bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Delvote

Delvote adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemungutan suara guna menghapus tweet atau konten di platform X yang melanggar aturan atau memicu konflik. Dengan adanya fitur ini, komunitas dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan digital yang aman dan kondusif.

Tweet atau konten akan dihapus secara otomatis setelah mencapai 10 suara. Setiap pengguna hanya memiliki satu suara untuk setiap kasus.

Asal Muasal Istilah Delvote

Istilah Delvote merupakan kombinasi dari dua kata yaitu "detete" dan "vote". istilah ini muncul dari pengamatan bahwa platform media sosial sering kali kewalahan dengan volume konten yang harus dimoderasi.

Skandal dan kritik publik terkait dengan penyebaran informasi palsu, ujaran kebencian, dan konten yang mengganggu lainnya memicu X/Twitter untuk mencari solusi yang melibatkan pengguna lebih langsung dalam proses moderasi.

Oleh karena itu, Delvote dibuat sebagai cara untuk mengatasi masalah ini dengan melibatkan komunitas dalam keputusan tentang apa yang dianggap tidak pantas atau berbahaya.

Contoh Penggunaan Istilah Delvote

Ini adalah beberapa contoh penggunaan istilah delvote dalam percakapan yang berlangsung di X/Twitter:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross