bacaterus web banner retina

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 8 November 2021

Heo Sung Tae menjadi sangat populer secara global berkat perannya dalam Squid Game. Pria kelahiran 20 Oktober 1977 ini padahal sudah bermain dalam lebih dari 60 film dan serial tv, loh. Wajar saja, beliau telah berkarir sejak tahun 2011 dan masih aktif sampai sekarang.

Mau tahu kisah awal kenapa Heo Sung Tae bisa jadi artis? Jadi, saat itu beliau sedang mabuk dan melihat ada acara pencarian bakat dari SBS. Karena pikirannya sedang tidak sadar 100%, beliau pun mendaftar dan tidak menyangka akan lolos pada waktu audisi.

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 1

Meski jarang mendapatkan posisi pemeran utama, karakter-karakter yang Heo Sung Tae mainkan selalu ikonik. Beliau dipanggil 'Ha Il Soo' (karakter pada film The Age of Shadows - 2016) karena perannya saat itu begitu memorable. Heo Sung Tae memang selalu totalitas dalam tiap project-nya.

Beliau sampai belajar bahasa Manchu untuk bermain di film drama-sejarah The Fortress (2017). Dan, tentu saja kita pasti terpukau dengan akting Heo Sung Tae sebagai Jang Deok Su, gangster menyebalkan dari Netflix Squid Game (2021). Ingin tahu apa saja drama yang dimainkan oleh Heo Sung Tae? Bacaterus punya list-nya dibawah ini.

1. Squid Game

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 3

Seong Gi Hun (Lee Jung Jae) memiliki hutang yang menumpuk. Gi Hun hidup serampangan, walau tetap sangat sayang pada anaknya. Karena usaha yang dirintisnya terpaksa gulung tikar, dia pun beralih profesi menjadi sopir. Dan, dengan kegemarannya dalam berjudi, membuat hutangnya semakin bertambah. Akhirnya, dia selalu kucing-kucingan dengan rentenir.

Setelah Gi Hun terciduk oleh rentenir untuk yang kesekian kalinya, dia terpaksa meneken kontrak yang mengharuskan dirinya rela melakukan apa saja untuk melunasi hutangnya.

Kemudian, Gi Hun 'tak sengaja' bertemu dengan seseorang yang menggunakan pakaian perlente. Anehnya, orang tersebut menyodorkan penawaran yang janggal pada Gi Hun. Seperti salesman, tapi yang ditawarkan adalah permainan ddakji.

Gi Hun diminta memilih warna kartu yang akan dimainkan, lalu dia dan si salesman itu pun bermain. Jika Gi Hun kalah, dia akan ditampar. Tapi, jika dia menang, maka dia akan mendapatkan uang cash yang cukup besar.

Karena tengah berada dalam titik nadirnya, Gi Hun pun melakukan permainan aneh itu. Setelah permainan selesai, Gi Hun mendapatkan penawaran lagi, yaitu untuk ikut serta dalam game selanjutnya yang lebih elusif.

Gi Hun memutuskan untuk mengikuti permainan misterius itu, dan tiba di lokasi yang sudah diinfokan padanya. Setelah bergabung, dia pun mendapati total ada 456 partisipan, padahal awalnya dia mengira hanya dialah orang aneh yang mau jadi pesertanya.

Para partisipan termasuk Gi Hun tidak menyadari, bahwa permainan kali ini harus dilakukan sampai hidup mereka berakhir. Kecuali sang pemenang, yang akan memperoleh hadiah sebanyak 45.6 triliun Won atau kira-kira sebanyak 551,8 triliun Rupiah.

Di antara ratusan orang, Gi Hun mengenali salah satu partisipan. Dia adalah Cho Sang Woo (Park Hae Soo), kawan masa kecilnya yang ‘semestinya berjaya dengan limpahan harta’.

Judul Squid Game diambil dari nama mainan anak-anak ortodoks Korea. Tapi, sebelum fix bernama Squid Game, drama ini tadinya mau berjudul 6 Rounds, karena permainan di dalam game itu ada 6 ronde.

Di sini, Heo Sung Tae berperan sebagai Jang Deok Soo, partisipan Squid Game ke 101. Deok Soo memiliki sifat yang jahat dan penuh tipu muslihat, sesuai dengan pekerjaannya sebagai pemalak sangar. Dalam cerita ini, dia harus menelan akhir yang mengenaskan.

2. Beyond Evil

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 5
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Thriller, Mystery, Psychological, Drama
  • Produksi: Celltrion Entertainment, JTBC Studios
  • Sutradara: Shim Na Yeon
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Yeo Jin Goo, Choi Dae Hoon, Kim Shin Rok, Choi Sung Eun, Choi Jin Ho, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 16

Di Kantor Polisi Manyang, ada pegawai pindahan bernama Lee Dong Shik (Shin Ha Kyun). Meski perlu waktu untuk membiasakan diri, akhirnya Dong Shik mampu menerima kenyataan. Dia pun mengerjakan rutinitasnya di kantor polisi dengan suka rela.

Jadi, dulu dia pernah menjadi seorang intel yang handal. Namun, karena dilengserkan secara sepihak, sekarang dia harus mengerjakan tugas umum di kantor polisi. Suatu hari, ada pegawai baru di kantornya. Seorang intel golongan atas, sekaligus putra dari calon Kepala Badan Kepolisian Nasional. Entah kenapa tiba-tiba sosok sehebat itu hadir di Kantor Polisi Manyang.

Keseharian Dong Shik di kantor yang semula damai, menjadi lebih 'berwarna' karena kehadiran Detektif Han Joo Won (Yeo Jin Goo) tersebut. Mereka menjadi dua laki-laki yang tak pernah gentar untuk memburu pembunuh berantai yang menggemparkan daerah mereka, Kota Manyang.

Namun, meski kemampuannya dalam mengerjakan tugas, serta kedudukan kemasyarakatan yang adiluhung, Detektif Joo Woon menyimpan misteri tentang masa lalunya. Kira-kira apa, ya, rahasia yang dia sembunyikan? Nah, dalam drama ini, Heo Sung Tae bermain sebagai Lee Chang Jin. Dia adalah seorang CEO JL Constructions yang mencurigakan.

3. Psychopath Diary

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 7
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Thriller, Mystery, Comedy, Crime
  • Produksi: KeyEast
  • Sutradara: Lee Jong Jae
  • Pemeran: Yoon Shi Yoon, Jung In Sun, Park Sung Hoon, Lee Han Wi, Hwang Geum Byul, Kim Kyul, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 16

Dalam usianya yang menginjak 34 tahun, Yook Dong Shik (Yoon Shi Yoon) bekerja sebagai karyawan sebuah instansi. Sayangnya, karena keluguan dan sifat lemah lembutnya, dia selalu digunakan demi keuntungan rekan kantornya. Puncaknya adalah ketika ada kejadian besar di kantor dan semua orang menunjuk Dong Shik sebagai yang bersalah.

Dipecat, tak satupun kerabat bahkan keluarga yang bersedia mengulurkan tangan untuknya. Dong Shik pun bertekad untuk mengakhiri hidupnya saja. Padahal, selama ini Dong Shik menjalani hidupnya sebagai pria yang baik. Namun, dia kurang percaya diri, sehingga kehidupannya tak pernah berkembang.

Setelah melakukan percobaan bunuh diri, Dong Shik malah tersadar dengan keadaan lupa ingatan. Dia kehilangan arah karena tidak tahu siapa dirinya yang sebenarnya.

Lalu, dia menemukan ada sebuah jurnal di dekatnya, yang langsung dia klaim sebagai miliknya. Jurnal itu mengatakan kalau dia adalah seorang serial killer. Dia pun mencoba melakukan apa yang tertulis di jurnal tersebut demi mengembalikan jati dirinya.

Pada awalnya, Dong Shik menduga dia adalah maniak yang telah membunuh banyak orang karena jurnal yang dia temukan. Pada akhirnya, diketahui bahwa jurnal itu milik orang lain, yaitu si maniak yang sebenarnya. Di sini, Heo Sung Tae berperan sebagai Jang Chil Sung, eks bandit. Dia adalah seseorang yang akan selalu ada di sekitar Dong Shik.

4. WATCHER

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 9
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Thriller, Crime, Drama, Political
  • Produksi: Studio Dragon
  • Sutradara: Ahn Gil Ho
  • Pemeran: Seo Kang Joon, Han Seok Kyu, Kim Hyun Joo, Park Joo Hee, Heo Sung Tae, Joo Jin Mo
  • Jumlah episode: 16

Berpusat pada permasalahan yang terjadi di korps bayangkara, skuat penyelidikan dibentuk untuk memberantas penggelapan uang serta melindungi orang-orang tak bersalah. Dalam drama ini, Hae Sung Tae berperan sebagai Jang Hae Ryong, Kepala Departemen Investigasi Polisi.

Dia diceritakan sering cekcok dengan Do Chi Kwang (Han Seok Kyu). Do Chi Kwang adalah intelijen kawakan yang pernah menghadapi peristiwa yang mengguncang jiwanya sekitar 15 tahun silam. Dia menjadi personel polisi tersebut bersama Han Tae Joo (Kim Hyun Joo), seorang eks penuntut umum, dan Kim Young Goon (Seo Kang Joon), seorang bayangkara junior.

5. Different Dreams

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 11
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Historical, Melodrama
  • Produksi: Imong Studio Culture Company
  • Sutradara: Yoon Sang Ho
  • Pemeran: Lee Yo Won, Yoo Ji Tae, Lim Ju Hwan, Nam Gyu Ri, Yoon Jong Hwa, Lee Hae Young, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 40

Pada tahun 1919, Kyungsung (kini Korea Selatan) serta Shanghai (kini Cina), dikuasai rezim Jepang. Kemudian, terjadi pendirian Pemerintahan Sementara Republik Korea pada 11 April 1919. Hal ini tercetus setelah dilakukan aksi ‘Gerakan 1 Maret’. Untuk mengenang kejadian nyata yang memilukan ini, dibuatlah drama Different Dreams.

Diceritakan ada seorang wanita yang menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi kedokteran elit di Shanghai. Sebenarnya dia adalah orang Korea, namun dia tumbuh dalam famili Jepang. Dia adalah Lee Young Jin (Lee Yo Won). Dia belajar untuk menjadi seorang dokter bedah.

Kemudian ada Kim Won Bong (Yoo Ji Tae), ketua Korps Pemerintahan Sementara. Dia bertemu dengan Lee Young Jin yang telah menjadi dokter bedah wanita pertama di Korea Selatan. Sementara itu, Heo Sung Tae berperan sebagai Matsuura, seorang perwira polisi yang bekerja di kantor polisi Jongno yang mencari tahu informasi tentang Lee Young Jin.

6. Your Honor

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 13
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Law, Romance, Drama
  • Produksi: The Story Works, iHQ
  • Sutradara: Boo Sung Chul
  • Pemeran: Yoon Shi Yoon, Lee Yoo Young, Park Byung Eun, Kwon Nara, Kim Hye Ok, Kwak Sun Young, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 32

Soo Ho tak seterkenal saudara kembarnya, Kang Ho, yang tubuhnya cukup kekar serta lebih cakap dalam bertutur kata. Padahal, mereka berdua kembar identik. Walau begitu, Soo Ho percaya bahwa kecerdasannya diatas Kang Ho. Karena kembarannya itu tidak segiat dirinya dalam mencari ilmu.

Setelah dewasa, Kang Ho mengantongi 5 catatan kriminal. Hal itu tentu membuat Kang Ho masuk ke dalam hotel prodeo. Sedangkan Soo Ho yang cerdas telah menjadi advokat termuda yang sukses menjabat sebagai ketua pengadilan.

Saat Kang Ho bebas dari bui, dia mengetahui kalau Soo Ho, saudara kembarnya, mendadak lenyap. Dia pun mengambil keputusan untuk berperan menjadi Soo Ho, si ketua pengadilan. Namun, apa yang terjadi nanti, jika seorang yang punya cukup banyak laporan kejahatan, berperan sebagai ketua majelis pengadilan yang luhur dan disegani?

Drama ini mengisahkan perjalanan hidup mereka yang sama-sama sempat mendambakan menjadi sosok berbeda. Setelah melalui berbagai rintangan, belakangan mereka pun mendapatkan jati diri yang sesungguhnya.

Psst, apa kamu tahu, karakter Soo Ho dan Kang Ho itu dimainkan oleh pemeran tunggal? Iya, dua tokoh itu diperankan oleh Yoon Shi Yoon seorang. Keren banget ya, bisa memainkan dua peran dalam satu waktu. Kalau Heo Sung Tae bermain selaku pemeran pendukung, Hong Jung Soo, bandit golongan atas berkedok ketua pengadilan penyelidik.

7. Cross

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 15
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Thriller, Mystery, Medical
  • Produksi: -
  • Sutradara: Shin Yong Hwi
  • Pemeran: Go Kyung Pyo, Jo Jae Hyun, Jeon So Min, Uhm Ji Sung, Kim Jong Goo, Kim Ji Han, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 16

Serial drama ini juga diketahui dengan tajuk Cross: God’s Gift. Menceritakan In Kyu (Go Kyung Pyo) yang berprofesi sebagai dokter. Tapi, panggilan jiwanya itu bukan demi kemanusiaan, melainkan untuk menuntut balas hidup ayahnya yang berakhir tragis.

Dua tahun sesudahnya, In Kyu bekerja sosial di balai pengobatan sebuah penjara. Bukan sembarang penjara, karena di sana ada seseorang yang dia duga sebagai pelaku yang membunuh ayahnya 13 tahun lalu.

Mansik (Jung Do Won) mengetahui identitas In Kyu yang sesungguhnya. Dia juga menemukan fakta bahwa In Kyu menyimpan kebencian yang mendalam kepada temannya, Hyung Beom (Heo Sung Tae). Menyadari obsesi In Kyu untuk membunuh Hyung Beom, dengan berbekal informasi ini, Mansik pun memberikan pesan pada Hyung Beom.

Hyung Beom hanya dapat tertawa was-was saat mengetahui kehadiran In Kyu ke penjara adalah untuk menghabisi nyawanya. Akan tetapi, Go Jung Hun (Cho Jae Hyun), kakak angkatan In Kyu, berusaha membatalkan keinginan In Kyu untuk menghabisi Hyung Beom.

Setelah bertemu kembali dengan In Kyu, Hyung Beom pun pada akhirnya mengetahui kalau sang dokter merupakan putra Kang Dae Sung. Hyung Beom tentu sangat mengenal Dae Sung, karena dialah korban yang meninggal akibat ‘tabrakan mobil’ yang diprakarsai olehnya.

8. Witch's Court

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 17
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Law, Drama
  • Produksi: iWill Media
  • Sutradara: Kim Min Tae, Kim Young Gyoon
  • Pemeran: Jung Ryeo Won, Yoon Hyun Min, Kim Yeo Jin, Jeon Kwang Ryul, Heo Sung Tae, Kim Min Seo
  • Jumlah episode: 16

Witch’s Court adalah predikat yang disandang oleh Ma Yi Deum (Jung Ryeo Won). Karena, sebagai prosecutor, dia bisa menciptakan fakta, memprovokasi, sampai menjalankan ikrar fiktif. Singkatnya, dia siap melakukan apapun untuk memenangkan kasusnya, layaknya seorang penyihir jahat.

Tak berkompeten? Ya. Ma Yi Deum memang dengan percaya diri selalu berperilaku ofensif untuk keberhasilan perkara yang ditanganinya. Dia memang prosecutor yang materialistik.

Suatu hari, datanglah prosecutor senior Min Ji Seok yang akan membantu Ma Yi Deum dan Yeo Jin Wook (Yook Hyun Min) yang disatukan dalam tim spesialis kejahatan seksual. Mereka berdua kurang harmonis, namun dengan hadirnya Min Ji Seok, akhirnya mereka bisa bekerja sama membongkar kedok para kriminal dan dalam satu frekuensi yang baik.

Karakter Baek Sang Ho di dalam drama diperankan oleh Heo Sung Tae. Aktingnya, walau bukan menjadi pemeran utama, banyak disanjung. Terutama pada sejumlah drama seperti Cross, Your Honor, dan Witch's Court ini. Buat yang penasaran dengan drama-drama Heo Sung Tae selain Squid Game, harus banget nonton ketiga drama tersebut pokoknya!

9. Tunnel

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 19
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Thriller, Mystery, Sci-Fi, Fantasy
  • Produksi:
  • Sutradara: Nam Ki Hoon, Shin Yong Hwi
  • Pemeran: Choi Jin Hyuk, Yoon Hyun Min, Lee Yoo Young, Jo Hee Bong, Kim Byung Chul, Kang Ki Young, Heo Sung Tae
  • Jumlah episode: 16

Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) selalu bersungguh-sungguh setiap melaksanakan tugasnya. Namun, Gwang Ho tiba-tiba menjelajah waktu pada saat mengumpulkan bukti dari insiden serial murderer yang dikejarnya.Setelah melewati lorong waktu, Park Gwang Ho terhantar ke era yang lebih maju, beberapa tahun dari 1986.

Di masa itu, Shin Jae Yi (Lee Yoo Young) yang merupakan seorang profesor ilmu kejiwaan membantu Park Gwang Ho untuk menuntaskan kasusnya.

Gwang Ho juga bertemu dengan rekannya yang baru, sesosok detektif golongan atas yang nyentrik namun handal, Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min). Mereka bertiga bahu membahu melakukan investigasi demi menemukan siapakah pelaku pembunuh berantai yang keji itu.

Saking terkenalnya, drama berjudul Tunner ini sudah dibuat ulang di Indonesia dan juga Thailand, loh. Dan, kamu mungkin sudah sedikit familiar dengan ceritanya, karena diangkat dari kisah nyata, Hwaseong Serial Murder Case.

10. The Silent Sea

10 Drama Ter-Hits Heo Sung Tae, Peserta No. 101 Squid Game 21
  • Tahun rilis: 2021 [Coming Soon]
  • Genre: Thriller, Mystery, Horror, Sci-Fi
  • Produksi: -
  • Sutradara: Choi Hang Yong
  • Pemeran: Gong Yoo, Bae Doo Na, Lee Joon, Heo Sung Tae, Lee Moo Saeng, Jung Soon Won
  • Jumlah episode: 8

Han Yoon Jae (Gong Yoo), legiun institut luar angkasa, terpilih melaksanakan tugas bersama kelompok yang menjalani ekspedisi ke bulan. Diceritakan, kondisi bumi di periode yang akan datang sudah tak layak sebagai tempat hidup manusia. Karena, orang-orang kesusahan untuk mendapatkan air dan makanan.

Seorang periset bernama dr. Song Ji An (Bae Doo Na) ikut bertugas mengembalikan spesimen asing yang ditemukan di basis antariksa bulan yang diabaikan. Namun, Ji An punya tujuan rahasia. Spesimen ini diperkirakan dapat menjawab malapetaka yang merenggut nyawa banyak orang dan juga saudarinya.

Drama yang masih akan datang ini bertitel The Silent Sea. Lakon Heo Sung Tae terbaru yang akan segera tayang! Heo Sung Tae akan berperan menjadi Kim Jae Sun, sebagai pemeran pendukung.

Yeay, itulah jajaran drama Heo Sung Tae yang paling populer versi Bacaterus. Proyek Sung Tae memang lebih banyak dalam drama dibandingkan film untuk saat ini. Selain 10 drama di atas pun, beliau sudah banyak mejeng di drakor lainnya. Apa, nih, drama favorit kamu yang ada Sung Tae-nya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram