Bacaterus / Film Marvel / Daftar Anggota Avengers di MCU, yang Mana Favoritmu?

Daftar Anggota Avengers di MCU, yang Mana Favoritmu?

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Para pecinta film superhero tentu mengenal Avengers Team, sebuah tim yang berisikan para superhero-superhero dengan kekuatan supernya masing-masing. Karakter-karakter dalam Avengers ini merupakan karakter yang dari Marvel Comics yang diciptakan oleh Stan Lee. Para tokoh Avengers ini kemudian diangkat dalam serangkaian film yang tergabung dalam Marvel Cinematic Universe atau MCU.

Setiap superhero memiliki kisah dan asal-usulnya masing-masing. Para superhero tersebut kemudian direkrut oleh S.H.I.E.L.D., sebuah agen rahasia yang merekrut para manusia super untuk melindungi bumi dari ancaman musuh. Superhero-superhero yang tergabung dalam tim buatan S.H.I.E.L.D. tersebut kemudian dinamakan Avengers Team.

Ada banyak superhero yang tergabung sebagai Avengers dan jumlahnya selalu bertambah di setiap film, namun inilah tokoh-tokoh superhero yang memiliki peran cukup penting dalam tim Avengers.

1. Captain America

Captain America

Captain America merupakan superhero yang tertua dalam tim Avengers sekaligus menjadi pemimpin tim tersebut. Nama asli dari Captain America adalah Steve Rogers. Ia mulanya adalah orang biasa yang mendaftar menjadi tentara Amerika dalam Perang Dunia II. Steve kemudian menjadi prajurit dengan kekuatan luar biasa setelah tubuhnya disuntikkan serum super soldier dan vita ray sehingga ia memiliki kekuatan dan kekuatan super dibanding manusia biasa.

Dalam cerita MCU, Captain America diceritakan membeku selama 70 tahun di Antartika saat ia mengorbankan dirinya dalam melawan Hydra. Dengan teknologi canggih, Captain America kembali terbangun di masa kini dan direkrut oleh S.H.I.E.L.D. untuk menjadi anggota Avengers. Captain America memiliki senjata andalan berupa perisai yang juga memiliki kekuatan super.

2. Iron Man

Iron Man

* sumber: www.britannica.com

Iron Man seringkali diidentikkan dengan anggota Avengers yang paling kaya raya. Sosok Iron Man adalah Tony Stark, seorang milyader yang merupakan pemilik Stark Industries. Stark Industries merupakan perusahaan kontraktor militer yang diwariskan oleh ayahnya, Howard Stark. Tony kemudian menciptakan kostum berteknologi tinggi yang dikenal dengan Iron Man.

Penciptaan Iron Man mulanya dibuat saat Tony Stark diculik oleh teroris di Afghanistan yang menginginkan rudal miliknya. Peristiwa ini juga yang membuatnya hampir mati dan pada akhirnya harus hidup dengan reactor arc dengan dadanya. Melalui baju besi berteknologi tersebut, Tony Stark memiliki kekuatan super dan akhirnya direkrut oleh S.H.I.E.L.D.

3. Thor

Thor

Berbeda dengan para anggota Avengers lain yang memiliki latar belakang manusia dengan kekuatan super, Thor merupakan sosok dewa petir yang berasal dari Asgard. Thor merupakan putra mahkota Asgard dimana sang ayah, Odin adalah raja Asgard. Namun, Thor memiliki saudara tiri bernama Loki yang jahat dan ingin menguasai Asgard serta dunia.

Thor memiliki senjata andalannya yang bernama Mjolnir. Mjolnir ini merupakan palu dengan kekuatan super yang konon hanya bisa diangkat oleh Thor. Thor sempat diturunkan ke bumi dan kehilangan kekuatannya sampai ia jatuh cinta dengan gadis bumi. Setelah itu, ia juga kembali ke bumi saat Loki membuat kekacauan yang akhirnya membuat Thor bergabung dengan S.H.I.E.L.D.

4. Hulk

Hulk

Hulk dikisahkan sebagai superhero dengan kekuatan terkuat yang dimiliki oleh Tim Avengers. Sosok hijau besar ini sebenarnya merupakan seorang ilmuwan bernama Bruce Banner yang terpapar radiasi bom gamma dalam penelitiannya. Bruce Banner dapat berubah menjadi Hulk ketika ia marah dan tidak bisa mengendalikan emosinya.

Sebelum direkrut oleh S.H.I.E.L.D., Dr. Bruce Banner diceritakan sedang mengasingkan dan menenangkan dirinya untuk tidak terlibat dengan pertarungan apapun. Namun pada akhirnya ia bergabung menjadi Tim Avengers sekaligus juga menjadi ilmuwan yang melakukan berbagai penelitian untuk memperkuat tim tersebut.

5. Black Widow

Black Widow

* sumber: filmschoolrejects.com

Sosok Black Widow pada awalnya diceritakan sebagai mata-mata Rusia dan anggota KGB yang bernama Natasha Romanoff . Namun ia dikhianati oleh KGB dan akhirnya bergabung bersama Nick Fury di S.H.I.E.L.D. Natasha juga berperan penting dalam mengumpulkan para superhero yang lain untuk menjadi anggota Avengers Team.

Black Widow memiliki kekuatan bela diri yang luar biasa. Ia juga memiliki senjata berupa gelang yang mampu mengeluarkan sengatan listrik hingga 30.000 volt. Natasha juga digambarkan sebagai sosok dengan kecerdasan yang mampu melakukan manipulasi psikologis dan bisa menutupi emosinya yang sebenarnya.

Baca juga: Daftar Pemeran Avengers: End of Game yang Wajib Kamu Tahu

6. Ant-Man

Ant-Man

* sumber: filmdaily.co

Ant-Man merupakan superhero yang memiliki kekuatan untuk membuat tubuhnya menjadi kecil atau menjadi besar. Sosok dibalik Ant-Man ialah Scott Lang, seorang mantan narapidana yang melakukan pencurian ke rumah seorang ilmuwan bernama Hank Pym. Namun peristiwa ini justru membuatnya berkenalan dengan Pym dan anaknya yang memberinya kostum Ant-Man.

Awal mula Ant-Man bergabung dengan Avengers adalah ketika Captain America meminta bantuannya saat ia berselisih paham dengan Tony Stark. Ketika pada akhirnya setengah populasi dunia menghilang karena jentikan jari Thanos, Ant-Man merupakan superhero yang memberi ide pada Avengers lainnya untuk menyelamatkan dunia menggunakan quantum realm.

7. Spiderman

Spiderman

* sumber: ew.com

Spiderman atau manusia laba-laba merupakan superhero yang memiliki kekuatan berupa jaring super dan memiliki karakter layaknya laba-laba. Kemunculannya bermula ketika Peter Parker, seorang siswa SMU terkena sengatan laba-laba dari jenis yang langka. Peter kemudian mendesain sendiri kostumnya untuk menjadi pahlawan penyelamat bernama Spiderman.

Dalam cerita MCU, Tony Stark diceritakan mengunjungi kediaman Peter dan Spiderman kemudian diajak bergabung dengan Avengers oleh Stark. Stark bahkan memberi berbagai peralatan canggih untuk Spiderman. Ia juga merupakan anggota Avengers yang termuda dibanding anggota yang lain.

8. Captain Marvel

Captain Marvel

* sumber: www.screengeek.net

Captain Marvel merupakan sosok superhero wanita yang memiliki kekuatan luar biasa. Ia memiliki kemampuan terbang, stamina dan kelincahan super, mengontrol energi elektromagnetik, memancarkan panas, menyerap energi kinetik, hingga memanipulasi gravitasi. Captain Marvel memiliki nama asli Carol Danvers, seorang pilot pesawat tempur Amerika.

Awalnya Carol Danvers adalah manusia biasa. Namun ia mendapat kekuatan super dari radiasi ketika terjadi ledakan alat Psyche-Magnitron. Ia kemudian bergabung sebagai pasukan starforce di planet Kree. Captain Marvel kembali turun ke bumi dan bergabung sebagai Avengers ketika Nick Fury, pimpinan S.H.I.E.L.D. mengiriminya pesan dan meminta bantuan.

9. Doctor Strange

Doctor Strange

Doctor Strange merupakan seorang ahli sihir sekaligus penjaga dari Eye of Agamotto, salah satu batu yang diincar oleh Thanos. Ia memiliki kekuatan super seperti memanipulasi waktu, manipulasi perubahan bentuk, kemampuan terbang, hingga teleportasi. Mulanya, ia merupakan seorang dokter bedah bernama Stephen Strange yang mengalami lumpuh karena kecelakaan.

Strange kemudian berkelana untuk menyembuhkan tangan lumpuhnya, hingga ia bertemu Karl Mondo yang mengajarinya sihir hingga membuatnya menjadi penjaga time stone. Ketika berperang melawan Thanos, Doctor Strange juga mendapat penglihatan bahwa mereka hanya memiliki satu dari 14.000.605 kemungkinan untuk mengalahkan Thanos.

10. Scarlet Witch

Scarlet Witch

* sumber: www.mtv.com

Scarlet Witch merupakan sosok superhero wanita yang memiliki nama asli Wanda Maximoff. Bersama saudara kembarnya, Wanda dijadikan uji coba manusia super yang dilakukan oleh Hydra. Awalnya, ia merupakan pihak yang ikut memusuhi Captain America dan tim Avengers yang lain, namun kemudian ia bergabung bersama Avengers setelah kembarannya terbunuh.

Scarlet Witch memiliki cukup banyak kekuatan super, mulai dari telekinesis, telepati, serta manipulasi energi. Kekuatan ini membuatnya bisa menolak, menarik, atau bahkan melemparkan musuhnya. Kekuatan lain yang sering diperlihatkan Scarlet Witch adalah manipulasi mental yang bisa membuat musuhnya terdiam layaknya terkena pengaruh hipnotis.

Itulah beberapa superhero tangguh yang memiliki peran cukup penting dalam tim Avengers. Selain itu, masih ada beberapa anggota Avengers lainnya yang saling membantu dan memiliki kekuatan tak kalah mengagumkan. Yang manakah yang menjadi superhero Avengers favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *