Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2018

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah gunung terbanyak di Indonesia. Bahkan kebanyakan gunung tersebut merupakan gunung api yang aktif karena Indonesia berada di jalur Ring of Fire. Maka dari itu, keberadaan gunung sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Dari ratusan gunung tersebut, banyak di antaranya yang memiliki ketinggian di atas 2000 meter. Gunung-gunung tersebut tentu menjadi objek pendakian favorit bagi para pecinta alam. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia.

1. Puncak Jaya

puncak jaya

Puncak Jaya merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di pegunungan Barisan Sudirman di Papua. Selain menjadi yang tertinggi di Indonesia, gunung setinggi 5.030 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini juga menjadi yang tertinggi di Oseania dan menjadi salah satu dari 10 gunung tertinggi di dunia.

Puncak Jaya ini juga dikenal dengan berbagai nama, seperti Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, dan Puncak Jayadikesuma. Sedangkan masyarakat lokal juga banyak yang menyebutnya sebagai Nemangkawi, Ngga Pulu, dan Ndugundugu.

Puncak gunung ini menjadi satu-satunya tempat di indonesia yang masih ditutupi oleh salju. Sayangnya karena pemanasan global yang semakin parah, salju tersebut terancam lenyap seperti halnya yang terjadi pada Puncak Mandala.

Tidak diketahui pasti siapa pendaki pertama yang mencapai puncaknya, namun banyak versi yang menyebut jika Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, dan Frits Wissel merupakan yang pertama mendakinya pada tahun 1936.

2. Puncak Mandala

puncak mandala

Di urutan kedua ada Puncak Mandala yang juga masih terletak di Papua. Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya yang terletak di sebelah timur Papua dan berbatasan dengan negara Papua Nugini. Gunung yang memiliki tinggi 4.760 mdpl ini pada masa penjajahan Belanda juga dikenal dengan nama Julianatop yang berarti Puncak Juliana.

Gunung ini merupakan salah satu yang paling menantang bagi para pendaki lokal maupun mancanegara. Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncaknya adalah Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn, dan Piet ter Laag pada 9 September 1959.

Sejak jaman dahulu Puncak Mandala sering ditutupi oleh salju. Sayangnya karena pemanasan global yang tak terkendali, salju tersebut sekarang sudah menghilang dari puncaknya. Salju terakhir yang tercatat ada di puncak ini adalah pada tahun 2003.

3. Puncak Trikora

gunung tertinggi di indonesia puncak trikora

Puncak gunung tertinggi di Indonesia yang selanjutnya juga masih dari tanah Papua yaitu Puncak Trikora. Puncak yang berada di sebelah timur Barisan Sudirman ini juga biasa disebut sebagai Ettiakup. Pada masa penjajahan Belanda, puncak ini juga mendapat julukan Wilhelminatop  alias Puncak Wilhelmina.

Pada awalnya puncak ini dianggap sebagai yang kedua tertinggi di Indonesia. Namun data SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa puncak ini hanya memiliki ketinggian 4.751 meter, alias lebih pendek 9 meter dari Puncak Mandala.

Puncak ini juga sebelumnya banyak ditutupi oleh salju. Akan tetapi, pemanasan global membuat puncak ini menjadi lebih malang dari kedua tetangganya. Ya, Puncak Trikora sudah tidak diselimuti salju lagi semenjak tahun 1962. Puncak ini sendiri pertama kali ditaklukan oleh Franssen Herderschee, Hubrecht, dan Versteeg pada tahun 1913.

4. Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit merupakan puncak gunung tertinggi keepat yang terletak di sebelah barat pegunungan Maoke, Papua. Posisinya juga tidak terlalu jauh dari Puncak jaya yaitu hanya sekitar 21 KM. Puncak gunung ini sendiri memiliki tinggi 4.717 meter di atas permukaan laut.

Pada masa kolonial Belanda, Ngga Pilimsit dikenal dengan nama Gunung Idenburg. Konon, pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak gunung ini adalah Heinrich Harrer, dan Philip Temple  pada tahun 1962.

5. Gunung Kerinci

manusia harimau kerinci

Gunung tertinggi di Indonesia yang selanjutnya adalah Gunung Kerinci. Gunung yang terletak di kawasan bukit Barisan ini memiliki tinggi 3.805 mdpl. Lokasi gunung ini tepat di perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Gunung yang juga dikenal dengan nama Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura merupakan habitat dari berbagai satwa langka seperti badak dan harimau Sumatera. Oleh karena itu, sebagian besar gunung ini dijadikan sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat untuk melindungi habitat kedua satwa tersebut.

Gunung Kerinci adalah salah satu gunung berapi tipe stratovolcano yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2009 silam. Di puncak gunung ini terdapat kawah indah dengan air yang berwarna hijau.

Puncak gunung ini berhasil didaki untuk pertama kalinya oleh von Hasselt dan Veth pada tahun 1877. Konon gunung ini juga menyimpan berbagai macam misteri yang cukup menyeramkan, salah satunya adalah manusia harimau atau cindaku. Silahkan baca ulasan kami mengenai manusia harimau kerinci di sini.

6. Gunung Rinjani

gunung rinjani

Bagi Anda yang suka berwisata, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Gunung Rinjani. Ya, gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini memang menjadi salah satu yang tercantik di Indonesia sehingga mengundang minat banyak pendaki maupun wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Gunung ini sendiri meiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl. Salah satu objek wisata favoritnya adalah danau kawah bernama Segara Anak. Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang dilindungi oleh pemerintah.

7. Gunung Semeru

gunung semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di tanah Jawa. Gunung yang juga dikenal dengan nama Mahameru ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara kabupaten malang dan kabupaten Lumajang.

Meskipun berada di peringkat 6 dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia, namun pendakian puncak gunung ini cukup sulit dan menantang. Konon proses pendakian dan penurunan gunung ini bisa memakan waktu hingga 4 hari lamanya.

Di puncak gunung ini terdapat kawah bernama Jonggring Saloko yang indah sehingga banyak menarik minat para pendaki. Pendaki pertama yang tercatat berhasil mencapai puncaknya bernama Clignet pada tahun 1838.

8. Gunung Sanggar

gunung sanggar

Tidak jauh dari Gunung Rinjani, terdapat gunung lainnya yang menjulang cukup tinggi yakni Gunung Sanggar. Ketinggian gunung ini sendiri berada pada angka 3.492 mdpl. Sayangnya, gunung ini terdengar kurang populer di antara para wisatawan karena banyak yang lebih memilih untuk pergi ke Gunung Rinjani di dekatnya.

9. Gunung Rantemario

rantemario

Gunung Rantemario terletak di Sulawesi Selatan dan memiliki ketinggian 3.478 mdpl. Gunung ini merupakan yang tertinggi di pula Sulawesi, namun ada juga yang mengatakan jika Gunung Rantekombola lah yang tertinggi. Kedua gunung tersebut sebenarnya berada pada area pegunungan yang sama. Di kalangan masyarakat setempat, gunung ini juga terkenal dengan sebutan Bulu Rantemario.

10. Gunung Slamet

gunung slamet

Gunung Slamet merupakan gunung kedua tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan 5 kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

Gunung ini terkenal dengan rute pendakiannya yang cukup sulit. Akan tetapi hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Di kaki Gunung Slamet juga terdapat objek wisata yang cukup terkenal bernama Baturaden.

Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturaden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

Nah, itulah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia. Adakah dari pembaca yang sudah pernah mendaki salah satu gunung tersebut? Silahkan bagikan dengan kami kisah serta kesan apa saja yang didapatkan ketika proses pendakiannya di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang olahraga, teknologi, makanan, hingga hal-hal berbau mistis. Saat ini menjadi penulis dan CEO di Bacaterus.com dan Carisinyal.com.

One Comment

  1. senja 9 Agustus 2016 at 12:41 - Reply

    izin sedot gan 😀

Leave A Comment