bacaterus web banner retina

20 Drama Mandarin Romantis yang Bakal Bikin Senyum Sendiri

Belakangan ini drama-drama dari China daratan mulai digandrungi oleh para penyuka drama Asia. Hal ini bisa dibuktikan dengan ramainya kolom komentar di channel Youtube yang menayangkan drama-drama China daratan tersebut.

Banyak penonton yang tidak menyangka drama China ternyata bisa sangat menarik. Penonton drama-drama tersebut berasal dari beragam negara. Penasaran, seseru apa drama China? Baca terus info yang sudah Bacaterus rangkum berikut ini, ya.

1. The Blue Whisper: Part 2 [2022]

the blue whisper 2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Historical, Romance, Fantasy
  • Produksi: Croton Media, Youku
  • Sutradara: Zhu Rui Bin
  • Pemeran: Dilraba Dilmurat, Ren Jia Lun
  • Jumlah Episode: 20 Episode

Sukses dengan musim pertamanya, The Blue Whisper: Part 2 (2022) menjadi salah satu drama paling diantisipasi di tahun 2022.

Kisah cinta antara master iblis dengan duyung ini berhasil membuat para penonton baper, baik dengan kisah dan kemistrinya. Drama ini masih diadaptasi dari novel karya Jiu Lu Fei dan dibintangi oleh Dilraba Dilmurat dan Ren Jia Lun.

Melanjutkan kisah sebelumnya, cinta terlarang antara iblis Ji Yun He dan duyung Chang Yi harus dihadapkan dengan berbagai masalah. Kali ini mereka akan merasakan yang namanya pertemuan dan perpisahan, hingga berusaha menerobos kesenjangan antara dua dunia.

2. Why Women Love [2022]

why women love_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Business, Comedy, Romance
  • Produksi: Youku, Xiron
  • Sutradara: Gao Cong Kai
  • Pemeran: Gina Jin, Wang Zi Yi
  • Jumlah Episode: 24 Episode

Siapa nih yang lagi merasakan jatuh cinta pada pria yang usianya lebih muda? Kalau iya, mungkin Why Women Love (2022) bisa mewakili perasaan kamu.

Drama yang dibintangi oleh Gina Jin dan Wang Zi Yi ini, tidak hanya menunjukkan cinta antara dua orang yang usianya berbeda saja. Tapi ada banyak konflik cinta lainnya dari para supporting role, yang tidak kalah seru untuk disaksikan.

Dramanya mengisahkan Zhao Jiang Yue, yang memimpin grup aplikasi kencan bernama “Love Note”. Diketahui single, Jiang Yue mengatakan bahwa ia akan mendapatkan kekasih dalam waktu 3 bulan demi menunjukkan efektivitas aplikasinya. Untuk mewujudkan hal ini, ia dibantu oleh Gu Jia Xin yang berakhir dengan keduanya merasakan saling jatuh cinta.

3. You Are My Glory [2021]

You Are My Glory

Berbicara soal drama romantis, tentu saja You Are My Glory (2021) tidak boleh sampai dilewatkan. Pasalnya drama yang menyatukan Yang Yang dan Dilraba Dilmurat ini memang super romantis. Tidak hanya diangkat dari novel karya Gu Man, ternyata sang novelis juga berpartisipasi sebagai screenwriter. Tak heran dramanya berhasil membuat banyak orang tercengang, karena premisnya memang tidak biasa.

You Are My Glory (2021) mengisahkan perjalanan cinta antara Qiao Jing Jing dan Yu Tu, yang selalu saja terhalang dunia berbeda. Sejak SMA Jing Jing sudah menyukai Yu Tu, sayangnya ia tidak pernah berhasil mencapainya. Ketika dewasa, mereka dipertemukan lagi tapi kini Jingjing sudah menjadi artis terkenal sementara Yu Tu hanya seorang ilmuwan antariksa. Bagaimana kelanjutan kisah cinta keduanya?

4. Love Scenery [2021]

Love Scenery

Dipertemukan dalam drama Love Scenery (2021), pasangan Xu Lu dan Lin Yi berhasil membuat banyak orang gemas. Kisah cinta si penyanyi cantik bernama Liang Chen dengan seorang mahasiswa bernama Lu Jing pasti bikin kamu baper. Pasalnya keduanya tidak hanya menunjukkan kemistri yang manis, tapi bisa bikin kamu berkhayal enaknya punya pacar lebih muda.

Kisah ini dimulai ketika Liang Chen mencari seorang guru untuk mengajarinya bermain game. Hingga ia dipertemukan dengan Lu Jing, adik kelasnya di universitas dan fans setianya. Siapa sangka rasa cinta Lu Jing pada Liang Chen, ternyata sudah ada jauh sebelum wanita itu menjadi terkenal. Bagi Lu Jing, Liang Chen adalah cinta pertamanya yang akan ia lindungi baik di game maupun kenyataan.

5. Nothing But You [2022]

nothing but you_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: -
  • Sutradara: Comedy, Romance
  • Pemeran: Rain Wang, Luo Zheng
  • Jumlah Episode: 24 Episode

Drama satu ini tidak hanya romantis, tapi memiliki banyak adegan lucu yang akan membuat kamu tertawa. Diadaptasi dari novel karya Zuo Tong, Nothing But You (2022) dibintangi oleh Ran Wang dan Luo Zheng.

Drama ini mengisahkan kehidupan Jiang Li Li yang harus menggantikan saudara kembarnya, karena sang kakak sedang koma.

Hal inilah yang membuatnya bisa bertemu dengan Lai Zheng Yi, kekasih pura-pura sang kakak. Ternyata diantara Jiang Li Li dan Lai Zheng Yi ada takdir yang membuat mereka terikat sejak kecil.

Namun, hubungan ini tidak berjalan baik. Pasalnya, mereka tidak mendapatkan restu dari banyak orang. Apalagi banyak sekali wanita yang ingin merebut Lai Zheng Yi dari pelukan Jiang Li Li.

6. Lucky Club [2022]

lucky club_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Romance, School, Youth
  • Produksi: Youku
  • Sutradara: Huang Yuan Da
  • Pemeran: Estelle Chen, Qiu Hong Kai
  • Jumlah Episode: 24 Episode

Diadaptasi dari web komik terkenal karya ing Fan Wen Hua, Lucky Club (2022) mendapatkan rating yang cukup tinggi di MyDramaList.


Drama ini diberi nilai 7.2/10 dan mendapatkan cukup banyak komentar positif dari para penonton. Apalagi drama ini dibintangi oleh sederet aktris dan aktor muda berbakat di Cina, jadi wajar kalau drama ini populer.

Mengambil latar masa kuliah, Lucky Club (2022) mengisahkan hubungan asmara seorang mahasiswa sains dan teknik.

Mi Xing Er dan Zhang Bo Le dipertemukan di satu universitas yang sama, namun berbagai hal lucu dan aneh kerap terjadi pada keduanya. Hingga tidak disadari, keduanya mulai merasakan jatuh cinta pada satu sama lain.

7. Forever and Ever [2021]

forever and ever_

Bagi kamu yang menyukai drama romantis dan melodrama, Forever and Ever (2021) tidak boleh sampai terlewatkan. Menjadi sekuel dari drama One and Only (2021), drama ini diadaptasi dari novel populer karya Mo Bao Fei Bao.

Kali ini, Shi Yi dan Zhousheng Chen dipertemukan lagi di masa depan, dengan kisah cinta yang tidak kalah rumit. Berasal dari latar belakang keluarga dan pekerjaan yang berbeda, Shi Yi dan Zhou Shengcheng memutuskan untuk menikah meski tanpa restu orang tua.

Sejak saat itu Shi Yi harus menguatkan diri , karena ia akan terlibat dalam konflik keluarga sang suaminya yang penuh emosi dan pengorbanan.

8. Ashes of Love [2018]

Ashes of Love

Selanjutnya, ada drama Ashes of Love. Drama romantis ini juga diangkat dari sebuah novel. Novelnya berjudul Heavy Sweetness Ash-like Frost karya penulis Dian Xian. 

Drama ini dibintangi aktris dan aktor ternama, Yang Zi dan Deng Lun. Ashes of Love temasuk dalam jajaran drama China romantis yang populer, karena telah ditonton lebih dari 10 miliar kali di negara asalnya.

Dalam drama ini Yang Zi berperan sebagai, Jin Mi putri dari Dewi Bunga dan Dewa Air yang tidak mengerti soal cinta. Sementara Deng Lun berperan sebagai Xu Feng, pangeran dari Kerajaan Langit yang dijuluki Dewa Api. 

Drama ini memuat cerita cinta segitiga antara ketiga tokoh utamanya.Meski Jin Mi awalnya tak bisa merasakan cinta, belakangan ia menyadari kalau dirinya jatuh hati pada Xu Feng.

Ia juga membuat Dewa Malam bernama Run Yu (Luo Yunxi)  jatuh cinta. Penasaran bagaimana kelanjutan kisah mereka? Saksikan langsung dalam drama Ashes of Love.

9. Moonlight [2021]

Moonlight
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Romance, Comedy, Business
  • Produksi: iQiyi, Huace Media, Croton Media (Hao Ju)
  • Sutradara: Elson Chang
  • Pemain: Yu Shu Xin, Ding Yu Xi, Yang Shi Ze, Ma Yin Yin
  • Jumlah Episode: 36 Episode

Siapa yang sudah kangen dengan Esther Yu? Tenang saja, karena Esther Yu kembali ke layar kaca dengan membintangi drama Moonlight (2021). Drama romantis komedi ini juga diperankan oleh Ding Yu Xim Yang Shi Ze dan Man Yin Yin. Drama yang ditayangkan pada 20 Mei 2021 ini menjadi salah satu drama paling ditunggu oleh para pecinta C-Drama.

Moonlight (2021) sendiri mengisahkan Chu Li (Esther Yu) yang penuh semangat bekerja di Penerbitan Yuan Yue. Sayangnya ia datang dalam masa perubahan di industri penerbitan, tapi ia tidak pernah berhenti berdedikasi membantu para penulis. Hingga ia bertemu dengan Zhou Chuan, seorang penulis yang membuatnya sangat kesulitan yang ternyata adalah teman online-nya.

10. One and Only [2021]

one and only_

One and Only (2021) adalah prekuel dari drama populer Forever and Ever (2021) yang wajib banget untuk ditonton. Berbeda dengan musim keduanya, drama ini mengusung genre wuxia dengan kisah cinta yang berakhir tragis.

Zhousheng Chen adalah keponakan dari Raja. Ia diberikan mandat untuk mendidik salah satu putri dari Keluarga Ciu. Selama bertahun-tahun bersama, hubungan murid dan guru ini malah berkembang menjadi cinta.

Namun, Zhousheng Chen sudah berjanji tidak akan menikah. Pada akhirnya ia harus rela kehilangan cinta dan nyawanya demi Shiyi.

11. Ms. Cupid in Love [2022]

ms cupid in love_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Historical, Romance, Wuxia, Fantasy
  • Produksi: Youku, Joy Life Media, Impact Entertainment
  • Sutradara: Cheng Feng
  • Pemeran: Cao Yu Chen, Tian Xi Wei
  • Jumlah Episode: 24 Episode

Drama bergenre wuxia memang tidak pernah gagal menarik hati para pecinta drama romatis. Salah satunya adalah Ms. Cupid in Love (2022), drama yang mendapatkan rating 7.8/10 di MyDramaList.

Drama berjumlah 24 episode ini akan mempertemukan Cao Yu Chen dan Tian Xi Wei dalam kisah yang unik dan sangat seru untuk disaksiskan.

Shangguan Ya adalah seorang mak comblang dan pemilik bisnis perjodohan yang dikenal cerdas dan sangat unik.

Suatu hari, ia bertemu dengan Bo Yan, seorang abdi berusia ribuan tahun yang diturunkan dari surga ke dunia. Pertemuan ini ternyata sudah menjadi takdir keduanya. Mereka bekerjasama untuk menyelamatkan pernikahan dari kehancuran dan saling jatuh cinta.

12. Love O2O [2016]

love o2o

Love O2O adalah salah satu drama romantis yang paling banyak ditonton di China. Drama hits ini berdasarkan novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Gu Man.

Love O2O bercerita tentang  seorang mahasiswa ilmu komputer tingkat dua yang terkenal jago bermain game bernama Bei Weiwei (Zheng Shuang) yang bertemu dengan mahasiswa ilmu komputer tingkat empat yang juga seorang CEO perusahaan Zhi Yi technology bernama Xiao Nai (Yang Yang). Keduanya bertemu dalam permainan game online.

Weiwei bekerja sama dengan Xiao Nai demi memenangkan sebuah kompetisi game online. Setelah bersama berjuang di dunia virtual, mereka akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain.

13. The Rational Life [2021]

The Rational Life
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Romance, Business, Drama
  • Produksi: Happy Sunshine Media
  • Sutradara: Hsu Fu Chun
  • Pemeran: Qin Lan, Dylan Wang
  • Jumlah Episode: 35 Episode

Bagi para wanita karir dan single, pasti akan sering ditanya kapan akan menikah? Hal ini juga dirasakan oleh Qin Lan dalam drama berjudul The Rational Life (2021).

Berperan sebagai Shen Ruo Xin, ia adalah wanita di usia 30 tahun yang sibuk dengan pekerjaannya dan masih single. Bekerja ditempat yang didominasi pria, Rou Xin mengalami intimidasi dan tindakan curang lainnya dari rekan kerjanya.

Bahkan pria yang dikencaninya tega menyabotase pekerjaanya, karena Rou Xin menolak ajakan menikah. Tidak mudah baginya untuk memutuskan menikah, apalagi jika sampai harus merelakan karir yang dibangunnya sejak lama.

Untungnya ada Qi Xiao yang selalu berada disisinya, pria itu bekerja sebagai asistennya. Bersama-sama menyelesaikan banyak kasus, sampai-sampai keduanya saling jatuh cinta.

14. A Love So Beautiful [2017]

a love so beautiful

Drama yang tayang pada tahun 2017 ini sukses meraih kepopulerannya tak hanya di China bahkan di negara Asia lainnya. A Love So Beautiful (ALSB) merupakan drama yang berdasarkan novel berjudul “To Our Pure Little Beauty” yang ditulis oleh Zhao Qianqian.

Sukses drama ini menghasilkan dua penghargaan pada tahun 2017 dalam kategori Top 10 Web Series dan 2018 dalam kategori Best Web Series.

Drama ALSB dibintangi oleh Hu Yi Tian (Jiang Chen), Shen Yue (Chen Xiaoxi), Gao Zhi Ting (Wu Bo Song) Wang Zi Wei (Lin Jing Xiao) dan Sun Ning (Lu Yang). Drama ini berlatar pertemanan lima orang murid SMA Chen Xi.

Karena hampir sebagian besar setting drama berada di SMA Chen Xi maka ALSB lebih banyak membahas kehidupan murid SMA.

Selain bercerita tentang kisah antara dua tokoh utamanya, Jiang Chen dan Xiaoxi, drama ini juga membahas tentang hubungan guru dan murid juga hubungan anak dan orang tua. Bagi yang senang menonton drama bertema sekolah, jangan lewatkan drama ALSB.

15. Be My Princess [2022]

be my princess_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Romance, Fantasy
  • Produksi: iQiyi
  • Sutradara: Huang Tian Ren
  • Pemeran: Jeremy Tsui, Zhou Jie Qiong
  • Jumlah Episode: 30 Episode

Melihat orang hilang ingatan memang sudah biasa. Tapi, bagaimana kalau orang tersebut terjebak dalam kisah sebuah drama?

Hal inilah yang terjadi pada Mu Ting Zhou, aktor paling dihormati di Cina ini mengalami sebuah kondisi di mana ia terjebak dalam kisah drama yang dibintanginya. Mu Ting Zhou berpikir bahwa ia adalah Mu Yun, seorang guru besar yang berasal dari dinasti Ming.

Untuk mengembalikan ingatan Mu Ting Zhou seperti semula, Ming Wei menyetujui untuk membantu proses penyembuhan seniornya.

Seiring berjalannya waktu, cinta mulai tumbuh di antara keduanya yang membuat Ming Wei dilema. Pasalnya, Mu Ting Zhou bisa saja melupakannya jika ingatan pria itu kembali pasca kecelakaan yang terjadi.

16. Unforgettable Love [2021]

Unforgettable Love

Drama satu ini memang tidak boleh sampai dilewatkan, bagi kamu yang menyukai genre romantis. Pasalnya kisah cinta Miles Wei dan Hu Yi Xuan, tidak hanya akan membuat kamu gemas tapi juga kesal. Dipertemukan karena takdir, siapa sangka jika wanita yang dicari oleh He Qiao Yan (Miles Wei) adalah Qin Yi Yue (Hu Yi Xuan).

Kecelakaan yang terjadi beberapa tahun lalu membuat He Qiao Yan kehilangan ingatan dan hanya mengingat sosok seorang wanita. Wanita itu ternyata Qin Yi Yue, orang yang disewanya untuk menjadi ibu bagi putranya Xiao Bao. Pernikahan kontrak yang awalnya hanya untuk kesehatan sang putra, ternyata mengungkap tabir dibalik kecelakaan yang dialaminya dan sang kakak.

17. Meteor Garden (2018)

Meteor Garden (Copy)

Sama seperti pendahulunya di tahun 2001, Meteor Garden 2018 merupakan hasil remake dari drama Meteor Garden 2001 dan Boys Before Flower (Korea) tahun 2009. Drama ini masih menceritakan tentang kelompok elite bernama F4 yang di dominasi oleh 4 pria tampan dan mapan di usia remaja mereka. F4 dikenal sebagai kelompok yang kerap menindas namun kehadiran seorang gadis bernama Shan Cai mengubah segalanya.

Shan Cai sendiri adalah gadis berusia 18 tahun yang diterima ke dalam sekolah eksklusif itu akibat suatu insiden. Di sana hidup Shan Cai berantakan ketika bertemu pemimpin F4 bernama Dao Ming Tse yang super menyebalkan.

Semakin lama mengenal Dao Min Tse, Shan Cai menemukan sesuatu yang menarik darinya, begitu pun sebaliknya, Dao Ming Tse yang doyan merundung Shan Cai merasakan perasaan berbeda terhadap Shan Cai. Ada apa gerangan?

18. Legally Romance [2022]

legally romance_

Satu lagi drama yang paling dinantikan di tahun 2022, ada Legally Romance (2022) yang menjadi comeback dari aktor dan penyanyi Huang Z. Tao.

Mengadaptasi kisahnya dari web novel terkenal karya Ye Fei Ran, ia akan beradu akting dengan si cantik Song Zu Er, drama ini berhasil meraih rating hingga 8.4/10 di MyDramaList dan mendapatkan cukup banyak pujian.

Dramanya sendiri mengisahkan karir Qian Wei, yang bekerja dibawah bosnya yang super perfectionist Lu Xun. Selama bekerja, hidup Qian Wei terasa seperti di neraka, pasalnya Lu Xun ternyata menyimpan dendam padanya semasa sekolah.

Namun, sebuah kecelakan tiba-tiba mengubah karakter Lu Xun, apakah kehidupan Qian Wei akan lebih baik atau buruk yah?

19. Oh My Lord [2022]

oh my lord_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Historical, Comedy, Romance
  • Produksi: Guo Pai
  • Sutradara: Cai Jun Ai
  • Pemeran: Ji Mei Han, Luo Zheng
  • Jumlah Episode: 15 Episode

Berformat web drama, Oh My Lord (2022) wajib masuk dalam rekomendasi drama romantis yang harus kamu tonton. Drama yang dibintangi oleh Luo Zheng dan Ji Mei Han ini tidak hanya lucu, tapi kemistri mereka juga terlihat sangat manis.

Dramanya sendiri mengisahkan Chen You You yang terpaksa menikahi Kasim Qian Sui yang sangat tegas. Awalnya, gadis ini bekerja dibawah Raja Xian untuk memata-matai kegiatan sang suami, pasalnya sang Raja kesal karena tersaingi ketampanannya.

Namun, lambat laun Chen You You dan Kasim Bai Sui mulai merasakan cinta. Kira-kira apa yang akan terjadi kalau sang suami tahu niatnya yang sesungguhnya?

20. You Are My Destiny [2020]

You Are My Destiny

You Are My Destiny (2020), drama yang bisa bikin kamu baper, sedih dan kesal saat menontonnya. Kamu akan merasa gemas dengan pasangan Xing Zhao Lin dan Liang Jie, tapi akan sangat kesal dengan Jinna Fu. Drama ini mengisahkan Wang Xi Yi (Xing Zhao Lin) yang menikah secara kontrak dengan Chen Jia Xin (Liang Jie).

Sebenarnya hal ini disebabkan karena hubungan one night stand mereka yang membuahkan anak rahim Chen Jia Xin. Meski sulit, Wang Xi Yi memutuskan bertanggung jawab meski ia masih memiliki Shi Anna sebagai tunangannya. Namun siapa sangka pernikah kontrak ini malah membuat mereka saling mencintai, tapi kehadiran Shi Anna membuat segalanya jadi rumit.

Dari semua judul drama China di atas, adakah yang pernah kamu dengar atau tonton? Apakah kamu tertarik untuk menonton salah satu dari drama tersebut?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram