bacaterus web banner retina

Dari Penjahat hingga Polisi, Inilah 10 Drama Terbaik Ahn Bo Hyun

Di setiap tahunnya, K-Dramaland selalu melahirkan beberapa nama aktor maupun aktris yang menjadi trending topic. Khusus di tahun 2021 ini, aktor Ahn Bo Hyun turut masuk di dalam daftar tersebut.  Dua serial drama yang mana Ahn Bo Hyun menjadi pemeran utamanya, yakni “Yumi’s Cells” dan serial Netflix “My Name” berhasil mendapatkan sorotan publik.

Kedua drama tersebut tentu saja bukanlah satu-satunya drama Ahn Bo Hyun yang laris dipasarkan. Sebelumnya, dia juga pernah menjadi bagian dalam drama hits lainnya, seperti “Itaewon Class” sebagai peran antagonis dan anggota militer di “Descendants of the Sun”.

Nah, untuk yang akhir-akhir ini terpikat dengan performa akting dari aktor kelahiran 1988 ini dan penasaran dengan drama apa saja yang pernah dimainkan olehnya, berikut 10 drama Ahn Bo Hyun terbaik yang wajib untuk disaksikan!

1. My Name

drama-ahn-bo-hyun-1_

“My Name” merupakan serial Netflix Original yang disutradarai oleh Kim Jin Min, yang sebelumnya dikenal dalam serial “Extracurricular”. Ahn Bo Hyun sendiri mengambil peran utama sebagai Jeon Pil Do. Dia adalah seorang detektif dalam unit penyelidikan kasus narkoba. Pil Do juga merupakan sosok detektif teladan yang sangat menjunjung tinggi keadilan.

Suatu ketika, unit Pil Do kedatangan anggota wanita baru bernama Oh Hye Jin. Namun ternyata, nama Hye Jin ini merupakan identitas palsu yang ia gunakan saat menyamar sebagai polisi. Nama aslinya adalah Yoon Ji Woo dan dia sebenarnya seorang anggota gangster. Penyamaran berbahaya ini rela Ji Woo lakukan demi menggali kebenaran dari kasus kematian ayahnya.

Ji Woo bisa masuk ke dalam kepolisian berkat bantuan dari bos mafia narkoba bernama Choi Moo Jin. Namun, misi penyamarannya ini menjadi rumit, ketika unitnya ditugaskan untuk menginvestigasi kasus yang melibatkan Choi Moo Jin.

2. Yumi’s Cells

drama-ahn-bo-hyun-2_

Setelah sekian lama tak berlakon dalam drama romcom, Ahn Bo Hyun akhirnya kembali membintangi drama romansa tvN dengan judul “Yumi’s Cell”. Namun, kali ini ia tidak lagi memerankan karakter second lead, melainkan tokoh utama bernama Goo Woong.

Karakter ini merupakan seorang game developer dengan cara berpikir yang sistematis, jujur, polos, dan apa adanya. Woong juga merupakan sosok pria yang ingin Woogi jodohkan dengan Yumi. Saat mereka akhirnya bertemu dalam kencan buta untuk pertama kalinya, Woong langsung jatuh hati pada Yumi.

Yumi sendiri merupakan tokoh protagonis di sini. Dia adalah pegawai wanita biasa berusia 30-an. Sesuai dengan kisah orisinal dalam Webtoon-nya, drama ini berpusat pada kehidupan sehari-hari Yumi dan juga ragam karakter sel dalam otaknya, yang mengendalikan setiap pikiran, perasaan, dan tindakan Yumi.

Untuk membuat kisah Yumi bersama selnya menjadi lebih hidup, serial ini mengkolaborasikan live action dan juga animasi. Hal inilah yang membuat “Yumi’s Cells” menjadi drama Korea pertama yang mengkombinasikan kedua unsur tersebut.

3. Itaewon Class

drama-ahn-bo-hyun-3_

Dalam serial hits “Itaewon Class”, Ahn Bo Hyun bertransformasi menjadi karakter antagonis bernama Jang Geum Won, anak pertama dari CEO Jangga Group. Saat di bangku sekolah, Geum Won menjadi pelaku perundungan. Seakan tak cukup, ia juga menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa ayah dari tokoh utama, Park Sae Ro Yi.

Park Sae Ro Yi merupakan teman satu kelas Geum Won. Ia tidak suka dengan perilaku bully Geum Won, hingga akhirnya ia berkelahi dengan si pelaku. Namun, karena Sae Ro Yi enggan meminta maaf, dirinya dikeluarkan dari sekolah dan ayah Sae Ro Yi yang bekerja untuk ayah Geum Won pun dipecat

Kemarahan Sae Ro Yi memuncak ketika mengetahui siapa dalang dibalik kematian ayahnya. Ia hendak membalas pelaku, tetapi dirinya justru berakhir di penjara. Setelah bebas dari penjara, Sae Ro Yi pun membangun sebuah bar bernama “Danbam” di Itaewon, guna meraih kesuksesan dan membalas dendam pada Jangga Group.

Selama masa penayangannya, “Itaewon Class” selalu menjadi trending topic di kalangan penggemar drama Korea. Tidak hanya dramanya saja, kesuksesan Ahn Bo Hyun dalam menghidupkan karakter antagonis pun mendapatkan banyak apresiasi dan cinta dari publik.

4. Kairos

drama-ahn-bo-hyun-4_
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Thriller, Mystery, Fantasy
  • Network: MBC
  • Produksi: OH Story, Blossom Story
  • Sutradara: Park Seung Woo
  • Pemeran: Shin Sung Rok, Lee Se Young, Ahn Bo Hyun, Nam Gyu Ri, Kang Seung Yoon
  • Jumlah episode: 16

Lain dengan Jang Geum Won, dalam drama bertemakan time-travel ini Ahn Bo Hyun membawakan karakter Seo Do Kyun, pria loyal yang menjabat sebagai general manager di sebuah perusahaan konstruksi. Berbeda dengan karyawan lainnya, Do Kyun menjadikan atasannya, Kim Seon Jin sebagai panutan.

Di usianya yang ke-38 tahun, Kim Seo Jin sudah menjalani hidup sukses nan sempurna. Dia menjadi direktur termuda, mempunyai istri cantik, dan anak perempuan yang menggemaskan. Namun semuanya hancur, ketika anaknya diculik dan istrinya bunuh diri.

Secara misterius, Seo Jin mendapatkan kesempatan untuk mengembalikan keadaannya seperti sedia kala. Ia berkesempatan untuk meminta tolong pada wanita asing bernama Han Ae Ri yang tinggal di masa lalu, lebih tepatnya 31 hari sebelum lini masa Seon Jin tinggal.

Penampilan apik Ahn Bo Hyun dalam membawakan karakter Seo Do Kyun membawanya mendapatkan penghargaan dengan gelar “Best New Actor” dalam MBC Drama Awards 2020.

5. Her Private Life

drama-ahn-bo-hyun-5_

Drama komedi romantis ini diadaptasi dari sebuah novel daring bertajuk “Noona Paen Datkom”. Di sini, Ahn Bo Hyun membawakan tokoh Nam Eung Gi, sang karakter second lead. Dalam kisahnya, Eun Gi adalah mantan atlet judo dan sahabat Sung Deok Mi yang sangat pengertian. Kepeduliannya pada Deok Min ini, ternyata berakar dari perasaan cintanya pada sang sahabat.

“Her Private Life” berpusat pada kisah dari Sung Deok Mi, kurator dari Cheum Museum of Art. Di balik dunia profesionalnya, Deok Mi menyembunyikan identitas lainnya sebagai seorang fangirl dan fansite master anggota boy group bernama Si An. Orang yang mengetahui identitas lainnya ini hanyalah sahabatnya saja, termasuk Eun Gi.

Lalu, pemeran dalam drama hidup Deok Mi bertambah satu, saat Ryan Gold, mantan pelukis ternama menjadi direktur baru di tempat Deok Mi bekerja. Ryan adalah sosok yang profesional, dingin, jujur dan acuh tak acuh dengan kehidupan orang lain. Namun, hidup Ryan yang kelabu berubah, ketika Ryan menemukan rahasia yang selama ini Deok Mi tutupi.

6. Dokgo Rewind

drama-ahn-bo-hyun-6_
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Action, Crime, School Life
  • Network: Kakao, Oksusu
  • Produksi: Samhwa Networks
  • Sutradara: Choi Eun Jung
  • Pemeran: Oh Se Hun, Jo Byung Gyu, Ahn Bo Hyun, Mina
  • Jumlah episode: 20

Ingin melihat Ahn Bo Hyun dalam serial penuh dengan adegan laga setelah menonton “My Name”, web-series satu ini wajib untuk dimasukkan dalam daftar tontonan. “Dokgo Rewind” adalah serial live action yang diangkat dari Webtoon Kakao populer dengan judul sama, karya Meen dan Baek Seung Hoon.

“Dokgo Rewind” mengangkat isu perundungan dan kekerasan yang terjadi di antara kelompok siswa sekolah menengah, dengan 3 siswa dari latar belakang berbeda yang mencoba untuk memerangi kekerasan. Satu dari 3 tokoh itu adalah karakter yang dimainkan oleh Ahn Bo Hyun, yakni Pyo Tae Jin yang merupakan mantan pegulat handal.

Plot web-drama ini dibuka dengan siswa putus sekolah bernama Kang Hyuk yang menyelamatkan Kyu Soon dari kawanan gangster sekolah. Mereka akhirnya menjadi teman dan bersatu untuk melindungi adik Kyu Soon. Namun naasnya, Kyu Soon ditemukan wafat di tangan para gangster. Kang Hyuk pun bertekad untuk membalas dendam kematian temannya.

7. Hide and Seek

drama-ahn-bo-hyun-7_
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Drama, Melodrama, Romance
  • Network: MBC
  • Produksi: Neo Entertainment
  • Sutradara: Shin Yong Whee
  • Pemeran: Lee Yoo Ri, Song Chang Eui, Uhm Hyun Kyung, Kim Young Min
  • Jumlah episode: 48

Melodrama “Hide and Seek” berporos pada kisah Min Chae Rin, direktur dari perusahaan kosmetik Make Pacific. Akan tetapi, kemanisan hidupnya ini ternyata bukanlah takdirnya sedari lahir. Chae Rin adalah anak yang diadopsi untuk menerima nasib buruk dari cucu perempuan keluarga tersebut yang bernama Soo Ah.  Lalu, keberuntungan Chae Rin juga akan diambil alih darinya.

Namun suatu ketika, kejadian naas menimpa Soo Ah. Dia diculik dan selama 20 tahun tidak ditemukan. Kejadian ini membuat Chae Rin otomatis menjadi pewaris tunggal. Tetapi di sisi lain, beberapa anggota keluarga adopsinya, terutama nenek Soo Ah menuduhnya sebagai dalang di balik kejadian tersebut.

Lalu, Ahn Bo Hyun di sini hadir sebagai Baek Do Hoon, pengacara di Make Pacific. Do Hoon adalah teman masa kecil Soo Ah yang masih merasa bersalah karena merasa gagal melindungi Soo Ah dari kejadian itu. Perlahan dia mulai bangkit dari traumanya, kemudian memutuskan untuk menjadi pengacara dan kembali ke Korea supaya bisa menemukan Soo Ah.

8. Descendants of the Sun

drama-ahn-bo-hyun-8_

Ingat adegan ikonik “Descendants of the Sun”, saat Kapten Yoo Si Jin dan timnya turun dari helikopter? Sadarkah kalian bahwa satu dari kawanan tentara menawan tersebut merupakan tokoh yang dimainkan oleh Ahn Bo Hyun? Nah, karakter itu adalah Lim Gwang Nam alias Piccolo. Dia adalah sersan dalam unit khusus Tim Alpha yang dipimpin oleh Yoo Si Jin.

“Descendants of the Sun” sendiri menggambarkan kisah dari kapten Yoo Si Jin dan dokter Kang Mo Yeon. Keduanya sempat berkencan, tapi sayangnya hubungan mereka berhenti di tengah jalan. Lalu takdir kembali mempertemukan mereka, ketika Mo Yeon ditugaskan ke Urk untuk menjadi sukarelawan tenaga medis.

Pada masa penayangannya, “Descendants of the Sun” menoreh prestasi sebagai drama paling populer dengan rating yang menembus angka 38.8%. Meskipun peran yang dibawakan oleh Ahn Bo Hyun tergolong kecil, namanya sebagai aktor baru mulai dilirik publik melalui drama ini.

9. My Only Love Song

drama-ahn-bo-hyun-9_
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Historical, Fantasy, Romance
  • Network: Netflix
  • Produksi: FNC Add Culture
  • Sutradara: Min Doo Sik
  • Pemeran: Lee Jong Hyun, Gong Seung Yeon
  • Jumlah episode: 20

Dalam 20 episode pendeknya, “My Only Love Song” mengisahkan perjalanan aktris terkenal nan arogan, Song Soo Jung dalam melintasi waktu. Saat itu dia tengah dalam proses syuting drama kolosal, tanpa sengaja sebuah van yang dia kendarai membawanya ke Era Goguryeo di abad ke-6. Lalu, disana dia berakhir bertemu dengan pria pecinta uang bernama On Dal.

Nah, dalam drama reuni Lee Jong Hyun dan Gong Seung Yeon ini, Ahn Bo Hyun berpartisipasi dengan memerankan karakter second lead bernama Moo Myung. Karakter Moo Myung ini tidaklah hadir ditengah-tengah pasangan utama.

Dia adalah seorang pengawal dari Putri Pyeonggang, yang sebenarnya menaruh perasaan pada sang putri. Maka dari itu, Moo Myung rela menjaga Putri Pyeonggang dengan segenap raganya. Dia adalah pria yang tidak banyak bicara, tetapi dialah satu-satunya yang bisa mengerti maksud dari hati Putri Pyeonggang.

10. Wednesday 3:30 PM

drama-ahn-bo-hyun-10_
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Romance, Comedy
  • Network: SBS Plus, Oksusu
  • Produksi: SBS Plus
  • Sutradara: Lee Jung Hoon
  • Pemeran: Lee Hong Bin, Jin Ki Joo, Ahn Bo Hyun, Cha Jung Won
  • Jumlah episode: 10

Dalam web-drama produksi SBS Plus ini, Ahn Bo Hyun kembali memainkan peran second lead. Karakter yang diperankannya adalah seorang pria kantoran bernama Baek Seung Gyu. Dia menjalin hubungan dengan Seon Eun Woo, yang kebetulan rekan sekantornya. Sayangnya, hubungan mereka berakhir hancur. Lalu tak lama dari situ, dia berhubungan dengan pegawai baru bernama Hye Won.

Namun, setelah berpisah dengan Eun Woo, Seung Gyu merasa mantan kekasihnya menjadi lebih cantik, ceria, dan bahagia. Tanpa Seung Gyu sadari, dia merasa cemburu dan hatinya mulai goyah. Perubahan yang Seon Eun Woo alami sebenarnya adalah rencana yang Eun Woo bentuk dengan bantuan teman lamanya, Yoon Jae Won.

Setelah dicampakan pada hari rabu, tepat pukul 3:30, waktu yang dia percaya terburuk untuk setiap wanita, Eun Woo meminta tolong Jae Won untuk menjadi pacar palsunya. Setiap hari rabu, di jam yang sama ketika dia diputuskan, Eun Woo mengunggah momen kebahagiaan yang dibuat seolah-olah sedang menikmati waktu kencan dengan kekasih barunya.

Itulah 10 drama terbaik yang pernah dibintangi oleh aktor yang kini sedang bersinar, Ahn Bo Hyun. Perjalanan karirnya dari awal debut memang sulit untuk dikatakan mulus. Di awal karir, Ahn Bo Hyun lebih sering mengisi karakter pendukung ataupun second lead. Bahkan setelah drama “Descendant of the Sun”, dia mengaku sempat menjadi pekerja konstruksi.

Namun kini, karir Ahn Bo Hyun melonjak tajam. Tentu saja, ini disebabkan oleh kerja keras yang didukung dengan talentanya dalam berakting. Apapun genre dan jenis karakternya, baik pendukung maupun utama, Ahn Bo Hyun selalu menunjukkan penampilan terbaiknya. Dan 10 daftar di atas merupakan contoh terbaiknya. Jadi, bagaimana? Siap untuk maraton drama Ahn Bo Hyun?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram