Bacaterus / Perpisahan Sekolah / 10 Contoh Tema Buku Tahunan yang Bagus dan Tidak Terlupakan

10 Contoh Tema Buku Tahunan yang Bagus dan Tidak Terlupakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Buku tahunan adalah buku berisi foto anggota kelas dan satu angkatan denganmu di sekolah. Biasanya buku tahunan dibuat oleh siswa SMA. Tapi sekarang siswa SMP juga banyak yang membuat buku tahunan. Untuk membuat buku tahunan sekolah diperlukan kegiatan pengambilan gambar dengan tema yang berbeda dari setiap kelas.

Tujuannya supaya lebih menarik dan menjadi bentuk kenangan saat dilihat ketika lulus nanti. Mencari ide untuk tema buku tahunan memang susah-susah gampang. Karena momen sekali seumur hidup ini akan dikenang ketika sudah lulus nanti.

Nah, buat kamu yang sedang bingung dengan tema buku tahunan, kami punya beberapa contoh temanya buat kamu. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Anak Sekolah

Anak Sekolah

Salah satu tema yang paling simple dan tidak mudah dilupakan adalah tema anak sekolah. Dengan tema ini, kamu tidak perlu repot menggunakan atau membeli kostum. Cukup menggunakan seragam khas sekolah kamu dengan tema yang berhubungan dengan keadaan sekolah.

Seperti contoh seperti gambar di atas yang menunjukkan foto dua orang siswa dan satu orang siswi yang sedang menjalani masa orientasi sekolah. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga lebih untuk memikirkan soal kostum, setting tempat, dan lainnya.

Walaupun terlihat simple, tapi tema yang satu ini sangat berkesan lho! Terutama ketika kamu dan teman-teman sudah dewasa nanti. Foto dengan tema anak sekolah bisa kamu lakukan di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah.

2. Garden Party

Garden Party

Buat kamu yang ingin membuat buku tahunan di outdoor, salah satu tema yang bisa kamu gunakan adalah garden party. Tema ini akan menghasilkan foto yang terkesan ceria dan menggunakan kostum dengan warna-warna yang cerah atau pastel.

Pastikan memilih tempat dengan area rumput yang bersih dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Enggak perlu repot pergi ke tempat yang jauh, kamu bisa mengambil tempat-tempat yang sederhana seperti taman kota, taman sekolah, dan ruang terbuka hijau lainnya.

3. Street Style

Street Style

Tema yang satu ini akan membuat foto buku tahunanmu terkesan keren. Biasnya gaya street style identik dengan gaya model. Gaya street style bisa dibuat lebih stylish atau simple. Salah satu contohnya adalah kamu bisa menggunakan pakaian casual seperti kaos, celana jeans, topi baseball, dan sneakers.

Kamu juga bisa menggunakan properti yang mendukung seperti sepeda, motor, dan papan skate. Supaya terlihat lebih kompak, gunakan warna pakaian yang senada dengan teman kelompokmu.

4. Retro

Retro

* sumber: www.modelbaju.id

Tema dengan gaya retro ini adalah sebutan untuk gaya fashion yang populer di tahun 1970-an sampai 1990-an. Suasananya lebih terkesan bebas dan lebih kontemporer seperti celana cutbray, baju motif, dan lainnya. Kamu juga bisa lebih bebas berekspresi menggunakan baju warna-warni atau gaya baju yang ekstrim.

5. Vintage

Vintage

* sumber: konsepbukutahunan.blogspot.com

Vintage adalah salah satu tema buku tahunan yang sering digunakan oleh banyak sekolah. Karena memiliki konsep yang unik dan menarik. Vintage merupakan gaya fashion yang pada tahun 1920-an sampai 1960-an. Gaya vintage cenderung berkesan feminin atau dengan warna yang soft.

Untuk tema ini, kamu bisa mengambil foto di tempat yang bersejarah atau café dengan nuansa vintage. Jika kamu tinggal di kota-kota besar pasti tidak akan sulit menemukan tempat foto untuk tema vintage.

6. Traveling

Traveling

* sumber: www.zahraaphoto.com

Jika kamu dan teman-teman suka traveling, pasti akan senang menggunakan tema ini untuk buku tahunan. Menggunakan tema traveling bukan berarti kamu harus pergi ke tempat yang jauh untuk mendapatkan foto yang bagus. Foto buku tahunanmu bisa terlihat keren di tempat-tempat yang sederhana seperti stasiun, halte, atau bandara.

Tema ini juga tidak akan membuat kamu repot, cukup menggunakan celana jeans atau celana pendek, kaos atau kemeja, dan aksesori yang biasa digunakan sehari-hari seperti jam tangan. Untuk alas kakinya pun sederhana, kamu bisa menggunakan sneakers atau bahkan sendal jepit. seru banget ‘kan?

7. Army

Army

* sumber: bencrea-indonesia.com

Dengan tema army atau tentara ini pasti akan membuat para cowok terlihat lebih macho dan karena bisa memperlihatkan sisi maskulinnya. Lalu buat yang cewek harus bergaya seperti apa? Tenang, cewek juga bisa tampil keren dengan tema army ini. Jika sulit menemukan kostum loreng, para cewek bisa memakai kaos putih atau cokelat muda polos.

Padukan dengan rok atau bawahan berwarna hitam model flare. Lalu sempurnakan gaya army dengan parka berwarna hijau army. Jika tidak memungkinkan untuk membeli parka, para cewek bisa menggunakan kemeja lengan panjang berwarna hijau army dan menggulung bagian lengannya.

Untuk sepatunya, cukup gunakan sneakers atau sepatu model boots yang bertali. Untuk riasannya, terapkan yang berwarna bold seperti merah atau hitam. Dijamin keren banget, deh!

8. Summer

Summer

* sumber: ladapedas-blog-blog.tumblr.com

Tema yang satu ini juga mirip dengan tema traveling, hanya saja lebih spesifik. Jika kamu memilih tema summer akan lebih cocok menggunakan latar belakang pantai. Disarankan memakai pakaian dengan warna yang ceria dan colourful. Untuk para cewek, gunakan riasan yang tipis dan gunakan warna blush yang cerah.

Tema summer juga membuat kamu tidak perlu repot mencari kostum, cukup gunakan baju sehari-hari yang sesuai untuk ke pantai. Untuk alas kakinya, cukup gunakan sendal jepit atau alas kaki yang cenderung terbuka. Selain foto buku tahunan, kamu dan teman-teman juga bisa sekalian bermain di pantai kan?

9. Negeri Dongeng

Negeri Dongeng

* sumber: www.bukutahunan.com

Jika kamu dan teman-teman ingin membuat buku tahunan dengan tema yang lebih kompleks, kamu bisa menggunakan tema di negeri dongeng. Tema ini akan membuat buku tahunan kamu lebih menarik dan imajinatif.

Hanya saja memerlukan kostum yang cukup rumit. Kamu bisa menyewa atau meminjam kostum ala princess atau ala pangeran di negeri dongeng. Untuk tempat fotonya bisa dilakukan di taman kota dengan banyak pohon atau jika memungkinkan di kastil-kastil seperti yang ada di theme park.

10. Camping

Camping

*Sumber: https://twitter.com/abankirenkcorp/status/678787264164548608?lang=de

Tema yang satu ini memang cukup ribet karena memerlukan peralatan seperti tenda, sleeping bag, tas gunung dan lainnya. Jika kamu dan teman-teman senang camping, pasti tidak akan sulit lagi menemukan barang-barang tersebut. Selain itu tempat yang digunakan untuk tema ini pun harus di tempat yang jauh seperti di tempat wisata alam.

Tapi untuk pakaiannya, cukup gunakan pakaian yang sederhana seperti celana jeans atau celana pendek, kaos atau kemeja, jaket. Sedangkan untuk alas kakinya bisa menggunakan sneakers atau sepatu gunung jika punya. Jangan lupa lengkapi dengan kayu api untuk api unggun supaya foto buku tahunanmu terlihat lebih hidup.

Itulah beberapa contoh tema buku tahunanmu yang bisa jadi inspirasimu.Sebelum memutuskan untuk memilih temanya, pastikan juga sesuaikan dengan budget dan kemampuan teman satu kelompokmu supaya pemotretan buku tahunan ini berjalan lancar.

Buat kamu yang tahu atau punya ide tentang tema buku tahunan lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami ya! Semoga menginspirasi ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *