bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Doksli

"Doksli" adalah singkatan dari "dokumen asli." Istilah ini biasanya digunakan oleh para netizen Indonesia untuk menyebut bukti dari sebuah pernyataan. Misalnya, ketika seseorang membagikan informasi atau klaim tertentu, netizen lain mungkin akan bertanya, "Itu doksli nggak?" yang artinya, "Itu dokumen asli nggak?"

Namun, penggunaan kata “Doksli” tidak berhenti di situ. Istilah ini juga digunakan untuk menyertai bukti dari sebuah peristiwa, baik itu berupa gambar maupun video.

Dengan kata lain, ketika seseorang menyertakan bukti visual untuk mendukung klaim atau cerita mereka, kata “Doksli” dapat digunakan untuk menandakan bahwa bukti tersebut adalah asli dan dapat dipercaya.

Asal Muasal Istilah Doksli

Seperti banyak istilah gaul lainnya, “doksli” memiliki asal usul yang menarik. Kata ini bermula dari sebuah candaan di grup yang berjudul "DokSli: Dokumen Asli." Grup ini dikenal dengan meme yang berkaitan dengan mantan Presiden Indonesia, Soeharto, terutama soal dokumen asli Supersemar.

Dari candaan tentang dokumen asli ini, muncullah istilah “doksli” yang kemudian meluas penggunaannya di kalangan netizen.

Contoh Penggunaan Istilah Doksli

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kata “doksli” digunakan dalam percakapan sehari-hari, berikut adalah contoh tweet di X/Twitter:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross