bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Cringe

Kata "cringe" dalam bahasa Inggris memiliki arti dasar jijik atau geli. Dalam penggunaan sehari-hari, khususnya dalam bahasa gaul, istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan geli atau jijik yang dialami seseorang saat melihat sesuatu yang dianggap memalukan atau tidak menyenangkan berdasarkan standar pribadinya.

Seringkali, kata "cringe" juga diasosiasikan dengan ekspresi wajah meringis saat menyaksikan sesuatu yang menjijikkan atau memalukan.

Istilah "cringe" kini populer di kalangan anak muda, terutama mereka yang sering mencampurkan bahasa Indonesia dan Inggris dalam percakapan sehari-hari. Istilah ini telah diterima sebagai bagian dari bahasa gaul modern dan digunakan secara luas oleh generasi muda untuk menggambarkan situasi yang menimbulkan perasaan malu, geli, atau jijik.

Asal Muasal Istilah Cringe

Istilah “Cringe” ini awalnya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh anak muda di seluruh dunia. Kata "cringe" kerap muncul di meme atau media sosial seperti Instagram, X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), dan TikTok. Pengguna utamanya adalah generasi milenial dan Gen Z yang gemar mencampurkan bahasa Inggris dalam obrolan mereka.

Contoh Penggunaan Istilah Cringe

Berikut adalah contoh screenshot percakapan X/Twitter yang menggunakan istilah cringe:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross