10 Cerita Seram Di Balik Produksi Film Horor

Ditulis oleh Gerryaldo

Film horor merupakan salah satu hiburan yang sangat disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Film horor kerap kali menyuguhkan efek-efek mengejutkan; baik dari sound effect sampai scene yang bisa membuat kita jantungan. Malah terkadang, kadar 'stress' yang diberikan oleh film horor membuat kita ketagihan untuk terus menonton film horor lagi dan lagi.

Hal tersebut dikarenakan “kebanyakan orang suka sekali mencari tahu seberapa besar nyali mereka dalam melawan rasa takut tanpa harus terlibat dalam hal nyata yang membahayakan mereka. Salah satu caranya ya menonton film horor” - Michael David Rudd, Adjunct Professor Psychology Department, University of Utah.

Kali ini kita tidak akan membahas apa alasan film horor dibuat. Bacaterus.com akan menguji nyali teman-teman semua dengan memberikan 10 cerita seram yang ada di balik  produksi film horor kenamaan di tahun milenium ini. Sudah siap? Yuk simak!

1. Kuntilanak

Kuntilanak

Hei! Film horor Indonesia juga mumpuni lho dalam industri showbiz! Makanya, jangan menyepelekan film Indonesia yah! Kuantitas dan kualitasnya sudah kece kok! Nah, kenapa kita menaruh film Kuntilanak pada urutan pertama? Ini karena film kuntilanak memiliki kisah mistis yang dijamin bikin kita merinding sendiri membacanya.

Film ini bercerita mengenai hantu 'khas' Indonesia, kuntilanak, yang membalaskan kemarahannya pada siapa saja yang mengusiknya lewat perantara manusia. Julie Estelle dan Evan Sanders merupakan tokoh utama dalam film ini.

Julie diceritakan sebagai sang perantara karena dirinya dipercaya mempunyai wangsit yang bisa memanggil kuntilanak tersebut. Sedangkan Evan diceritakan sebagai kekasih Julie yang membantu memecahkan misteri yang terjadi.

Cara Julie memanggil kuntilanak hanya dengan menyenandungkan sebuah kidung gending Jawa bernama 'Lingsir Wengi'. Nah, ini dia yang jadi masalahnya. Ternyata kidung tersebut benar-benar bisa 'memanggil' sang hantu dalam kehidupan nyata!

Lingsir Wengi sebenarnya merupakan lagu gending Jawa yang notabenenya merupakan durmo untuk mengusir atau menolak bala. Sialnya, semakin lama kebudayaan berganti, durmo tersebut malah berubah menjadi pemanggil hantu kuntilanak tersebut.

Sampai sekarang, masih misteri bagaimana kidung itu berubah fungsi. Bila diperhatikan secara seksama, kita akan menemukan jawabannya; kenapa durmo tersebut menjadi menyeramkan.

"Lingsir wengi, sliramu tumeking sirno. Ojo tangi nggonmu guling... Awas jo ngetoro, aku lagi bang wingo wingo. Jin setan kang tak utusi... Dadyo sebarang, wojo lelayu sebet..."

Dalam bahasa Jawa saja, kidung ini sukses membuat kita ngibrit. Apalagi kalau dialih bahasa ke dalam Bahasa Indonesia:

"Menjelang malam, dirimu akan lenyap. Jangan bangun dari tempat tidurmu. Awas jangan menampakkan diri... Aku sedang dalam kemarahan besar. Jin dan setan yang kuperintah, menjadi perantara untuk mencabut nyawamu..."

Konon, apabila kita menyenandungkan atau membaca kidung ini hingga selesai apalagi di malam hari, 'tamu' tak diundang yang merasa terpanggil akan berada dibelakang kita terus menerus hingga kita bisa melepaskannya. Berani baca sampai selesai?

2. The Conjuring

The-Conjuring

Siapa yang tak kenal dengan film horor fonomenal yang satu ini? Mendengar atau membaca judulnya saja sudah membuat kita bergidik sendiri. Film arahan James Wan ini sukses di pasaran, mengingat seluruh kejadian dalam film The Conjuring diangkat dari kisah nyata yang menimpa Keluarga Perron.

Keluarga ini merupakan sebuah keluarga besar yang baru pindah ke sebuah rumah di kota kecil Harrisville, Rhode Island. Roger dan Caroline Perron membeli rumah itu dari hasil lelang dengan harga terjangkau tanpa mengetahui sejarahnya.

Beberapa hari tinggal di rumah itu, mereka semua diteror dengan kegiatan roh jahat yang berkuasa atas mereka bernama Betsheba Sherman. Menyerah, akhirnya Perron meminta bantuan Ed dan Lorraine Warren, pasangan paranormal terkenal di daerahnya untuk menyelesaikan kasus misteri tersebut hingga selesai.

Dalam proses pembuatan film, James Wan sang sutradara, menggaet aktris Vera Farmigan dan aktor kenamaan Patrick Wilson sebagai tokoh utama dalam film The Conjuring. Saat diminta kasting, Vera tertarik untuk bergabung setelah membaca jalan ceritanya, dia berniat menghubungi James via Skype.

Namun alangkah terkejutnya, saat Vera membuka laptop miliknya. Ada bekas 3 cakaran yang cukup dalam menggaret layar laptop. Padahal sebelumnya tidak ada. Tapi karena Vera tidak peduli, dia mengabaikannya sampai kejadian lain menimpanya.

Vera yang beberapa minggu menjalani syuting, entah kenapa selalu terbangun pada pukul 3 pagi. Usut punya usut, Vera terbangun tepat saat Betsheba gantung diri dan meninggal. Kebetulan? Hmmmm...

3. The Exorcist

The-Exorcist

Kalau membicarakan film horor, pasti kita akan teringat dengan film paling menyeramkan dalam industri perfilman dunia, 'The Exorcist'. The Exorcist merupakan film yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty.

Cerita bermula saat seorang gadis kecil bernama Regan MacNeil mengalami hal-hal misterius setelah orang tuanya bercerai. Awalnya, sang ibu, Chris MacNeil, mengira hal aneh tersebut datang akibat Regan yang masih shock akan perceraiannya.

Namun lama kelamaan, sikap Regan mulai berubah. Suaranya menjadi seperti lelaki dan mukanya pucat seperti orang mati. Putus asa karena tidak ada dokter yang bisa menangani Regan, ibu Regan akhirnya meminta bantuan seorang romo untuk menyembuhkan anaknya.

Selama produksi film berlangsung, banyak cerita seram yang terjadi; sang sutradara, William Friedkin dibuat bingung setengah mati. Pasalnya, sembilan orang meninggal saat syuting, terjadinya kebakaran yang mengakibatkan kerusakan setting sehingga produksi film tertunda selama 6 minggu; hingga saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram