Bacaterus / Film Thriller / 20 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa yang Menegangkan

20 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa yang Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film thriller adalah film yang di dalamnya terdapat adegan-adegan yang menegangkan dan mendebarkan jantung. Film dengan genre ini selalu di asosiasikan ke dalam genre action, karena sudah pasti adegan-adegan action bisa menegangkan dan memacu adrenalin.

Tetapi juga bisa diasosiasikan ke dalam genre horror yang bisa mendebarkan jantung dengan adegan-adegan menyeramkannya. Beberapa film thriller terbaik di bawah ini, kami pilihkan film-film yang bisa dianggap bergenre thriller murni, minim adegan action dan bukan film horror.

Nuansa menegangkan ditimbulkan dari jalan cerita dan psikologis karakter-karakternya yang terkadang sulit untuk ditebak. Penasaran? Berikut kesepuluh film Thriller yang menegangkan versi Bacaterus.

1. Parasite [2019]

Parasite film THRILLER TERBAIK Korea Selatan

* sumber: nikenbicarafilm.blogspot.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Comedy, Drama, Thriller
  • Produksi: Barunson E&A Corp
  • Sutradara: Bong Joon-Ho
  • Pemeran: Song Kang-Ho, Lee Sun-Kyun, Choi Woo-Shik, Park So-Dam

Film Parasite masuk ke dalam daftar film thriller terbaik versi Bacaterus ini. Film yang berasal dari Korea Selatan ini berhasil menyabet banyak penghargaan bergengsi, lho. Film berdurasi 132 menit ini adalah film Korea Selatan pertama yang berhasil membawa pulang Palme d’Or. Parasite juga mendapat empat penghargaan dari Academy Award 2020.

Parasite bercerita tentang sebuah keluarga miskin yang sehari-harinya tinggal di bangunan semi rubanah. Mereka tak memiliki pekerjaan tetap sebelum akhirnya sang anak sulung, Kim Ki-Woo (Choi Woo-Shik) membawa mereka semua untuk bekerja di rumah keluarga kaya yang dikepalai oleh Park Dong-Ik (Lee Sun-Kyun).

Park Dong-Ik memiliki seorang putri yang sudah beranjak remaja dan satu anak lelaki yang masih kecil. Mulanya, Kim Ki-Woo diminta sang teman yang hendak pindah ke luar negeri untuk menggantikan posisinya menjadi guru les privat dari putri Park Dong-Ik.

Satu persatu anggota keluarga Kim Ki-Woo mulai masuk ke dalam rumah tersebut untuk bekerja. Sayangnya, mereka membohongi keluarga Park Dong-Ik dan melakukan beragam praktik kecurangan agar bisa bekerja di sana. Mereka menghalalkan segala cara untuk bisa mempertahankan posisi masing-masing.

Selain film Okja yang diluncurkan di tahun 2017 lalu, film Parasite sendiri merupakan salah satu film terbaik yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho. Terbukti dengan banyakya penghargaan yang diperoleh film dengan judul Bahasa Korea Gisaengchung (기생충) ini.

Awal mulanya, para penonton masih bisa tertawa geli melihat adegan konyol yang disuguhkan di film ini. Namun menjelang akhir cerita, penontonnya dibuat bungkam dengan adegan demi adegan yang ditampilkan. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Tonton langsung saja filmnya.

2. No Country for Old Men [2007]

  • Rilis: 2007
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Produksi: Scott Rudin Productions, Mike Zoss Productions
  • Sutradara: Ethan Coen, Joel Coen
  • Pemeran: Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin

Bagaimana jika kita menemukan uang yang banyak dalam koper hasil dari transaksi obat terlarang yang gagal dan kita dikejar oleh pembunuh sadis yang membunuh siapa pun yang menghalanginya? Film karya Joel dan Ethan Coen ini mengangkat kisah yang diadaptasi dari novel karya Cormac McCarthy ini dengan nuansa koboi modern.

Penampilan Josh Brolin dan Tommy Lee Jones sangat apik di film ini, tetapi Javier Bardem sebagai Anton Chigurh-lah yang mampu menghadirkan ketegangan demi ketegangan dalam setiap kemunculannya. Hasilnya, Javier Bardem berhasil membawa pulang Piala Oscar sebagai Best Supporting Actor beserta Oscar lainnya untuk film ini di kategori Best Director, Best Picture dan Best Adapted Screenplay.

3.  The Silence of the Lambs [1991]

The+Silence+of+the+Lambs+Still

* sumber: www.queer-horror.com

  • Rilis: 1991
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Produksi: Strong Heart Productions
  • Sutradara: Jonathan Demme
  • Pemeran: Jodie Foster, Anthony Hopkins, Scott Glenn, Ted Levine

Untuk membaca motif dan pergerakan dari aksi seorang pembunuh serial, seorang agen FBI harus berkonsultasi dengan seorang maniak yang ternyata mampu memanipulasi pemikirannya. Diadaptasi dari novel karya Thomas Harris, film yang diperankan oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins ini sekarang sudah dianggap film klasik dan terdaftar di National Film Registry.

The Silence of the Lambs berhasil panen besar di ajang Academy Awards dengan membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director dan Best Adapted Screenplay.

Karena kesuksesan film ini dan terkenalnya karakter Hannibal Lecter, akhirnya dilanjutkan dengan film-film sequel dan prequel-nya, yaitu Hannibal [2001], Red Dragon [2002] yang merupakan prequel dari 2 film sebelumnya dan Hannibal Rising [2007].

Film ini yang akan menceritakan awal mula karir Hannibal Lecter sebagai pembunuh maniak. Bahkan sekarang sudah ada serial televisi berjudul Hannibal yang menceritakan semua kisah karakter fiktif terkenal ini.

4. Joker [2019]

Joker (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Psychological, Action
  • Produksi: Warner Bros Pictures
  • Sutradara: Todd Phillips
  • Pemain: Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz

Adalah Arthur Fleck, seorang pria paruh baya yang memiliki penyakit mental; dimana saat dirinya ketakutan atau marah, dia akan tertawa. Hal ini yang membawa dirinya bekerja sebagai badut. Dengan modal seadanya, Arthur yang bekerja sebagai badut untuk sebuah media promosi menadu nasib menjadi seorang komika di sebuah stand up comedy.

Gagal. Arthur yang gagap dan selalu tertawa saat khawatir atau takut malah menjadi bahan olok-olok hingga viral di semua tayangan televisi. Menjadi bahan tertawaan, Arthur sakit hati dan menjadi seorang ‘joker’ yang sadis. Dirinya membalaskan dendam kepada semua orang yang mengolok-oloknya dan memfitnahnya. Menurut dia, tindakan itu merupakan aksi untuk membela diri

5. Rear Window [1954]

Rear Window (Copy)

  • Tahun rilis: 1954
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: Paramount Pictures
  • Sutradara: Alfred Hitchcock
  • Pemain: James Stewart, Grace Kelly, Wendell Corey

Pernah kepo dan berujung menjadi petaka? Yak! Ini garis besar isi filmnya. Jefferis (James Stewart) terpaksa harus diam dirumah akibat insiden yang membuat kakinya tidak bisa digunakan untuk semntara waktu. Mengisi kekosongan, Jeff memiliki binocular dan mencoba ‘mengintip’ apa saja yang dilakukan tetangganya dari balik jendela.

Dari sekian banyak tetangga yang di’intip’, Jeff curiga pada salah satu tetangga yang diyakini terlibat dalam sebuah pembunuhan. Sadar tidak bisa jadi saksi karena tidak memiliki bukti, dirinya mengajak temannya yang lain untuk ikut mengintip kegiatan si tetangga misterius tersebut. Benar saja, Jeff dan teman-temannya menyaksikan apa yang seharusnya tidak mereka lihat. Penasaran? Nonton filmnya aja!

6. Jaws [1975]

jaws movie FILM THRILLER TERBAIK

* sumber: cinesocialuk.com

  • Rilis: 1975
  • Genre: Adventure, Drama, Thriller
  • Produksi: Zanuck/Brown Company, Universal Pictures
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Roy Scheider, Robert Shaw, Richard Dreyfuss, Lorraine Gary

Film thriller tentang serangan hiu putih di perairan dangkal dan pantai wisata ini merupakan film pertama yang dianggap sebagai pencetus istilah “summer blockbuster”. Karya sutradara Steven Spielberg ini mengundang ketegangan ketika beberapa orang bersatu untuk menangkap hiu putih yang dianggap bertanggung jawab terhadap beberapa peristiwa kematian yang terjadi di sana.

Peristiwa tersebut terjadi tidak hanya di malam hari, tetapi juga di siang hari dan ramai pengunjung wisata. Film ini meraih Piala Oscar untuk kategori Best Film Editing, Best Original Score dan Best Sound, sekarang film ini sudah didaftarkan di National Film Registry dan dianggap film klasik.

7. Memento [2000]

MEMENTO MOVIE

* sumber: www.eyeforfilm.co.uk

  • Rilis: 2000
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: Summit EntertainmentTeam Todd
  • Sutradara: Christopher Nolan
  • Pemeran: Guy Pearce, Carrie-Ann Moss, Joe Pantoliano

Memento adalah film psychological thriller yang memuat kisah dari Leonard ‘Lenny’ Shelby (Guy Pearce) yang mengalami masalah pada ingatannya. Ia mengalami anterograde amnesia, yakni suatu kondisi yang membuatnya tak dapat mengingat sebuah memori dengan baik.

Lenny akhirnya mencoba mengabadikan setiap peristiwa yang dialaminya dalam bentuk tato di tubuh, foto polaroid hingga catatan kecil. Yang ia tahu, kondisi ini diakibatkan oleh peristiwa penembakan yang dilakukan dua pria padanya.

Lenny juga mengungkapkan bahwa dirinya telah membunuh pria yang menyerangnya sekaligus memperkosa istrinya. Berbekal catatan hingga foto polaroid yang dimilikinya, ia berusaha untuk menyelidiki kasus tersebut. FYI, film yang diangkat dari cerita yang berjudul Memento Mori karya Jonathan Nolan yang merupakan saudara dari sutradara Christopher Nolan. Tidak heran, film ini menjadi salah satu film thriller terbaik yang wajib untuk ditonton.

Film ini hadir dalam tampilan warna yang berbeda, yakni hitam putih dan berwarna. Memento berhasil meraih beberapa penghargaan dan masuk dalam nominasi Best Original Screenplay dan Best Film Editing di ajang Academy Awards. Dan Memento masuk dalam salah satu karya terbaik Nolan selain Inception [2010], Interstellar [2014] hingga The Dark Knight [2008].

8. North by Northwest [1959]

North By Northwest (Copy)

  • Tahun rilis: 1959
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Metro Goldwyn Mayer (MGM)
  • Sutradara: Alfred Hitchcock
  • Pemain: Cary Grant, Eva Marie Saint, James Mason

Kehidupan Roger Thornhill sebagai seorang white collar di sebuah perusahaan periklanan ternama berubah 180 derajat setelah dirinya diculik oleh sekelompok mata-mata yang menuduhnya sebagai seorang CIA yang terlibat dalam kasus pembunuhan. Kaget bukan main, Roger mencoba sekuat tenaga untuk melarikan diri dari kelompok mata-mata tersebut.

Berhasil, Roger bisa meloloskan diri dari komplotan yang menculiknya. Namun dirinya jadi buronan paling dicari. Roger hanya punya waktu yang terbatas dan tidak lagi memiliki banyak orang yang bisa dipercaya. Dirinya harus membersihkan nama baiknya sebelum semuanya jadi tambah kusut. Dibantu oleh rekannya Eve, Roger mencari seseorang yang memang dicari oleh kelompok mata-mata yang mengejarnya

9. Unfriended: Dark Web [2018]

Unfriended Dark Web (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Bazelevs Company
  • Sutradara: Stephen Susco
  • Pemain: Colin Woodell, Rebecca Rittenhouse, Bett Gabriel

Matias (Colin Woodell) mengambil sebuah laptop di tempat lost and found dari sebuah internet cafe (warnet), dia mulai surfing dan memasukan data-data pribadinya ke dalam laptop tersebut. Ternyata itu awal mula bencana terjadi. Laptop yang ia ambil merupakan milik dari seorang anggota kelompok kriminal dark web bernama Norah C I.V. yang ternyata adalah anagram dari Charon IV.

Terlanjur terekspos dan mengetahui isi laptop yang sebenarnya tidak boleh diberitahu kepada siapapun, akhirnya anggota kriminal dark web tersebut menghancurkan hidup Matias. Satu per satu temannya yang saat itu terhubung dengan Skype dan ikut mengetahui apa yang terjadi mati satu persatu hingga berujung taruhan antara sesama para anggota dark web untuk membiarkan Matias hidup atau mati.

10. Get Out [2017]

GET OUT FILM

* sumber: www.looper.com

  • Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Produksi: Blumhouse Productions, QC Entertainment, Monkeypaw Productions
  • Sutradara: Jordan Peele
  • Pemeran: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford

Di awal tahun 2017 kita dikejutkan dengan sebuah film thriller berbaik berjudul Get Out. Film yang disutradarai oleh Jordan Peele ini mendapat review positif dari para kritikus. Sinopsis Get Out diawali dengan kisah Chris (Daniel Kaluuya) yang hendak mengunjungi rumah orang tua kekasihnya yang berkulit putih, Rose Armitage (Allison Williams).

Keluarga Rose berusaha memberi sambutan hangat kepada Chris. Namun, hari demi hari di rumah Rose, Chris menemukan berbagai keanehan, salah satunya tingkah kedua pembantu berkulit hitam di keluarga Rose.

Saat menghadiri reuni tahunan keluarga Armitage, Chris bertemu dengan seorang pria berkulit hitam yang berusaha memperingati dirinya untuk segera “keluar” dari keluarga Rose dan tempat tinggalnya. Kemudian, Chris baru menyadari bahwa yang dimaksud untuk “keluar” ternyata tidak semudah yang ia bayangkan.

11. Gone Girl [2014]

gone girl

Satu lagi film thriller terbaik karya David Fincher yang memiliki naskah cerdas dan akting memukau dari Ben Affleck dan Rosamund Pike sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang seorang suami yang kehilangan istrinya.

Kasus ini kemudian diliput dan besar karena peran media, tetapi semua bukti forensik yang ada di TKP mengarah kepada sang suami yang merasa tidak terlibat dengan hilangnya sang istri. Jangan tertipu dengan cerita yang bergulir dimana pemikiran kita akan ikut tergiring untuk menyalahkan sang suami.

12. Kill Bill: Vol 1 & 2 [2003, 2004]

KILL BILL MOVIE

* sumber: happymag.tv

  • Rilis: 2003, 2004
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Produksi: A Band Apart
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Uma Thurman, David Carradine, Lucy Liu, Daryl Hannah

Kill Bill: Volume 1 dan Kill Bill: Volume 2 adalah buah karya dari sutradara Quentin Tarantino yang juga menggarap judul-judl film berkualitas lain seperti Django Unchained [2012] hingga Reservoir Dogs [1992].

Kedua film ini mengisahkan tentang perjalanan balas dendam dari Beatrix Kiddo alias The Bride (Uma Thurman) pada Bill (David Carradine) dan anak buahnya yang tergabung dalam kelompok Deadly Viper Assassination Squad.

Beatrix mencoba membalaskan dendam atas perlakuan Bill yang terbilang kejam padanya. Di hari yang seharusnya menjadi hari pernikahan mereka, Bill malah memerintahkan para anggota Deadly Viper Assassination Squad untuk membunuh semua tamu yang hadir di gereja beserta Beatrix sendiri. Padahal, Beatrix Kiddo saat itu sedang mengandung buah cintanya bersama Bill.

Beatrix yang berhasil selamat dari kejadian naas tersebut memutuskan untuk menghabisi nyawa para anggota Deadly Viper Assassination Squad, termasuk O-Ren Ishii (Lucy Liu) beserta anak buahnya. Tentu, perjalanan Beatrix tidaklah mudah. Tapi rintangan demi rintangan berhasil dilalui olehnya. Lalu, akankah Beatrix berhasil membalaskan dendamnya pada Bill?

13. Reservoir Dogs [1992]

RESERVOIR DOGS

* sumber: www.viva.co.id

  • Rilis: 1992
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Produksi: Live America Inc., Dog Eat Dog Productions
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Harvey Keitel, Tim Roth, Chris Penn, Steve Buscemi

Next, ada film Reservoir Dogs. Film thriller terbaik ini mengisahkan tentang tindak kriminal perampokan permata yang dilakukan delapan pria dengan nama samaran unik, yakni Mr. Orange, Mr. White hingga Mr. Pink.

Sayangnya, usaha mereka untuk merampok harus terhalangi akibat hadirnya para petugas polisi yang mencoba menggagalkan tindak kriminal tersebut. Kecurigaan muncul di antara para anggota geng perampok ini. Mereka curiga kalau salah satu anggotanya adalah polisi yang melakukan aksi penyamaran.

Film Reservoir Dogs adalah film perdana yang digarap oleh Quentin Tarantino. Film ini dijuluki sebagai Greatest Independent Film of all Time oleh majalah film asal Inggris, Empire. Kisah film Reservoir Dogs bahkan mengilhami sebuah game yang dirilis tahun 2006 dengan judul serupa, serta beberapa game lainnya.

14. Black Swan [2010]

black swan

  • Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Cross Creek Pictures, Protozoa Pictures, Phoenix Pictures, Dune Entertainment
  • Sutradara: Darren Aronofsky
  • Pemeran: Natalie Portman, Mila Kunis, Vincent Cassel

Dalam pentas ballet ternyata juga bisa melahirkan sosok yang ambisius dengan sebuah peran dan berani membunuh demi peran tersebut. Tetapi yang lebih ditonjolkan oleh film besutan sutradara Darren Aronofsky ini adalah proses perubahan psikologis sosok tersebut dari seorang yang lemah hingga menjadi sosok yang ambisius dan menghalalkan segala cara.

Natalie Portman yang dipercaya memerankan karakter utamanya mampu menampilkan akting terbaiknya seperti seolah larut ke dalam karakternya tersebut dan mengantarkan dirinya sebagai Best Actress di Academy Award.

15. Nightcrawler [2014]

NIghtcrawler (Copy)

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Bold Films
  • Sutradara: Dan Gilroy
  • Pemain: Jake Gyllenhall, Rene Russo, Riz Ahmed

Lou Bloom (Jake Gyllenhall) merupakan seorang pengangguran. Suatu saat hidupnya berubah setelah dirinya melihat sebuah kecelakaan dan meliputnya. Hasil liputan dan gambar-gambar kecelakaan itu ia kirimkan ke sebuah stasiun televisi dan membuatnya mendapatkan pekerjaan disana. Nina (Rene Russo) yang bekerja di stasiun TV itu memberikan semangat supaya Lou bisa mendapatkan lebih banyak berita.

Tak disangka, berita kriminal, pembunuhan atau semacamnya jadi mudah sekali Lou dapatkan. Ini membuat polisi curiga, mengapa Lou bisa duluan di tempat kejadian perkara (TKP) padahal pihak berwenang sama sekali belum ada disana. Apakah Lou yang sengaja membuat kejadian itu dan memuatnya sebagai isi dari berita yang ingin Lou tayangkan?

16. Sorcerer [1977]

Sorcerer (Copy)

  • Tahun rilis: 1977
  • Genre: Adventure, Thriller
  • Produksi: Film Properties
  • Sutradara: William Friedkin
  • Pemain: Roy Schelder, Bruno Cremer, Francisco Rabal

Menceritakan 4 tokoh bernama Nilo (Francisco Rabal), Kassem (Amidou), Victor (Bruno Cremer) dan Jackie (Roy Schelder) dengan masalahnya masing-masing; ada yang seorang pembunuh, pembom, orang yang ditipu dan buronan mafia. Mereka berempat tidak saling kenal dan sedang dalam pelarian ke sebuah desa bernama Porvenir, tempat dimana ladang minyak terbesar Amerika ada disana.

Singkat cerita, di tambang ada insiden yang menyebabkan ledakan besar dan api yang terus berkobar tanpa henti. Ini bisa menyebabkan bencana besar lainnya. Satu-satunya cara untuk meredam api itu dengan melemparkan dinamit nitrogliserin ke inti ledakan, namun dinamit tersebut rentan meledak apabila tergoncang. Tak menghiraukan hal itu, mereka ber 4 menjadi satu tim untuk memadamkan api.

17. Uncut Gems [2019]

Uncut Gems (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Crime, Thriller
  • Produksi: A24
  • Sutradara: Josh & Benny Safdie
  • Pemain: Adam Sandler, Lakeith Stanfield, Julia Fox

Kalau mendenar Adam Sandler main di sebuah film, rasanya bisa ditebak ya? Pasti komedi. Eits! Tidak untuk film ini. Adam Sanlder memerankan tokoh bernama Howard Ratner, seorang pria paruh baya pemilik toko perhiasan di sudut kota. Tabiat buruknya adalah mabuk dan judi. Ini dilakukan dia setiap hari sehingga ia terlilih hutang super banyak.

Namun tak habis akal, Howard pun berusaha menjual sebuah perhiasan batu opal yang harganya bisa melunasi hitang-hutang Howard. Namun menjual batu langka tersebut tidak semudah yang Howard bayangkan. Di saat sedang berusaha menjual batu itu, masalah-masalah mulai muncul di dalam toko perhiasan. Mampukah Howard menyelesaikan masalah dan hutang-hutangnya itu?

18. The Usual Suspects [1995]

THE USUAL SUSPECTS

* sumber: medium.com

  • Rilis: 1995
  • Genre: Crime, Mystery, Thriller
  • Produksi: PolyGram Filmed Entertainment, Bad Hat Harry Productions, Blue Parrot, Spelling Films International
  • Sutradara: Bryan Singer
  • Pemeran: Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, Kevin Spacey

Sutradara Bryan Singer (Bohemian Rhapsody) dan screenwriter asal Amerika Serikat, Christopher McQuarrie sukses membuat penonton tercengang dengan plot-twist yang disuguhkan di film The Usual Suspects.

Film thriller terbaik yang berdurasi 106 ini menceritakan tentang para pria yang merencanakan perampokan untuk membalas dendam pada polisi yang telah menangkap mereka atas tuduhan pembajakan sebuah truk. Cerita di film ini tak hanya berfokus pada usaha pembalasan dendam yang dilakukan perampok ini. Bryan dan McQuarrie mengajak penonton untuk menguak siapa sosok misterius bernama Keyser yang merupakan ‘raja kriminal’ asal Turki.

Keyser sendiri tak pernah ditemukan di mana pun. Kisahnya menjadi sebuah legenda yang tentu saja diyakini ada oleh para perampok ini. Dan benar saja, sosok Keyser hadir saat mereka berusaha merangsek masuk untuk melancarkan aksi perampokan di sebuah kapal. Siapakah Keyser dan berhasilkah para perampok ini menuntaskan dendamnya? Simak kelanjutan kisahnya di film The Usual Suspects, ya.

19. Midsommar [2019]

Midsommar (copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: A24
  • Sutradara: Ari Aster
  • Pemain: Florence Pugh, Jack Reynor, William Jackson Harper

Film besutan Ari Aster ini berhasil membuat film pendahulunya Hereditary seperti horror untuk anak SD! Midsommar yang berarti Mid Summer sukses membuat banyak penontonnya cabut dari bioskop karena banyak adegan yang menganggu dan mengerikan. Film ini memceritakan sekelompok anak muda yang mengikuti festival midsommar yang berlangsung hanya sekali dalam 90 tahun di Swedia.

Tertarik akan iming-iming bisa memulihkan perasaan yang sedang galau, banyak teman-teman Pele yang ikut dengannya untuk mengikuti festival tersebut tanpa tahu ternyata festival tersebut merupakan ritual dari sebuah sekte sesat yang membuat semua orang yang ikut dengan Pele kesana tidak akan pernah biisa keluar lagi hidup-hidup.

20. The Platform [2020]

THE PLATFORM

* sumber: www.tek.id

  • Rilis: 2020
  • Genre: Horror, Sci-Fi, Thriller
  • Produksi: Basque Films, Mr. Miyagi Films, Plataforma La Película A.I.E
  • Sutradara: Galder Gaztelu-Urrutia
  • Pemeran: Ivan Massague, Zorion Eguileor, Antonia San Juan

The Platform adalah sebuah film original Netflix berbahasa Spanyol. Meski menggunakan bahasa Spanyol, beberapa nama karakter utamanya diambil dari kosa kata hingga nama tempat yang ada di Indonesia, lho.

Film The Platform menceritakan tentang kondisi para narapidana dalam sebuah ruang tahanan vertikal. Adalah Goreng (Ivan Massague), seorang berpendidikan yang rela masuk ke dalam penjara naas tersebut demi mendapatkan gelar diploma yang diimpikannya.

Selama berada di dalam penjara, Goreng berpindah dari satu sel ke sel lainnya. Semakin bawah sel yang ditempati, maka semakin sulit baginya dan tahanan satu selnya untuk bertahan hidup. Bahkan makanan yang mereka santap pun adalah makanan bekas yang sebelumnya disantap banyak tahanan lain yang berada di sel teratas.

Kondisi inilah yang membuat para tahanan di sana tak segan membunuh rekannya sendiri agar dagingnya bisa dikonsumsi mentah-mentah. Ya, mereka menjadi kanibal demi bertahan hidup di dalam penjara itu. Tak terkecuali Goreng sendiri.

Meski banyak menyuguhkan adegan kekerasan dan gore yang tergolong menjijikan, film ini tetap enjoyable dan layak untuk ditonton, karena banyak sekali pesan moral yang terkandung di dalamnya. Gimana, tertarik untuk menonton film yang satu ini?

Itulah beberapa film thriller terbaik yang lebih banyak berasal dari era 1990an dan setelahnya. Kehebatan film bergenre thriller tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin sutradaranya yang mampu menciptakan suasana dan nuansa yang mengundang ketegangan.

Alfred Hitchcock adalah salah satu sutradara yang dianggap “Master of Suspense” lewat film Psycho, Rear Window dan lain-lain. Dan di era terkini, Hollywood memiliki David Fincher yang tidak pernah berhenti membuat film thriller terbaik dalam filmography-nya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

6 Responses

  1. Biasa download film hollywood di situs apa ?

  2. Shutter Island akhirnya malah jadi Komedi

  3. film-film Christoper Nolan juga bagus-bagus.

  4. Christopher Lopeź berkata:

    Moŕenst Xelmóřëd Algejosq??

  5. Happy death day jadi bengong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *