bacaterus web banner retina

20 Drama Jaman Kerajaan Tiongkok Ini Seru dan Romantis

Ketika kita membicarakan tentang C-drama tradisional, tentu saja tidak akan terlepas dari tema kerajaan, ilmu bela diri, termasuk romantisme dan kadang hal-hal berbau fantasi ataupun juga mistis. The Return of Condor Heroes, juga The Legend of the White Snake adalah beberapa judul seri drama tradisional tiongkok yang sangat populer di Indonesia.

Seiring waktu berjalan, C-drama dengan unsur sejarah juga terus bermunculan dan selalu saja ada yang menarik untuk disimak. Masih dengan mengangkat tema sejarah juga ilmu bela diri, judul-judul baru ini juga begitu digemari oleh banyak orang. Yuk, simak beberapa 20 drama China bertema kerajaan yang wajib kamu tonton!

1. Ten Miles of Peach Blossom / Eternal Love

Ten Miles of Peach Blossom

Sinopsis & Review Eternal Love

Di era milenial ini, Ten Miles of Peach Blossom merupakan C-drama yang paling banyak disaksikan. Pada bulan Agustus 2018, kisah yang memiliki judul terjemahan asli Three Lives, Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossom ini ditonton oleh 50 juta orang dan menjadi serial yang paling banyak ditonton di negeri asalnya.

C-drama ini diangkat dari novel karya Tang Qi Gong Zi yang memiliki titel To The Sky Kingdom. Drama yang juga dikenal dengan sebutan Eternal Love ini mengisahkan tentang seorang dewi bernama Bai Qian yang turun ke Bumi untuk menjalani percobaan agar ia dapat naik tingkat ke level selanjutnya.

Di sana ia bertemu dengan Ye Hua, hingga keduanya jatuh cinta dan menikah meskipun kisah cinta keduanya tentu saja tidak semulus yang mereka bayangkan.

2. One and Only

one and only_

Drama ini diadaptasi dari novel populer berjudul One Life, One Incarnation – Beautiful Bones, karya novelis Mo Bao Fei Bao.

Uniknya, drama One and Only (2021) menggabungkan kisah cinta murid dan gurunya dengan berbagai puisi Cina yang sangat indah. Sepanjang menonton drama ini, para penonton akan dimanjakan dengan berbagai puisi yang menjadi ungkapan perasaan dari pemeran utamanya.

Adapun One and Only (2021) mengisahkan cinta Zhou Sheng Chen dan Cui Shi Yi, yang berakhir dengan tragis. Tak kuasa melawan janjinya, Zhou Sheng Cheng dengan lapang dada menerima fitnah yang datang padanya demi keamanan istana.

Namun hal ini membuat Shi Yi kehilangan harapan hidupnya, hingga di hari pernikahannya dengan Pangeran Mahkota, gadis ini memutuskan untuk bunuh diri.  

3. Luoyang

luoyang_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Thriller, Historical, Mystery
  • Produksi: iQiyi, Liu Bai Entertainment
  • Sutradara: Xie Ze
  • Pemeran: Huang Xuan, Wang Yi Bo, Victoria Song
  • Jumlah Episode: 39 Episode

Beralih ke drama yang dibintangi oleh Huang Xuan, Wang Yi Bo, dan Victoria Song. Ada Luoyang (2021) yang hits banget di akhir tahun 2021. Drama bergenre thriller ini memang seru dan bikin penonton penasaran, pasalnya drama ini mengisahkan pemecahan berbagai misteri di dinasti Zhou.

Kota Luoyang mengalami sebuah insiden misterius dan penuh konspirasi, saat Permaisuri Wu kehilangan tahtanya.

Sayangnya Baili Hongyi yang mengusut hal ini harus kehilangan informannya, alhasil kejadian ini langsung membuat kekacauan. Bahkan, konflik di istana yang berusaha mengambil alih pengusutan kasus ini memperkeruh keadaan, yang berakibat semakin banyaknya pembunuhan misterius.

4. Nirvana in Fire

Nirvana in Fire

Kalau kamu mencari sebuah C-drama dengan kisah yang serius, berarti kamu harus menyaksikan Nirvana in Fire. Pertama, serial ini sering disandingkan dengan serial terpopuler dunia, Game of Thrones. Kedua, screenplay dan cinematography-nya disebut-sebut sangat baik.

Terdengar seperti tontonan yang kamu cari-cari? Langsung saja jajal serial ini di jasa-jasa streaming. Kisahnya mengambil latar belakang abad ke-6 Tiongkok dimana perang antara dua dinasti yaitu Wei Utara dan Liang Selatan pecah.

Tentara Chiyan berhasil mengalahkan pasukan Wei namun sebuah konspirasi justru menjatuhkan mereka. Lin Shu, putera dari komandan pasukan Liang selamat dari peristiwa tersebut, dan memulai kehidupan barunya.

5. Legend of Fuyao

Legend of Fuyao

Serial ini merupakan kisah fantasi yang menceritakan gadis bernama Fuyao yang hidup pada masa lima kerajaan dan dipimpin oleh kota kekaisaran Tianquan. Fuyaou lahir dari tumbuhan teratai dan sebagai seorang anak yatim piatu, ia pun dijadikan budak oleh sekte Xuanyuan dari kerajaan Taiyuan.


Ia kemudian bermaksud untuk mengumpulkan artefak-artefak magis agar bisa mengangkat kutukan yang tersemat pada dirinya. Banyak yang mengatakan bahwa C-drama yang satu ini sangat mengasyikan dan tidak bikin bosan.

Diadaptasi dari novel berjudul Empress Fuyao karya Tianxia Guiyuan, kita akan dibawa ke dalam kisah penuh petualangan yang penuh intrik, dan jangan lupa, sarat aksi juga kisah cinta. Perkembangan karakter Fuyao juga asyik untuk diikuti.

6. A Female Student Arrives at the Imperial College

a female student arrived in the imperial cage_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Historical, Mystery, Comedy, Romance
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures, Yuekai Pictures, Xiron, Ling He Culture
  • Sutradara: Xu Pei Shan
  • Pemeran: Zhao Lu Si, Xu Kai Cheng, Ren Hao
  • Jumlah Episode: 30 Episode

Dibintangi oleh aktor dan aktris yang sedang naik daun, A Female Student Arrives at the Imperial College (2021) memang sangat dinantikan. Drama yang mempertemukan Zhao Lu Si dan Xu Kai Cheng diadaptasi dari novel berjudul sama, karya novelis handal Hua Qian Ci.

Drama ini mengisahkan San Qi, putri tunggal perwira tinggi besar di istana yang menjadi satu-satunya murid wanita di Akademi Kerajaan.

Tidak mudah untuk gadis ini bisa masuk ke akademi itu, pasalnya San Qi sampai harus bertaruh dengan Tuan Muda Yan Yunzi saat festival lampion. Bahkan setiap harinya, San Qi datang ke Istana Yan untuk memenangkan tantangan, meski selalu di usir.

7. Novoland The Castle in the Sky 2

novoland the castle in the sky_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Historical, Romance, Wuxia, Fantasy
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures, Canling Fim & TV, Shanghai Film Media Asia, Xingge Entertainment
  • Sutradara: You Zhi Wei
  • Pemain: Jeremy Tsui, Wang Yu Wen
  • Jumlah Episode: 34 Episode

Menjadi salah satu drama yang paling dinantikan, Novoland The Castle in the Sky 2 (2020) akhirnya tayang di pertengahan tahun 2020. Meski merombak sebagian besar para pemerannya, ternyata drama ini masih bisa memikat hati para penontonnya, lho.

Untuk musim keduanya, kali ini ceritanya kisah cinta Feng Ruchen dengan seorang pria tampan bernama Xu Jing Kong.

Memiliki takdir yang saling menghubungkan, keduanya harus melawan berbagai kekuatan dan rencana jahat yang ingin memisahkan mereka. Apakah Feng Ruche dan Xue Jing Kong akan bersama atau memilih untuk hidup dengan jalan mereka masing-masing?

8. The King's Woman

The King’s Woman_

Drama yang bikin banyak penonton menangis, The King’s Woman (2017) diadaptasi dari novel berjudul The Legend of Qin: Li Ji Story karya Wen Shiren. Menceritakan kisah Gongsun Li yang merelakan dirinya untuk dinikahi oleh Raja Ying Zheng. Pernikahan ini membuatnya sangat terluka dan tersiksa karena harus menikahi Raja yang telah membinasakan tanah airnya.

Seiring waktu hubungan keduanya tumbuh menjadi cinta, sayangnya intrik, politik, perebutan kekuasaan hingga penghianatan menghiasi kehidupan mereka.

Gongsun Li berusaha menyelamatkan hidup putranya sementara Raja Ying Zheng membuat rencana sendiri untuk putra biologisnya Fusu. Karena temperamennya, Raja Ying Zheng membunuh wanita yang paling ia cinta dengan pedangnya sendiri.

9. Ashes of Love

ashes of love

Terlahir dengan ramalan yang buruk, Jin Mi diberikan sebuah yun dan pil yang membuatnya buta akan cinta. Pada awalnya semua baik-baik saja hingga Jin Mi tidak sadar bahwa dirinya terlibat dalam cinta segitiga.

Dewa Api Xu Feng dan Dewa Malam Run Yu saling berhadapan untuk mendapatkan cinta Jin Mi. Tapi sebuah kesalahpahaman terjadi hingga Jin Mi membunuh Xu Feng, lalu memuntahkan yun.

Dari sinilah Jin Mi menyadari bahwa ia mencinta Xu Fen, sementara Run Yu yang membuat rencana busuk tadi menjalankan seluruh rencananya.

Run Yu menjadi Kaisar Langit dan sangat bernafsu untuk menikahi Jin Mi. Tapi Xu Feng tidak mati begitu saja, ia merubah identitasnya dan merubah dirinya menjadi Raja Iblis di Alam Iblis.

10. A Girl Like Me

a girl like me_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Historical, Comedy, Romance
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures, Guyuan Culture & Technology
  • Sutradara: Chen Wei Xiang, Yang Xiao Bo
  • Pemain: Guan Xiao Tong, Hou Ming Hao
  • Jumlah Episode: 40 Episode

Terlahir dari bangsawan Istana dengan parasnya yang cantik, ternyata tidak menjamin Ban Hua akan mudah menemukan calon suami.

Sudah berkali-kali gagal menikah, Putri Ban Hua tiba-tiba bisa melihat masa depan lewat mimpi-mimpinya. Awalnya ia tidak percaya, hingga satu persatu mimpinya itu menjadi nyata dan membawanya jatuh kepelukan Rong Xia.

Pertemuan keduanya membuahkan cinta yang mendalam, tapi kisah ini tidak berjalan dengan baik. Misteri pembantaian keluarga Rong, membuat pria itu tidak mungkin untuk tidak mencurigai keluarga Ban. Belum lagi konspirasi perebutan tahta, hingga intrik untuk menyabotase keluarga Ban, membuat pernikahan Ban Hua dan Rong Xia semakin sulit untuk terjadi.

11. General and I

general and i_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Historical, Romance, Wuxia, Fantasy
  • Produksi: -
  • Sutradara: Ju Jue Liang
  • Pemain: Wallace Chung, Angelababy, Sun Yi Zhou, Gan Ting Ting
  • Jumlah Episode: 62 Episode

Dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas, General and I (2017) memang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Drama wuxia dan fantasi ini menyajikan romansa yang manis dari Wallace Chung dan Angelababy yang diselingi dengan konflik yang pelik.

Pasca perang empat negara, Bai Pingting melarikan diri ke Kerajaan Yan dan mendapatkan bantuan untuk melawan Kerajaan Jin.

Saat pergi ke sebuah biara, Bai Pingting tidak sengaja bertemu dengan Pangeran Chu Bei Jing dari Kerajaan Yan dan mereka pun saling jatuh cinta. Namun, perselisihan kerjaan yang terjadi membuat keduanya harus memilih antara cinta atau negara masing-masing.

12. The Imperial Doctress

The Imperial Doctress

Serial ini adalah untuk kamu yang menyukai cerita yang diangkat dari kisah nyata. Karena The Imperial Doctress merupakan kisah dari seorang dokter wanita bernama Tan Yunxian,yang bertugas pada masa pemerintahan dinasti Ming di Tiongkok. Dan jangan lupa, ada cerita romantis juga di dalamnya.

The Imperal Doctress mengikuti kisah Tan Yunxian yang harus menghadapi berbagai tantangan dalam meraih cita-citanya untuk menjadi seorang dokter wanita. Ia kemudian bertemu dengan kakak-adik Zhu Qizhen dan Zhu Qiyu, dua putera mahkota yang sama-sama menyukai Yunxian dan memperbutkan hak tahta kerajaan.

13. Scarlet Heart

Scarlet Heart

C-drama ini merupakan pelopor plot time slip di Asia. Selain populer di Tiongkok, Scarlet Heart juga berhasil meraih banyak penggemar di negara-negara Asia lainnya. Time Slip adalah sebuah plot dalam film atau buku yang mengisahkan tokoh utamanya mengalami perpindahan waktu secara tiba-tiba dengan cara yang misterius.

Seorang perempuan muda di masa kini bernama Zhang Xiao mengalami kecelakaan. Tapi, kemudian ia mengalami perpindahan waktu dari dunia abad 21, ke masa dimana dinasti Qing tengah berkuasa.

Tepatnya, pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi. Di masa itu, Xiao bukanlah dirinya, tetapi bereinkarnasi sebagai Ma’ertai Ruoxi seorang selir yang kemudian terjebak dalam kisah cinta yang cukup rumit.

14. The Eternal Love

the eternal love_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Historical, Comedy, Romance, Fantasy
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures
  • Sutradara: Yuan De
  • Pemain: Liang Jie, Xing Zhao Lin, Wang Rui Chang
  • Jumlah Episode: 24 Episode

The Eternal Love (2017) berhasil menjadi salah satu drama dengan penonton terbanyak di Cina tahun 2018. Bahkan berkat drama ini, Liang Jie dan Xing Zhao Lin kerap diminta untuk benar-benar berpacaran di dunia nyata, meski keduanya sering menolak hal ini.

Adalapun dramanya mengisahkan Cinta Bai Qian, seekor rubah berekor sembilang dengan Dewa Perang bernama Yang Mo.

Sayangnya peran membuat dua sejoli ini terpisah, Bai Qian terlempar ke kedunia fana, hingga suatu hari ia bertemu dengan Ye Hua. Pria itu memiliki paras yang sama dengan Mo Yuan, apakah Ye Hua adalah reinkarnasi dari kekasihnya?

15. The Long Ballad

the long ballad_

Pasca kesuksesan You Are My Glory (2021), Dilraba Dilmurat kembali menghiasi layar kaca dengan membintangi The Long Ballad (2021).

Drama yang dibintangi oleh nama-nama terkenal ini, berhasil mendapatkan antusias yang luar biasa. Diadaptasi dari serial komik karya Xia Dia, drama ini mengambil latar era dinasti Tang ketika memasuki masa sulit.

Pasca penggulingan dinasti Tang, Putri Li Chang Ge kehilangan kedua orang tuanya dan oleh ulah pamannya sendiri.

Melarikan diri dan membangun pasukannya sendiri, Li Chang Ge harus berhadapan dengan pemimpin Suku Ashina. Mendapatkan kekalahan telak, kini Li Chang Ge menjadi tahana Ashina Sun. Lalu bagaimana dengan rencana balas dendamnya pada sang paman?

16. Love and Redemption

Love and Redemption_

Dahulu kala terjadi sebuah peperangan besar untuk menyelamatkan surga dari para iblis neraka. Untungnya pertempuran ini berhasil dimenangkan oleh Dewa Perang setelah pimpinan klan iblis menghilang. 1000 tahun kemudian Chu Xuanji lahir sebagai reinkarnasi Dewa Perang dan tidak memiliki kepekaan pada enam inderanya.

Pertemuannya dengan tuan muda dari Istana Lize yaitu Yu Si Feng membuat mereka saling jatuh cinta. Tapi perasaanya berujung pada sebuah kutukan mematikan yang hanya bisa diselamatkan dengan cinta sejati. Petualangan mereka membawa pada kisah masa lalu yang ternyata penuh dengan rahasia dan konspirasi.

17. The Romance of Tiger and Rose

The Romance of Tiger and Rose_

Berhasil menjual naskah serial TV-nya, calon penulis skenario yang masih muda ini justru mendapat rintangan yang cukup menyulitkan. Chen Xiao Qian berada di bawah pengawasan pemeran utama pria yang menolak naskahnya. Alhasil gadis ini bersumpah akan membuat naskah baru yang tidak akan bisa ditolak oleh aktor tersebut.

Saat sedang tidur siang, Chen Xiao Qian justru masuk ke dalam ceritanya dan menjadi putri ketiga dalam karakter tersebut. Hal ini jelas membuatnya sangat kaget dan kebingungan, tapi tidak ada gunanya hanya diam di tempat.

Berbekal pengetahuannya akan naskah tersebut, Xiao Qian berusaha untuk mempertahankan hidupnya dan berusaha kembali ke masa sekarang.

18. General’s Lady

general's lady_

Diadaptasi dari novel kara Yan Bo Jiang Nan, General’s Lady (2020) menjadi drama bertema kerajaan lainnya yang wajib ditonton.

Drama ini mengisahkan kehidupan seorang gadis bangsawan bernama Shen Jin, putri dari Pangeran Rui dan sementara ibunya hanya seorang selir. Pangeran Rui mendapatkan perintah untuk menikahkan putri tertuanya dengan Jenderal Chu yang dikenal sangat menakutkan.

Keributan pun terjadi di kediaman Pangeran Rui, hingga akhirnya Shen Jin lah yang harus menggantikan posisi kakaknya menikahi Jendral Iblis Chu.

Siapa sangka jenderal yang menakutkan itu adalah pria yang baik hati dan sangat menyayanginya. Merasa iri melihat kebahagiaan adiknya, Shen Zi berusaha menyabotase pernikahan adiknya yang membuat Raja merasa sangat marah.   

19. Princess Agents

Princess Agents

Ternyata memang banyak drama Tiongkok yang merupakan adaptasi novel. Begitu pula Princess Agents yang merupakan adaptasi dari novel karya penulis Xiao Xiang Dong Er yang berjudul 11 Chu Te Gong Huang Fei. Princess Agents juga merupakan salah satu drama yang berhasil meraup sukses besar di negaranya.

Dengan latar belakang masa-masa kekacauan di Utara Wei. Seorang gadis yang mengalami perbudakan bernama Chu Qiao diselamatkan oleh seorang pangeran Utara Yan, yaitu Yan Xun.

Melalui perjuangan yang tidak mudah, Qiao kemudian tumbuh menjadi seorang wanita yang tangguh. Kita akan ketagihan melihat karakter yang diperankan oleh aktris Zhao Liying ini.

20. Go Princess Go!

Go Princess Go!_

Meski sudah cukup lama, Go Princess Go! (2015) sangat direkomendasikan untuk ditonton, lho. Drama bergenre komedi dan romantis ini akan membuat kamu tertawa lepas dengan berbagai hal konyolnya. Apalagi akting dari para pemerannya, benar-benar sangat totalitas dengan penjiwaan karakternya yang sangat baik.

Ceritanya sendiri bermula ketika Zhang Peng terbangun dalam tubuh seorang Putri Mahkota bernama Zhang Peng Peng.

Berusaha kembali ke masa depan, ternyata Zhang Peng menemukan sisi feminim dalam dirinya ketika ia tertarik pada suami dari sang putri. Kini ia dihadapkan dengan dua pilihan, terus menggoda sang pangeran atau berusaha kembali ke dunianya sendiri?

Itulah dia 20 C-drama yang mengangkat tema atau memiliki latar belakang kerajaan. Selama ini mungkin kamu terlalu terlarut menyaksikan drama-drama Korea atau juga film seri Barat. Jika kamu tengah bosan dan mencari sesuatu yang baru untuk disaksikan, silahkan coba salah satu atau beberapa dari 20 drama Tiongkok ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram