serupa. Di sini ada dua tokoh sentral, yaitu Saegusa dan Ooyama.

Awal cerita dimulai ketika Saegusa kecil mengalami tindak ketidakadilan di mana kakaknya dituduh melakukan pemerkosaan oleh seorang konglomerat bejat. Demi terhindar dari cemoohan masyarakat, Saegusa menumpang hidup di pamannya.

15 tahun kemudian, Saegusa sudah dewasa dan berniat untuk menjadi seorang polisi karena masih dendam dengan kejadian masa lalu. Akhirnya, keinginan itu tercapai dan kini Saegusa menyandang gelar sebagai criminal profiler yang bekerjasama dengan detektif.

Suatu malam, tiba-tiba Saegusa menemukan walkie talkie usang yang ternyata menghubungkannya dengan Ooyama, polisi yang dulu menangani kasus kakaknya. Dari Ooyama, Saegusa mendapatkan informasi penemuan mayat yang ada di gedung tua. Namun anehnya, mayat itu sudah menjadi tengkorak, yang artinya itu adalah mayat belasan tahun lalu.

Merasa penasaran, setelah komunikasinya dengan Ooyama terputus, Saegusa berinisiatif mencari tahu tentang polisi bernama Ooyama. Setelah mencari tahu, betapa mengejutkan ternyata Ooyama adalah detektif yang telah hilang belasan tahun lalu. Jadi, siapa yang menghubungi Saegusa pada malam itu?

4. Kioku

Kioku

Kioku adalah sebuah drama Jepang yang tayang pada tahun 2018, yang diadaptasi dari drama Korea populer, Memory. Dalam versi Jepang ini, Kiichi Nakai memerankan tokoh utama Hidehisa Honjo, seorang pengacara sukses berusia sekitar 50 tahun.

Namun, kehidupan Honjo berubah ketika dia mengetahui bahwa dirinya menderita Alzheimer dini. Beberapa memori yang seharusnya dia ingat mulai pudar, tetapi satu memori yang ingin ia lupakan malah terus menghantui pikirannya. Memori itu adalah tentang kematian anaknya dalam kecelakaan mobil. 

Pelaku yang menyebabkan kematian anaknya hingga saat ini masih bebas. Kini, dengan kondisi kesehatannya yang memburuk, dia memutuskan untuk menghadapi masa lalunya dan berfokus untuk menangkap pelaku yang telah merenggut nyawa anaknya.

5. Two Weeks

Two Weeks merupakan drama Jepang adaptasi dari drama Korea dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang perjuangan Yuki Daichi (Haruma Miura), seorang ayah yang ingin mendonorkan sumsum tulang belakang untuk anaknya, Hana, yang menderita leukimia. 

Namun, ketika sudah mendekati hari operasi, Yuki malah dituduh sebagai pembunuh sekaligus tersangka utama atas kematian Ai, kekasih simpanan bosnya, Shibasaki (Masanobu Takashima).

Tidak mau ditangkap karena ingin mendonorkan sumsum tulang belakang, akhirnya Yuki kabur dari kejaran polisi. Pelariannya itu dibantu oleh Sumire, ibu dari Hana, dan Jaksa Kaede (Kyoko Yoshine). Keduanya berusaha membantu Yuki membersihkan namanya dari tuduhan dengan mencari bukti yang dapat menunjukkan bahwa Yuki tak bersalah. Apakah akhirnya Yuki bisa berhasil lolos?

6. Roppongi Class

Roppongi Class_

Mungkin jika kami menyebut Ittaewon Class, kamu lebih familiar dengan judul tersebut. Nah, Rappongi Class ini adalah drama yang didasarkan dari Ittaewon Class, hanya saja latar dan nama pemainnya berubah. Secara alur ceritanya masih sama, di mana drama ini menampilkan Takeuchi Ryoma sebagai pemeran utama, Miyabe Arata, pemilik bar di Roppongi Nidaime Miyabe.

Ceritanya dimulai dengan Arata yang menaruh dendam pada Nagaya Holdings, sebuah perusahaan makanan terbesar di Jepang. Dulu, anak dari Nagaya Holdings secara tidak sengaja menabrak ayah Arata hingga tewas. Bukannya mendapatkan keadilan, justru Arata lah yang masuk penjara.

Belasan tahun kemudian, kini Arata sudah dewasa. Ia punya tekad untuk menghancurkan bisnis Nagaya Holdings dengan mendirikan bar di dekat Nagaya Holdings. Meski awalnya sulit dan banyak tantangan, namun lama kelamaan Arata mulai mendapatkan celah untuk bisa menjatuhkan Nagaya Holdings. Apakah artinya misi balas dendam Arata ini mulai berhasil?

7. Hope: Kitai Zero no Shinnyu Shain

Hope Kitai Zero no Shinnyu Shain_

Jika kamu pernah menonton drama Misaeng: Incomplete Life, mungkin akan suka dengan drama ini. Ceritanya masih serupa, namun di sini karakter utamanya bernama Ayumu.

Ayumu Ichinose (Yuto Nakajima) adalah seorang pemuda berusia 22 tahun yang bercita-cita menjadi pemain Go profesional. Namun, keinginannya itu tidak dapat terwujud. Dari kegagalan itu, akhirnya Ayumu mendapatkan kesempatan untuk magang selama satu bulan di sebuah perusahaan.

Awal karier Ayumu di perusahaan tersebut penuh tantangan. Dia datang sehari lebih lambat dari rekan-rekan magang lainnya dan ditempatkan di divisi 3, di bawah supervisi Oda Ishito (Endo Kenichi). 

Ayumu sering kali dihina dan merasa tidak diterima karena latar belakang pendidikannya yang hanya lulusan SMA. Bahkan, ia juga dicibir karena mendapat posisi itu atas dasar nepotisme. Namun, melihat dukungan penuh dari ibunya, Ayumu memutuskan untuk berjuang, bekerja keras, dan tidak menyerah, meski hanya untuk magang satu bulan.

8. Voice: 110 Emergency Control Room

Voice 110 Emergency Control Room_

Sama seperti drama lainnya, Voice: 110 Emergency Control Room juga merupakan adaptasi drama Korea yang sangat terkenal, bahkan digadang-gadang sebagai drama bertema kriminal terbaik. Tidak hanya drakornya yang populer, Voice: 110 Emergency Control Room juga sangat populer hingga dibuat dua musim. 

Nah, di musim pertamanya ini bercerita tentang Shogo Higuchi (Toshiaki Karasawa), seorang detektif yang menaruh dendam pada pelaku pembunuhan istrinya. Di sisi lain, ada Hikari Tachibana (Yoko Maki), seorang profiler suara di mana dia bisa mendengar detail suara yang tidak bisa didengar orang lain.

Ternyata, Hikari dan Shogo mengincar pembunuh yang sama. Pembunuh yang menjadi target dendam Shogo ternyata adalah orang yang sama yang dulu membunuh ayah Hikari. Untuk mencari pembunuh itu, akhirnya mereka bekerjasama dalam satu divisi, yaitu divisi emergency control room 110.

Awalnya mereka sulit mendapatkan petunjuk tentang si pembunuh, namun lama kelamaan beberapa korban kejahatan yang menelepon ke 110 membawa titik terang dan menggiring Shogo serta Hikari pada pembunuh itu. Lantas, apakah mereka bisa menuntaskan dendam masing-masing?

9. Sign

Sign_

Drama adaptasi drakor dengan judul sama ini berlatar di Lembaga Penelitian Forensik Jepang yang dikelola bersama oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan serta Badan Kepolisian Nasional.

Di sana, ada seorang patologi forensik eksentrik bernama Takashi Yuzuki (Nao Omori). Meskipun dia memiliki kemampuan yang hebat dalam mengungkap penyebab kematian, Yuzuki dikenal memiliki sifat yang kurang menyenangkan dan bermulut tajam. Tak peduli betapa kuatnya tekanan dari para atasan, Yuzuki selalu berupaya untuk mengungkap kebenaran dan mencari keadilan.

Drama ini semakin menarik saat Yuzuki diberi tugas untuk menyelidiki kematian seorang penyanyi terkenal. Selama penyelidikannya, dia menemukan fakta bahwa ada seseorang yang berkuasa yang ingin menutupi kebenaran di balik kematian penyanyi itu. 

Meskipun harus berhadapan dengan berbagai tantangan yang sulit, Yuzuki dan rekan-rekannya tetap berusaha menemukan kebenaran yang tersisa di tubuh korban. Namun, saat mereka semakin mendekati kebenaran, orang yang berkuasa itu malah terus mencari celah dan kesalahan Yuzuki agar tidak mengungkap kasus kematian si penyanyi tadi. Lalu, apakah akhirnya Yuzuki bisa menuntaskan misi ini?

10. Ikemen Desune

Ikemen Desune

Kisah drama ini berpusat pada Miko Sakuraba, seorang gadis 20 tahun yang bercita-cita menjadi biarawati. Namun, nasib membawanya ke arah yang berbeda ketika kakak kembarnya, Mio Sakuraba, anggota band populer A.N.JELL, harus pergi ke Amerika untuk pengobatan.

Miko terpaksa mengambil alih posisi Mio, dan ia pun berpura-pura menjadi pria untuk menjaga reputasi band. Dengan rambut yang dipotong pendek, Miko masuk ke dunia entertainment dan tinggal bersama tiga anggota band tampan: Ren Katsuragi, Shu Fujishiro, dan Yuki Hongo. 

Miko berusaha keras untuk menyembunyikan identitasnya, tetapi Ren dan Shu langsung tahu identitas asli Miko. Namun, Yuki yang tidak mengetahui identitas Miko justru merasa tertarik pada Miko, membuatnya bingung dengan perasaannya sendiri.

Tetapi, ternyata yang suka dengan Miko bukan hanya Yuki, melainkan Ren dan Shu pun mulai menaruh perasaan romantis pada Miko. Akhirnya, cinta yang rumit pun harus dihadapi oleh Miko. Lantas, siapa yang nanti akan dipilih Miko sebagai kekasihnya? Atau, justru Miko tidak menaruh perasaan apapun pada mereka bertiga?

Untuk mendapatkan jawaban itu, kamu harus tonton sendiri dramanya. Dan, fyi, drama ini memiliki premis yang serupa dengan drakor berjudul You're Beautiful yang tayang pada 2009. Jadi, kalau kamu pecinta drakor jadul, pasti sudah sangat familiar dengan dorama ini.

11. Hoshi Kara Kita Anata

My Love From The Star (Hoshi Kara Kita Anata)_

My Love From The Star adalah salah satu drakor terpopuler di masanya. Dan, di tahun 2022, Jepang membuat drama adaptasinya dengan judul sama, atau dalam versi Jepangnya adalah Hoshi Kara Kita Anata. 

Drama ini menceritakan tentang Mitsuru Higashiyama, seorang alien yang telah tinggal di Bumi selama 400 tahun, menyamar sebagai seorang dosen. Meski berwujud seperti manusia, Mitsuru tidak pernah menua sedikit pun.

Saat Mitsuru sedang menunggu waktu untuk kembali ke planet asalnya, ia bertemu dengan Sasahara Tsubaki, seorang aktris Korea yang populer namun memiliki sikap yang angkuh. 

Awalnya, hubungan mereka penuh dengan perbedaan dan perselisihan, namun lama-kelamaan keduanya malah saling jatuh cinta. Meski begitu, perjalanan cinta mereka tak semudah yang diperkirakan, karena bagaimana pun Mitsuru sebentar lagi harus kembali ke planetnya, artinya ia harus meninggalkan Sasahara untuk selamanya. Apakah mereka sanggup melepas ikatan cinta itu?

12. Kanojo wa Kirei datta

Kanojo wa Kirei datta_

Tahu drama She Was Pretty? Nah, ini adalah dorama yang diadaptasi dari drakor yang tayang tahun 2019 itu. Ceritanya masih sama, di mana drama ini menampilkan Fuka Koshiba sebagai Ai Sato dan Kento Nakajima sebagai Sosuke Hasebe.

Ai Sato dulu sangat terkenal dengan kecantikannya, namun kini ia menjadi buruk rupa karena ayahnya bangkrut. Sekarang, ia tinggal bersama sahabatnya, Risa Kiriyama, dan bekerja di sebuah restoran. 

Suatu hari, Ai mendapat pesan dari teman kecilnya, Sosuke Hasebe, yang ingin bertemu dengannya setelah lama berada di Amerika. Ketika SD, Sosuke dikenal sebagai anak yang gemuk, kikuk dan kurang menarik, berbanding terbalik dengan Ai. Namun, sekarang Sosuke telah berubah menjadi seorang pria tampan dan karismatik, sedangkan Ai merasa minder dengan penampilannya yang sekarang. 

Karena merasa tidak percaya diri, Ai meminta Risa untuk berpura-pura sebagai dirinya ketika bertemu Sosuke. Akhirnya Sosuke dan Risa, yang berpura-pura menjadi Ai, pun bertemu. 

Awalnya Ai merasa lega karena tidak perlu bertemu dengan Sosuke, namun nyatanya Ai justru harus bekerja di bawah pimpinan Sosuke. Selama bekerja di sana, Ai sekuat tenaga menghindar dan menyembunyikan identitas aslinya. Kira-kira, apakah Sosuke sadar bahwa selama ini Ai adalah rekan kerjanya?

13. Gomen, Aishiteru

Gomen, Aishiteru_

Ritsu (Tomoya Nagase) adalah seorang anak laki-laki yang ditinggalkan oleh ibunya, Rinka, ketika dia masih kecil. Karena peristiwa masa lalu tersebut, Ritsu hidup serba kesulitan, terutama soal ekonomi. 

Suatu hari, Ritsu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera parah di kepalanya, yang berarti dia bisa meninggal kapan saja. Karena merasa hidupnya tidak lama lagi, akhirnya ia berinisiatif untuk mencari ibunya.

Namun, ketika dia menemukan ibunya, Ritsu terkejut mengetahui bahwa ibunya kini menjalani kehidupan yang bahagia bersama putra barunya, Satoru, yang berporfesi sebagai pianis. Mengetahui hal itu, Ritsu jadi berpikir bahwa ibunya meninggalkan Ritsu karena tidak tahan dengan kemiskinan. Dari sana, Ritsu pun memulai aksi balas dendamnya pada Rinka.

Cerita dorama itu memang terasa sangat familiar, karena ia merupakan adaptasi dari I'm Sorry, I Love You yang tayang tahun 2004 silam. Tidak kalah seru dengan versi originalnya, Gomen, Aishiteru pun mendapat rating yang cukup bagus, yaitu 7.8.

Itulah beberapa drama Jepang yang diadaptasi dari drama Korea yang populer dan sukses meraih rating tinggi, seperti Signal dan Voice. Seperti drama aslinya, versi adaptasi ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari para penggemar dorama.Apakah kamu sudah pernah menonton salah satu drama adaptasi ini? Menurutmu apakah versi adaptasinya sebagus aslinya?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram