Bacaterus / KPOP / Mari Mengenal Definisi dan Istilah-istilah Fanfiction

Mari Mengenal Definisi dan Istilah-istilah Fanfiction

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2018

Sebelum membahas istilah-istilah yang digunakan dalam fanfiction, alangkah baiknya jika kita mengetahui lebih dalam terlebih dahulu arti dari kata fanfiction sendiri. Jadi, apa itu fanfiction?

Fanfiction atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘FF’ atau ‘fanfic’ adalah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar. Setiap karya yang dibuat merupakan cerita tentang para tokoh nyata (aktor/aktris, penyanyi, idol, dan karakter terkenal lainnya) maupun tokoh fiksi (diambil dari cerita pendek, novel, film, dan sebagainya).

Sedangkan latar yang digunakan bisa diambil dari ada dunia nyata (RL—real life) maupun tidak nyata alias dibuat sendiri oleh penggemar atau diluar dari latar yang dibuat dari sang pembuat karya asli (AU—Alternate Universe).

Namun, perlu digaris bawahi bahwa penulisan fanfiction jarang diberi kuasa oleh pemilik karya asli, pembuat, penerbit (jika tokohnya merupakan tokoh fiksi) ataupun oleh orang pemilik nama yang digunakan dalam cerita (jika tokohnya merupakan individu dalam kehidupan nyata).

Cerita-cerita yang dibuat juga hampir tidak pernah dipublikasikan secara profesional dan hanya dipublikasikan di internet. Karenanya, untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, terdapat terms and conditions pada setiap fanfiction yang akan diterbitkan di internet harus menambahkan sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa penulis fanfiction tidak memiliki hak atas tokoh-tokoh yang ada dalam cerita yang dibuatnya atau yang biasa disebut disclaimer.

fanfiction

Selain menambahkan disclaimer—semacam pengakuan hak cipta untuk penulis aslinya, para penulis fanfiction juga dapat menghindari protes atau pertanyaan dari para fans lain atau para pembaca dengan memberikan catatan-catatan ‘peringatan’ atas cerita yang mereka buat dan improvisasi yang mereka gunakan dalam karya-karyanya.

Pasalnya, tak jarang para penulis fanfiction menyertakan pencipta asli dari karya yang digunakan sebagai salah satu karakter atau nama orang lain sebagai karakter cerita (OC—Original Character) di dalam fanfiction mereka yang dapat menuai protes dari para fans lain atau para pembaca.  Akan tetapi, ada pula yang tidak menyertakan tokoh OC dan hanya menggunakan tokoh-tokoh yang sudah ada.

Latar atau plot dalam fanfiction bisa merupakan RL atau Real Life dari para karakter yang sudah ada, misalnya dalam fanfiction mengenai novel ‘The Hunger Games’, penulisnya menggunakan karakter Katniss Everdeen yang tinggal di Distrik 12—sesuai dengan cerita aslinya. Tapi, para penulis fanfiction bisa juga menggunakan latar hasil imajinasi mereka sendiri, disebut dengan AU atau Alternate Universe.

Jika para penulis menggunakan konsep AU, maka mereka bebas berimajinasi tentang karakter kesayangan mereka. Misalnya, mereka tetap menggunakan karakter Katniss Everdeen tapi tempat tinggalnya ada di Amsterdam, merupakan seorang gadis sekolahan, dan sebagainya yang melenceng dari penokohan aslinya.

Jika sifat atau karakterisasi tokoh yang digunakan berbeda dari karya atau orang aslinya, maka karakter itu disebut OOC atau Out of Character. Istilah-istilah lainnya akan dibahas nanti.

Fanfiction merupakan sebuah art-project yang menyenangkan bagi para fans yang berhubungan dengan karakter ataupun selebritis pujaan mereka. Karena tak jarang para penggemar kecewa dengan cerita yang dibuat oleh penulis asli atau kehidupan yang dijalani oleh selebritis favorit mereka, sehingga, dengan menulis fanfiction, para penggemar bisa dengan bebas mengekspos imajinasi mereka dan membuat cerita tentang karakter atau selebritis kesayangan mereka dalam versi mereka sendiri.

Sepertinya sudah cukup penjelasan mengenai fanfiction, sekarang, mari kita bahas istilah-istilah yang digunakan di dalamnya.

Rating

Rating adalah klasifikasi berdasarkan adegan-adegan, penggunaan bahasa, dan unsur-unsur lain yang berada dalam sebuah fanfiction. Para penulis fanfiction diharuskan menulis tahapan usia yang sesuai untuk membaca karya mereka. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating atau Motion Picture Association of America yang digunakan dalam rating film. Rating terdiri atas:

  • G — General Audience (Semua Umur)
  • PG — Parental Guidance Suggested (Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak)
  • PG-13 — Parents Strongly Cautioned (Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak di bawah usia 13)
  • R — Restricted (Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua. Usia bervariasi, tergantung kultur di masing-masing tempat)
  • NC-17 — No One 17 and Under Admitted (Jelas-jelas tidak boleh dibaca oleh mereka yang berusia di bawah 17 tahun)
  • M — Mature (FF mengandung mature content)

Panjang atau Length

Panjang atau length setiap fanfiction dapat beragam, tergantung keinginan sang penulis dan tidak ada sangkut pautnya dengan karya aslinya.

  • Drabble — Terdiri dari 100-200 kata. Meskipun tidak tepat berjumlah 100-200 kata, yang penting drabble itu sangat pendek.
  • Ficlet — Lebih panjang dari drabble. Kira-kira sekitar 500-800/900 kata.
  • Oneshot — Dalam dunia penulisan biasa, dikenal sebagai cerpen. Biasanya terdiri dari 2000-3000 kata. Tapi juga bisa sampai beribu-ribu kata, asal langsung tamat.
  • Double shot/Two shots — Cerita oneshot yang terdiri atas dua bagian.
  • Short story — Cerita bersambung yang hanya memiliki chapter/section/part lebih sedikit dari Chaptered Fic. Short story biasanya hanya terdiri dari 4-5 shots.
  • Chaptered/Series Fic — Seperti novel. Memiliki banyak sekali chapter, konflik boleh lebih dari satu. Chapternya pun bebas, tidak ada batasan.

Latar dan Karakterisasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, latar dan karakterisasi dapat mengikuti cerita asli atau jalan kehidupan nyata. Akan tetapi, dapat juga merupakan hasil imajinasi dari penulis fanfiction tersebut. Berikut beberapa istilah dan penjelasannya:

  • Universe

Ruang, tokoh, dan inti cerita sama dengan karya asli, tetapi setiap cerita bisa tidak berkesinambungan. Tokoh dan konteksnya sama walaupun banyak bagian dalam fanfiction itu, tetapi kita bisa tetap mengerti walau hanya membaca satu bagian saja karena ceritanya tidak bersambung.

  • Crossover

Fanfiction yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Star Wars. Tidak hanya karakter, elemen cerita juga dapat digabungkan (dua dunia digabung), seperti Batman dengan Lord of the Rings.

Genre

Terdapat banyak sekali genre cerita yang dapat dibuat dalam fanfiction, malah hampir tidak terbatas. Para penulis fanfiction juga dapat menggabungkan beberapa genre sesuai dengan keinginan mereka.

  • Action/Adventure — Fanfiction yang berisi cerita tentang petualangan tokohnya dengan kemungkinan adegan perkelahian/pertempuran.
  • AU (Alternate Universe) — Fanfiction yang situasi (lokasi dan karakterisasi)-nya berbeda dengan yang dibangun dalam canon-nya. Canon adalah kehidupan sebenarnya atau cerita aslinya.
  • Angst — Fanfiction yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik, dan mental yang membuat pembacanya dapat merasakan perasan yang sesak dan dapat menitikkan air mata.
  • Band Fic — Fanfiction yang yang memfokuskan pada keseluruhan grup tokoh yang digunakannya. Biasanya dari grup selebritis atau idol di dunia nyata.
  • Bromance — Fanfiction yang di mana tokoh laki-lakinya menunjukkan sifat kasih sayang kepada tokoh laki-laki lainnya, tapi tetap straight.
  • Brothership — Fanfiction yang berkisah tentang hubungan tokoh laki-laki dengan tokoh laki-laki lainnya sebagai kakak atau adik.
  • Comedy/Humor — Fanfiction yang mengandung unsur komedi atau humor.
  • Crack — Fanfiction dengan plot cerita yang mengejutkan, tiba-tiba berubah, dan tidak umum. Ada juga istilah Crack-pair atau pasangan yang tidak umum, misalnya tokoh Hermione dari novel Harry Potter dipasangkan dengan Thomas dari novel Maze Runner.
  • Crossgender atau Gender Switch (GS) — Fanfiction dengan tokoh berubah gender dari karakter atau tokoh aslinya.
  • Death Fic — Fanfiction yang tokoh utama atau salah satu tokohnya mati dengan tragis atau sering juga ditambahkan frasa death chara (karakter yang mati) pada keterangannya.
  • Drama — Fanfiction yang mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat para pembaca terhanyut dalam cerita.
  • Divergence — Fanfiction yang awalnya dimulai dari fakta yang sama dengan karakter aslinya, kemudian pada titik tertentu berbelok, memasuki situasi karangan penulisnya yang berbeda dengan karakter aslinya.
  • Family — Fanfiction yang berkisah tentang hubungan kekeluargaan.
  • Fantasy — Fanfiction di mana penulisnya menciptakan dunianya sendiri. Sebuah dunia alternatif yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu, seperti cerita tentang vampire, werewolf, legenda Yunani, dan sebagainya.
  • Fluff — Fanfiction yang pendek dengan cerita yang manis/menyenangkan dan berakhir happy ending.
  • Friendship — Fanfiction yang berkisah tentang persahabatan.
  • Gore — Fanfiction yang penuh dengan darah, kekerasan, pembunuhan, dan sejenisnya.
  • Het Fic atau Straight — Fanfiction berkisah tentang hubungan normal (straight) antara laki-laki dan perempuan.
  • Historical — Fanfiction yang mengambil latar waktu berbeda. Waktu/masa dalam cerita fanfiction itu berbeda dengan waktu/masa pada cerita yang nyata.
  • Horror — Fanfiction yang berisikan cerita seram dan menakutkan.
  • Hurt/Comfort — Fanfiction yang memiliki sisi kesedihan tapi juga memiliki sisi menyenangkan
  • Married-life — Fanfiction yang berkisah tentang kehidupan tokohnya di dalam sebuah pernikahan.
  • Mystery/Suspense — Fanfiction yang berisikan cerita misteri/menegangkan.
  • Non-Canon — Fanfiction yang berkisah tentang hal-hal yang bertentangan dengan kehidupan karakter aslinya.
  • Psychology — Fanfiction yang berisikan unsur-unsur psikologi seperti kepribadian ganda, anxiety, OCD, dan gangguan kejiwaan lainnya.
  • PWP (Plot What Plot) — Fanfiction yang tidak memiliki plot yang jelas dan biasanya sangat pendek.
  • Romance — Fanfiction yang berkisah tentang percintaan.
  • Sad — Fanfiction yang berakhir (atau sepanjang alur ceritanya) menyedihkan.
  • Science Fic — Fanfiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti sains dan IPTEK yang melibatkan teknologi dan hal-hal yang modern.
  • School-life — Fanfiction yang berkisah tentang kehidupan dengan latar sekolahan.
  • Song Fic — Fanfiction yang terinspirasi dari lagu.
  • Slash Fic — Fanfiction yang mengandung hubungan percintaan antara sesama jenis.
  • Smut — Fanfiction yang berisi penggambaran adegan intim.
  • Supernatural — Fanfiction yang bercerita mengenai kemampuan yang di luar batas kemampuan manusia, agak mirip dengan Fantasy.
  • Thriller — Fanfiction yang fokus pada adegan yang dipenuhi kejutan dengan alur cepat dan melibatkan ancaman fisik pada karakter-karakternya.
  • Tragedy — Fanfiction yang menceritakan kesedihan dan hal-hal tragis yang menguras air mata.
  • Yaoi atau Male Slash Fic — Fanfiction yang mengkisahkan hubungan homoseksual atau Boy Love (BL) atau shounen-ai. Mirip seperti Bromance.
  • Yuri atau Female Slash Fic — Fanfiction yang mengkisahkan hubungan lesbian atau shoujo-ai.

Istilah-istilah lainya

Selain keempat istilah tadi, terdapat beberapa istilah yang sering muncul dalam fanfiction, yaitu:

  • Beta-read — Istilah untuk orang yang membaca ulang fanfiction orang lain, mengubah dan memperbaiki kesalahan diksi, struktur, penggunaan punctuation, huruf besar, keefektifan kalimat, dan lain sebagainya. Orang yang mem-beta-read dinamakan beta-reader.
  • Canon — Cenderung pada sifat, karakter, peristiwa, plot, yang terjadi secara nyata dalam sumber resmi yang mendasari suatu fanfiction.
  • Disclaimer — Pernyataan untuk mendisklaim sesuatu dalam fanfiction bahwa itu bukan orisinil milik penulis. Seperti tokohnya ataupun plot ceritanya.
  • DLDR — Don’t Like Don’t Read. Biasanya suka ada tulisan DLDR di awal FF, ditujukan untuk mengingatkan pembaca FF bahwa jika tidak menyukai ceritanya, karakternya, dll lebih baik tidak usah dibaca.
  • Fanon — Informasi atau karakterisasi yang belum pernah dikonfirmasi, tapi diterima oleh para penggemarnya.
  • OC (Original Character) — Istilah untuk karakter orisinil yang dibuat dengan imajinasi penulis fanfiction.
  • OOC (Out Of Character) — Istilah untuk karakter yang dibangun di luar karakter aslinya.
  • OTP (One True Pairing) — Bisa disebut tokoh pasangan kesukaan penulis fanfiction.
  • POV (Point of View) — Sudut pandang yang dipakai si penulis dalam menjabarkan ceritanya.
  • RnR (Read and Review) — maksud dari RnR adalah sang penulis FF ingin para pembaca meninggalkan komentar (review) setelah membaca (read), dan tidak pasif untuk memberikan tanggapan mereka mengenai FF tersebut.

Nah itulah definisi fanfiction dan istilah-istilah yang digunakan di dalamnya yang telah dirangkum oleh BacaTerus. Jika Anda ingin mempublikasikan fanfiction Anda, bisa mengunjungi Wattpad, FFN, ataupun menulisnya di blogspot atau akun Tumblr. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Mari Mengenal Definisi dan Istilah-istilah Fanfiction”

Tinggalkan komentar