Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Inilah Do’s and Dont’s Untuk yang Berbadan Big Size

Inilah Do’s and Dont’s Untuk yang Berbadan Big Size

Memiliki badan yang berukuran XL memang tidak selamanya enak. Khususnya untuk para perempuan di luar sana yang selalu ingin tampil oke. Umumnya, orang yang memiliki badan berukuran Big Size akan selalu kerepotan saat memilah baju atau celana yang pas untuknya. Perlu dicatat; kata ‘pas’ disini bukan hanya berarti nyaman dipakai yah, tapi juga enak dilihat tanpa harus terlihat semakin besar.

Banyak upaya yang dilakukan orang-orang XL ini supaya tidak kelihatan gemuk. Contohnya saja, memakai pakaian gombrang, menggunakan celana slim fit atau semacamnya.

Tapi apa kalian tahu? Kebiasaan tersebut kadang sukses menyamarkan ukuran badan namun juga kadang gagal-segagal-gagal-nya karena kurangnya pengetahuan untuk melakukan hal ‘menyamarkan’ tersebut.Eitss! Jangan jadi down dulu.

Tim bacaterus akan coba bantu kalian yang memiliki masalah dengan hal ‘menyamarkan’ ukuran badan dengan cara-cara yang dijamin oke dan gampang sekali untuk dilakukan. Gak hanya itu loh! Bacaterus juga bakal kasih tau kalian Do’s dan Don’t untuk kalian-kalian supaya penampilan kalian bisa menjurus keren daripada ‘buntet’. Yuk simak!

DO’S

Lakukan hal-hal berikut, supaya kamu bisa jadi lebih ngerti gimana caranya ‘menyamarkan’ ukuran badan XL kalian. Jangan ragu buat coba yaaah!

1. Pakai Baju Berwarna Gelap

Baju Gelap

Ini metode paling ampuh untuk kalian yang ingin menyamarkan ukuran badan. Pakaian gelap biasanya membuat badan kalian yang berisi tampak berukuran normal karena tidak akan menonjolkan bagian perut dan pinggang secara terang-terangan. Pilihlah baju yang memiliki warna hitam, navy blue, army atau cokelat gelap. Dijamin deh, kalian akan jadi terlihat pas.

2. Layering

Layering Dress

Bukan hanya kue loh yang bisa dilapis. Badan kita juga bisa dilapis; tapi bukan dengan krim atau gula yaah! Tapi pakai baju tipis atau blazer. Bagi sebagian orang yang memiliki badan berisi, hal ini kerap kali jadi opsi supaya ukuran badan jadi terlihat ‘mengecil’.

Ini akibat banyaknya baju yang dipakai untuk menutupi perut atau pinggang yang ‘waw’; kalian bisa menggunakan layer pertama (baju dalam yang fit di badan) lalu dilapisi layer kedua (semacam kemeja denim, long vest atau poncho). Dua layer saja cukup ya guys! Kalau kebanyakan layer nanti disangka lemper!

3. Asimetris Top

Assimetris Dress

Orang berukuran XL akan beranggapan bahwa memakai baju longgar adalah jalan satu-satunya supaya tidak terlihat besar. Tunggu dulu! Jangan mentok sampai situ aja yaah! Kita masih bisa kok menggunakan baju lainnya yang memiliki fungsi sama; ‘menyamarkan’.

Kalian bisa mengenakan atasan yang asimetris. Kenapa? Karena bentuk asimetris akan membantu mengaburkan body shape kalian terutama di bagian pinggul. Banyak loh cowo-cowo yang mulai memakai baju asimetris sebagai atasan mereka; so, untuk para gentlemen, jangan ragu untuk memakai baju asimetris ini yah!

4. Legging

Legging

Untuk para ladies, beruntunglah kalian karena opsi untuk menyamarkan bentuk tubuh lewat fashion sangatlah banyak, tidak seperti cowo yang memiliki opsi terbatas. Dalam DO’s kali ini, legging menjadi opsi lainnya supaya bentuk tubuh tidak terlalu ter-expose. Bahan legging yang umumnya stretch, pas sekali digunakan orang-orang yang memiliki badan Big Size.

Legging yang digunakan biasanya semacam legging high-waist; karena perut akan tertahan di karet legging. Inilah yang berfungsi untuk membuat perut tidak menjadi terlihat besar. Kasarnya, legging bisa dibilang seperti Korset KW 2. Hehehe…

5. Body Shape Outfit

Body Shape Outfit

Selain nyaman dipakai, pakaian yang memiliki struktur ‘body shape’ bisa sangat membantu untuk menyamarkan ukuran badan. Menggunakan shapewear juga membuat body-line kamu menjadi terlihat tegas; sehingga orang-orang disekitar kamu tidak akan tertuju dengan ukuran badan juga perut buncit kamu.

Umumnya, shapewear seperti ini digunakan saat pergi bekerja atau acara-acara penting lainnya karena modelnya yang di-set untuk berpergian.

6. Pakai Sepatu Hak Tinggi

High Heels

Sepatu berhak tinggi akan membuat penampilan seseorang menjadi lebih baik. Selain tubuh yang mau-tidak-mau menjadi tegak; kaki kamu juga, khususnya betis, akan terlihat ramping. Banyak para ladies yang mempraktekan hal ini dan berhasil. Mereka terlihat lebih jenjang even postur tubuh mereka menjurus ke bulat. Belum lagi, tingkat confident yang dijamin meningkat setelah berhasil memakainya. Try it girls!

7. Aksesoris

Kadang kala, walau sudah memakai beberapa baju yang disarankan, ada saja orang yang tetap terlihat gemuk. Jangan desperate dulu dong! Masih ada kok cara lainnya yang bisa kalian terapkan untuk menyamarkan kegemukan tersebut.

Dengan aksesoris yang tepat, bentuk badan XL kalian akan tiba-tiba terlihat bagus. Bukan terlihat menjadi super kurus yah, tapi terlihat Bagus atau eye-catching. Gunakan kalung beruntai/berbandul besar, atau gelang yang berukuran sedang.

DON’Ts

Setelah menyimak apa yang harus dilakukan untuk menyamarkan bentuk badan, sekarang kita intip yuk, apa saya yang TIDAK BOLEH dilakukan dalam upaya menyamarkan bentuk badan. Jangan sampai kalian keliru sehingga bentuk badan menjadi semakin mencolok.

1. Turtle Neck

Turtleneck

Jangan sekali-sekali kalian memakain pakaian turtle neck yah! Kalau alasannya dingin, kalian bisa memakai poncho atau jacket sekalian atau bahkan syal. Intinya jangan memakai turtle neck. Kenapa? Karena kebanyakan orang yang Big Size memiliki struktur leher yang pendek.

Nah, kalau sudah memiliki leher yang kelihatan gemuk dan pendek lantas pakai turtle neck; hilang sudah leher kamu. Dan muka bulat kamu akan terlihat semakin sempurna. Gak mau itu terjadi kan? So, hindari pemakaian turtle neck yah untuk kamu yang merasa badannya berisi.

2.Press-Body Outift

Press Body

Menggunakan baju yang ketat atau pas di badan memang sah-sah saja. Tapi usahakan menggunakan luaran lagi atau layering yang sudah dibahas di kolom DO’s. Kalau kalian yang memiliki badan berisi terus memakai baju pas badan, bentuk badan kalian yang Big Size itu akan terlihat mencolok sekali.

Gunakan baju pas badan yang tidak terlalu ketat atau semi gombrang. Kalaupun ingin memakai baju ketat, disarankan mengenakan blazer atau baju luaran lainnya ya…

3. Aksesoris

Aksesoris

Kalau di kolom DO’s sudah dibahas mengenai aksesoris. Di DON’T juga akan dibahas uraian serupa. Bagi sebagian besar ladies. Pasti mempunyai pikiran kalau ikat pinggang atau wrap bisa menutupi perut buncit mereka. Hey, easy there! Tidak semua aksesoris bisa melakukannya loh.

Kalau kalian memakai belt atau wrap yang terlalu kuat dipasang di badan, nanti terkesan kalau kalian sedang ‘tercekik’ dan dianggap susah untuk  bernafas. Jika kalian mau memakainya, usahakan mengenakan belt atau wrap yang tidak terlalu kencang dan diletakan di bagian perut. BUKAN di atas perut.

4. Baju Motif

Motif baju DONT

Mengenakan baju bermotif sangat disarankan untuk kalian yang memiliki ukuran badan XL. Baju bermotif biasanya ampuh menyamarkan bentuk perut dan pinggang yang melebar.

Namun, hati-hati juga yah dalam memilih motif. Salah-salah, kalian bisa terlihat semakin besar! Pilihlah motif yang tidak ‘rapih’ atau motif garis vertikal. Jangan sesekali memakai baju bermotif garis horizontal; ini membuat kamu terlihat lebar.

5. Memasukan Baju

Memasukan baju

Mungkin kalau ke kantor, mau tidak mau kita harus terlihat rapih. Tapi kalau saat jalan-jalan; usahakan baju kalian jangan dimasukan yah! Ini membuat perut kalian menjadi besar. Baju yang dikeluarkan memang sedikit terlihat tidak rapih, tapi hal ini sangat membantu kalian untuk terlihat agak kurus, karena lipatan baju akan jatuh dan bebas bergerak mengikuti bentuk tubuh; tidak menempel di perut saja. Worth it to try guys!

6. Choker

Choker

Baru-baru ini, fenomena choker (kalung ketat) kembali merebak. Padahal era choker pernah berakhir di tahun 1990-an. Bagi kalian yang merasa memiliki badan besar, disarankan untuk tidak ikut-ikutan memakai choker yah. Kasusnya akan serupa dengan turtle neck. Leher kalian akan terlihat hilang dan kesan gemuk semakin kentara. Saya sarankan menggunakan kalur regular saja; karena lebih nyaman dilihat dan terkesan chic!

7. Lengan Panjang

Lengan Panjang

Sah-sah saja sih memakai baju lengan panjang. Tapi biasakan memakainya di rumah saja saat tidak banyak bertemu orang. Pemakaian baju lengan panjang untuk orang gemuk biasanya akan membuat bentuk badan menjadi semakin terlihat jelas. Jadi, pilihlah baju lengan pendek (tidak terlalu pendek) dan padu padankan dengan aksesoris gelang yang tidak terlalu tebal untuk membuatnya menjadi semakin cantik.

Well, itu tadi DO’s dan DON’Ts untuk kalian yang memiliki badan Big Size. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian jadi lebih paham yah mana saja yang boleh dan tidak boleh dikenakan agar badan kalian terlihat slim meski sebenarnya menjurus ke bulat.

Tapi yang paling penting dari itu semua sih percaya diri! Soalnya meski sudah memakai pakaian yang disarankan tapi tidak percaya diri, sama saja bohong. So, be confident and don’t get the wrong outfit people!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Gerryaldo
Pluviophile; (n) a lover of rain; someone who finds joy and peace of mind during rainy days

Leave A Comment