bacaterus web banner retina

Inilah 10 Drama Indonesia Terbaik yang Wajib untuk Ditonton

Sejak beberapa tahun belakangan ini, industri web drama di Indonesia sedang berada di puncaknya. Sebut saja platform streaming seperti Netflix, WeTV, iQiyi, Video, Disney+ Hotstar dan lainnya yang populer di Indonesia.

Drama atau web drama memang lebih menarik dibandingkan dengan sinetron yang biasa kita lihat di berbagai stasiun televisi baik dari segi cerita, para pemeran hingga jumlah episode yang singkat dan tidak berlarut-larut. Belum lagi sinematografi dan kualitas dramanya, yang katanya bisa bersaing dengan K-Drama.

Beberapa drama Indonesia yang sempat viral sebut saja Layangan Putus (2021) hingga Antares (2021) bahkan disebut-sebut sebagai drama terbaik. Selain kedua drama tadi, sebenarnya masih banyak drama terbaik yang tayang di berbagai situs streaming.

Pasti pada penasaran dong, kira-kira drama Indonesia apa saja yang masuk dalam kategori terbaik? Untuk mendapatkan jawaban lebih lengkapnya, kamu wajib banget membacanya di bawah ini.

1. Layangan Putus

drama-indonesia-1_

Layangan Putus (2021) memang layak disebut sebagai drama web terbaik yang diproduksi oleh MD Entertainment.

Drama yang tayang di WeTV ini, mengadaptasi kisah nyata yang terjadi kepada Mommy ASF yang viral banget beberapa tahun lalu. Disutradarai oleh Benni Setiawan, drama ini berhasil membuat para wanita geram dengan perselingkuhan Mas Aris dengan Lydia.

Aris berselingkuh saat sang istri yang bernama Kinan sedang mengandung anak kedua mereka. Bahkan setelah perselingkuhan ini terbongkar, Mas Aris dan Lydia malah playing victims dan merasa tidak bersalah.

Kesuksesan Layangan Putus (2021), memang menjadi hal yang luar biasa dan jarang terjadi. Bahkan MD Entertainment mengisyaratkan adanya musim kedua, untuk drama yang dibintangi Putri Marino ini.  

2. Antares

drama-indonesia-2_

Masih dari WeTV, kali ini ada Antares (2021) yang populer banget dikalangan para penonton remaja. Drama yang masih diproduksi oleh MD Entertainment ini mengadaptasi kisahnya dari wattpad terkenal karya Rweinda.

Kali ini, Angga Yunanda dan Beby Tsabina didapuk sebagai pemeran utamanya bersama dengan beberapa aktor muda Indonesia lainnya.

Adapun Antares (2021) mengisahkan penyelidikan Zea mengenai Antares dan geng motornya. Gadis ini berpikir bahwa mereka adalah penyebab kecelakaan yang terjadi kepada sang kakak. Namun fakta yang didapatkannya malah sebaliknya, bahkan misi rahasia Zea malah berakhir jadi cinta yang manis.

3. Little Mom

drama-indonesia-3_

Diproduksi oleh Hitmaker Studios, Little Mom (2021) memang tidak boleh sampai terlewatkan dalam list ini. Drama yang dibintangi oleh Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya dan Elina Joerg ini mengangkat isu yang sensitif tapi dianggap normal oleh masyarakat.

Drama ini berkisah mengenai Naura, seorang siswi berprestasi namun hamil di luar nikah saat usianya masih belia. Memiliki orang tua yang suportif, Naura dibimbing untuk lebih dewasa dan bertanggung jawab dengan hidupnya.

Namun kisah cinta segitiga antara Naura, Keenan, dan Yuda membuat semua rahasia kehamilannya terbongkar. Punya ending yang cukup bikin penasaran, WeTV mengkonfirmasi bahwa Little Mom (2021) akan menghadirkan musim keduanya lho.

4. Sianida

drama-indonesia-4_

Selain Layangan Putus (2021), WeTV juga menayangkan Sianida (2021) yang katanya terinspirasi dari kisah nyata.

Drama ini memang cukup kontroversial, pasalnya keluarga korban dari kasus kopi sianida tahun 2016 memprotes dramanya sehingga tidak bisa dipungkiri, bahwa Sianida (2021) memang layak disebut sebagai drama Indonesia yang terbaik.

Adapun dramanya mengisahkan tewasnya Amelia, seusai wanita ini menenggak kopi yang ternyata bercampur sianida. Kasus ini membuat Jenny harus masuk ke penjara, karena dituduh sebagai pelaku hanya dengan bukti seadanya.

Berusaha mencari keadilan, pengacara Jenny berhasil menemukan fakta mengejutkan mengenai keluarga Amelia yang sangat mencurigakan.

5. Wedding Agreement The Series

drama-indonesia-5_

Di awal tahun 2022, drama yang ditayangkan oleh Disney+ Hotstar sempat menjadi trending di sosial media. Wedding Agreement The Series (2022) adalah drama yang dibintangi oleh Indah Permatasari, Refal Hady, dan Susan Sameh.

Drama ini viral karena adegan perselingkuhan Mas Bian dengan mantan kekasihnya bernama Sarah, padahal ia sudah menikah dengan Tari.


Drama produksi Kharisma Starvision Plus ini dipenuhi dengan berbagai konflik rumah tangga dan masalah kompleks setiap orang. Makanya banyak orang yang merasa, kalau cerita yang ada dalam Wedding Agreement The Series (2022) terasa relate dengan kenyataan.

6. Married with Senior

drama-indonesia-6_

Married with Senior (2021) adalah drama yang diadaptasi dari kisah wattpad populer karya Cintaprita. Drama yang diproduksi oleh Screenplay Films dan Wattpad Studios ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris muda berbakat.

Sebut saja Caitlin Halderman, Kevin Ardilova, Jourdy Pranata hingga Shenina Cinnamon, yang populer banget di kalangan para remaja.

Drama ini menjadi viral dan banyak banget diperbincangkan, karena adegan komedi dan alurnya bikin gemes. Adapun dramanya mengisahkan Mika yang tiba-tiba dijodohkan dengan salah satu seniornya di sekolah yang bernama Angkasa.

Memiliki sifat yang berseberangan, keduanya kerap terlibat dalam berbagai kesalahpahaman hingga pernikahan pun terancam berakhir.

7. Kaget Nikah

drama-indonesia-7_

Masih soal nikah muda, WeTV kembali menayangkan drama komedi dan roman berjudul Kaget Nikah (2021).

Drama yang diproduksi oleh Max Pictures ini tidak hanya memiliki cerita yang intense, tetapi berbagai adegan komedinya selalu bikin ketawa. Dibintangi oleh Kevin Julio dan Aurora Ribero, kemistri keduanya benar-benar sangat kuat dan bikin gemas banyak orang.

Adapun dramanya mengisahkan Lalita yang terpaksa menikah dengan Andre karena kesalahpahaman. Keduanya harus bersandiwara sebagai pasangan.

Padahal pada kenyataannya, mereka selalu saja bertengkar dan merindukan kehidupan lama masing-masing. Lalu bagaimana cara Lalita dan Andre mengatasi masalah pernikahan ini?

8. Kisah Untuk Geri

drama-indonesia-8_

Satu lagi drama terbaik Indonesia yang ditayangkan oleh WeTV, yaitu Kisah Untuk Geri (2021). Drama satu ini memang dicintai oleh banyak orang, karena kemistri Angga Yunanda dan Syifa Hadju.

Keduanya berhasil membuat banyak orang baper dengan kisah cinta yang bisa dikatakan sad ending. Meski begitu, desas-desus mengatakan bahwa WeTV akan membuat musim kedua untuk kisah Geri dan Dinda.

Kisah Untuk Geri (2021) mengisahkan Dinda, yang hidupnya berubah drastis pasca sang ayah terjerat kasus korupsi. Agar tidak dibully oleh satu sekolah, Dinda bersusah payah meminta bantuan Geri untuk pura-pura menjadi pacarnya.

Saat Dinda sudah jatuh cinta kepada Geri, pria itu malah mengejar gadis lain yang ternyata dalang di balik semua kejadian buruk yang menimpa Dinda di sekolah.

9. Pretty Little Liars

drama-indonesia-9_

Jauh sebelum drama-drama di atas, Pretty Little Liars (2020-2022) terlebih dahulu menjadi drama web yang paling populer. Tidak hanya dibintangi oleh sederet selebriti muda berbakat, drama ini menyuguhkan sinematografi dan kisah yang intens. Makanya Pretty Little Liars (2020-2022) wajib banget masuk dalam jajaran drama Indonesia terbaik.

Drama original Viu dan Warner Bros Internasional ini mengisahkan empat sahabat yang kerap mendapatkan teror.

Semua ini terjadi ketika Alissa, anggota terpopuler dari grup tersebut, tiba-tiba menghilang secara misterius. Satu tahun pasca kejadian ini, Hanna, Ema dan Sabrina mulai mendapatkan berbagai teror dan ancaman yang akan membongkar rahasia mereka.  

10. I Love You Silly

drama-indonesia-10_

Karya-karya yang dipersembahkan oleh Prilly Latuconsina memang tidak pernah mengecewakan. Sebut saja I Love You Silly (2021), yang disebut sebagai salah satu drama terbaik dan wajib untuk ditonton.

Diproduksi oleh MVP Entertainment, drama ini digarap oleh sutradara kenamaan seperti Monty Tiwa. Selain itu, drama ini juga dibintangi nama-nama beken seperti Jourdy Pranata dan Shenina Cinnamon.

I Love You Silly (2021) mengisahkan seorang gadis SMA bernama Lily yang sangat lugu, polos, dan naif. Meski memiliki kepribadian yang berseberangan, Jordy memang satu-satunya orang yang bisa membuat Lily bahagia.

Tak rela melihat temannya terlihat seperti gadis bodoh, Mira berusaha menjauhkan Lily dari Jordy dan menjodohkannya dengan pria lain.

Itu dia beberapa drama Indonesia terbaikr, yang memang layak banget untuk kamu tonton. Drama-drama di atas memang memiliki kualitas yang mumpuni, mulai dari alur, pemeran hingga sinematografinya.

Bahkan setiap drama tidak hanya mengejar keuntungan komersial saja lho, tapi ada banyak pesan mengenai kehidupan yang bisa kamu ambil.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram