Bacaterus / Film Horror / 10 Cerita Seram Di Balik Produksi Film Horor

10 Cerita Seram Di Balik Produksi Film Horor

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film horor merupakan salah satu hiburan yang sangat disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Film horor kerap kali menyuguhkan efek-efek mengejutkan; baik dari sound effect sampai scene yang bisa membuat kita jantungan. Malah terkadang, kadar ‘stress’ yang diberikan oleh film horor membuat kita ketagihan untuk terus menonton film horor lagi dan lagi.

Hal tersebut dikarenakan “kebanyakan orang suka sekali mencari tahu seberapa besar nyali mereka dalam melawan rasa takut tanpa harus terlibat dalam hal nyata yang membahayakan mereka. Salah satu caranya ya menonton film horor” – Michael David Rudd, Adjunct Professor Psychology Department, University of Utah.

Kali ini kita tidak akan membahas apa alasan film horor dibuat. Bacaterus.com akan menguji nyali teman-teman semua dengan memberikan 10 cerita seram yang ada di balik  produksi film horor kenamaan di tahun milenium ini. Sudah siap? Yuk simak!

1. Kuntilanak

Kuntilanak

Hei! Film horor Indonesia juga mumpuni lho dalam industri showbiz! Makanya, jangan menyepelekan film Indonesia yah! Kuantitas dan kualitasnya sudah kece kok! Nah, kenapa kita menaruh film Kuntilanak pada urutan pertama? Ini karena film kuntilanak memiliki kisah mistis yang dijamin bikin kita merinding sendiri membacanya.

Film ini bercerita mengenai hantu ‘khas’ Indonesia, kuntilanak, yang membalaskan kemarahannya pada siapa saja yang mengusiknya lewat perantara manusia. Julie Estelle dan Evan Sanders merupakan tokoh utama dalam film ini.

Julie diceritakan sebagai sang perantara karena dirinya dipercaya mempunyai wangsit yang bisa memanggil kuntilanak tersebut. Sedangkan Evan diceritakan sebagai kekasih Julie yang membantu memecahkan misteri yang terjadi.

Cara Julie memanggil kuntilanak hanya dengan menyenandungkan sebuah kidung gending Jawa bernama ‘Lingsir Wengi’. Nah, ini dia yang jadi masalahnya. Ternyata kidung tersebut benar-benar bisa ‘memanggil’ sang hantu dalam kehidupan nyata!

Lingsir Wengi sebenarnya merupakan lagu gending Jawa yang notabenenya merupakan durmo untuk mengusir atau menolak bala. Sialnya, semakin lama kebudayaan berganti, durmo tersebut malah berubah menjadi pemanggil hantu kuntilanak tersebut.

Sampai sekarang, masih misteri bagaimana kidung itu berubah fungsi. Lagu ini juga menjadi salah satu dari 8 lagu misterius yang pernah kami ulas di artikel ini. Bila diperhatikan secara seksama, kita akan menemukan jawabannya; kenapa durmo tersebut menjadi menyeramkan.

“Lingsir wengi, sliramu tumeking sirno. Ojo tangi nggonmu guling… Awas jo ngetoro, aku lagi bang wingo wingo. Jin setan kang tak utusi… Dadyo sebarang, wojo lelayu sebet…”

Dalam bahasa Jawa saja, kidung ini sukses membuat kita ngibrit. Apalagi kalau dialih bahasa ke dalam Bahasa Indonesia:

“Menjelang malam, dirimu akan lenyap. Jangan bangun dari tempat tidurmu. Awas jangan menampakkan diri… Aku sedang dalam kemarahan besar. Jin dan setan yang kuperintah, menjadi perantara untuk mencabut nyawamu…”

Konon, apabila kita menyenandungkan atau membaca kidung ini hingga selesai apalagi di malam hari, ‘tamu’ tak diundang yang merasa terpanggil akan berada dibelakang kita terus menerus hingga kita bisa melepaskannya. Berani baca sampai selesai?

2. The Conjuring

The-Conjuring

Siapa yang tak kenal dengan film horor fonomenal yang satu ini? Mendengar atau membaca judulnya saja sudah membuat kita bergidik sendiri. Film arahan James Wan ini sukses di pasaran, mengingat seluruh kejadian dalam film diangkat dari kisah nyata yang menimpa Keluarga Perron.

Keluarga ini merupakan sebuah keluarga besar yang baru pindah ke sebuah rumah di kota kecil Harrisville, Rhode Island. Roger dan Caroline Perron membeli rumah itu dari hasil lelang dengan harga terjangkau tanpa mengetahui sejarahnya.

Beberapa hari tinggal di rumah itu, mereka semua diteror dengan kegiatan roh jahat yang berkuasa atas mereka bernama Betsheba Sherman. Menyerah, akhirnya Perron meminta bantuan Ed dan Lorraine Warren, pasangan paranormal terkenal di daerahnya untuk menyelesaikan kasus misteri tersebut hingga selesai.

Dalam proses pembuatan film, James Wan sang sutradara, menggaet aktris Vera Farmigan dan aktor kenamaan Patrick Wilson sebagai tokoh utama dalam film The Conjuring. Saat diminta kasting, Vera tertarik untuk bergabung setelah membaca jalan ceritanya, dia berniat menghubungi James via Skype.

Namun alangkah terkejutnya, saat Vera membuka laptop miliknya. Ada bekas 3 cakaran yang cukup dalam menggaret layar laptop. Padahal sebelumnya tidak ada. Tapi karena Vera tidak peduli, dia mengabaikannya sampai kejadian lain menimpanya.

Vera yang beberapa minggu menjalani syuting, entah kenapa selalu terbangun pada pukul 3 pagi. Usut punya usut, Vera terbangun tepat saat Betsheba gantung diri dan meninggal. Kebetulan? Hmmmm…

3. The Exorcist

The-Exorcist

Kalau membicarakan film horor, pasti kita akan teringat dengan film paling menyeramkan dalam industri perfilman dunia, ‘The Exorcist’. The Exorcist merupakan film yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty.

Cerita bermula saat seorang gadis kecil bernama Regan MacNeil mengalami hal-hal misterius setelah orang tuanya bercerai. Awalnya, sang ibu, Chris MacNeil, mengira hal aneh tersebut datang akibat Regan yang masih shock akan perceraiannya.

Namun lama kelamaan, sikap Regan mulai berubah. Suaranya menjadi seperti lelaki dan mukanya pucat seperti orang mati. Putus asa karena tidak ada dokter yang bisa menangani Regan, ibu Regan akhirnya meminta bantuan seorang romo untuk menyembuhkan anaknya.

Selama produksi film berlangsung, banyak cerita seram yang terjadi; sang sutradara, William Friedkin dibuat bingung setengah mati. Pasalnya, sembilan orang meninggal saat syuting, terjadinya kebakaran yang mengakibatkan kerusakan setting sehingga produksi film tertunda selama 6 minggu; hingga saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui.

Sang aktris juga mengalami kejadian mengerikan, Linda Blair, dirinya mendapat perawatan khusus setelah dirinya ‘terlempar’ dari lokasi syuting. Ditambah lagi adanya tumpukan salju di sebuah ruangan, tempat syuting The Exorcist, yang memiliki temperatur tinggi.

4. The Ghost Whisperer

the ghost whisperer

Ya benar, walau The Ghost Whisperer bukan sebuah film, tapi fakta yang terjadi dibalik serialnya tetap harus diceritakan kepada para pembaca. Jennifer Love Hewitt merupakan bogalakon yang membuat serial TGW menjadi hidup berkat akting naturalnya yang sangat baik dan terkesan nyata.

Serial televisi ini bercerita mengenai Melinda Gordon (diperankan oleh Hewitt) yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan para roh yang belum bisa ‘menyeberang’ ke alam lain karena adanya tugas duniawi yang belum selesai.

Ketika syuting untuk episode yang tayang di pertengahan musim tahun 2007, kejadian mengerikan menimpa Hewitt. Saat Hewitt sedang beradu akting dengan lawan mainnya, beberapa kru dan kameramen menyadari sesuatu yang janggal.

Pasalnya, bayangan Hewitt yang terpapar lampu ada dua; seakan ada yang mengikutinya. Ini membuat sutradara menghentikan syuting saat itu juga. Seluruh kru mencoba untuk memberitahu Hewitt, namun saat dirinya berbalik, bayangan tersebut malah menatap kamera lantas menghilang membuat seluruh orang disitu ketakutan.

5. Annabelle

cerita seram annabelle

Mau boneka lucu yang bisa menemani hari-harimu? Sudah pasti jawabannya mau! Tapi apa jadinya kalau yang menemanimu itu adalah boneka lucu terkutuk yang di dalamnya bersarang roh jahat? Inilah yang terjadi dalam film Annabelle.

Boneka rageddy ann yang dimiliki oleh Mia (Annabelle Wallis) dirasuki arwah seorang wanita pengikut sekte sesat bernama Annabelle Higgins. Hal ini tidak diketahui oleh Mia maupun John, suaminya.

Mia yang sangat suka dengan boneka itu menyimpannya di rak sebuah kamar; ini berarti secara tak langsung Mia membawa petaka di dalam rumahnya sendiri. Tapi tahukah kamu boneka Annabelle itu memang ada? Pada tahun 1970, seorang gadis remaja bernama Donna mendapat sebuah hadiah boneka yang dibeli ibunya di toko koleksi.

Saat itu Donna sudah kuliah dan tinggal di sebuah asrama bersama teman kamarnya, Angie. Beberapa hari setelah boneka tersebut bersama mereka, kejadian aneh mulai bermunculan; dari hal kecil seperti boneka bergerak sendiri hingga rusaknya kamar Donna yang diyakini ulah boneka tersebut.

Dalam keadaan putus asa, Donna dan Angie meminta bantuan paranormal pasangan Warren yang akhirnya bisa menyelesaikan kisah mistis tersebut. Kini boneka Anabelle disimpan di lemari tropi milik Warren di rumahnya.

Kejadian yang difilmkan ini mengundang hal mistis ke dalam produksi film itu sendiri. Produser film Anabelle, Peter Safran, mengalami gangguan yang cukup membuat dirinya dan beberapa rekan kru shock. Bagaimana tidak? Saat kru mengambil gambar di sebuah apartemen kosong, seperangkat alat lighting jatuh dan pecah berserakan mengenai seorang petugas kebersihan.

Anehnya, kejadian tersebut tertulis di dalam naskah film Anabelle; di mana seorang petugas kebersihan terbunuh oleh hantu. Banyak yang bilang bahwa mungkin arwah Anabelle membaca naskah dan ingin benar-benar mewujudkannya seperti yang ada di dalam cerita.

6. Final Destination 3

Final Destination 3

Mencurangi kematian merupakan hal yang tidak mungkin terjadi. Kalaupun terjadi, itu karena adanya campur tangan Tuhan. Namun apa yang terjadi dalam film horor ini kebalikannya; Tuhan memang memanggil sekelompok muda-mudi ini untuk ‘pulang’. Sayang, muda-mudi tersebut lolos dari malaikat maut hingga ketetapan waktu kematian mereka berantakan.

Untuk merapihkannya kembali, mau tak mau, muda-mudi tersebut dijemput kembali oleh malaikat maut dengan tingkat kematian yang lebih mengenaskan. Adalah Wendy Christensen; seorang gadis SMU yang menghabiskan waktu ‘terakhirnya’ berkumpul dengan seluruh teman sekelas mengingat dirinya akan lulus dan masuk bangku kuliah.

Tanpa disadari, maut mengincar mereka, sebuah roller-coaster yang mereka tumpangi mengalami malfungsi dan mengakibatkan kecelakaan mengerikan. Namun kekuatan magis membuat Wendy menyadari kejadian tersebut lewat mimpinya, sehingga beberapa orang termasuk Wendy selamat.

Hal ini tak berjalan lama karena maut kembali mengintai mereka. Dalam salah satu scene, ada seorang pemuda bernama Kevin, sahabat Wendy, yang seharusnya meninggal akibat seluruh badannya tersembur kembang api. Tapi Kevin selamat akibat pertolongan Wendy.

Kejadian mengerikan mengenai tersemburnya Kevin oleh kembang api tersebut benar-benar terjadi. Mary Elizabeth Winstead (pemeran Wendy) mengatakan bahwa setelah syuting untuk scene Kevin selesai, ada seorang figuran yang tiba-tiba terjatuh tepat di tempat kembang api itu berada. Tak lama kemudian, kembang api menyala dan menyemburnya.

Beruntung figuran tersebut tak terluka parah akibat gesitnya pertolongan dari kru lainnya. Sama seperti kejadian dalam film Anabelle; sepertinya ada arwah yang ‘mengintip’ naskah film tersebut. Mungkin arwah itu ingin membantu dengan membuat kejadian dalam naskah menjadi kenyataan. Hiii….

7. The Texas Chainsaw Massacre

Texas Chainsaw

Butuh waktu berhari-hari untuk melupakan kejadian mengerikan mengenai adegan pembantaian yang dilakukan Ed Gein dalam film ini. Film The Texas Chainsaw Massacre sendiri sebenarnya tidak layak tayang mengingat adanya ratusan scene yang memperlihatkan kekejian sang pembunuh dalam membantai para korbannya.

Setelah rilis pada tahun 1974, film ini dilarang diputar di banyak negara, banyak juga bioskop yang menghentikan pemutarannya setelah menerima keluhan tentang adegan yang dianggap terlalu sadis.

Tapi tahukah kamu kalau film ini memang diangkat dari kisah nyata? Film ini terinspirasi oleh pembunuh berantai terkenal bernama Ed Gein yang terkenal suka menguliti para korbannya dan memakai kulit tersebut sebagai topeng dan baju.

Film ini sendiri bercerita tentang lima orang pemuda yang sedang mengunjungi rumah salah satu kakek  mereka. Sialnya kunjungan tersebut tak berlangsung lancar saat mereka bertemu dengan. pembunuh bertopeng yang memegang gergaji dari keluarga kanibal.

Sang sutradara, Tobe Hooper, sangat kaget saat mengetahui bahwa film yang dibesutnya mendapat rating NC-17 (No One 17 and Under Admitted) oleh MPAA, organisasi pemberi rating di Amerika. Sebagai catatan, sebuah film dengan rating “NC-17” pasti sangatlah buruk sehingga tak layak tayang. Untuk mengatasinya Tobe harus menghapus beberapa adegan sadis supaya lulus sensor dan ratingnya naik menjadi R (Restricted).

8. A Nightmare on Elm Street

elm street

Keterlaluan sekali jika teman-teman tidak mengenal Freddy Kruger. Urban legend tentang Freddy Krueger ini memang tak pernah ada habisnya. Freddy adalah arwah gentayangan yang terus menghantui anak-anak di Elm Street yang selamat dari kekejamannya.

Freddy dikenal sebagai pembunuh yang telah membantai berpuluh-puluh anak. Akibat dari perbuatannya ini, warga yang tahu akan kelakuan keji Freddy membakarnya hidup-hidup. Menganggap masalah selesai? Tidak! Freddy kembali membalaskan dendamnya pada orangtua anak-anak yang selamat dari buruannya lewat mimpi.

Film besutan Wes Craven ini diilhami dari kisah nyata, saat seorang anak kecil yang meninggal akibat mimpi buruk mengenai ‘sesuatu’ yang mengejar anak itu. Orang tua anak itu sebenarnya sudah diperingati oleh anak tersebut dengan mengatakan bahwa dirinya tidak bisa tidur karena dia selalu bermimpi ada sesuatu yang mengejarnya.

Namun karena dianggap hanya mimpi buruk, orang tua anak itu tidak menghiraukannya. Benar saja, suatu malam, anak itu menjerit ketakutan membuat kedua orang tuanya panik. Saat melengok ke kamar si anak, anak tersebut sudah tak bernyawa lagi.

Berangkat dari sinilah, Craven meramu cerita mengenai Nightmare on Elm Street. Ada hal unik yang ada dibalik film ini; sepanjang film berlangsung, tidak ada satupun aktor atau aktris yang menyebut kata Elm Street. Ini dikarenakan, semua pemain tidak mau kalau orang-orang yang tinggal di wilayah Elm Street jadi benar-benar ketakutan.

9. Rumah Dara(h)

rumah dara

Untuk pertama kalinya film Indonesia dicekal untuk tayang di negara tetangga, Malaysia, karena tidak lulus sensor dalam adegan pembunuhan yang berating M18. Adalah Mo Brothers, sutradara kondang ini yang membesut Rumah Dara(h).

Walaupun dicekal di Malaysia, film ini tetap mendapatkan penghargaan dan pujian dari kritikus film dari seluruh dunia. Pasalnya, sebelum Rumah Dara(h) tayang, film pendek berjudul Dara yang memiliki alur cerita yang sama terlebih dulu diperlihatkan dalam film festival sehingga banyak orang yang menunggu-nunggu versi panjangnya.

Film yang dibintangi Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama ini dibeli oleh Overlook Entertainment untuk di distribusikan ke Amerika dan Eropa. Bisa dibayangkan betapa kerennya film ini kan? Cerita dalam film ini memang sangat mengerikan; beberapa muda-mudi bertemu dengan gadis cantik bernama Maia yang mengaku habis dirampok.

Merasa iba, muda-mudi tersebut mengantarkan gadis itu sampai rumah. Siapa sangka, rumah itu diisi oleh keluarga kanibal yang pimpinannya adalah Dara (Shareefa Daanish). Perjuangan hidup dan mati dimulai setelah Dara melakukan aksinya. Membantai.

Ada hal unik selama produksi film horor ini berlangsung. Bayangkan! Sekitar 30 galon darah kambing segar dipakai untuk keperluan syuting tanpa diketahui oleh aktor dan aktrisnya. Sepertinya The Mo Brothers ingin menampilkan efek real saat pembantaian terjadi di Rumah Dara(h). Cukup menyeramkan bukan?

10. The Skeleton Key

the-skeleton-key

Last but not least, yah The Skeleton Key ini. Cerita yang disuguhkan oleh Ehren Kruger ini lumayan bikin kepala pening. Soalnya, kejadian di dalam film seringkali memberi efek kaget yang menguras keringat, walau tak selevel dengan The Conjuring atau The Exorcist.

Film ini berkisah tentang seorang perawat belia bernama Caroline Ellis (Kate Hudson) yang memutuskan untuk resign dan bekerja sebagai perawat pribadi untuk seorang pria tua bernama Ben Deveraux yang tinggal dalam sebuah pondok tua di desa kecil Terrebone Parish, Lousiana.

Hari-hari Ellis berada di tempat itu mulai terusik setelah dia mendapatkan master key (skeleton) dari istri Ben, Violet. Kunci tersebut bisa membuka pintu diseluruh rumah tapi tidak untuk sebuah ruangan di loteng. Emang dasar nekat, Ellis berusaha membuka pintu itu dan terbuka.

Di sana dia melihat seperangkat alat ilmu hitam yang mengerikan dan misterius. Hal ini membuat Ellis mencoba untuk mencari tahu asal usul alat-alat santet Internasional tersebut hingga masalah terpecahkan. Sebagai catatan, film ini memiliki ending yang tak terduga!

Bicara mengenai sesuatu yang tak terduga, sang aktris, Kate Hudson sempat mengalami hal tak terduga saat proses syuting berlangsung. Dirinya dihantui oleh seorang wanita bermuka rata saat dirinya berjalan di lorong rumah tempat syuting film terjadi.

Bukan hanya itu saja, satu dari tiga kamera yang dipakai untuk mengambil gambar pasti akan mati dan tidak berfungsi selama berada di dalam ruangan tertentu. Namun karena Kate memang bisa ‘melihat’ keberadaan mereka, dirinya tidak terlalu cemas akan hal itu.

Well, itulah 10 cerita seram dan unik di balik produksi film horor. Bagaimana? Apa teman-teman cukup terhibur membacanya? Semoga bermanfaat yah infonya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Parah yg kuntilanak aku baca lagunya sampai habis pas udah selesai baru d ksh tau jangan d baca smpe slesai apalagi di malam hari ktanya akan ada yg ngikutin di belakang wkwk ckk #2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *