Bacaterus / Tempat Unik / Antara Takjub dan Ngeri, Inilah 10 Danau Terdalam di Dunia

Antara Takjub dan Ngeri, Inilah 10 Danau Terdalam di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau bumi dikategorikan berdasarkan wilayahnya akan terbagi ke dalam dua bagian yaitu daratan dan lautan atau perairan. Wilayah daratan hanya sekitar 30% dari bumi ini. Sebagai tempat tinggal bagi manusia, daratan juga menyimpan banyak keunikan yang belum sepenuhnya diketahui oleh manusia, apalagi lautan yang dianggap hanya 10% yang berhasil diteliti.

Danau adalah wilayah di daratan bumi berbentuk cekung dan terisi dengan air. Proses terbentuknya danau bisa terjadi karena letusan gunung berapi, aktivitas penambangan atau dibuat oleh manusia. Dari banyaknya danau di dunia, ada beberapa yang termasuk ke dalam kategori danau terdalam. Antara takjub dan ngeri, inilah 10 danau terdalam di dunia. Simak ulasannya berikut ini!

1. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal merupakan danau terdalam yang ada dunia. Lokasinya berada di Rusia, tepatnya dekat dengan perbatasan antara Rusia dan Mongolia. Kedalamannya mencapai 1.637 meter dan diprediksi sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Hal itu membuat ia mendapat julukan Pearl of Siberia. Bangsa Mongol malah menganggapnya sebagai laut suci.

Di sekitar Danau Baikal ada 27 pulau yang kebanyakan nggak berpenghuni. Danau ini dikenal dengan kejernihannya, ketika musim panas akan dipenuhi oleh es meleleh yang mengalir dari pegunungan Siberia. Ada banyak kekayaan hayati di danau ini yang membuatnya dianggap sebagai Galapagos-nya Rusia.

2. Danau Tanganyika, Burundi, Kongo, Zambia dan Tanzania

Danau Tanganyika, Burundi, Kongo, Zambia dan Tanzania

Danau Tanganyika merupakan danau terdalam kedua di dunia dengan kedalaman 1.470 meter. Bukan hanya dalam tapi danau ini juga mempunyai luas yang luar biasa dengan berada di empat wilayah negara yaitu Burundi, Kongo, Zambia dan Tanzania. Hal tersebut membuatnya menjadi danau terbesar dan terdalam di Afrika.

Terletak di daerah tropis dan kedalaman yang curam menjadikan air di Danau Tanganyika nggak membuat adanya umbalan, sehingga airnya dikenal dengan air fosil yang bersifat kurang oksigen. Danau ini punya 300 spesies ikan cichild dan 150 spesies ikan non-cichild. Warga di sekitar danau menjadikan tempat ini sebagai mata pencaharian dengan profesi sebagai nelayan.

3. Laut Kaspia, Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia dan Turkmenistan

Laut Kaspia, Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia dan Turkmenistan

Bagi yang belum tahu, pasti akan kebingungan mengklasifikasikan Laut Kaspia sebagai danau. Laut Kaspia disebut sebagai danau karena karakteristiknya yang dikelilingi oleh daratan. Danau ini mempunyai kedalaman 1.025 m dan luas sekitar 371.000 km2 yang menjadikannya sebagai danau terluas di dunia.

Nama Kaspia berasal dari bahasa Persia yaitu Caspi untuk menyebut suku pedalaman yang hidup di wilayah barat Laut Kaspia. Selain itu, danau ini juga pernah disebut Samudera Hyrcania. Laut Kaspia terbentuk 5,5 juta tahun yang lalu setelah terpisah dari Danau Aral. Saat ini diperkirakan ada 1.800 spesies fauna yang hidup di Laut Kaspia.

4. Danau Nyasa, Malawi, Mozambik dan Tanzania

Danau Nyasa, Malawi, Mozambik dan Tanzania

Danau Malawi mempunya beberapa nama lain yaitu Danau Nyasa, Danau Niassa atau Lago Niassa bagi orang Mozambik. Danau ini terletak di perbatasan tiga negara yaitu Malawi, Mozambik dan Tanzania tepatnya di Great Rift Valley. Danau ini sudah terbentuk jutaan tahun yang lalu akibat adanya pergerakan tektonik kuno dari kerak bumi.

Dengan kedalaman mencapai 706 meter, ada sekitar 1.000 spesies ikan yang hidup di Danau Malawi. Bagi penduduk yang menganut agama Malawi, Danau Malawi ini adalah sumber kehidupan. Hal tersebut nggak mengherankan mengingat sebagian besar penduduk yang tinggal di tepian danau berprofesi sebagai nelayan.

5. Danau Issyk-Kul, Kirgizstan

Danau Issyk-Kul, Kirgizstan

Danau Issyk-Kul berada di wilayah pegunungan Tian Shan, timur laut Kirgizstan. Danau ini mempunyai panjang 170 km dan lebarnya 70 km sedangkan kedalamannya adalah 668 m. Menurut penduduk lokal danau yaitu Dungan, Issyk-Kul berarti panas. Danau ini memiliki kedalaman yang ekstrim dan kadar garam yang ringan sehingga suhu di sekitar danau hampir selalu hangat.

Di Kirgizstan, Danau Issyk-Kul menjadi salah satu obyek wisata yang paling menarik banyak perhatian. Wisatawan dapat melihat bagaimana cara elang berburu, kegiatan memanah, sampai melihat matahari terbenam. Bagi yang ingin datang dan memahami karakter penduduk lokal bisa langsung menuju desa tempat suku Dungan yang merupakan masyarakat Tiongkok-Muslim.

6. Danau Great Slave, Kanada

Danau Great Slave, Kanada

Danau Great Slave berlokasi di wilayah barat laut Kanada. Danau ini mempunyai panjang 469 km, lebarnya berkisar antara 20 hingga 203 km dan memiliki kedalaman 614 m. Hal tersebut membuat danau ini mempunyai predikat sebagai danau terdalam yang ada di Amerika Utara. Ada tujuh kota yang berada di sekitar danau.

Danau Great Slave mendapat namanya dari bangsa Slavey First Nations yang sudah lama tinggal di sekitar danau. Danau ini merupakan wilayah yang sangat disukai oleh mereka yang hobi mancing dengan banyaknya ikan trout dan pike. Hanya saja dalam setahun, selama delapan bulan danau ini akan tertutupi oleh es.

7. Danau Crater, Amerika Serikat

Danau Crater, Amerika Serikat

Danau Crater terletak di wilayah Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Danau ini terbentuk akibat hasil erupsi gunung Mazama yang terjadi di sekitar tahun 4680 SM. Danau ini berada di ketinggian 2.100 mdpl dan mempunyai kedalaman 594 m. Wilayahnya berada 830 km dari Seattle dan bisa ditempuh dengan jalur darat selama delapan sampai sembilan jam.

Danau Crater pada jaman dahulu dihuni oleh suku asli Amerika yaitu Klamath. Pada tahun 1853, mereka harus mulai berpindah karena wilayahnya semkain ramai didatangi sampai akhirnya di tahun 1902 diresmikan menjadi taman nasional. Air di danau ini dikenal karena kemurniannya yaitu selalu berwarna biru karena bebas dari air sungai yang masuk dan polusi.

8. Danau Matano, Indonesia

Danau Matano, Indonesia

Danau Matano berlokasi di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini berada di ketinggian 382 mdpl serta mempunyai kedalaman 590 m. Hal tersebut membuat danau ini menjadi danau terdalam di Asia Tenggara berdasarkan versi WWF.

Danau Matano merupakan jenis danau tektonik atau danau yang terbentuk karena adanya penurunan muka bumi akibat pergeseran atau patahan. Diperkirakan kejadian tersebut terjadi antara satu sampai empat juta tahun yang lalu. Keberadaan danau ini dimanfaatkan untuk banyak hal, dari mulai sumber air minum, PLTA, pariwisata, transportasi sampai penelitian.

9. Danau Toba, Indonesia

Danau Toba, Indonesia

Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan, Provinsi Sumatera Utara. Panjangnya 100 km, lebar 30 km dan kedalamannya mencapai 505 m. Danau ini terbentuk karena adanya letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun lalu. Letusan tersebut kemudian dikenal dengan nama Teori Bencana Toba yang dianggap sebagai letusan eksplosif terbesar di bumi.

Keindahan Danau Toba yang begitu luas menjadi magnet bagi para wisatawan. Pulau Samosir merupakan salah satu yang paling dicari karena letaknya yang berada di tengah danau. Selain itu, ada juga pendakian gunung dan berlayar dengan menggunakan kapal layar, berenang dan berendam di air hangat.

10. Danau Sarez, Tajikistan

Danau Sarez, Tajikistan

Danau Sarez terletak di Distrik Rushon, Provinsi Gorno-Badakhshan, Tajikistan. Ia memiliki panjang sekitar 75 km dengan kedalaman 505 m. Danau Sarez merupakan jenis danau tektonik yang terbentuk karena adanya gempa bumi pada tahun 1911 yang membuat sebuah daerah longsor dan diisi air secara natural dan menjadi danau.

Memiliki pemandangan indah khas danau dan bukit-bukit tinggi di sekitarnya nggak membuat Danau Sarez menjadi primadona. Berada di lokasi yang rawan gempa justru membuat danau ini seperti terpencil. Nggak banyak penduduk yang hidup di dekat danau, begitu pun para peneliti jarang datang ke lokasi danau kecuali di musim panas.

Dari 10 danau terdalam di dunia, ternyata dua di antaranya ada di Indonesia. Ada yang pernah berkunjung ke sana? Pastinya, ada hal menarik yang kamu temukan ketika berkunjung ke sana. Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *