bacaterus web banner retina

Ini Dia Ciri-Ciri Ikan Komet Hamil yang Bisa Kamu Cermati

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Maret 2021

Ciri kehamilan biasanya ditandai dengan perut buncit atau berat badan yang bertambah. Hal tersebut adalah tanda umum kehamilan pada mahluk hidup yang ada di bumi ini. Namun, bagaimana dengan ciri-ciri ikan komet hamil? Apakah sama dengan kehamilan pada makhluk lain?

Artikel berikut ini akan mengulas semua hal tentang kehamilan pada ikan komet. Terlebih lagi jika kamu berencana untuk membudidayakan ikan mungil yang berwarna cantik ini.

Tanda Pembiakan Umum pada Ikan

Tanda Pembiakan Umum pada IkanSumber: bettasource.com

Metode berikut ini dapat kamu terapkan pada jenis ikan guppy, molly, ikan ekor pedang dan ikan platy. Kelompok ikan-ikan ini adalah ikan yang tergolong ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Pada proses ini ikan jantan melakukan pembuahan pada ikan betina.

Setelah itu, di dalam tubuh ikan betina akan terbentuk telur. Selama satu atau dua bulan telur-telur tersebut akan menetas dan menjadi anak ikan. Baru setelah itu ikan dilahirkan oleh induknya. Itu lah proses perkembangbiakan ikan pada umumnya.

Namun, tidak semua ikan mengalami proses perkembangbiakan dengan bertelur. Ada pula ikan yang berkembang biak dengan melahirkan. Oleh sebab itu, jika kamu ingin mengetahui tanda-tanda kehamilan pada ikan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai jenis ikan dan proses perkembangannya.

Identifikasi Jenis Kelamin Ikan

Identifikasi Jenis Kelamin IkanSumber: japanesefightingfish.org

Membedakan ikan komet jantan dan betina merupakan tahap yang cukup sulit bagi orang awam yang masih belum memahami ikan komet. Sebab pada umumnya ikan ini cukup rumit. Namun, pada umumnya ikan komet jantan jenies melahirkan memiliki warna yang lebih rumit dan lebih cerah.

Warna ikan komet betina lebih pucat dengan sirip bawah berbentuk segititga atau menyerupai kipas. Memahami perbedaan jenis kelamin ikan ini pasti kamu akan mempermudah kamu membedakan perkelahian antar ikan komet.

Pada beberapa jenis ikan, mengidentifikasi jenis kelamin ikan jantan dan betina cukup sulit dilakukan. Perlu seorang yang sudah ahli dan memahami ikan komet untuk melakukannya.

Ikan akan saling berkelahi jika terdapat dua jantan atau dua betina dalam satu tangki akuarium. Perkelahian serupa terjadi pula saat proses pembiakan. Ikan komet jantan dan ikan komet betina akan tampak saling mendorong agar terjadi pembuahan.

Perilaku Pembuahan Ikan

Perilaku Pembuahan IkanSumber: whatmaster.com

Proses pembuahan pada ikan akan berbeda bergantung pada jenis ikan. Masing-masing jenis ikan mempunyai perilaku sendiri yang berbeda ketika membuahi pasangannya. Pada sebagian besar jenis ikan, termasuk ikan gurami membuahi betinanya dengan cara mengejar-ngejar betina dengan sangat agresif.

Mereka akan saling menggigit, menggores sampai menyebabkan luka layaknya pada perkelahian. Perilaku pembuahan seperti ini akan terasa sulit dibedakan dengan perilaku perkelahian antar ikan yang sering terjadi. Sebab sama-sama terjadi saling melukai, saling mencengkeram dan saling mengejar.

Namun, pada jenis ikan lainnya, perilaku pembuahan akan sangat damai dan harmonis. Hal ini terjadi pada ikan discus. Selama proses pembuahan, ikan discus jantan dan betina akan bekerja bersama-sama saling menjaga teritorial mereka dalam akuarium dari gangguan ikan-ikan lain.

Sementara itu perilaku pembuahan pada ikan komet sebenarnya sedikit agresif tapi tidak seekstrem ikan gurame yang sampai melukai betina. Ikan komet jantan akan mengejar ikan komet betina dan terlihat sering menempel.

Betina akan mulai mengeluarkan telur-telurnya dan ikan jantan akan mengeluarkan sperma. Pembuahan dalam air ini disebut fertilisasi eksternal. Ikan komet jantan akan membuahi telur yang dikeluarkan oleh ikan komet betina.

Jika terdapat lebih dari satu jantan, maka akan terjadi persiangan memperebutkan pembuahan telur si betina. Ketika telur dikeluarkan oleh betina, air akuarium akan terlihat menjadi keputih-putihan dan muncul buih di permukaan air.


Proses pembuahan ikan komet akan berjalan selama kurang lebih tiga jam. Dan setelah itu, ikan akan kelelahan dan memakan telur-telurnya sendiri. Agar telur ikan tidak habis dimakan oleh induk ikan komet, kamu harus segera memindahkan ikan dan telur ke wadah yang berbeda.

Warna telur ikan yang baru keluar dari tubuh telur ikan komet betina berwarna bening. Namun, lama-kelamaan warna tersebut akan berubah menjadi putih setelah 12 jam. Perubahan warna telur hanya terjadi pada sebagian telur saja.

Telur ikan yang berwarna bening adalah telur yang telah berhasil dibuahi sperma, sedangkan telur ikan yang berwarna putih adalah telur yang gagal dibuahi.

Telur ikan komet akan menetas dalam beberapa waktu. Setelah itu, kamu akan melihat anakan ikan komet bertubuh kecil dan transparan muncul di dalam air. Anakan ikan komet yang baru lahir belum bisa berenang. Ia hanya akan terlihat mengapung di dasar akuarium.

Selain itu, anakan ikan komet yang baru lahir tidak perlu diberi pakan. Sebab ia punya cadangan makanan di perutnya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Setelah beberapa hari selanjutnya, anakan ikan komet yang berbentuk larva ini mulai bisa berenang dan mulai mencari makan sendiri.

Baca juga: Jenis Ikan Komet Cantik yang Populer sebagai Peliharaan

Ciri Kehamilan pada Ikan Komet

Ketika mengalami masa kehamilan ikan komet ada beberapa ciri spesifik yang harus kamu pahami. Pasalnya setelah ikan komet bertelur, melahirkan dan muncul anakan ikan komet ada tindakan lanjutan yang harus kamu lakukan terhadap ikan komet.

Ikan komet yang sudah memasuki masa kawin dan bertelur punya ciri tak biasa. Jika kamu jeli dan sudah memahami karakter ikan komet pasti kamu dapat mengidentifikasi perilaku dan tanda yang tak biasa ini. Simak penjelasannya.

1. Adanya Perubahan Bentuk Tubuh Ikan

Adanya Perubahan Bentuk Tubuh IkanSumber: theaquariumguide.com

Tanda-tanda kehamilan pada ikan komet betina umumnya mulai terlihat dalam waktu kurang lebih 20-40 hari. Perut ikan komet betina akan tampak membuncit dan membesar atau pun terlihat kotak.

Akan tetapi, pada jenis ikan molly balon, ciri kehamilan ditandai dengan adanya tonjolan alami ke arah depan. Letak tonjolan tersebut berada tepat di bawah insang. Pada ikan jantan gemuk dapat terlihat adanya tonjolan di bagian dada depan.

Untuk membedakan tonjolan yang berupa kehamilan atau tonjolan yang menunjukan kegemukan adalah dengan cara tidak memberinya makan selama dua atau tiga hari. Tonjolan pada ikan betina akan mengecil jika itu kegemukan, namun jika itu merupakan kehamilan maka tonjolan akan semakin terlihat jelas.

2. Muncul Bintik Berwarna Merah atau Hitam

Muncul Bintik Berwarna Merah atau HitamSumber: aquariumnexus.com

Ikan komet betina yang tengah hamil akan memiliki gravid spot atau bintik-bintik pada perut dekat lubang anus. Bintik-bintik tersebut selalu muncul hanya pada saat kehamilan.

Bintik di area perut bawah itu berwarna hitam atau merah terang dan akan terlihat semakin jelas seiring bergulirnya masa kehamilan. Bintik pada ikan tersebut umumnya menjadi lebih cerah atau lebih gelap ketika ikan hamil.

3. Muncul Garis-Garis Vertikal di Tubuh Ikan

Muncul Garis-Garis Vertikal di Tubuh IkanSumber: usafishbox.forumotion.com

Ketika ikan komet menunjukan tanda-tanda telah memasuki fase pembuahan pada bagian tubuhnya akan terlihat garis vertikal yang berwarna putih atau berwarna lebih cerah dari warna sisiknya. Kemunculan garis ini adalah tanda bahwa ikan harus diberi perlakuan yang lebih baik.

Jangan tempatkan ikan pada wadah akuarium yang terlalu banyak populasi ikannya. Dan, sebaiknya beri ikan komet nutrisi dan makanan ruang cukup agar ia dapat berenang leluasa.

Tindakan Selanjutnya Setelah Anakan Ikan Lahir

Tindakan Selanjutnya Setelah Anakan Ikan LahirSumber: zenaquaria.com

Merawat anakan ikan komet adalah sesuatu yang menantang dan secara umum merawatnya membutuhkan wadah terpisah agar ikan komet dewasa atau saringan air di dalam wadah tersebut tidak akan membahayakan anakan ikan.

Jika kamu tidak siap untuk merawat anakan ikan sebaiknya hubungi toko ikan atau para penghobi ikan yang bersedia merawat anakan ikan. Dan, jika kamu siap merawat anakan ikan kamu bisa memulainya dari langkah paling sederhana.

Nah, selesai sudah informasi mengenai ciri ikan komet hamil. Merawat anakan ikan dan ikan komet dewasa tentu berbeda. Memelihara ikan tentu bukan hanya telaten merawat dan memberinya lingkungan yang baik untuk hidup, perlu juga memahami karakteristik dan siklus hidup agar dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap ikan sehingga ikan tumbuh sehat dan panjang umur.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram