Bacaterus / Misteri Indonesia / 10 Cerita Seram dari Kampus di Indonesia, Kampusmu Termasuk?

10 Cerita Seram dari Kampus di Indonesia, Kampusmu Termasuk?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah menonton film horror dengan setting kampus atau sekolahan? Nah, hal tersebut membuktikan bahwa di setiap sekolah atau kampus pasti memiliki cerita seram tersendiri. Pun begitu dengan kampus-kampus yang ada di Indonesia. Beberapa kampus terkenal di Indonesia ternyata tidak luput dari cerita mistis yang menaunginya.

Di tulisan kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda membahas 10 cerita seram dari kampus di Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya adalah kampus terkenal. Apakah kampus Anda masuk di dalamnya? Simak cerita selengkapnya berikut ini.

10 Cerita Seram dari Kampus di Indonesia

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Cerita Seram dari Kampus di Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal dengan Universitas Indonesia (UI)? Salah satu kampus terbaik di tanah air ini memiliki banyak cerita seram. Hampir di setiap sudut UI memiliki kisah mistis masing-masing.

Cerita seram dari kampus di Indonesia ini adalah penampakan sosok hantu wanita di depan gedung rektorat dengan wajah pucat. Bahkan, hantu ini tak segan memperagakan adegan mematahkan lehernya di depan Anda. Selain itu, ada juga penampakan pocong yang melintas di jalan kembar menuju gerbang UI atau hantu wanita yang berjalan dengan mata melotot dan lidah menjulur seperti korban gantung diri.

2. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

Cerita horror yang terjadi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini terjadi baru beberapa tahun terakhir. Jika biasanya hantu menampakan diri kepada satu orang saja, hantu yang satu ini menampakkan diri kepada seisi kelas yang jumlahnya bisa mencapai puluhan mahasiswa.

Kejadian bermula pada satu mata kuliah yang harus diganti pada jam maghrib. Saat semua mahasiswa telah duduk, si dosen justru hanya diam saja di di ruangan kelas tersebut.

Tak lama, ketua kelas menerima SMS dari dosen yang harusnya mengajar mata kuliah tersebut yang isinya mengabarkan jika ia tidak bisa hadir. Dosen asli meminta ketua kelas untuk melihat kaki “dosen” yang sudah berada di kelas mereka itu. Betapa kagetnya si ketua ketika sengaja menjatuhkan bolpoin dan melihat bahwa sosok “dosen” di kelasnya tidak memiliki kaki.

Akhirnya, ketua mengirim pesan ke grup chatting mata kuliah tersebut dengan isi: “Sekarang semua keluar kelas satu persatu-satu dari yang paling belakang tanpa teriakan.”

Ketika hampir seisi kelas mulai keluar, dosen hantu tersebut mendekati si ketua dan menanyakan, “Sudah tahu siapa saya?” Sontak si ketua langsung lari sambil berteriak. Ada yang mengatakan bahwa cerita ini adalah HOAX belaka, tapi ada juga yang meyakini bahwa cerita ini adalah kisah nyata.

3. Universitas Maranatha

Laron berasal dari kuku mayat

Sebuah kampus swasta di Bandung ini juga tak luput dari kisah misteri. Cerita seram di kampus ini terjadi pada gedung Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha di mana salah satu mahasiswa harus kembali ke dalam lab saat malam hari karena jas almamaternya tertinggal di dalam lab. Saat di dalam lab, ia bertemu kakek tua yang memberikan kunci jawaban berjumlah 50 nomor untuk ujiannya esok hari.

Keesokan hari, si mahasiswa mengerjakan ujiannya dengan bantuan kunci jawaban tersebut. Saat memasuki soal terakhir, yakni soal ke-50, betapa kagetnya ia melihat foto mayat kakek tua semalam yang dijadikan salah satu soal ujiannya. Sosok kakek tua di gedung FK ini dikenal sebagai “Hantu Mayat”.

4. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Cerita seram dari kampus di Indonesia memang banyak yang berasal dari kampus terkenal, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). Ada banyak spot angker di kampus yang satu ini, tapi yang paling terkenal adalah penampakan hantu di gedung PAU yang nampak seperti orang jatuh dari atas gedung. Ketika dilihat tampak potongan-potongan tubuh yang berserak di dekat gedung ini.

Tak hanya itu saja, di salah satu gedung gambar sering ada fenomena gaib yang menggerakkan mesin-mesin gambar di dalamnya pada malam hari. Di aula barat ITB juga terdapat penampakan hantu bermuka rata.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga

Salah satu universitas negeri favorit di Surabaya, yakni Universitas Airlangga (UNAIR) juga tidak luput dari fenomena mahluk astral yang meninggalkan cerita seram. Dikisahkan di area parkir salah satu gedung ini sering terdengar suara tangisan perempuan di malam hari. Jika Anda berusaha mencari sumber suara tersebut, maka Anda akan melihat penampakan hantu wanita menangis dengan pisau yang masih tertancap di perutnya.

Cerita lain datang dari gedung Fakultas Farmasi, di mana ada hantu yang suka membuat kaki mahasiswa yang melintas tertahan hingga akhirnya mereka terjatuh. Belum lagi ada penampakan genderuwo di pohon beringin yang berada depan Fakultas Kedokteran ruangan DR-1 dan penampakan pocong di ruang paduan suara yang ada di gedung FK.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya pernah masuk dalam daftar tempat angker di Malang versi Bacaterus. Bagaimana tidak angker, kampus terkenal di Jawa Timur ini menyimpan cerita seram dari hantu berwajah rata. Wajah hantu tersebut benar-benar pucat dan rata, tanpa mata, hidung, dan mulut.

Menurut cerita dari mahasiswa dan penjaga di sekitar gedung Fakultas Kedokteran, hantu tanpa wajah ini sering menampakkan diri pada lewat tengah malam. Bahkan, terkadang hantu ini juga berjalan-jalan di area lain selain Fakultas Kedokteran.

7. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor

Berbicara soal cerita seram dari kampus di Indonesia, Anda pasti merinding ketika mendengar kisah mistis di Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus favorit yang satu ini menyimpan cerita seram dari gedung asrama mahasiswa.

Kala itu, sejumlah mahasiswa sedang asyik main UNO di salah satu kamar. Tiba-tiba jendela diketuk oleh seorang bapak dan beliau berkata, “Dik sudah malam, jendelanya ditutup ya. Lekas tidur.”

Karena para mahasiswa sedang asyik main, mereka segera mengiyakan si bapak tadi dan tak lupa berterima kasih. Setelah beberapa saat, mereka baru sadar bahwa jendela yang tidak ada balkonnya itu berada di lantai 5 sehingga tidak mungkin ada orang yang bisa naik kesitu.

Kisah lain juga terjadi di kamar asrama perempuan yang kala itu ada beberapa mahasiswa berkumpul untuk ngobrol hingga larut malam. Kemudian, pintu kamar mereka diketuk dan orang di luar bekata, “Saya orang sebelah.” Salah seorang gadis membuka pintu tersebut dan yang ada di baliknya adalah penampakan hantu sebelah yang hanya memiliki separuh bagian tubuhnya.

8. Universitas Gajah Mada

Bundaran Fakultas Teknik UGM

Yang paling terkenal dari Universitas Gajah Mada adalah larangan untuk menyanyikan lagu gugur bunga di bundaran fakultas teknik pada malam hari. Konon, jika Anda melanggar larangan ini maka akan ada arwah para pejuan yang turut bernyanyi dengan Anda.

Selain itu, ada juga sosok hantu “Mbak Yayuk” yang sering menampakkan diri dengan raut wajah linglung dan berkeliaran di sekitar kampus. Usut punya usut katanya Mbak Yayuk dulunya adalah mahasiswa yang skripsinya terus menerus ditolak sebelum akhirnya ia frustasi dan memilih bunuh diri.

9. Universitas Muhammadiyah Malang

Kepala Melayang Universitas Muhammadiyah Malang

Sebuah kampus bernuansa religius seperti Universitas Muhammadiyah Malang juga tak luput dari teror hantu. Dari semua spot yang ada di kampus ini, Gedung Kuliah Bersama (GKB) adalah spot paling seram.

Di lantai 6 ada hantu anak kecil berwajah seram di toilet yang kerap kali menakuti korbannya dengan menangis, ketika dihampiri anak itu akan menatap kita dengan wajahnya yang seram. Jika Anda pemberani, cobalah naik lift transparan di GKB pada malam hari. Kalau beruntung Anda akan melihat kepala melayang di antara lantai 4 dan 5.

10. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro di Semarang atau yang akrab dikenal sebagai UNDIP juga memiliki kisah misteri dari hantu legendaris Indonesia, yakni kuntilanak. Di ruangan B-101 katanya sering ada penampakan hantu kuntilanak yang berseliweran. Bila Anda ingin membuktikan datang saja ke ruangan ini sendiri pada malam hari. Apabila Anda beruntung, maka Anda akan bertemu dengan sosok kuntilanakn tersebut.

Berbagai cerita seram dari kampus di Indonesia ini sudah beredar di kalangan mahasiswa maupun masyarakat yang tinggal di sekitar kampus. Mau percaya atau tidak semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri.

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *