bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

DL

DL adalah singkatan dari "Derita Lo," sebuah istilah gaul yang biasa digunakan untuk mengejek atau bercanda dengan seseorang yang sedang mengalami kesulitan atau nasib buruk.

Asal Muasal Istilah DL

Asal usul kata "Derita Lo," yang biasa disingkat sebagai DL, bermula dari penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi sehari-hari di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Frase "Derita Lo" secara harfiah berarti "penderitaanmu" atau "kesulitanmu" dalam Bahasa Indonesia.

Penggunaannya sebagai ejekan atau ungkapan sindiran menggambarkan situasi seseorang yang sedang mengalami kesulitan, sering kali dengan nada humor atau cemoohan ringan. Ini mencerminkan kebiasaan dalam beberapa komunitas untuk merespons situasi tidak menguntungkan dengan humor sebagai cara untuk mengurangi ketegangan atau untuk menunjukkan solidaritas ironis.

Seiring waktu, ungkapan ini menjadi populer di media sosial dan percakapan sehari-hari, menjadi bagian dari slang yang lebih luas yang digunakan untuk mengekspresikan empati, sindiran, atau humor tergantung pada konteksnya.

Contoh Penggunaan Istilah DL

Berikut adalah contoh penggunaan istilah DL dalam percakapan sehari-hari dan interaksi di X/Twitter:

Contoh 1:

A: Apes banget gue baru sampe udah keujanan.

B: Ya DL deh!

A: Apaan DL?

B Derita lo, jir.

Contoh 2:

cross