bacaterus web banner retina

10 Musuh Godzilla Terkuat, Para Monster Berkekuatan Luar Biasa 

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Godzilla dikenal sebagai makhluk pemusnah dan perusak sekaligus petarung raksasa yang tangguh melawan musuh-musuhnya. Ia adalah Raja Monster legendaris yang mulai dikenalkan pada 1954 melalui film berjudul Gojira.

Film tersebut tidak hanya sukses di Jepang sebagai negara asal, tetapi juga meraih kesuksesan secara global. Kesuksesan tersebut membuat monster berupa kadal raksasa ini menjadi icon hingga akhirnya lahirlah film berseri-seri tentangnya.

Sosok monster ini dikenal sebagai musuh umat manusia, tetapi karakternya telah berkembang menjadi pelindung. Lantas, siapa saja musuh Godzilla terkuat? Jawabannya bisa kamu dapatkan dari artikel berikut ini!

Baca juga: 16 Film Tentang Monster yang Seru dan Paling Menegangkan

1. Ghidorah

musuh godzilla terkuat_Ghidorah_

Ghidorah adalah satu dari beberapa musuh Godzilla terbesar. Makhluk mengerikan ini memiliki tiga kepala berbentuk seperti ular yang mematikan. Dia dapat terbang dan mampu menahan semua yang bisa dilemparkan oleh Godzilla saat pertarungan.

Ghidorah adalah mimpi buruk yang punya kekuatan mematikan, termasuk kekuatan sinar gravitasi. Monster ini juga punya kemampuan regenerasi dan membunuh lawan dengan cara menggigitnya. Ia benar-benar musuh paling kuat yang pernah dihadapi Godzilla.

Ada beberapa Ghidorah yang perlu kamu tahu, yaitu Showa Ghidorah, Keizer Ghidorah, Kotm Ghidorah dan Anime Ghidorah. Masing-masing punya kekuatan mematikan yang dapat membuat Godzilla kewalahan. 

2. Mechagodzilla

musuh godzilla terkuat_Mechagodzilla_

Mechagodzilla menjadi musuh Godzilla berikutnya yang sangat kuat karena hampir membunuh monster raksasa tersebut. Ia memiliki senjata berupa meriam sinar, chest cannon, rudal, eyes cannon yang dapat digabungkan dengan kendaraan lain hingga membentuk Super Mechagodzilla.

Versi original Mechagodzilla disebut juga Showa Mechagodzilla. Versi tersebut digambarkan sebagai pembunuh berhati dingin dan tenang karena tak dapat merasakan emosi. Ia memiliki sinar luar angkasa yang mampu menghancurkan benda-benda apa pun.

Selain Showa Mechagodzilla, ada pula Super Mechagodzilla atau versi terkuat dari spesies ini. Baju besi yang dipakainya mampu menyerap energi berbahaya dari Godzilla.

3. Destoroyah

musuh godzilla terkuat_Destoroyah_

Film Godzilla di tahun 1995 menandai berakhirnya era Heisei dari seri-seri film Godzilla. Ia sekaligus mengenalkan penggemarnya pada salah satu musuh Godzilla paling menakutkan; Destoroyah, yang secara harfiah memang diciptakan untuk menghancurkan monster tersebut.

Makhluk kuat dan mengerikan ini dikenal juga sebagai oxygen destroyer. Dengan kemampuannya itu ia bisa menghancurkan seluruh kota. Bukan itu saja, Destoroyah juga punya kemampuan regenerasi yang luar biasa.

Wujud monster ini sangat menyeramkan dengan sayap, duri dan tanduk yang sangat mengintimidasi. Ia adalah satu dari sedikit kaiju yang bertindak berdasarkan hasrat emosi, bukan naluri. Ia menikmati kehancuran dan kesakitan yang ditimbulkan olehnya sendiri.

4. Gigan

musuh godzilla terkuat_Gigan_

Gigan merupakan salah satu kaiju yang wujudnya sangat mengintimidasi. Ia menjadi penantang atau lawan yang serius bagi Godzilla di masa lalu.

Gigan memiliki senjata berupa buzzsaw yang iconic serta dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar. Senjata lain yang dimilikinya adalah razor disc, laser attack, hooked appendages yang dapat memotong-motong tubuh musuh menjadi setipis pita.

Hingga saat ini, Gigan adalah salah satu lawan Godzilla paling mematikan. Ia beberapa kali bekerjasama dengan monster lain untuk menghadapi Godzilla. Sosoknya terkenal sangat jahat dan kuat. Dengan mata merah menyala, kemunculannya adalah tanda bahaya yang mengerikan. 

5. Space Godzilla

daftar musuh godzilla terkuat_Space Godzilla_

Space Godzilla bukan hanya musuh terkuat, tetapi sekaligus terpintar. Ia lawan paling cerdas yang pernah dihadapi oleh Godzilla.

Kemunculannya pertama kali bisa dilihat pada film era Heisei tahun 1994. Di sana Space Godzilla memperlihatkan kelicikan dan ketangguhannya. Sosok ini punya kemampuan regenerasi dan melindungi diri dari proyektil.

Menariknya, dengan tubuh yang besar, Space Godzilla dapat terbang dan punya kekuatan telekinesis yang dapat mengangkat tubuh besar Godzilla lantas melemparkannya. Monster mengerikan ini punya twirling spiral beam yang membuat Godzilla bertambah kewalahan.

Menariknya, ia sempat menculik anak Godzilla. Untuk melawannya, Godzilla sampai membutuhkan bantuan Moguera. 

6. Megaguirus

daftar musuh godzilla terkuat_Megaguirus_

Megaguirus merupakan capung raksasa yang diceritakan berasal dari periode Karbon. Walau terkesan sebagai serangga kecil, dalam wujudnya yang demikian, ia sangat mengintimidasi dan sulit dikalahkan. Ia punya campuran elemen antara serangga dan reptil, sehingga sangat unik dan kuat.

Ketika pertarungan dengan Godzilla siap dimulai, Megaguirus akan sangat brutal. Makhluk yang punya sifat dasar yang jahat ini akan menghancurkan apa pun dan siapa pun.

Serangan serta sengatannya menjadi ancaman yang tak bisa disepelekan, apalagi ia juga cepat dan lincah. Berkat itu, monster ini dapat menghindari serangan Godzilla. Hebatnya, ia bukan hanya menghindari, tetapi dapat mencegah serangan berikutnya dengan Nuclear Pulse Blast. 

7. Orga

daftar musuh godzilla terkuat_Orga_

Musuh Godzilla terkuat berikutnya ini pertama kali diperkenalkan pada 2000 lalu. Di film Godzilla tahun 2000, ia mulai sebagai Millennian yang kemudian berubah memainkan elemen alien atau fiksi ilmiah.

Monster yang dikenal dengan nama Orga ini tampak seperti Godzilla yang bermutasi secara mengerikan, terutama karena sebagian besar DNA Godzilla ia serap.

Orga awalnya adalah sebuah pesawat UFO milik bangsa alien Milennian yang ditangkap manusia dan disimpan di Area 51. Orga memiliki tangan yang sangat besar sehingga bisa menggali dengan sangat cepat.

Dengan tangan itu pula ia bisa mudah memukul Godzilla hingga terpental. Selain itu karena bentuk mulut Orga yang bisa membesar sampai perut, dia pernah diceritakan hampir melumat Godzilla.

8. Mothra

daftar musuh godzilla terkuat_Mothra_

Bentuknya tampak tidak berbahaya, tapi ketahuilah Mothra merupakan salah satu ancaman paling serius untuk Godzilla.

Mothra tidak sepenuhnya bisa dikatakan sebagai musuh Godzilla karena sewaktu-waktu ia akan menjadi sekutunya. Namun, ketika Godzilla berbalik menjadi ancaman, Mothra datang melindungi umat manusia tanpa keraguan. 

Mothra adalah ratu monster berbentuk larva yang bisa mengalahkan Godzilla. Ia sangat kuat, dapat menghadapi Rodan dan tidak pernah bermain-main dengan musuh. Mothra punya kekuatan mumpuni untuk bertarung.

Dalam beberapa film, ia merupakan sekutu dari Godzilla. Walau bukan lagi sebagai musuh Godzilla, kemampuannya tidak berkurang.

9. Rodan

daftar musuh godzilla terkuat_Rodan_

Rodan merupakan Pteranodon raksasa yang pertama kali dikenalkan pada 1956. Karakter ini menjadi salah satu tokoh utama dalam cerita Godzilla. Ia dikenal sebagai predator yang menakutkan, merusak dan menjadi musuh untuk Godzilla.

Rodan memiliki kecepatan terbang yang super, dapat menciptakan angin topan dengan sayapnya dan mengeluarkan serangan panas. Kekuatan yang dimiliki Rodan bukan hanya itu, karena ia juga dapat menangkis nafas atom Godzilla: kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh kaiju.

Rodan punya struktur paruh dan kuku yang sangat tajam. Tidak heran jika ia sangat mudah menghancurkan gedung-gedung, kendaraan atau tubuh kaiju lainnya. Semua kelebihan itu disempurnakan dengan daya tahan yang kuat.

10. Biollante

musuh godzilla terkuat_Biollante_

Karakter Biollante pertama kali dikenalkan pada 1984. Di sana monster mengerikan ini berhadapan dengan Raja Monster.

Biollante adalah makhluk mengerikan yang menyerupai tanaman. Ia diciptakan oleh seorang ilmuwan yang menggabungkan mawar dengan sel Godzilla dan DNA putrinya yang telah meninggal. Mulai berkembang sebagai bunga mawar raksasa, ia perlahan berevolusi.

Biollante bersifat sangat regeneratif sehingga sulit sekali dibunuh. Pantas saja ia menjadi salah satu musuh terkuat Godzilla dan paling menakutkan.

Selain itu, Biollante juga mampu menyemburkan getah radioaktif ke arah musuh. Kekuatan-kekuatan tersebut membuat Godzilla kewalahan dan bahkan hampir kalah. Ia musuh terbesar yang dihadapi Godzilla selama era Heisei.

Sepuluh musuh Godzilla terkuat yang ada dalam artikel ini tentu punya kekuatan hebat. Masing-masing memiliki senjata dan keutamaan yang dapat membuat Godzilla kewalahan. Selain nama-nama yang sudah disebutkan di atas, Godzilla masih punya beberapa musuh lain. Siapa lagi kira-kira? Share dong! 

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram