bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Catfishing

Catfishing adalah istilah yang merujuk pada praktik di mana seseorang menciptakan identitas palsu di media sosial atau platform online lainnya dengan menggunakan informasi yang tidak asli. Identitas palsu ini biasanya dibuat dengan menggunakan foto hasil curian atau yang telah diedit, serta informasi pribadi orang lain tanpa izin dari pemilik aslinya.

Tindakan penipuan ini memiliki motif yang beragam. Di media sosial, motif yang paling umum adalah karena kurangnya rasa percaya diri terhadap identitas asli yang dimiliki. Namun, tak jarang pula catfishing digunakan sebagai cara untuk menipu korban, dengan tujuan mencuri uang atau bahkan menculik.

Beberapa pelaku catfishing menjebak orang lain untuk merampas uang mereka atau memperoleh sesuatu yang diinginkan. Tindakan ini juga sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Misalnya, mereka yang memiliki masalah kecemasan mungkin merasa takut untuk menunjukkan identitas aslinya.

Begitu pula, individu yang rentan terhadap depresi mungkin khawatir akan mengalami perundungan jika mengungkapkan diri mereka yang sebenarnya. Karena itu, mereka yang memiliki masalah ini terkadang memilih catfishing sebagai cara untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih nyaman.

Asal Muasal Istilah Catfishing

Catfishing adalah fenomena keamanan siber yang baru mulai mendapatkan perhatian serius sejak awal tahun 2010. Istilah ini berasal dari film dokumenter tahun 2010 berjudul "Catfish" dan semakin populer berkat serial televisi dengan judul yang sama yang pertama kali ditayangkan di MTV pada tahun 2012.

Dengan lebih dari 200 episode dan tayang selama satu dekade, serial televisi ini berperan besar dalam memperkenalkan dan mempopulerkan istilah "catfish".

Contoh Penggunaan Istilah Catfishing

Berikut ini adalah contoh screenshot percakapan di X/Twitter yang menggunakan istilah Catfishing:

Contoh 1:

Contoh 2:

cross