Bacaterus / Menambah Berat Badan / 10 Cemilan Penambah Berat Badan yang Enak dan Bergizi

10 Cemilan Penambah Berat Badan yang Enak dan Bergizi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak orang ingin kurus, tapi tak sedikit pula orang-orang yang ingin gemuk. Siapa bilang menggemukkan badan lebih susah dibanding menguruskan badan? Untuk beberapa orang, menaikkan berat badan perlu usaha yang sangat keras. Bahkan, mereka sudah mencoba berbagai produk susu, vitamin, sampai dengan coklat penambah berat badan. Namun berat badannya tidak bertambah secara signifikan.

Jika Anda adalah seorang yang suka ngemil, Anda dapat mengonsumsi beberapa cemilan penambah berat badan yang enak dan efektif untuk menaikkan berat badan. Nah, biar tidak penasaran, langsung saja simak daftar cemilan penambah berat badan dari Bacaterus ini!

10 Cemilan Penambah Berat Badan

1. Kacang

Kacang Cemilan Penambah Berat Badan

Kacang adalah cemilan sejuta umat yang sangat mudah ditemui. Lagi nongkrong makannya kacang, lagi nonton bola pun ngemilnya juga kacang. Singkatnya, kacang adalah cemilan ekonomis yang mudah diperoleh.

Jika Anda sedang mencari cemilan penambah berat badan, kacang rebus adalah pilihan yang tepat. Kandungan antioksidan dan serat yang terdapat di dalam kacang sangat baik untuk tubuh. Yang paling penting, kandungan kalori di dalam 1 ons kacang dapat mencapai 150 – 200 kalori. Selain kacang rebus, Anda juga bisa mengonsumsi kacang mete, walnut, atau almond.

2. Kentang

Kentang

Siapa yang bisa menolak kelezatan french fries alias kentang goreng? Kabar gembira bagi Anda yang sedang dalam usaha menaikkan berat badan karena kentang termasuk jenis cemilan penambah berat badan yang ampuh. Selain itu, kentang juga mengandung serat, protein, dan Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beda cara pengolahan, beda pula kandungan kalori di dalamnya. Misalnya, 100 gram kentang rebus memberikan 83 kalori, 100 gram kentang goreng menyediakan 140,7 kalori, dan 100 gram perkedel kentang memberikan 246 kalori. Nah, manakah cara pengolahan kentang yang paling Anda sukai?

3. Selai Kacang

Selai Kacang

Adakah roti tawar penambah berat badan? Sampai saat ini belum ada roti tawar khusus untuk menambah berat badan. Namun jika Anda ingin menambah berat badan, konsumsi saja roti tawar yang dijual di pasaran dengan selai kacang.

Selai kacang mengandung protein dan lemak tak jenuh. Perpaduan dari kedua bahan ini menjadikan selai kacang sebagai cemilan yang sehat untuk menggemukkan badan. Anda dapat menyantap selai kacang dengan roti tawar, oatmeal, atau langsung dimakan begitu saja. Bahkan, Anda juga bisa membuat selai kacang sebagai dipping sauce ketika menyantap buah-buahan.

4. Cokelat

Cokelat

Berbahagialah Anda yang suka makan cokelat karena cokelat adalah makanan yang dapat meningkatkan berat badan secara lebih cepat. Apalagi saat ini sudah banyak produk coklat yang bisa Anda nikmati, mulai dari cokelat batangan, permen cokelat, sampai dengan biskuit penambah berat badan dengan rasa cokelat.

Cokelat mengandung kalori dan lemak baik yang cukup tinggi. Anda dapat menyantap cokelat kapanpun Anda mau untuk menaikkan berat badan. Bahkan, ada fakta lain yang mendukung cokelat sebagai cemilan penambah berat badan yang enak, yaitu cokelat dapat memperbaiki suasana hati (mood) menjadi lebih baik.

5. Keju

Keju

Jika di Indonesia keju dipakai sebagai campuran bahan makanan, di negara-negara barat keju dimanfaatkan sebagai cemilan, lho. Berbagai jenis keju padat akan dipotong kecil-kecil lalu dimakan langsung sambil nonton film atau teman minum wine.

Keju adalah produk fermentasi. Proses fermentasi ternyata dapat meningkatkan kalori dalam setiap makanan. Oleh karena itu, kalori yang terdapat di dalam keju tentu lebih tinggi dibandingkan susu. Nikmati keju secara langsung atau diolah menjadi pendamping roti. Biskuit keju juga baik untuk membantu proses peningkatan berat badan.

6. Keripik Pisang

Keripik Pisang

Suka makan pototo chips? Potato chips memang dapat menambah berat badan, tetapi kandungan lemak jenuh, garam, dan MSG di dalamnya kurang bagus untuk tubuh. Ganti keripik kentang yang bisa Anda makan dengan keripik pisang. Keripik pisang adalah cara baru menikmati keripik yang lebih sehat.

Untuk menikmati keripik pisang sebaiknya Anda mengolahnya sendiri. Potong pisang setipis mungkin lalu panggang hingga teksturnya renyah dan kering. Proses memanggang keripik pisang tentu lebih sehat dibanding menggorengnya di dalam minyak panas. Keripik pisang yang dipanggang tentu rendah lemak jenuh dan lebih sehat dikonsumsi.

7. Mangga

Mangga

Ada buah yang bagus untuk diet, ada pula buah yang bagus untuk dijadikan cemilan sehat penambah berat badan. Salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin meningkatkan berat badan adalah mangga. Buah mangga yang matang memiliki rasa manis dan segar. Nah, buah mangga yang manis ini mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat mempercepat proses penggemukan badan.

Mangga adalah snack penambah berat badan yang sehat dan mudah diperoleh. Anda dapat memperoleh buah mangga yang manis meskipun sedang tidak musim mangga. Cukup cari mangga di supermarket atau pasar maka Anda akan menemukan mangga yang manis dan harum. Kalau tidak ada di supermarket, beli saja mango sticky rice di restoran Thailand. Mangganya manis dan ketan pendampingnya pun juga manis.

8. Alpukat

Alpukat

Buah yang satu ini ternyata juga dapat menjadi cemilan sehat untuk menaikkan berat badan, lho. Alpukat adalah buah yang kaya dengan lemak sehat. Bahkan, satu setengah buah alpukat mengandung 140 kalori, jumlah yang ideal untuk mendukung usaha Anda dalam menaikkan berat badan.

Tak hanya mengandung kalori yang tinggi, alpukat juga mengandung kalium, folat, vitamin E, dan vitamin B. Selain itu, Anda pun dapat menikmati alpukat dengan berbagai cara, baik itu dimakan langsung, dibuat jus segar, dicampur ke dalam salad, atau dinikmati dengan daging sapi yang sudah dimasak.

9. Sereal

Sereal

 

Sereal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan pagi juga dapat menambah berat badan Anda secara signifikan. Jenis sereal yang dijual di pasaran ini mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, Anda pasti akan merasa kenyang setelah mengonsumsi sereal.

Agar makanan ini lebih efektif untuk menambah berat badan, nikmati dengan susu sapi. Perpaduan antara sereal dan susu sapi akan menjadikannya cemilan penambah berat badan yang lezat dan mengenyangkan.

10. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Jika Anda sudah mengonsumsi cemilan-cemilan yang kami sebutkan di dalam daftar ini, saatnya untuk mencari minuman yang dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Minuman bersoda adalah jenis minuman yang paling ampuh untuk membuat berat badan meningkat.

Kandungan gula yang tinggi di dalam minuman bersoda dapat meningkatkan berat badan. Selain itu, gula akan diubah menjadi energi dan menambah persentasi energi di dalam tubuh orang yang mengonsumsinya.

Itulah sejumlah cemilan penambah berat badan yang cukup efektif untuk meningkatkan bobot tubuh Anda. Cemilan ini baik dikonsumsi saat waktu tea time. Cemilan ini juga cocok untuk program menambah berat badan di bulan puasa, karena bisa dimakan sebagai cemilan setelah berbuka.

Namun, untuk mempercepat proses meningkatkan berat badan, sebaiknya konsumsi juga makanan yang terdapat dalam artikel daftar makanan untuk menambah berat badan. Dijamin, berat badan Anda pasti langsung meningkat drastis.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *