Bacaterus / Kucing / 10 Ciri Kucing Hamil yang Harus Diketahui oleh Cat Lovers

10 Ciri Kucing Hamil yang Harus Diketahui oleh Cat Lovers

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2019

Selain tumbuhan, hewan atau binatang juga termasuk makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Hewan sendiri memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia seperti dapat diambil dagingnya bagi hewan ternak atau bisa dijadikan sahabat untuk hewan peliharaan.

Bicara soal hewan peliharaan, kucing merupakan hewan yang paling favorit untuk dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Sebagai makhluk hidup, kucing juga memerlukan kasih sayang dari manusia terutama majikannya sehingga tak heran kucing kerap kali bersikap manja.

Sebagaimana makhluk hidup pada umumnya, kucing juga merupakan hewan yang berkembang biak dan mengalami proses kehamilan. Dalam kondisi hamil inilah kucing perlu mendapatkan perlakuan lembut yang khusus sebagaimana manusia ketika dalam kondisi hamil.

Tapi bagaimana kita tahu bahwa seekor kucing tengah hamil? Cara mengetahuinya sangatlah mudah dengan mengenali ciri-ciri kucing hamil yang akan Bacaterus paparkan di bawah ini.

1. Bersikap Lebih Manja

Bersikap Lebih Manja

* sumber: www.dailymail.co.uk

Saat manusia hamil, biasanya mereka mengalami perubahan mood atau suasana hati menjadi lebih manja dan lebih butuh perhatian. Begitu pula dengan kucing. Saat dalam kondisi hamil, kucing akan mengalami perubahan sikap menjadi lebih manja dan lebih membutuhkan perlakuan lembut dari lingkungan sekitar.

Hal ini wajar terjadi pada setiap makhluk hidup yang tengah dalam kondisi hamil. Bentuk perlakuan yang lebih manja dari kucing biasanya diekspresikan dengan mendekati sang majikan dan mengeluskan tubuhnya pada majikannya tersebut.

Hal inilah yang harus kita sadari bahwa kucing yang lebih manja merupakan pertanda bahwa ia sedang hamil sehingga kita harus memberikan perhatian lebih untuknya.

2. Perut Membuncit

Perut Membuncit

* sumber: www.thesprucepets.com

Gejala kehamilan kucing yang sangat mudah terlihat adalah berupa perubahan fisik terutama pada bagian perut yang di dalamnya terdapat janin dari kucing tersebut. Kucing yang tengah hamil akan mengalami pembuncitan bagian perut yang semakin hari semakin membesar.

Gejala fisik dengan berubahnya bentuk serta ukuran perut kucing ini menjadi ciri yang paling mudah kita lihat dan kita tebak bahwa seekor kucing tengah hamil. Selain bagian perut, ciri fisik kucing yang tengah hamil juga dapat kita lihat dari bagian punggungnya yang agak melengkung.

Namun, perlu kamu ingat bahwa perut kucing yang buncit juga bisa menjadi tanda bahwa kucing tersebut mengalami cacingan. Sebaiknya kamu turut membaca artikel ciri-ciri kucing cacingan ini.

3. Bulu Rontok

Bulu Rontok

* sumber: www.royalcanin.com

Jika secara tiba-tiba bulu kucingmu rontok, mungkin itu adalah salah satu ciri bahwa kucingmu tengah dalam kondisi hamil. Jangan cemas dan risau karena hal ini merupakan gejala alami yang terjadi pada setiap kucing yang tengah dalam kondisi hamil.

Saat hamil, hormon pada kulit kucing akan meningkat sehingga menimbulkan kondisi kulit yang berminyak. Kulit yang berminyak inilah yang menjadi penyebab rontoknya bulu kucing di beberapa bagian tubuhnya terutama pada bagian puting.

Gejala rontoknya bulu kucing ini tak terjadi selama kucing hamil, akan tetapi hanya beberapa saat saja yaitu antara 1 hingga 2 minggu.

4. Puting Susu Berubah Menjadi Kemerahan

Puting Susu Berubah Menjadi Kemerahan

* sumber: www.mumsnet.com

Di samping perubahan pada perut kucing, puting kucing juga ikut mengalami perubahan yaitu lebih membesar dan agak kemerah-merahan. Hal ini terjadi akibat produksi air susu semakin meningkat sehingga menyebabkan perubahan warna serta ukuran pada putingnya.

Perubahan ukuran serta warna pada puting kucing ini biasanya menjadi ciri utama bahwa kucingmu sudah memasuki kehamilan tua dan menjadi indikasi bahwa kucingmu akan melahirkan dalam waktu yang cukup dekat.

Maka dari itu, jika sudah terjadi perubahan seperti ini, kamu sebagai majikan harus selalu bersiap-siap menyambut kehadiran bayi kucingmu.

5. Muntah-muntah

Muntah

* sumber: cat.reviews

Hampir mirip dengan gejala kehamilan yang dialami manusia, kucing juga merasakan mual hingga muntah-muntah saat dalam kondisi hamil. Biasanya kucing akan meluapkan rasa mualnya dengan muntah secara sesekali dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa kucing muntah tak melulu menandakan bahwa ia sedang hamil. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan ciri-ciri lain yang menandakan seekor kucing tengah hamil.

6. Meningkatnya Nafsu Makan

Meningkatnya Nafsu Makan

* sumber: www.thesprucepets.com

Saat dalam kondisi hamil, tentu saja semua makhluk memerlukan asupan lebih guna menambah serta mempertahankan energi dalam tubuh tak terkecuali dengan kucing. Saat hamil, gizi yang harus tercukupi tak hanya gizi sang ibu, melainkan gizi sang bayi yang ada di dalam kandungan juga harus tercukupi.

Maka dari itu, kucing yang tengah hamil biasanya mengalami peningkatan nafsu makan agar energi yang dimilikinya dapat meningkat dan bertahan. Hal ini bertujuan agar si kucing dapat bertahan hidup dengan sehat dalam kondisi hamil hingga ia melahirkan.

7. Jarang Berlari dan Lebih Sering Istirahat

Jarang Berlari dan Lebih Sering Istirahat

* sumber: www.meandmypets.com

Kondisi hamil membuat perubahan lainnya pada si kucing yaitu lebih pemalas dan lebih kalem. Jika biasanya kucingmu sangat aktif berlarian ke sana kemari tanpa henti lalu tiba-tiba lebih sering diam dan tidur, maka bisa jadi kucingmu tengah mengandung bayi di dalam perutnya.

Faktor kucing lebih memiliki sifat kalem ini didasarkan kepada kandungannya yang semakin hari semakin besar dan berat sehingga tidak memungkinkan untuk dibawa berlarian seperti biasanya. Maka dari itu gerak si kucing menjadi kurang leluasa sehingga lebih memilih memperbanyak istirahat.

8. Sensitivitas yang Semakin Meningkat

Sensitivitas yang Semakin Meningkat

*Sumber: https://www.pinterest.co.uk/pin/346214290100384918/?lp=true

Rasa sensitif memang dimiliki oleh semua makhluk tak terkecuali kucing. Namun biasanya rasa sensitif pada kucing akan meningkat ketika ia tengah hamil dan melahirkan karena ia akan lebih protektif dalam menjaga kandungan serta mudah merasa terancam jika ada sesuatu yang mengganggunya.

Biasanya kucing akan terlihat lebih agresif ketika didekati oleh kucing lain karena merasa terancam akan kehadiran kucing yang dianggap mengganggunya tersebut. Hal itu terjadi spontan pada kucing sebagai bentuk perlindungan diri dari bahaya yang dapat menyerangnya.

9. Berhentinya Siklus Birahi

Berhentinya Siklus Birahi

Sama halnya seperti makhluk hidup pada umumnya, kucing juga memiliki siklus birahinya tersendiri. Biasanya periode siklus birahi pada kucing ini adalah 1 hingga 1,2 bulan dengan lama masa birahi selama satu minggu atau 7 hari.

Akan tetapi, jika kucingmu tak mengalami kawin pada masa birahi tersebut, bisa jadi karena siklus birahinya berkurang atau berhenti sementara. Berhentinya siklus birahi si kucing ini bisa jadi menjadi pertanda bahwa si kucing tengah dalam kondisi hamil.

10. Berpindah-pindah Tempat

Berpindah-pindah Tempat

* sumber: www.flickr.com

Setelah mengalami perubahan mood menjadi lebih kalem dan lebih sering tidur atau istirahat, kucing kemudian akan mengalami fase nomaden atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dilakukannya untuk mencari sebuah tempat yang tepat dan dirasa nyaman untuk melahirkan.

Biasanya fase ini dilakukan oleh kucing yang sudah hamil tua atau segera melahirkan. Kucing akan mencari tempat senyaman mungkin guna melakukan proses melahirkan. Tempat yang biasa dicari si kucing adalah tempat yang dinilainya aman dari berbagai ancaman.

Salah satu tempat favorit yang paling sering ia gunakan sebagai tempat melahirkan yaitu di atas atap rumah karena dinilai aman dari gangguan makhluk lain yang berada di bawah.

Itu dia beberapa ciri-ciri kucing yang tengah dalam kondisi hamil. Jika kita telah menyadari bahwa kucing memiliki salah satu ciri-ciri yang ada di atas, maka kita harus lebih menyayangi dan memberikan perlakuan yang sangat lembut agar kucing tidak stress dan dapat melahirkan dengan sehat dan selamat.

Semoga informasi mengenai ciri-ciri kucing hamil sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan serta pengetahuan. Selain itu, semoga informasi di atas juga dapat memberikan pelajaran kepada kita semua untuk lebih peduli terhadap hewan khususnya hewan yang tengah dalam kondisi hamil.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar