bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Chilling Adventures of Sabrina Part 3

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 23 September 2021

Part kedua Chilling Adventures of Sabrina ditutup dengan kenyataan bahwa Sabrina adalah anak dari Dark Lord. Sang ayah ingin membuatnya jadi permaisuri dan bersama-sama memimpin kerajaan setan. Sabrina berupaya menolak tapi kemampuan ayahnya sulit dihentikan. Satu-satunya cara yaitu Nick harus mengorbankan dirinya di penjara di neraka.

Di part ketiga, kita akan mengikuti bagaimana petualangan Sabrina dibantu teman-temannya yang semakin masuk dalam dunia kegelapan. Bahkan di akhir part sebelumnya dibuat menggantung dengan Nick yang ditawan di neraka karena ingin menyerahkan dirinya. Seperti apa review dan sinopsis part ketiga dari Chilling Adventures of Sabrina? Simak di sini yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Supernatural, Horror
  • Produksi: Archie Comics, Warner Bros. Television, Berlanti Production, Muckle Man Productions
  • Jumlah episode: 8
  • Sutradara: Lee Toland Krieger, Rob Seidenglanz, Maggie Kiley, Rachel Talalay, Viet Nguyen
  • Pemain: Kiernan Shipka, Ross Lynch, Lucy Davis, Miranda Otto, Michael Gomez

Sebulan setelah Nick menyerahkan diri dan ditawan di neraka, Sabrina ditemani oleh Harvey, Rosalind, dan Theo menemukan jalan untuk masuk ke dalam neraka. Mereka bertemu dengan Caliban, pangeran neraka. Sementara itu, Lilith berusaha menghambat Sabrina dan teman-temannya untuk sampai di inti neraka.

Sabrina menyatakan bahwa dia menjadi ratu neraka untuk mencegah Caliban menjadi pemimpin. Dia berhasil membebaskan Nick dan mengikat Caliban agar tetap berada di neraka. Mereka merayakan keberhasilan membawa Nick kembali ke dunia, tapi Lucifer sudah meramalkan bahwa akan ada kelompok baru yang datang dengan nama Old Ones.

Menjadi ratu neraka, Sabrina mempunyai tugas baru yaitu mengirimkan jiwa orang ke dalam neraka. Jimmy merupakan jiwa yang harus dikirim Sabrina tapi dia punya perjanjian dengan Lucifer. Lilith yang menjadi pemberi saran bagi Sabrina, membantu untuk menemukan wanita yang kelak akan dikorbankan Jimmy pada Lucifer

Jimmy berhasil dikirim ke neraka tapi Zelda dan Hilda menemukan kenyataan baru bahwa yang dibawa ke dunia oleh Sabrina bukan hanya Nick tapi juga Lucifer. Caliban menantang Sabrina untuk posisi sebagai pemimpin neraka. Tantangan itu adalah untuk menemukan tiga artefak yang sudah hilang. Yang menemukan terlebih dahulu maka akan menjadi pemimpin neraka. 

Sabrina dibantu teman-temannya mencoba untuk menemukan satu per satu artefak. Artefak terakhir dicuri oleh Caliban tapi Sabrina bersikeras akan membalikkan keadaan. Harvey menemukan keanehan pada ayahnya yang ikut karnaval. Dia pun mencoba untuk menginterogasi orang yang ikut karnaval. 

Ternyata yang menyelenggarakan adalah kelompok Pagan. Mereka merupakan perwujudan dari ramalan Lucifer tentan The Old Ones. Mereka datang dengan tujuan membangkitkan dewa dengan cara mengambil alih kepercayaan para penyihir dan mengorbankan nyawa manusia yang masih perawan. 

Anggota Church of Night berusaha melawan tapi Pagan berhasil menduduki tempat persembunyian mereka. Pagan memberi syarat bahwa dalam tiga hari mereka harus berdoa pada Dewa Pagan atau anggota Church of Night akan mati. Sabrina yang kerepotan mencoba mencari bantuan dengan kekuatan Lucifer. Lucifer yang sebelumnya dipenjarakan di tubuh Nick ternyata sudah dilepas.

Pagan ternyata ingin membangkitkan Green Man dengan membutuhkan tumbal seorang manusia. Sabrina mencoba mencari bantuan tapi semua meminta bayaran mahal dengan banyaknya nyawa yang mungkin melayang. Di sisi lain, ada Caliban yang mencoba meruntuhkan kedudukannya sebagai ratu neraka. Pun ada Father Blackwood yang membantu Pagan karena punya agenda sendiri.

Lebih Dinamis

Lebih Dinamis

Part ketiga dari Chilling Adventures of Sabrina menyajikan tempat-tempat baru yang sebelumnya nggak terjamah. Di awal part, neraka menjadi tempat Sabrina dan teman-temannya bertualang untuk menyelamatkan Nick yang ditawan. Selain itu, ada juga New Orleans, kota tempat Prudence dan Ambrose menemui Maria LaFleur, penyihir voodoo untuk menemukan lokasi Blackwood.

Tempat lain yang dieksplor adalah Skotlandia. Prudence dan Ambrose menemukan bahwa Blackwood tinggal di sana dengan dua anaknya. Mempertahankan Blackwood di serial ini merupakan upaya yang pintar. Sebagai antagonis sejak awal kemunculannya, dia nggak henti-hentinya menciptakan masalah baru.

Blackwood di part kali ini nggak hanya sendirian dalam menjalankan misinya. Dia juga dibantu oleh Agatha, anggota Weird Sister. Puncak konflik di part ini kembali melibatkan Blackwood yang membuat nyawa Harvey terancam dan Sabrina harus menyelamatkannya. Bahkan Blackwood sudah menyiapkan rencana khusus untuk menjebak lebih banyak pihak, bukan hanya Sabrina.

Di dua part sebelumnya, Sabrina dan teman-temannya berurusan dengan Blackwood, Dark Lord, Lillith, dan Lucifer. Di part ketiga ada penambahan dari kelompok Pagan yang datang ke Greendale untuk membangkitkan dewa mereka, Green Man. Kedatangan mereka menambah konflik yang semakin meruncing dan pertaruhan yang makin tinggi.

Berbagai kemunculan karakter dan masalah baru membuat part kali ini terasa jauh lebih dinamis. Kekurangannya adalah penonton makin kesulitan kalau ketinggalan salah satu episode. Kelebihannya yaitu penonton akan lebih penasaran untuk menonton dari episode satu ke episode lainnya secara keseluruhan sekaligus. 

Penggunaan Tempo Cepat

Penggunaan Tempo Cepat

Dunia di serial Chilling Adventures of Sabrina semakin meluas. Konflik bukan hanya terjadi di Greendale tapi juga melebar ke neraka. Begitu pun karakter baru macam Pagan yang muncul serta Blackwood yang tetap bertahan sebagai antagonis. Alhasil, part keempat serial ini berjalan dengan tempo cepat apalagi dengan jumlah episode yang hanya berjumlah delapan.

Semakin banyak dan rumitnya masalah membuat penonton nggak diberi ruang untuk menghela nafas. Masalah satu dan lainnya muncul berhimpitan bahkan nggak jarang muncul dalam waktu bersamaan. Masalah bertumpuk mungkin membuat sebagian penonton bingung. Tapi kalau menonton sampai akhir, mudah kok memahami setiap permasalahan dengan latar belakangnya.

Jati Diri Sabrina yang Dipertahankan

Jati Diri Sabrina yang Dipertahankan

Kesamaan dari part pertama sampai ketiga serial Chilling Adventures of Sabrina adalah keinginan Sabrina untuk mempertahankan jati dirinya sebagai setengah manusia dan setengah penyihir. Yang membedakan yaitu level konfliknya yang semakin kompleks. Terlebih di part ketiga ada Caliban, Pagan, dan Blackwood yang bertubi-tubi membawa masalah.

Di part kali ini, Sabrina digambarkan lebih berusaha mempertahankan jati dirinya sebagai manusia. Dia bahkan masuk ke tim cheerleader Baxter High agar bisa merasakan apa yang dirasakan remaja seusianya. Tapi porsi tersebut terbilang lebih minim daripada part-part sebelumnya. 

Adegan yang menampilkan Sabrina sebagai siswi dipangkas karena di part ini lebih banyak menyoroti perjuangannya di dunia sihir. Kalau kamu suka fantasi, part ketiga ini akan lebih memuaskan kamu sebagai penonton. Karena banyaknya adegan yang berhubungan dengan sihir, otomatis visualnya pun akan menyesuaikan.

Lebih Brutal Dibandingkan yang Sebelumnya

Lebih Brutal Dibandingkan yang Sebelumnya

Salah satu kelebihan serial ini adalah kemunculan berbagai karakter-karakter yang berasal dari dunia mistis bahkan mitos. Beelzebub, Lucifer, dan Satan bergantian muncul. Begitu juga dengan unsur voodoo dan tokoh macam Dorian Gray. Semuanya dikemas dengan kekuatan supranatural para karakternya dalam menyelesaikan masalah.

Di part ketiga, adegan-adegan yang ditampilkan lebih brutal dibandingkan part-part sebelumnya. Beberapa karakter mati dengan cara yang ajaib, bahkan ada yang dibuat hancur menjadi berkeping-keping. Tapi tenang saja, adegan gore di serial ini masih terbilang wajar tanpa ada yang membuat kita merasa nggak nyaman. 

Part ketiga Chilling Adventures of Sabrina meningkatkan masalah daripada part sebelumnya. Lengkap dengan konsekuensi yang lebih berbahaya yang mengikutinya. Ending-nya pun dibuat menggantung sebagai pertanda akan ada part lanjutan. Masih tertarik untuk mengikuti serial ini? Ceritakan di kolom komentar yuk! Apa sih yang bikin kamu tertarik?

Chilling Adventures of Sabrina Part 3
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram