bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

DN

Di platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), istilah DN merujuk pada nama pengguna yang ditampilkan tanpa simbol "@" di depannya. Sebagai contoh, jika akun memiliki nama pengguna "Juru Masak", itu adalah DN-nya.

Sebaliknya, ketika nama pengguna disertai simbol "@", seperti "@HaloJuruMasak", ini dikenal sebagai "uname" atau username. Jadi, DN adalah bentuk nama pengguna tanpa "@", sementara uname menggunakan simbol tersebut di awal.

Asal Muasal Istilah DN

Kata gaul DN di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, merupakan singkatan dari "display name" atau nama tampilan. Istilah ini menjadi populer karena pengguna sering berbicara tentang atau merujuk kepada nama tampilan akun lain tanpa perlu menggunakan simbol "@", yang secara tradisional digunakan untuk menandai atau merespons pengguna secara langsung.

Di media sosial, DN memungkinkan pengguna untuk menyebut atau menyebutkan orang lain dengan cara yang lebih santai atau non-formal, karena tidak memicu notifikasi seperti yang terjadi ketika menggunakan uname (username dengan "@").

Hal ini sering digunakan dalam diskusi informal atau ketika mengomentari postingan tanpa ingin langsung mengaitkan komentar dengan akun tertentu secara eksplisit. Selain itu, DN juga bisa digunakan untuk menghindari pemberitahuan otomatis pada saat menyebut pengguna lain dalam konteks yang mungkin sensitif atau pribadi.

Contoh Penggunaan Istilah DN

Berikut ini adalah dua contoh percakapan di X/Twitter yang menyertakan istilah DN:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross