bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

DNI

DNI merupakan singkatan dari "Do Not Interact," yang berarti seseorang tidak ingin diajak berbincang atau didekati terlebih dahulu.

Istilah ini sering muncul di nama tampilan pengguna roleplay (RP) di platform seperti Telegram. Biasanya, mereka yang menggunakan tanda ini ingin memberi tahu orang lain agar menghormati batasan komunikasi mereka.

Asal Muasal Istilah DNI

Istilah "Do Not Interact" (DNI) berasal dari komunitas online, terutama dari kalangan pengguna media sosial dan forum online yang terlibat dalam kegiatan seperti roleplaying atau fandom. Tujuannya adalah untuk menetapkan batasan yang jelas dan mencegah interaksi yang tidak diinginkan atau berpotensi merugikan.

Dalam konteks ini, DNI digunakan sebagai peringatan atau label yang ditempatkan di profil pengguna, posting, atau di bagian lain dari komunikasi digital mereka.

Istilah ini bertindak sebagai bentuk perlindungan diri dari interaksi dengan individu atau kelompok yang mungkin memiliki pandangan bertentangan, perilaku negatif, atau berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan.

Penggunaan DNI mungkin juga relevan dalam situasi di mana individu ingin menghindari spoiler dari acara atau produk hiburan tertentu, menjaga batas terhadap konten yang memicu, atau sekadar mengurangi kebisingan dalam interaksi sosial online mereka.

Contoh Penggunaan Istilah DNI

Berikut adalah contoh penggunaan istilah DNI di profil X/Twitter maupun dalam sebuah percakapan tweet:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross