Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / Beracun & Berisi Tengkorak, Inilah 10 Danau Terseram di Dunia

Beracun & Berisi Tengkorak, Inilah 10 Danau Terseram di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang berisi air tawar maupun asin. Biasanya, danau dikelilingi dengan daratan dan tidak seluas laut. Di Indonesia, banyak danau-danau cantik yang cukup terkenal, sebut saja Danau Toba, Danau Kelimutu, Danau Singkarak, dan masih banyak lagi.

Namun, tahukah Anda bahwa di beberapa negara terdapat danau-danau seram? Keseraman danau tersebut berasal dari misteri yang meliputi danau tersebut, sampai dengan kandungan-kandungan berbahaya yang terdapat pada air danau tersebut. Bacaterus sudah merangkum 10 danau terseram di dunia yang wajib untuk Anda ketahui.

10 Danau Terseram di Dunia

1. Lake of Death – Italia

Lake of Death Danau Terseram di Dunia

Sesuai dengan namanya, danau terseram di dunia ini memang bisa menyebabkan kematian bagi mahluk hidup yang masuk ke dalamnya. Danau ini memang terlihat cantik karena gradasi warna kuning, hijau, dan biru. Namun, Lake of Death bukan berisi air asin maupun tawar, melainkan cairan asam sulfur yang mematikan.

Cairan asam dapat mengelupas kulit dan daging manusia. Bahkan, tulang manusia pun bisa larut di dalam danau ini. Bau asam sulfur yang sangat kuat membuat kita harus berjaga jarak dengan danau ini. Konon, menurut mitos yang beredar, biasanya para mafia membuang jasad manusia ke Lake of Death untuk menghilangkan bukti.

2. Roopkund – India

Roopkund

Berbeda dengan danau-danau lainnya, Roopkund adalah danau yang sangat dangkal di Himalaya. Meskipun dangkal, Roopkund dikenal sebagai salah satu danau terseram di dunia. Di danau ini sering ditemukan sejumlah kerangka manusia di dasarnya. Tulang manusia yang sudah berusia ratusan tahun tampak mengendap di dasar danau.

Diperkirakan bahwa sampai saat ini masih ada sekitar 300 kerangka manusia di dalam Roopkund. Bahkan, hingga sekarang tidak ada yang mengetahui penyebab pasti mengapa ada banyak kerangka manusia di danau yang dangkal ini.

3. Kivu Lake – Rwanda, Afrika Tengah

Kivu Lake

Danau Kivu berada di perbatasan antara Republik Demokratik Kongo dengan Rwanda, Afrika Tengah. Danau dengan kedalaman 480 meter ini menjadi danau terdalam ke-18 di dunia. Danau Kivu sendiri merupakan kumpulan dari danau-danau kecil. Karena fenomena geologi, danau-danau kecil tersebut dapat meledak saat terjadi aktivitas volkano.

Air di danau ini juga sangat berbahaya karena mengandung gas karbon dioksida yang cukup tinggi hasil produksi bakteri-bakteri dari dasar danau. Walaupun danau ini berisiko meledak, namun masih ada penduduk yang tinggal di sekitar Danau Kivu.

4. Cameron Lake – Kanada

Cameron Lake

Belum cukup seram dengan Danau Roopkund di Himalaya? Cobalah berpelesir ke Cameron Lake di Kanada. Salah satu danau terseram di dunia ini pernah memiliki tragedi kelam.

Sebuah pesawat jatuh dan tenggelam di danau. Bangkai pesawat baru ditemukan satu dekade kemudian, tepatnya pada tahun 1983. Saat ditemukan, masih terdapat empat mayat di dalam bangkai pesawat tersebut.

Urban legend yang tersebar di penduduk sekitar danau juga membuat Cameron Lake terlihat lebih menyeramkan. Konon, ada monster berwujud ular besar yang hidup di danau ini. Monster tersebut sesekali naik ke permukaan untuk bernafas lalu kembali tenggelam.

5. Karachay Lake – Rusia

Karachay Lake

Sebuah danau cantik di Rusia ini adalah salah satu tempat paling tercemar di dunia. Di balik kecantikan danau ini, ternyata ada fakta yang cukup mengerikan dan membuat Anda ogah untuk datang ke sana. Danau Karachay adalah tempat pembuangan limbah nuklir. Radiasi yang sangat tinggi dari danau ini bisa membunuh manusia dalam waktu satu jam saja.

Di tahun 1968 saat terjadi kekeringan, debu di sekitar danau ini terbawa angin hingga ke pemukiman warga. Akibatnya, satu juta orang yang berada di sekitar danau terinfeksi karena paparan debu yang mengandung radiasi.

6. Gardner Lake – Connecticut

Gardner Lake

Gardner Lake dikenal karena dua hal, sebagai destinasi memancing yang asyik dan tempat yang angker. Kisah angker Gardner Lake memang sudah sangat terkenal di seluruh Amerika Serikat.

Dahulu, ada seorang pria yang ingin memindahkan rumahnya ke seberang danau. Entah bagaimana caranya pria tersebut menempatkan rumahnya di sebuah kereta luncur besar dan mendorongnya di atas danau yang membeku karena musim salju.

Di tengah perjalanan, permukaan danau yang menjadi es retak dan pecah. Pria itu jatuh dan tenggelam ke dasar danau, sementara rumahnya masih ada di atas permukaan. Menurut cerita yang beredar, sering terdengar orang bermain piano dari tengah danau. Padahal, siapa yang mungkin membawa piano ke tengah danau di malam hari?

7. Nyos Lake – Kamerun, Afrika Barat

Nyos Lake

Satu lagi danau terseram di dunia yang mengandung karbon dioksida yang sangat tinggi, yaitu Nyos Lake di Kamerun, Afrika Barat. Gas CO2 yang terdapat di dalam air akan berubah menjadi asam karbonat, senyawa kimia yang cukup mematikan.

Di tahun 1986, Nyos Lake pernah meledak karena reaksi senyawa kimia berbahaya di dalamnya sudah terkumpul dan menjadi padat. Ibaratnya, gas CO2 yang terkumpul di dalam air akan meledak seperti botol sampanye yang dikocok, lalu tutupnya dibuka. Pada peristiwa di tahun 1986 tersebut, ribuan penduduk di sekitar danau dan ternaknya meregang nyawa.

8. Yellowstone Lake – Amerika Serikat

Yellowstone Lake

Berada di Taman Nasional Yellowstone, Danau Yellowstone ini sebenarnya seperti bom waktu. Pasalnya, danau ini berada di kawasan gunung berapi yang sangat aktif. Para ilmuwan menemukan sejenis kubah api aktif seluas 100 kaki di dasar danau.

Sudah 25 kali danau ini meledak dalam kurun waktu 25 ribu tahun terakhir. Jika danau ini meledak sekali lagi maka 100 ribu galon air mendidih akan muncrat dan menyebabkan gelombang pasang yang berpotensi mematikan bagi semua mahluk hidup yang terkena air panasnya itu.

9. Loch Ness – Skotlandia

Loch Ness

Walaupun belum tentu terbukti kebenarannya, mitos yang menaungi Loch Ness cukup membuat Anda bergidik ngeri. Loch Ness masuk dalam daftar danau terseram di dunia karena konon terdapat monster-monster mengerikan yang hidup di dalamnya.

Menurut mitos yang beredar, monster-monster di dasar danau tidak segan untuk mencelakakan kapal yang melintasi danau itu. Penampakan monster di Danau Loch Ness pertama kali dilaporkan pada tahun 1934.

10. Angikuni Lake – Kanada

Angikuni Lake

Seram dan misterius, itulah dua kata yang mampu mendeskripsikan Angikuni Lake di Kanada. Danau ini dianggap sebagai tempat terseram karena di tahun 1930, seorang wartawan wanita menulis tentang sebuah desa kecil di tepi Danau Angikuni.

Yang membuat Anda merinding, beberapa waktu setelah tulisan itu keluar, seorang pedagang menemukan desa itu tetapi ia tidak menemukan adanya aktivitas mahluk hidup desa tersebut. Si pedagang menemukan hewan yang mati dan makanan yang tampak baru dimakan separuh.

Tampak seperti semua warga desa baru saja lenyap tak berbekas. Yang menjadi pertanyaan, ke mana penduduk desa tersebut padahal tidak terjadi bencana apapun di sekitar danau?

Berani berkunjung ke 10 danau terseram di dunia ini? Danau-danau ini menyimpan kisah misterinya tersendiri. Bahkan, sekalipun tidak mengandung unsur mistis di dalamnya, beberapa danau dalam daftar ini bisa berisiko menghilangkan nyawa Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *