bacaterus web banner retina

10 Drama Mandarin Terbaik di Tahun 2022

Perkembangan drama Cina di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, pasalnya banyak sekali penggemarnya. Tak heran jika banyak sekali drama-drama populer Cina yang berhasil menarik perhatian para penggemar drama series. C-Drama memang tidak berbeda jauh kualitasnya dengan K-Drama, mulai dari jalan cerita, genre, sinematografi hingga pemilihan pemerannya.

Di tahun ini juga sudah banyak sekali C-Drama yang hadir dan menemani para penonton. Bahkan beberapa drama berhasil mendapatkan rating dan popularitas yang tinggi. Kali ini kita akan membahas daftar drama Cina terbaik di tahun ini, penasaran dong? Jawabannya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

1. You Are My Glory

You Are My Glory

Bagaimana jadinya jika seorang selebriti terkenal terlibat dalam cinta masa muda yang belum usai dengan seorang insinyur luar angkasa? Hal ini bisa kamu saksikan dalam drama berjudul You Are My Glory (2021), dipertemukan lewat game hingga memiliki hubungan asmara yang serius. Nyatanya hubungan Yu Tu dan Qiao Jing Jing tidaklah semudah dan seindah bayangan keduanya.

Jing Jing yang sudah menaruh citanya pada Yu Tu sejak SMA, mengakui bahwa ia masih menyukai pria itu. Sayangnya Yu Tu yang sedang dalam dilema, tetap mengejar cita-citanya atau berubah menjadi pria realistis yang mengejar materi. Perbedaan status di antara keduanya membuat Yu Tu dan Qiao Jing Jing tidak bisa menjalani kisah cinta layaknya kebanyakan orang.

2. Love Scenery

Love Scenery

Menjadi mahasiswa tampan, pintar dan terkenal sebagai salah satu gamer paling populer, siapa lagi kalau bukan Lu Jing. Berkat pria ini juga salah satu lagu dari penyanyi wanita Liang Chen menjadi sangat viral di berbagai media sosial. Dari sinilah kisah cinta keduanya di mulai, kisah cinta seorang mahasiswa tampan dengan penyanyi cantik yang terkenal.

Love Scenery (2021) menampilkan pasangan Lin Yi dan Lulu Xu yang akan membawa kamu pada kisah cinta yang manis dan ringan. Hubungan keduanya sangat sweet, tak heran jika banyak penggemar yang terhipnotis dengan kemistri keduanya.

3. Falling Into Your Smile

Falling Into Your Smile

Dunia e-sport memang dunia yang sangat kompetitif, pasalnya disini hanya tersedia tempat bagi orang-orang yang ahli saja. Hal terpenting, dunia e-sport didominasi oleh para laki-laki dengan penggemar wanita yang sangat banyak. Tony Yao menjadi gebrakan tersendiri, karena ia satu-satunya wanita yang berhasil masuk dalam tim nasional e-sport.

Ia berhasil masuk dalam liga profesional Cina meski ia sempat mendapatkan banyak rintangan dan pandangan miring. Falling into Your Smile (2021) dibintangi oleh idol cantik Cheng Xiao yang dipasangkan dengan aktor tampan Xu Kai. Drama ini bahkan sangat hits dikalangan para pencinta C-Drama di Indonesia dan mendapatkan rating yang tinggi.

4. Unforgettable Love

Unforgettable Love

Menjadi seorang CEO mungkin hal yang sangat mudah bagi He Qiao Yan, tapi menjadi ayah dai Xiao Bao sangat berbeda. Makannya pria ini berusaha mencari seorang dokter untuk mengobati putranya, karena Xiao Bao sangat nakal, kesulitan berbicara dan bersosialisasi. Takdir akhirnya mempertemukan mereka dengan Qin Yi Yue, seorang dokter anak dan hanya satu-satunya orang yang bisa menangani Xiao Bao.

Demi kesembuhan Xiao Bao, He Qiao Yan dan Qin Yi Yue memutuskan untuk menikah secara kontrak. Namun takdir tidak hanya sebatas itu, karena sejak lama ketiganya terhubung dalam sebuah kejadian tragis. Masa lalu kelam ini membuat cinta He Qiao Yan dan Qin Yi Yue di ujung tanduk, namun cintanya pad Xiao Bao juga bukanlah sandiwara.

5. Be Together

Be Together

Berada dalam usia dewasa, Be Together (2021) menceritakan kisah empat sahabat dalam menggapai impian dan cintanya. Xia Yan, Han Shuang, Zhang Xiao Lei dan Xiang Nan sudah bersahabar sejak mereka masih berkuliah. Para wanita ini saling mendukung dan menguatkan satu sama lain untuk meraih semua impian dan cinta dalam hidup.

Namun kehidupan yang mereka jalani tidaklah mudah, pasalnya persahabatan mereka akan diuji dengan persaingan cinta. Ada rasa kecemburuan dan rasa hilangnya percaya diri yang membuat persahabatan mereka semakin di ujung tanduk.

6. The Flaming Heart

The Flaming Heart

Berbeda dengan kebanyakan drama yang ada, The Flaming Heart (2021) mengangkat kisah cinta seorang pemadam kebakaran dan dokter. Bertemu dalam keadaan yang darurat, membuat dua orang ini berakhir dalam kesalahpahaman. Hal ini terus saja berlanjut hingga keduanya dipertemukan kembali dalam penanggulangan bencana alam gempa yang ekstrim.

Siapa sangka setelah bersama-sama melihat begitu banyak penderitaan, kesedihan dan berada ditengah-tengan hidup atau mati. Hou Yan dan Yan Lan akhirnya bisa saling memahami dan mulai dekat satu sama lain, meski perbedaan sikap dan pendapat selalu ada.

7. Make A Wish

Make A Wish

Bagaimana jadinya jika seekor kucing yang kamu selamatkan dan bawa pulang tiba-tiba berubah jadi seorang gadis muda? Inilah yang dialami oleh Yu Chi Yan, seorang pria yang sangat taat beragama dan selalu berusaha mengamalkan setiap ajaran yang ada dalam agamanya. Meski tampan dan cukup sukses nyatanya Yu Chi Yan ini masih lajang, maklum saja karena pria ini memang antisosial.


Gadis muda ini memperkenalkan dirinya sebagai Xiao Xiu yang berasal dari planet Meow dari dunia paralel. Satu-satunya cara agar ia bisa kembali ke dunia asalnya dengan mengabulkan permintaan dari orang yang telah menyelamatkannya. Tapi Yu Chi Yan tidak memiliki apapun yang di inginkan, dari sinilah keduanya mulai terlibat dalam romansa.  

8. Miss Crow With Mr. Lizard

Miss Crow With Mr. Lizard

Bagaimana rasanya bekerja disebuah perusahaan tapi memiliki bos yang sifatnya seperti seorang iblis? Jiang Xiao Yu harus bekerja keras karena bekerjasama dengan bos yang berdarah dingin, tidak memiliki emosi, amarah hingga rasa gembira. Ternyata di balik itu semua ada cerita menyedihkan dari Gu Chuan di masa lalu yang membuatnya jadi seperti ini.

Kecelakaan yang menimpanya setelah lulus kuliah membuat Gu Chuan mengalami kerusakan jantung serius. Pria ini mendapatkan transplantasi jantung, namun ia harus menjaga emosi untuk bisa hidup dalam waktu yang lama. Pertemuannya dengan Jiang Xiao Yu seakan membawanya pada dirinya yang duhulu penuh semangat, hingga keduanya justru saling jatuh cinta.  

9. You Are My Hero

 You Are My Hero

Drama kedokteran satu ini memang mendapatkan rating dan banyak dibicarakan oleh para pecinta C-Drama. You Are My Hero (2021) dibintangi oleh Sandra Ma dan Bi Jing Ting, keduanya berhasil memberikan kemistri dan akting yang sangat memukau. Drama ini menceritakan Mi Ka yang berhasil diselamatkan oleh tim SWAT dari aksi perampokan yang berbahaya.

Merasa kagum, dokter magang ini mengambil kelas keselamatan bencana bersama Tim SWAT hingga bertemu dengan Kapten Xing Kelei. Pada awalnya Mi Ka tidak tahu pria yang sering ia temui ini adalah orang yang sudah menyelamatkannya. Setelah semuanya terungkap, keduanya mulai menjalin hubungan namun pekerjaan mereka membuat semuanya tidak berjalan dengan mudah.

10. The Long Ballad

 The Long Ballad

Dilraba Dilmurat kembali membintangi drama kolosal bersama dengan aktor dan aktris ternama. The Long Ballad menjadi drama selanjutnya dari Dilraba yang wajib sekali di tonton di tahun 2021. Berlatar era Dinasti Tang, drama ini mengisahkan Putri Li Chang Ge yang kehilangan keluarganya pasca penggulingan Dinasti Tang.

Insiden “Gerbang Xuanwu” yang dipimpin pamannya, membuat Li Chang Ge berusaha untuk membalaskan dendamnya. Ia menyamar jadi seorang laki-laki dan kabur untuk mengumpulkan pasukan, sayangnya ia kalah dari Suku Ashina. Dari sini sang Putri menyadari bahwa misinya tidak hanya balas dendam tapi strategi untuk merebut kembali Dinasti Tang.

Dari daftar drama di atas, kira-kira drama mana saja yang sudah pernah di tonton? Drama-drama yang berbeda genre dan memiliki premis beragam di atas memang wajar untuk disebut terbaik. Pasalnya selain diperankan oleh aktor dan aktris dengan akting mumpuni, cerita dan sinematografinya juga keren.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram