bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Lagu Wajib Nasional yang Mengandung Semangat Cinta Tanah Air

10 Lagu Wajib Nasional yang Mengandung Semangat Cinta Tanah Air

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 31 Mei 2021

Menyanyikan lagu wajib nasional, terutama pada momen-momen penting perayaan, secara ajaib bisa membangkitkan rasa bangga dan cinta pada tanah air. Liriknya yang sederhana justru terdengar tulus dan apa adanya. Sementara aransemen musiknya dibuat sedemikian rupa hingga terasa penuh semangat dan haru.

Beberapa daftar lagu wajib nasional di bawah ini tentu bukan lagu baru dan asing. Anda pasti sudah sering mendengarnya dalam berbagai kesempatan. Entah ketika peringatan hari kemerdekaan atau saat di sekolah dulu. Sesuatu yang patut disetujui mengenai lagu wajib nasional ini adalah semua merupakan warisan yang harus dilestarikan.

Peran kita sebagai warga Indonesia adalah menjaga lagu-lagu tersebut agar tetap dikenali dan diperdengarkan kepada generasi yang akan datang. Lalu apa saja beberapa lagu wajib nasional yang dimaksud? Sebagai pengingat tidak ada salahnya kita simak bersama uraian di bawah ini.

1. Indonesia Raya, Ciptaan Wage Rudolf Soepratman

Indonesia Raya merupakan ciptaan W.R Soepratman. Lagu ini pasti sangat akrab di telinga Anda sebab cukup sering diperdengarkan. Anak-anak sekolah minimal pasti hafal dengan lagu nasional yang satu ini karena kerap dinyanyikan saat upacara bendera. Salah satu penggalan liriknya bermakna sangat dalam, seperti pada bagian awal lagu yang berbunyi, “Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku. Di sanalah aku berdiri jadi pandu ibuku.”

Melalui lirik tersebut kita semua kembali diajak mengingat tanah kelahiran, tanah tumpah darah ketika kita semua dilahirkan, yaitu Indonesia. Lagu Indonesia Raya sendiri sebenarnya diciptakan dalam tiga stanza, tapi yang lebih banyak dinyanyikan sampai saat ini hanya satu stanza. Lalu apakah Anda hafal ketiga stanza pada lagu Indonesia Raya?

2. Dari Sabang Sampai Merauke, Ciptaan R. Soerardjo

Salah satu lagu yang harus masuk dalam daftar lagu wajib nasional adalah Dari Sabang Sampai Merauke karya R. Soerardjo. Lagu ini punya ketukan yang cepat sehingga bisa membangkitkan semangat. Liriknya pun tidak terlalu panjang dan dirangkai dengan sederhana tapi punya kandungan yang penting.

Melalui liriknya yang berbunyi, “Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Sambung-menyambung menjadi satu, itulah Indonesia,” kita diajak untuk kembali membangkitkan semangat persaudaraan yang kerap tercerai oleh kepentingan golongan semata. Melalui lagu ini, kita juga diingatkan bahwa perbedaan yang ada tidak menghapus fakta bahwa kita semua saudara satu Indonesia.

3. Bagimu Negeri, Ciptaan R. Kusbini

Lagu wajib nasional berjudul Bagimu Negeri ciptaan R. Kusbini liriknya hanya terdiri atas empat baris, tapi tidak sedikit yang kerap lupa urutannya. Apakah Anda salah satunya? Meski lirik pada lagu ini sangat pendek, makna yang terkandung di dalamnya sampai ke hati. Belum lagi pengemasan aransemen yang pelan dan mendayu, sehingga sangat syahdu didengarkan.

Melalui lirik lagu Bagimu Negeri kita semua diingatkan bahwa hanya Indonesia, negara yang wajib menerima pengabdian, bakti, janji dan jiwa raga kita sebagai warganya.  Hanya kepada Indonesia kita diminta untuk selalu melindungi apa pun yang ada di dalamnya melalui prestasi dan rasa cinta.

4. Tanah Airku, Ciptaan Ibu Soed

Salah satu lagi nasional terbaik yang harus masuk daftar lagu wajib nasional selanjutnya adalah Tanah Airku ciptaan Ibu Soed. Lagu ini liriknya terasa sangat mengharukan, apalagi bagi Anda yang terpaksa harus berada jauh dari Indonesia dan sedang rindu kampung halaman.

Di sana terdapat lirik seperti, “Tanah airku tidak kulupakan. Kan terkenang selama hidupku. Biarpun saya pergi jauh, tidak kan hilang dari kalbu,” yang akan membuat Anda berkaca-kaca saat mendengarnya. Lirik yang tidak perlu menggunakan kata-kata picisan tersebut nyatanya tetap terasa hangat.

5. Mengheningkan Cipta, Ciptaan Truno Prawit

Upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap Senin bukan hanya diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, melainkan juga menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta yang ditujukan bagi para pahlawan. Melalui lagu ini kita diajak mengenang jasa-jasa mereka, jasa-jasa orang hebat dan berani mempertaruhkan nyawa demi Indonesia.

Lagu wajib nasional karya Truno Prawit ini punya tempo yang cukup lambat dan mendayu-dayu. Liriknya juga indah, menunjukkan rasa hormat pada sosok-sosok yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Melalui penggalan liriknya kita bisa sama-sama memuji mereka, terutama lirik bagian awal yang berbunyi, “Dengan seluruh angkasa raya memuji pahlawan negar. Nan gugur remaja di ribaan bendera, bela nusa bangsa.”

6. Hari Merdeka, Ciptaan Husein Mutahar

Daftar lagu wajib nasional selanjutnya membawa kita pada lagu penuh semangat yang satu ini. Hari Merdeka sepertinya lebih dikenal sebagai lagu berjudul Tujuh Belas Agustus karena lirik awalnya berbunyi demikian. “Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia..” Familiar?

Hari Merdeka kerap diputar pada peringatan hari besar negara, terutama saat peringatan kemerdekaan. Tempo yang cepat membuat siapa pun bersemangat kala menyanyikannya. Melalui lagu ini, kita juga selalu diingatkan tentang hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

7. Berkibarlah Benderaku!, Ciptaan Ibu Soed

Selain Tanah Airku yang sendu, Ibu Soed juga menciptakan sebuah lagu wajib nasional bertempo cepat dan penuh semangat berjudul Berkibarlah Benderaku! Lagu ini menunjukkan keberanian dan ketersediaan warga Indonesia untuk membela dan melindungi negara ini dari apa pun, terutama yang mengancam kesatuan dan kedaulatan rakyat Indonesia.

Anda bisa merasakan semangat tersebut melalui penggalan liriknya berikut ini: “Siapa berani menurunkan engkau, serentak rakyatmu membela. Sang merah putih yang perwira, berkibarlah selama-lamanya…”. Dalam peringatan hari besar nasional, lagu ini juga kerap kali dinyanyikan.

8. Indonesia Pusaka, Ciptaan Ismail Marzuki

Indonesia Pusaka menjadi satu dari beberapa daftar lagu wajib nasional yang liriknya terdengar nelangsa. Melalui lagu ini kita diajak mengingat nama besar Indonesia yang banyak mendapat pujian dari negara lain. Betapa negeri ini adalah pusaka sebab di sinilah kita lahir dan dibesarkan oleh bunda.

Indonesia digambarkan sebagai tempat perlindungan, tempat pulang saat tua nanti. Sejauh apa pun kita berkelana, Indonesia adalah rumah. Menyanyikan lagu ini sembari mengingat-ingat betapa indahnya Indonesia, betapa tanah dan airnya menjadi tempat kita tumbuh, bisa kembali membangkitkan rasa cinta pada tanah air.

9. Gugur Bunga, Ciptaan Ismail Marzuki

Setelah Indonesia Pusaka, lagu ciptaan Ismail Marzuki selanjutnya yang terdengar sangat syahdu dan mendayu-dayu adalah Gugur Bunga. Lagu nasional ini mengingatkan kita pada film pemberontakan 30 September yang masih sering diputar di televisi setiap tahunnya. Lirik lagu Gugur Bunga menyiratkan kesedihan dan kehilangan mendalam atas gugurnya para pahlawan.

Melalui lagu ini pula, kita diajarkan untuk terus optimis dan percaya bahwa setelah para pahlawan meninggal dalam perjuangan, akan ada bunga lain yang tumbuh, akan ada semangat baru yang tumbuh untuk ibu pertiwi. Pengorbanan para pahlawan menjadi sesuatu yang harum dan terus dikenang.

10. Garuda Pancasila, Ciptaan Sudharnoto

Setelah dibuat melankolis oleh dua lagu wajib nasional karya Ismail Marzuki, kali ini mari bersemangat dengan lagu Garuda Pancasila ciptaan Sudharnoto! Salah satu daftar lagu wajib nasional ini punya tempo yang cepat. Ia dinyanyikan dengan cara stakato, yaitu menyanyikan serangkaian nada pendek secara terputus-putus.

Bunyi pada lagu dengan stakato biasanya mengalun pendek dan menghentak. Selain hitungan temponya yang semangat, lirik lagu ini juga penuh percaya diri dengan menyatakan bahwa kita semua adalah patriot proklamasi yang sedia berkorban untuk lambang negara. Jadi, apakah sudah siap maju?

Sepuluh daftar lagu wajib nasional yang sudah disebutkan di atas tentu saja hanya sebagian dari lagu nasional yang kita miliki. Apa pun itu, lagu-lagu tersebut bukan sekadar alunan nada tanpa makna, melainkan mengandung harapan, semangat, percaya dan cinta tanah air. Di antara sepuluh lagu tersebut, mana yang sudah Anda hafal di luar kepala?

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram