Bacaterus / Film Thriller / 15 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

15 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Film thriller adalah film yang di dalamnya terdapat adegan-adegan yang menegangkan dan mendebarkan jantung. Film dengan genre ini selalu di asosiasikan ke dalam genre action, karena sudah pasti adegan-adegan action bisa menegangkan dan memacu adrenalin.

Tetapi juga bisa diasosiasikan ke dalam genre horror yang bisa mendebarkan jantung dengan adegan-adegan menyeramkannya. Beberapa film thriller terbaik di bawah ini, kami pilihkan film-film yang bisa dianggap bergenre thriller murni, minim adegan action dan bukan film horror.

Nuansa menegangkan ditimbulkan dari jalan cerita dan psikologis karakter-karakternya yang terkadang sulit untuk ditebak. Penasaran? Berikut kesepuluh film Thriller yang menegangkan versi Bacaterus.

1. The Silence of the Lambs [1991]

The Silence of the Lambs

Untuk membaca motif dan pergerakan dari aksi seorang pembunuh serial, seorang agen FBI harus berkonsultasi dengan seorang maniak yang ternyata mampu memanipulasi pemikirannya. Diadaptasi dari novel karya Thomas Harris, film yang diperankan oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins ini sekarang sudah dianggap film klasik dan terdaftar di National Film Registry.

Selain pendapatan box-office sebesar $ 130 juta, The Silence of the Lambs berhasil panen besar di ajang Academy Awards dengan membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director dan Best Adapted Screenplay.

Karena kesuksesan film ini dan terkenalnya karakter Hannibal Lecter, akhirnya dilanjutkan dengan film-film sequel dan prequel-nya, yaitu Hannibal [2001], Red Dragon [2002] yang merupakan prequel dari 2 film sebelumnya dan Hannibal Rising [2007].

Film ini yang akan menceritakan awal mula karir Hannibal Lecter sebagai pembunuh maniak. Bahkan sekarang sudah ada serial televisi berjudul Hannibal yang menceritakan semua kisah karakter fiktif terkenal ini.

2. Jaws [1975]

film thriller terbaik jaws

Film thriller tentang serangan hiu putih di perairan dangkal dan pantai wisata ini merupakan film pertama yang dianggap sebagai pencetus istilah “summer blockbuster”. Karya sutradara Steven Spielberg ini mengundang ketegangan ketika beberapa orang bersatu untuk menangkap hiu putih yang dianggap bertanggung jawab terhadap beberapa peristiwa kematian.

Peristiwa tersebut terjadi tidak hanya di malam hari, tetapi juga di siang hari dan ramai pengunjung wisata. Meraih hasil box-office sebesar $ 260 juta dan Piala Oscar untuk kategori Best Film Editing, Best Original Score dan Best Sound, sekarang film ini sudah didaftarkan di National Film Registry dan dianggap film klasik.

3. Se7en [1995]

Film thriller psikologis dengan duet aktor kaliber Brad Pitt dan Morgan Freeman sebagai detektif yang mencari pembunuh serial dengan modus operasi pembunuhan berdasarkan 7 dosa, yaitu rakus, serakah, malas, murka, sombong, nafsu dan cemburu. Mereka berdua dibuat pusing dengan pencarian pembunuh ini dan berimbas kepada psikologis mereka sendiri.

Film yang disutradarai oleh David Fincher ini banyak menampilkan adegan yang mengerikan dari korban pembunuhan. Meskipun begitu, Se7en berhasil meraih box-office sebesar $ 100 juta dan seringkali dianggap sebagai film thriller terbaik.

4. L.A. Confidential [1997]

L.A. Confidential

Film tentang 3 detektif dengan sifat dan gaya berbeda dalam menangani kasus yang diminta menangani sebuah kasus pembunuhan serial secara bersama.

Merupakan adaptasi novel karya James Ellroy, film ini bersetting di tahun 1953 di mana kepolisian Amerika Serikat sedang dalam krisis korupsi dan gemerlapnya dunia perfilman Hollywood yang rentan akan tindakan kriminal. Disutradarai oleh Curtis Hanson, L.A. Confidential sukses merebut Piala Oscar di kategori Best Supporting Actress dan Best Adapted Screenplay.

5. The Sixth Sense [1999]

The Sixth Sense

Film karya M. Night Shyamalan ini memang bernuansa horror, tetapi yang lebih ditekankan adalah proses psikologis dari seorang anak yang memiliki indra keenam tanpa dia sadari. Bahkan dia pun tidak tahu bahwa psikiater yang bersamanya adalah hantu.

Meraih pendapatan box-office sebesar $ 293 juta dan masuk nominasi Academy Awards di 6 kategori, The Sixth Sense adalah film terbaik karya sutradara keturunan India yang sampai saat ini belum menemukan performa terbaiknya kembali lewat film-film terbarunya.

6. The Departed [2006]

The Departed

Seorang polisi yang melindungi bapak angkatnya yang seorang gangster, berhadapan dengan seorang polisi yang yang menyamar ke dalam organisasi bapak angkatnya tersebut. Bagaimana mereka berdua mempertahankan posisi mereka di dalam organisasi masing-masing? Premise itu cukup menegangkan dan memancing banyak pertanyaan tentang akhir ceritanya.

Performa akting yang apik dari Matt Damon, Leonardi DiCaprio dan Jack Nicholson membuat film ini banyak disukai oleh penggemar film-film thriller. Meraih pendapatan box-office sebesar $ 132 juta, The Departed yang di sutradarai oleh Martin Scorsese ini meraih Piala Oscar untuk kategori Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay (dari film Hong Kong Infernail Affairs) dan Best Film Editing.

7. No Country for Old Men [2007]

Bagaimana jika kita menemukan uang yang banyak dalam koper hasil dari transaksi obat terlarang yang gagal dan kita dikejar oleh pembunuh sadis yang membunuh siapa pun yang menghalanginya? Film karya Joel dan Ethan Coen ini mengangkat kisah yang diadaptasi dari novel karya Cormac McCarthy ini dengan nuansa koboi modern.

Penampilan Josh Brolin dan Tommy Lee Jones sangat apik di film ini, tetapi Javier Bardem sebagai Anton Chigurh-lah yang mampu menghadirkan ketegangan demi ketegangan dalam setiap kemunculannya. Hasilnya, Javier Bardem berhasil membawa pulang Piala Oscar sebagai Best Supporting Actor beserta Oscar lainnya untuk film ini di kategori Best Director, Best Picture dan Best Adapted Screenplay.

8. Black Swan [2010]

black swan

Dalam pentas ballet ternyata juga bisa melahirkan sosok yang ambisius dengan sebuah peran dan berani membunuh demi peran tersebut. Tetapi yang lebih ditonjolkan oleh film besutan sutradara Darren Aronofsky ini adalah proses perubahan psikologis sosok tersebut dari seorang yang lemah hingga menjadi sosok yang ambisius dan menghalalkan segala cara.

Natalie Portman yang dipercaya memerankan karakter utamanya mampu menampilkan akting terbaiknya seperti seolah larut ke dalam karakternya tersebut dan mengantarkan dirinya sebagai Best Actress di Academy Award.

9. Shutter Island [2010]

shutter island

Film karya Martin Scorsese dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini menyimpan banyak ketegangan dalam menebak cerita tentang pelarian seorang pembunuh yang melarikan diri dari fasilitas mental di sebuah pulau di tengah laut.

Nuansa yang kelam, karakter-karakter yang susah ditebak pemikirannya dan naskah yang apik membuat film ini berhasil meraih box-office sebesar $ 128 juta. Tunggu hingga ke akhir film untuk mengetahui siapakah pembunuh yang melarikan diri itu dan kita akan terkejut dengan hasil yang disajikan.

10. Gone Girl [2014]

gone girl

Satu lagi film thriller karya David Fincher yang memiliki naskah cerdas dan akting memukau dari Ben Affleck dan Rosamund Pike sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang seorang suami yang kehilangan istrinya. Kasus ini kemudian diliput dan besar karena peran media, tetapi semua bukti forensik yang ada di TKP mengarah kepada sang suami yang merasa tidak terlibat dengan hilangnya sang istri.

Jangan tertipu dengan cerita yang bergulir dimana pemikiran kita akan ikut tergiring untuk menyalahkan sang suami. Meraih pendapatan box-office sebesar $ 167 juta, Gone Girl adalah film David Fincher dengan raihan komersial tertinggi.

11. Get Out [2017]

Get Out

Di awal tahun 2017 kita dikejutkan dengan sebuah film thriller berbaik berjudul Get Out. Film yang disutradarai oleh Jordan Peele ini mendapat review positif dari para kritikus. Bahkan, film dengan biaya 4,5 juta USD ini mampu meraup keuntungan hingga 254 juta USD.

Sinopsis Get Out diawali dengan kisah Chris (Daniel Kaluuya) yang hendak mengunjungi rumah orang tua kekasihnya yang berkulit putih, Rose Armitage (Allison Williams). Keluarga Rose berusaha memberi sambutan hangat kepada Chris. Namun, hari demi hari di rumah Rose, Chris menemukan berbagai keanehan, salah satunya tingkah kedua pembantu berkulit hitam di keluarga Rose.

Saat menghadiri reuni tahunan keluarga Armitage, Chris bertemu dengan seorang pria berkulit hitam yang berusaha memperingati dirinya untuk segera “keluar” dari keluarga Rose dan tempat tinggalnya. Kemudian, Chris baru menyadari bahwa yang dimaksud untuk “keluar” ternyata tidak semudah yang ia bayangkan.

12. Phone Booth [2003]

Phone Booth

Kehidupan Stu Shepard (Colin Farrell) boleh dibilang sempurna. Karirnya sebagai pengorbit artis sukses dan ia memiliki istri yang cantik dan setia. Namun, di balik kesempurnaan kehidupannya, Stu memiliki rahasia gelap. Ia sering menjalin hubungan terlarang dengan calon artis yang akan diorbitkan. Termasuk saat ini Stu sedang menjalin hubungan dengan Pam (Katie Holmes) dan sering menelepon Pam dari telepon umum.

Suatu hari Stu mendengar telepon umum di dekatnya berdering dan mengangkatnya. Panggilan tersebut dari seorang misterius yang mengaku mengetahui semua rahasia gelap Stu dan mengancam untuk membongkarnya. Si penelpon misterius mengancam akan menembak Stu jika ia menutup teleponnya.

Kejadian ini menarik perhatian polisi dan wartawan untuk menghampiri lokasi telepon umum yang dipakai Stu. Mampukah Stu selamat dari ancaman si penelpon misterius ini?

13. Panic Room [2002]

Panic Room

Usai memenangkan hak asuh anak atas perceraiannya, Meg (Jodie Foster) akhirnya memutuskan untuk membawa putrinya, Sarah (Kristen Stewart) untuk pindah ke New York. Mereka membeli sebuah rumah yang cukup besar dan memulai kehidupan yang baru di sana.

Namun, Meg dan Sarah menemukan sebuah ruangan kosong seperti studio di rumah baru mereka. Kamar tersebut dilengkapi dengan CCTV dan jaringan telepon. Meg tidak mengetahui fungsi ruangan yang bernama “Panic Room” itu dan menganggap bahwa itu adalah bonus dari pemilik rumah yang lama.

Suatu malam, tiga pria misterius memasuki rumah Meg. Kemudian, Meg mengajak Sarah bersembunyi di Panic Room sambil mengintai gerak-gerik tiga pria tersebut. Mereka tidak tahu bahwa benda yang dicari oleh pria-pria penyusup itu ada di dalam Panic Room.

14. Happy Death Day [2017]

Happy Death Day

Happy Death Day adalah film thriller dengan alur cerita yang mungkin belum pernah Anda saksikan sebelumnya. Film ini menceritakan tentang Tree (Jesse Rothe) yang terus menerus terbangun pada hari yang sama, yakni hari ulang tahunnya, untuk menemukan siapa yang membunuh dirinya.

Pada awalnya, film ini mungkin agak sedikit membingungkan. Pasalnya, kita tidak tahu bagaimana Tree bisa terus menerus terbangun di hari yang sama hanya untuk memecahkan teka-teki tentang siapa pembunuhnya. Akan tetapi, pada pertengahan film kita akan mulai menikmati film ini dan turut penasaran mengenai siapa pembunuh Tree yang sebenarnya.

15. Zodiac [2007]

Zodiac

Zodiac merupakan film thriller terbaik yang menceritakan tentang seorang pembunuh berantai yang menyebut dirinya sebagai “Zodiac”. Pembunuhan yang dilakukan oleh Zodiac diawali dengan kasus penyerangan terhadap sepasang kekasih. Satu orang meninggal dan yang lainnya masih hidup meskipun terluka parah.

Usai pembunuhan terjadi, sang pembunuh mengirim surat berisi kode-kode rahasia ke salah satu kantor surat kabar kota. Seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) awalnya menganggap itu adalah pembunuhan biasa sampai akhirnya ia tertarik menerjemahkan isi surat misterius itu. Tindakan yang sama juga dilakukan oleh Paul Avery (Robert Downey Jr.), seorang jurnalis yang meliput berita pembunuhan Zodiac.

Sementara penyelidikan berlangsung, Zodiac kembali melakukan pembunuhan. Setiap habis membunuh, Zodiac selalu mengirimkan surat berisi kode-kode misterius pada surat kabar lokal.

Mampukah misteri pembunuhan berantai ini terpecahkan? Apakah justru orang-orang yang menyelidiki kasus inilah yang akan menjadi korban Zodiac selanjutnya?

Itulah beberapa film thriller terbaik yang lebih banyak berasal dari era 1990an dan setelahnya. Kehebatan film bergenre thriller tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin sutradaranya yang mampu menciptakan suasana dan nuansa yang mengundang ketegangan.

Alfred Hitchcock adalah salah satu sutradara yang dianggap “Master of Suspense” lewat film Psycho, Rear Window dan lain-lain. Dan di era terkini, Hollywood memiliki David Fincher yang tidak pernah berhenti membuat film thriller terbaik dalam filmography-nya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

6 Responses

  1. Biasa download film hollywood di situs apa ?

  2. Shutter Island akhirnya malah jadi Komedi

  3. film-film Christoper Nolan juga bagus-bagus.

  4. Christopher Lopeź berkata:

    Moŕenst Xelmóřëd Algejosq??

  5. Happy death day jadi bengong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *