Bacaterus / Dunia Mistis / 10 Cerita Creepypasta Terpopuler yang Bikin Merinding

10 Cerita Creepypasta Terpopuler yang Bikin Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2018

Jika Indonesia punya sang legendaris Mr. Gepeng, orang-orang di luar sana punya Slender Man, salah satu tokoh populer yang dilahirkan dari website kumpulan cerita horor yaitu Creepypasta.

Ceritanya yang begitu menyeramkan dan meremangkan bulu roma mampu membuat pembaca justru percaya bahwa yang diceritakan adalah kenyataan, benar-benar terjadi. Meski sebenarnya, cerita-cerita itu hanyalah fiktif belaka, mungkin.

Namun, tidak hanya Slender Man yang terkenal dan digemari oleh pengikut setia Creepypasta. Masih banyak cerita lain yang juga sulit dilupakan dan dielu-elukan sebagai favorit para penggemarnya. Ingat, Creepypasta memiliki konten horor, jadi, jangan baca sendirian, ya, kalau tidak berani, hihihi. Kalau berani, yuk, telusuri 10 cerita Creepypasta terpopuler berikut ini!

1. Squidward’s Suicide (Red Mist)

squidward suicide

Siapa yang akan menyangka bahwa salah satu pemeran pembantu di kartun kesayangan kita justru akan mengakhiri hidupnya sendiri? Tayangan kartun Spongebob Squarepants, meski terkadang menayangkan beberapa episode yang nyeleneh, cukup identik dengan nuansa ceria dan menyenangkan. Jadi, tentu saja cerita tentang Squidward yang bunuh diri tidak akan lewat di pikiran para penontonnya.

Namun, itulah yang menjadi fokus cerita di Creepypasta pertama ini. Cerita dibuka oleh narator, seorang pegawai magang di perusahaan tempat Spongebob Squarepants diproduksi. Saat itu, ia tengah berada di studio editing bersama para editor dan animator, me-review rekaman animasi untuk diedit.

Ketika mereka menonton bersama-sama, adegan dalam animasi berjalan seperti biasanya, ada suara Spongebob mengganggu Squidward yang tengah bermain klarinet.

Akan tetapi, beberapa menit selanjutnya, adegan demi adegan lain mulai berkesan ganjil dan lebih “gelap” dari biasanya. Musik tidak ada lagi, suara-suara tokoh menjadi tidak sinkron, bahkan terdapat foto menyeramkan yang diselipkan di antara adegan. Cerita ini diberi rating 8,9 di Creepypasta oleh penggemarnya. Berbagai versi videonya telah diunggah fans melalui YouTube.

2. The Smiling Man

the smiling man

* sumber: creepypasta.wikia.com

Terkadang, mendapatkan senyuman dari orang asing yang tak sengaja berpapasan dengan kita di jalan, rasanya cukup menyenangkan. Tentu saja jika tidak dibarengi dengan gelagat mencurigakan lain yang justru akan jadi menyeramkan. Pengalaman narator di cerita satu ini pun tak jauh berbeda, meski sayangnya alih-alih menyenangkan pengalamannya justru lebih menyeramkan.

Sang tokoh “aku” saat itu bercerita bahwa ia tengah JJM alias jalan-jalan malam. Keadaan kota yang sudah ditempatinya cukup lama itu dinilainya aman dan tenteram, nyaris tidak ada orang jahat yang mampu meneror kota tersebut. Jadi, ia pun merasa baik-baik saja untuk keluar dan berjalan-jalan jauh setelah matahari selesai terbenam.

Awalnya, layaknya malam hari, jalanan pun sepi. Sangat sedikit orang yang terlihat, mobil patroli polisi pun siaga terparkir jauh dari tempatnya tinggal. Namun, selebihnya, tidak ada yang mencurigakan, sebelum ia melihat seorang lelaki yang berjalan ke arahnya.

Cerita ini dinilai cukup realistis dan relatable, maka tak heran mendapatkan rating 8,5. Selain itu, The Smiling Man juga diadaptasi ke dalam sebuah film pendek berjudul 2AM: The Smiling Man yang dapat ditonton di YouTube.

3. The Expressionless

expressionless

* sumber: creepypasta.wikia.com

Cerita misteri ini tidak meninggalkan detail yang cukup banyak untuk ditelaah lebih lanjut, jadi pembaca dibuat bertanya-tanya hingga saat ini. Si tokoh utama diceritakan muncul tiba-tiba pada tahun 1972. Kedatangannya cukup mengerikan dan misterius.

Pertama, wajahnya tidak mirip seperti manusia pada umumnya, justru lebih mirip seperti manekin yang biasa dipajang di etalase toko. Kedua, ia tengah membawa seekor kucing di giginya, menggigitnya rapat-rapat hingga bahkan sekilas gigi pun tak terlihat.

Para petugas rumah sakit pun secara profesional membawanya ke ruang rawat, mencoba mencari tahu apa yang terjadi padanya. Sayangnya, ia tidak kooperatif. Ia pun mulai melawan dan mengatakan hal-hal tak terbayangkan yang membuat bergidik. The Expressionless meraih rating 8,5. Gambar-gambar dan ceritanya sudah banyak tersebar dan diadaptasi oleh cerita lainnya.

4. 1999

1999

* sumber: www.eyesoftheunseen.com

Tayangan-tayangan televisi hiburan anak cukup menjadi magnet bagi anak-anak, terlebih sebelum era serba-digital saat ini. Serial kartun, serial kreasi, serial menari dan bernyanyi, atau serial dengan boneka-boneka tangan dengan orang-orang berkostum. Begitulah premis awal cerita ketiga dari Creepypasta ini, sebuah tayangan hiburan anak yang sesungguhnya menyimpan kisah lain yang lebih mengerikan di baliknya.

Tahun 1999, seperti judulnya, adalah tahun ketika sang protagonis Elliott menonton channel Caledon Local 21, yang menayangkan serial televisi dengan tokoh utamanya diisi oleh Booby dan Mr. Bear. Booby hanyalah sebelah tangan manusia yang berperilaku konyol, layaknya tokoh fiktif biasa, sementara Mr. Bear adalah seseorang yang memakai kostum beruang.

Setiap episode berisi cerita-cerita konyol, terkadang diisi oleh beberapa anak kecil sebagai teman Booby atau Mr. Bear. Suatu ketika, Mr. Bear mengirimkan undangan, di layar kaca yang menampilkan alamat lengkapnya untuk anak-anak yang ingin menghadiri acaranya.

Elliott, yang saat itu masih berumur 5 tahun, iseng-iseng mengirim surat ke alamat Mr. Bear supaya diizinkan untuk tampil di acaranya. Satu minggu kemudian, ia pun mendapat balasan dari Mr. Bear yang dengan senang hati mengajaknya datang ke acara Mr. Bear.

Namun, ketika Elliott dan ayahnya benar-benar berangkat, yang ditemuinya bukanlah studio seperti umumnya, melainkan sebuah rumah tua yang bobrok—dan telah dipenuhi polisi. Ternyata, Booby dan Mr. Bear adalah orang yang sama, dan ia dicurigai polisi sebagai terduga pelaku kejahatan.

Bertahun kemudian, Elliott yang masih dihantui kejadian tersebut memutuskan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Booby & Mr. Bear dan anak-anak yang sempat terlihat dalam acaranya. Cerita ini cukup panjang, dengan kronologis yang runut pula.

5. The Angel Statue

the angel statue

Tidak banyak yang dipaparkan, tapi cerita ini tetap menjadi salah satu Creepypasta terpopuler, bahkan sampai dipertanyakan kebenarannya. Cerita Creepypasta ini dikenal juga dengan judul The Statue atau The Angel.

The Angel Statue bercerita tentang pasangan yang menitipkan anak-anaknya kepada seorang pengasuh, sementara mereka pergi jalan-jalan berdua. Aktivitas sang pengasuh dan anak-anak pun berjalan seperti biasa, hingga malam pun tiba.

Setelah selesai mengantar anak-anak tidur, sang pengasuh hendak kembali menonton televisi di ruang tengah. Namun, setelah melihat sebuah patung malaikat berkerudung yang berdiri di balik jendela, ia jadi sangsi dan hendak pindah menonton ke kamar para orangtua. Sayangnya, ternyata patung tersebut lebih mengerikan dari yang dibayangkan.

6. Ted the Caver

ted the caver

* sumber: creepypasta.wikia.com

Gua memang menjadi salah satu fenomena alam yang bisa jadi menakjubkan dan menyeramkan. Pemandangan dan bentukannya yang indah dapat membuat kita kagum, tapi misteri-misteri yang terpeta di baliknya justru dapat menggelitik rasa penasaran sekaligus rasa takut kita.

Seperti judulnya, Ted the Caver bercerita tentang seorang penjelajah gua yang merekam jejak penjelajahannya dalam entri blog pribadinya. Ted menguraikan dengan detail awal penemuan sebuah gua yang menjadi tempatnya menjelajah bersama teman-temannya. Ia juga menyertakan berbagai foto dokumentasi untuk memberikan gambaran lebih jelas bagi pembaca.

Seiring berjalannya cerita, tidak ada yang benar-benar mencurigakan. Pembaca disuguhi perjalanan seru dengan narasi yang dinamis dan deskriptif. Akan tetapi, seperti Creepypasta pada umumnya, tentu saja tidak ada perjalanan yang benar-benar mulus.

Semakin mereka masuk ke dalam gua, Ted dan teman-temannya kemudian mengalami hal-hal ganjil hingga menyeramkan. Dari suhu udara yang tiba-tiba mencekam, merasakan kehadiran entitas lain yang tak berwujud, dan sebagainya. Pengalaman menakutkan ini kemudian terus-menerus berlangsung, membuat cerita semakin mencekam.

Ceritanya dituturkan dengan sudut pandang orang pertama, seorang blogger yang selalu meng-update ceritanya. Hal ini justru membuat pembaca semakin bertanya-tanya apakah cerita tersebut benar terjadi atau tidak, mengkhawatirkan nasib Ted jika ia benar sosok manusia nyata. Maka dari itulah, Creepypasta satu ini masih menjadi cerita populer yang digemari banyak orang hingga sekarang.

7. The Rake

the rake

Salah satu unsur menarik dari cerita ini adalah penampakan The Rake itu sendiri, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Diceritakan The Rake adalah sesosok makhluk mirip manusia atau anjing besar tak berbulu, yang datang malam hari. Ia tidak banyak melakukan apa-apa, hanya menatap mata kita dalam-dalam dengan matanya yang berupa lubang besar hitam pekat.

Banyak orang dari tahun ke tahun menceritakan pengalaman mereka bertemu dengan makhluk itu, mulai dari tulisan jurnal hingga surat kematian. Setiap pengalaman menceritakan hal yang sama, yaitu bagaimana The Rake ‘melihat’ ke dalam diri mereka dan membuat mereka gila. Beberapa bahkan ada yang kehilangan orang terkasih lantaran kehadiran makhluk tersebut.

The Rake menjadi salah satu Creepypasta yang legendaris hingga kini. Bahkan ceritanya diadaptasi ke dalam beberapa cerita lain atau film-film pendek yang dapat dengan mudah ditonton di YouTube.

8. The Russian Sleep Experiment

the russian sleep experiment

Manusia memang tidak jarang menjadi salah satu bahan percobaan eksperimen para ilmuwan, dari zaman dulu bahkan mungkin hingga kini. Creepypasta ini juga mengangkat cerita tentang sebuah eksperimen yang diadakan di Rusia pada tahun 1940, dengan beberapa tahanan perang sebagai bahan eksperimennya.

Eksperimen yang dilakukan adalah mempertahankan lima orang tersebut agar tetap terjaga dengan stimulan berupa gas eksperimental. Para ilmuwan tersebut ingin mengetahui dampak yang akan timbul jika manusia dibiarkan terjaga selama lebih dari seharusnya, yaitu selama 30 hari.

Pada awalnya, tidak ada yang ganjil. Para subjek eksperimen tidak banyak bicara dan menurut saja setelah diberi janji palsu atas kebebasan mereka di hari ke-31. Namun, lama kelamaan, sebab kurang tidur itu ternyata menimbulkan akibat besar dan sangat mengerikan.

Lantaran detailnya informasi yang disampaikan dalam Creepypasta ini, para pembaca dibuat bertanya-tanya tentang kebenarannya. Sebab, cukup banyak eksperimen sungguhan yang benar-benar dilakukan pada abad ke-18. Maka tak heran cerita ini pun sempat dipercaya memang benar terjadi.

9. Jeff the Killer

jeff the killer

Nah, ini dia Creepypasta populer yang sudah pasti dikenal oleh setiap penggemar Creepypasta pada umumnya. Jeff the Killer menjadi cerita yang banyak dibaca, dengan karakter Jeff yang selalu diusung-usung sebagai karakter favorit banyak penggemar.

Creepypasta ini bercerita tentang Jeff dan keluarganya yang baru pindah ke lingkungan baru. Jeff yang masih nampak baik-baik saja, meski begitu, seringkali mendengar suara-suara di kepalanya yang membisikkan hal-hal mengerikan, walaupun masih berupa bisikan.

Sayangnya, anak-anak di sana tidak memperlakukan Jeff dan saudaranya Liu dengan baik. Mereka pun terlibat perkelahian, dan suara-suara di kepala Jeff membuatnya terlampau menikmati perkelahian hingga ia pun menusuk dua dari tiga anak itu meski alibinya adalah hendak melindungi saudaranya.

Setelahnya, Jeff tidak bisa menepis rasa bahagia yang ditimbulkan dari penusukannya terhadap anak-anak itu. Ia benar-benar bahagia, tidak pernah merasakan kebahagiaan yang lebih dari itu yang timbul ketika ia menyakiti orang lain.

Tak lama setelah kejadian itu, polisi pun mendatangi rumah Jeff dan hendak menangkapnya. Namun, Liu berbohong dan mengaku bahwa justru ialah yang menusuk anak-anak itu. Liu pun dibawa ke tahanan anak-anak.

Jeff harus menghadapi dilema dalam dirinya, antara menghadapi perasaan bersalahnya atau justru menikmati kepuasan, kenikmatan, dan kebahagiaan yang dirasakannya ketika melihat orang lain menderita.

10. The Slender Man

the slender man

Creepypasta terakhir kita adalah yang nampaknya paling populer, yaitu sang Slender Man itu sendiri. Ia tidak banyak tingkah, tapi itulah yang membuatnya menyeramkan.

Penampilan makhluk ini tak lebih hanyalah sosok yang menyerupai manusia, berpakaian tuksedo lengkap dengan dasinya. Namun tubuhnya yang begitu tinggi dan rata, serta wajahnya yang datar tanpa indra, membuatnya berlipat kali lebih menyeramkan.

Ia adalah makhluk misterius yang mampu membunuh, menculik, atau menelan korbannya hingga hilang dari permukaan sama sekali. Slender Man juga dapat menciptakan sulur yang mampu menjerat korbannya. Ia senang menghantui orang-orang yang paranoid akan eksistensinya. Tak jarang Slender Man ditemui di antara anak-anak, sebelum ia menculik salah satu di antaranya.

Lantaran banyak orang yang menggandrungi tokoh tak berwajah ini, Slender Man bahkan diadaptasi ke dalam video game hingga film layar lebar yang dirumorkan akan tayang pada Maret 2018 nanti. Wah, keren, ya!

Nah, itulah 10 Creepypasta terpopuler menurut Bacaterus. Setelah membaca cerita lengkapnya atau menonton filmnya, siap-siap tidak tidur, ya! Hihihihi.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hanya seorang penggemar film, serial televisi, dan kopi yang tengah berusaha untuk kembali menjadi seorang penulis.

2 Comments

  1. juenpaiki 21 Mei 2018 at 10:31 - Reply

    waw jeff the killer sungguh menyeramkan dari pada cerita lainnya waw cuma baca ajah udh seram apalagi kalau udh nonton

    • Bacaterus 21 Mei 2018 at 15:10 - Reply

      Harus nonton berarti ya. 🙂

Leave A Comment