Bacaterus / Tempat Unik / 10 Danau Terbesar di Dunia dengan Pemandangan yang Indah

10 Danau Terbesar di Dunia dengan Pemandangan yang Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di seluruh dunia ini terdapat banyak danau. Danau-danau ini bisa ditemukan di di permukaan laut, puncak gunung, dan di mana-mana di antara keduanya. Danau bisa berupa air tawar atau air asin, cekungan endorheik atau mempunyai outlet, purba atau buatan manusia. Danau-danau di seluruh dunia memiliki variasi untuk hal kedalaman, panjang dan volume.

Mungkin sekarang kamu masih belum bisa berjalan-jalan atau traveling, tapi kalau nanti kamu tertarik untuk traveling, berikut ini adalah 10 danau terbesar di dunia yang bisa kamu masukan ke dalam bucket list untuk dikunjungi saat liburan. Apa saja danaunya? Cek daftarnya di sini, ya.

1. Laut Kaspia

Laut Kaspia

Secara teknis, Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia. Laut Kaspia merupakan badan air daratan tertutup terbesar di dunia. Total luas permukaannya adalah 371.000 kilometer persegi. Laut Kaspia ini menampung 78.200 km kubik air juga merupakan danau terdalam ke-3 di dunia.

Danau ini bagian terdalamnya mencapai 1.025 m di bawah permukaan. Adapaun kedalaman rata-ratanya adalah 211 m. Laut Kaspia mempunyai “cekungan endorheik” diakibatkan tidak adanya arus keluar. Cekungan danau ini berada di Iran, Turkmenistan, Kazakhstan, Azerbaijan dan Rusia.

2. Danau Superior

Danau Superior

Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar yang memiliki luas permukaan 82.170 km2. Ukuran ini lebih besar dibandingkan gabungan antara Massachusetts, Vermont, Rhode Island, New Hampshire, dan Connecticut.

Superior mempunyai panjang sekitar 563 km, lebar 257 km, dan mencapai kedalaman maksimum 400 m. Usia Danau Superior adalah 10.000 tahun dan merupakan rumah bagi sekitar lima puluh delapan spesies anggrek.

Tiap musim gugur, burung yang bermigrasi yang melewati pantai utara danau tak terhitung banyaknya, mencapai hingga 100.000. Setiap musim dingin, Danau Superior menjadi danau beku dengan formasi es yang unik, namun kejadian seperti ini tak sering terjadi.

3. Danau Victoria

Danau Victoria

Dikenal juga sebagai Victoria Nyanza, Danau Victoria merupakan danau terbesar di Afrika dengan area permukaan mencapai 68.800 km2. Selain itu, Danau Victoria juga merupakan danau air tawar terbesar kedua di dunia di bawah Danau Superior yang merupakan terbesar di dunia.

Danau in namanya diambil dari nama Ratu Victoria dari Inggris oleh seorang warga Inggris yang bernama John Hanning Speke. Dia adalah orang pertama yang mendokumentasikan danau ini. Sungai Kagera merupakan sungai terbesar yang mengalir ke danau ini, dan hanya dialiri oleh Sungai Nil.

Danau Victoria dikatakan telah benar-benar kering setidaknya tiga kali. Terakhir kekeringan itu terjadi sekitar 17.300 tahun yang lalu tapi kemudian terisi kembali  sekitar 14.700 tahun yang lalu. Ini bisa jadi alasan mengapa danau ini relatif dangkal, dengan kedalaman rata-rata hanya 40 m dan maksimum 84 m.

4. Danau Huron

Danau Huron

Lake Huron juga merupakan salah satu dari Great Lakes dengan ukuran permukaan 59.596 km2. Lokasi danau ini berada di Ontario Kanada dan Michigan Amerika Serikat. Danau ini merupakan  tujuan musim panas yang populer. Banyak orang mendirikan rumah di sepanjang garis pantai sepanjang 2.980 km.

Lebih dari setengah area permukaan Danau Huron berada di Ontario, seperti juga kota terbesarnya yaitu Sarnia. Danau Huron juga adalah rumah bagi pulau danau terbesar di dunia, yaitu Pulau Manitoulin, yang merupakan destinasi wisata populer.

Ada banyak tujuan wisata lain yang berada di sepanjang garis pantai danau, di antaranya Pantai Wasaga, Goderich, Port Huron dan Pantai Sauble. Destinasi lain yang harus dikunjungi saat  mengunjungi danau adalah Thunder Bay National Marine Sanctuary, Bruce Peninsula National Park, dan Mackinac Bridge.

5. Danau Michigan

Danau Michigan

Danau terbesar kelima di dunia, Danau Michigan merupakan danau terbesar ketiga dari Great Lakes dan satu-satunya dari lima danau ini yang berada sepenuhnya di Amerika Serikat. Danau Michigan membentang hampir 500 km melintasi empat negara bagian; Wisconsin, Indiana, Illinois, dan Michigan.

Danau ini memiliki luas permukaan 58.000 km2 merupakan moda transportasi utama, dengan pelabuhan terbesar dengan garis pantainya sepanjang 2.300 km adalah Pelabuhan Chicago. Danau Michigan juga adalah bagian dari industri pariwisata berkat pantai, kapal uap penumpang, dan kegiatan rekreasinyai.

Selain banyaknya pantai, Danau Michigan juga memiliki banyak pulau, taman nasional, taman negara bagian, dan mercusuar. Selain tempat wisata, danau ini juga merupakan tempat yang populer untuk olahraga memancing karena jadi rumah bagi salmon, whitefish, smelt, trout sungai, dan walleye.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika

Fakta Danau Tanganyika sebagai sumber sungai Nil pada pertengahan 1800-an ditemukan oleh penjelajah Inggris Richard Burton dan John Speke. Dan yang mereka pikir sebagai Sungai Nil ternyata adalah Sungai Ruzizi.

Danau Tanganyika mempunyai jarak 677 km dan lebar sekitar 50 km. Danau ini dikenal sebagai danau terdalam sesudah Danau Baikal. Di Danau Tanganyika ditemukan 350 spesies ikan, yang sebagian besar endemik.

Tanganyika juga merupakan bagian dari African Great Lake. Danau ini berada di dataran tinggi Afrika. Sungai Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai menjadi sumber air dari danau ini. Berdasarkan volume air, danau ini merupakan salah satu danau air tawar terdalam dan terbesar di dunia.

Cekungan danau mencakup negara Burundi, Zambia, Tanzania juga Republik Demokratik Kongo, Berdasarkan wilayah, Danau Tanganyika merupakan danau terbesar ke-6 di dunia. Danau ini memiliki luas permukaan 32.893 km2, kedalaman rata-rata 570 m, dan kedalaman maksimum 1470 m.

7. Danau Baikal

Danau Baikal

Dikatakan sebagai danau air tawar tertua yang ada di bumi, Danau Baikal sudah ada selama sekitar 25 juta tahun. Danau ini berada di bagian tenggara Siberia, dan danau dengan kedalaman 1.700 m merupakan danau terdalam di dunia.

Selain itu, Danau Baikal juga didapuk sebagai danau air beku terbesar di dunia dan menampung 20% ​​dari total air tawar bumi. Danau ini dianggap sebagai “Danau Alam” karena terbentuk akibat pergerakan pada zona keretakan tektonik.

Karena sudah ada sejak lama, danau ini dikenal sebagai ‘Galapagos Rusia’. Selain itu, isolasi yang dilakukan orang-orang telah menghasilkan salah satu fauna air tawar paling beragam dan tidak biasa di dunia. Danau Baikal juga dianggap sebagai salah satu danau paling jernih yang ada saat ini.

Dikatakan oleh para ahli geologi, Baikal yang kita lihat hari ini merupakan apa yang terlihat di dasar laut Amerika Utara, Afrika, dan Eropa jutaan tahun yang lalu sebelum ketiganya mulai berpisah. Luas total permukaan danaunya adalah 31.722 km2.

8. Danau Great Bear

Danau Great Bear

Berada 200 km selatan Lingkaran Arktik tepat di Wilayah Barat Laut Kanada, Danau Great Bear merupakan danau terbesar di Kanada, juga terbesar keempat di Amerika Utara dan kedelapan di dunia. Danau Great Bear panjangnya 320 km hingga 175 km lebarnya dan kedalaman 413 m.

Bijih yang mengandung radium dan uranium yang disebut pitchblende merupakan satu penemuan besar yang ditemukan di danau ini. Beberapa bijih yang ditambang di sini dipakai untuk membuat bom atom oleh Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Danau ini sangat ideal untuk dikunjungi di antara bulan Juli dan Agustus, yaitu satu-satunya waktu dalam setahun di mana cuaca stabil. Sejumlah satwa liar bisa dilihat di sekitar area, contohnya Musk-oxen, Beruang Grizzly Tanah Tandus, Caribou, Elang Emas dan Botak, Gyrfalcons juga burung air.

9. Danau Malawi

Danau Malawi

Juga dikenal sebagai Danau Nyasa dan Lago Niassa, Danau Malawi merupakan danau terbesar kesembilan di dunia dan terdalam kedua di Afrika. African Great Lake dengan luas 29.500 km2 ini membentang di sepanjang sebagian besar perbatasan timur Malawi.

Danau ini juga memiliki garis pantai di Mozambik dan Tanzania dan merupakan rumah bagi lebih banyak spesies ikan dibandingkan danau lainnya di planet ini. Malawi mempunyai setidaknya 700 spesies cichlids serta banyak spesies lainnya. 28 spesies siput air tawar dan krustasea juga hidup di sini.

Taman Nasional Danau Malawi, Situs Warisan Dunia UNESCO berada di ujung selatan danau dan diciptakan untuk melindungi ikan dan habitat perairan danau. Juga terdapat beberapa pantai indah di sepanjang garis pantai danau dan dua pulau berpenghuni yang layak dikunjungi.

10. Danau Great Slave

Danau Great Slave

Walaupun Great Slave Lake berada di daftar paling akhir, danau ini merupakan danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman 614 meter. Danau ini luas totalnya sekitar 28.930 km2 dan terletak di Wilayah Barat Laut.

Danau Great Slave juga adalah danau terbesar ke-2 di Wilayah Barat Laut Kanada karena mempunyai panjang sekitar 500 km dan lebar 50 hingga 225 km. Nama danau diambil dari nama orang Indian “Slavey.” Istilah ini merujuk pada kelompok utama orang Dene yang adalah penduduk asli daerah ini.

Great Slave Lake mempunyai permukaan beku sebagian besar sepanjang tahun karena lokasinya, dan danau ini hanya bebas es selama empat bulan. Namun, selama musim dingin, danau ini dipakai sebagai jalan raya es menuju ibukota teritorial Yellowknife.

Daftar danau-danau terbesar di dunia ini tak hanya untuk pengetahuan tapi juga bisa menjadi tujuan untuk wisata. Beberapa danau ini memang memiliki keunikan dan keindahan yang pasti menarik perhatian wisatawan. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu dari danau-danau ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *