Bacaterus / Serba Serbi / Waspada, Ini 10 Ciri-Ciri Orang yang Mengalami Dehidrasi

Waspada, Ini 10 Ciri-Ciri Orang yang Mengalami Dehidrasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Minum merupakan salah satu kebutuhan kita sebagai manusia. Hal itu karena setiap manusia membutuhkan asupan cairan dalam tubuhnya. Dengan minum, tubuh akan terasa lebih sehat dan kuat. Namun sebaliknya, jika kita melupakan kebutuhan tersebut, tentunya tubuh akan mengalami beberapa gejala yang tak enak dirasakan.

Kekurangan cairan menyebabkan tubuh kita tidak bekerja secara maksimal. Bahkan beberapa akibat fatal bisa disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dalam tubuh seperti dehidrasi bahkan hingga kematian. Maka dari itu, jangan sampai kita lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu yaitu minum.

Minumlah air putih sesuai kebutuhan. Bahkan Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board mengatakan bahwa wanita membutuhkan 2,7 liter cairan per harinya, sementara pria 3,7 liter. Meski demikian, jangan sampai kamu berlebihan dalam mengonsumsinya, ya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan over hidrasi yang juga berbahaya bagi tubuh.

Banyak di antara kita yang sering kali acuh akan kebutuhan cairan sehingga tak sadar gejala dehidrasi datang menghampiri. Maka dari itu, yuk lebih peduli terhadap kesehatan dengan cara mengenali ciri-ciri orang terkena dehidrasi agar kamu tak mengalaminya. Simak pemaparannya di bawah ini ya, readers!

1. Mudah Merasa Haus

Mudah Merasa Haus

* sumber: www.sehataqua.co.id

Haus merupakan sebuah tanda yang dipancarkan tubuh sebagai ciri bahwa tubuh membutuhkan cairan. Haus ini biasanya ditandai dengan gatal dan keringnya tenggorokan. Maka dari itu, ketika haus kita dianjurkan untuk segera minum karena tubuh sedang kekurangan cairan.

Namun jika kamu merasa sudah sering minum dalam jumlah yang cukup akan tetapi terus merasa haus, bisa jadi kamu mengalami gejala dehidrasi. Hal itu karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh sehingga tubuh memberikan sinyal berupa rasa haus yang terus-menerus.

Meski demikian, mudah merasa haus tak melulu menjadi ciri dehidrasi melainkan juga ciri penyakit lainnya. Untuk itu, jika gejala tersebut sudah kamu rasakan, segera konsultasi pada dokter terdekat.

2. Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut Tak Sedap

* sumber: parenting.orami.co.id

Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk memproduksi saliva atau yang biasa kita sebut air liur. Jika tubuh kita kekurangan cairan, maka produksi air liur akan terhambat sehingga menimbulkan berbagai gejala. Gejala yang sering timbul di antaranya adalah mulut dan tenggorokan yang kering.

Tenggorokan yang kering inilah yang menyebabkan pertumbuhan bakteri semakin cepat sehingga mulut berbau tak sedap. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kekurangan cairan atau dehidrasi menyebabkan mulut kering sehingga mulut akan mengeluarkan bau tak sedap.

3. Kepala Terasa Pusing

Kepala Terasa Pusing

* sumber: www.honestdocs.id

Kekurangan cairan tubuh juga berpotensi menghambat sirkulasi darah sehingga menyebabkan tekanan darah tak stabil atau menyebabkan tekanan darah rendah. Hal tersebut tentu saja dapat menimbulkan gejala yang cukup serius seperti sakit kepala atau pusing.

Penelitian juga menyebutkan bahwa wanita yang kekurangan cairan sekitar 1,36% dapat mengalami gejala sakit kepala. Jika kamu sering kali mengalami sakit kepala hingga pusing berkunang-kunang, bisa jadi kamu tengah mengalami gejala dehidrasi. Segeralah konsumsi air hangat dengan cukup dan istirahat.

4. Tubuh Menjadi Lemas

Tubuh Menjadi Lemas

* sumber: www.yesdok.com

Jika kamu sering kali merasa lemas, lelah, dan tak bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas, bisa jadi kamu tengah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh mempengaruhi darah menjadi lebih kental. Darah yang kental ini menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dalam memompa darah.

Darah yang lebih kental akibat kekurangan asupan cairan juga menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi pada seluruh bagian tubuh. Hal inilah yang menyebabkan rasa lemas dan lelah bagi penderita dehidrasi. Rasa lelah berlebihan ini juga biasanya menyebabkan para penderitanya mudah mengantuk.

5. Urine Tampak Lebih Gelap

Urine Tampak Lebih Gelap

* sumber: www.scientificanimations.com

Ciri bahwa dirimu mengalami dehidrasi cukup mudah kamu temukan, salah satunya melalui urine. Ketika kamu buang air kecil, cobalah untuk memperhatikan urinemu. Jika urinemu memiliki warna kuning pekat atau bahkan lebih gelap, bisa jadi itulah tanda bahwa dirimu tengah dehidrasi.


Baca Juga:

Saat tubuh kekurangan cairan, proses produksi urine akan terganggu. Hal tersebut menyebabkan urokrom atau pigmen alami berwarna kuning pada urine akan meningkat akibat terhambatnya proses produksi urine. Itulah yang membuat urine berwarna pekat atau gelap sebagai ciri seseorang terkena dehidrasi.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Bagi Tubuh

6. Kulit Kusam

Kulit Kusam

* sumber: productnation.co

Jika kamu merasa mengalami masalah kulit seperti kering, kusam, dan tidak elastis padahal kamu selalu rutin menggunakan produk kecantikan, bisa jadi itu tanda bahwa kamu tengah dehidrasi. Kulit tentu saja akan terkena dampak yang cukup serius ketika tubuh kekurangan cairan.

Hal ini karena produksi keringat mengalami hambatan karena kurangnya cairan dan kulit kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Hal tersebut menyebabkan kesehatan kulit menurun dengan ditandai beberapa gejala seperti kulit menjadi kering dan kusam serta tidak elastis.

7. Sembelit

Sembelit

* sumber: blogs.insanmedika.co.id

Air atau cairan juga merupakan komponen yang sangat penting bagi proses pencernaan. Cairan membantu melancarkan proses mencerna makanan dalam organ tubuh sehingga feses akan mudah terbentuk dan melancarkan proses buang air besar tanpa hambatan.

Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tentu saja proses pencernaan juga ikut terhambat. Akibatnya feses bertekstur kering sehingga sulit dikeluarkan. Buang air besar tak teratur dan merasa begah atau sembelit adalah gejala yang bisa saja terjadi akibat tubuh terkena dehidrasi.

8. Otot Kram

Otot Kram

* sumber: www.devenews.com

Kekurangan cairan atau dehidrasi juga berdampak pada otot yang ada di tubuhmu. Penelitian menyebutkan bahwa tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan otak lebih sensitif pada rasa nyeri. Ketika kamu merasa sakit atau kram di area otot, maka bisa jadi kamu mengalami dehidrasi.

Rasa nyeri dan kram otot ini disebabkan ketika kita kekurangan cairan, maka elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Elektrolit tersebut di antaranya kalium dan natrium di otot sehingga rasa nyeri dan kram terjadi. Rasa nyeri dan kram ini biasanya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

9. Jantung Berdebar

Jantung Berdebar

* sumber: www.rsupwahidin.com

Jantung berdebar juga menjadi salah satu ciri dari orang terkena dehidrasi. Bahkan ciri yang satu ini menandakan seseorang tengah mengalami dehidrasi berat. Maka dari itu kita semua wajib waspada ketika mulai merasa bahwa jantung berdebar lebih cepat.

Saat tubuh kita kekurangan cairan, secara otomatis tekanan darah akan menurun mengingat 55% dari darah dalam tubuh adalah cairan. Tekanan darah yang rendah ini menyebabkan penyaluran oksigen menuju otak terhambat. Jantung pun akan memompa lebih keras dan cepat untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

10. Badan Terasa Panas

Badan Terasa Panas

* sumber: www.minews.id

Air atau cairan memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya sebagai pengatur suhu tubuh agar tetap normal. Ketika suhu tubuh mulai panas, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat. Hal ini menyebabkan suhu tubuh kembali pada suhu normal.

Akan tetapi ketika seseorang tengah mengalami dehidrasi, maka proses pembentukan keringat akan terhambat. Akibatnya, tak ada keringat yang keluar sehingga menyebabkan suhu tubuh menjadi lebih panas. Suhu tubuh di atas normal inilah yang menyebabkan seseorang merasa kepanasan dan gerah.

Itulah 10 ciri orang terkena dehidrasi yang wajib kamu ketahui. Jangan sampai kamu mengalaminya, ya! Setelah membaca pemaparan di atas kamu perlu lebih peduli terhadap kesehatan tubuh dengan cara memperhatikan asupan cairan setiap harinya. Jika kebutuhan cairan telah terpenuhi, maka kamu akan tetap sehat dan fit dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *