Bacaterus / 5 Cara Unik Menemukan Ide Bisnis yang Inspiratif

5 Cara Unik Menemukan Ide Bisnis yang Inspiratif

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Persaingan bisnis kian ketat. Hampir semua pebisnis berlomba-lomba untuk menemukan ide bisnis yang unik dan ‘laku’ di pasaran. Pasalnya, kalau kita tidak pandai dalam menemukan ide bisnis yang kreatif, tentu usaha yang akan kita jalankan akan sia-sia. Sementara pesaing bisnis lain mungkin akan menemukan ide bisnis yang kreatif dan disukai oleh pasar.

Jika ingin memulai bisnis, kita tidak boleh hanya gigit jari dan mengamati kesuksesan bisnis orang lain. Kita harus menemukan ide bisnis yang unik, kreatif, dan dapat diterima oleh pasar. Sayangnya, terkadang kita merasa ‘buntu’ dan tidak bisa menemukan ide bisnis tersebut.

Nah, bagi kamu yang ingin membangun bisnis, tapi belum menemukan ide bisnis yang kreatif, Bacaterus akan memberikan beberapa cara untuk menemukan ide bisnis yang inspiratif. Yuk, cari tahu cara-caranya di sini!

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

* sumber: www.questionpro.com

Dalam berbisnis kita tidak hanya bisa mengandalkan insting dan modal nekat saja. Kamu harus mempertimbangkan masa depan bisnismu, apalagi jika kamu menjadikan bisnis tersebut sebagai investasi.

Agar tidak gagal dalam berbisnis, lakukan riset produk dan prospeknya terlebih dahulu. Kamu wajib terjun langsung ke pasar untuk mengamati prospek bisnis yang akan kamu bangun. Dari pengamatan pasar tersebut, kamu bakalan mampu memprediksi jenis produk yang sekiranya akan disukai oleh konsumen.

Di era digital seperti ini, kamu juga bisa melakukan riset dengan mengandalkan internet, lho. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk dan prospek dari bisnismu ini. Internet akan membantumu mengetahui apakah ide bisnismu ini benar-benar orisinil atau sudah pernah dikembangkan oleh orang lain.

2. Bisnis Datang dari Permasalahan Sehari-hari

Bisnis Datang dari Permasalahan Sehari-hari

* sumber: sayaajarkan.com

Ide bisnis bisa datang dari masalah sehari-hari yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya. Sebagai contoh, Tokopedia dan Bukalapak berdiri untuk memberikan fasilitas pada individu, usaha kecil, dan brand untuk memasarkan produknya secara daring. Dengan begitu para pedagang dengan modal usaha yang kecil tetap bisa berdagang tanpa perlu membuka lapaknya.

Contoh lain bahwa ide bisnis bisa datang dari permasalahan sehari-hari juga dialami oleh Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek. Berawal dari pengalaman Nadiem yang mengamati langsung bahwa banyak ojek yang menunggu penumpang di pangkalan, Nadiem berinisiatif membuat aplikasi yang memudahkan tukang ojek menemukan penumpang dan calon penumpang pun tak perlu lagi berjalan ke pangkalan.

Bukan hanya sekadar untuk mengantar penumpang saja, Nadiem berhasil membuat Go-Jek menjadi aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam memesan makanan di restoran, mengirim paket, sampai dengan menggunakan jasa pijat atau salon kecantikan secara praktis.

Cobalah untuk merenungkan permasalahan yang kamu atau orang di sekitarmu alami. Siapa tahu ‘masalah’ tersebut bisa menjadi ide bisnismu yang out of the box.

3. Adaptasi dari Kesuksesan Orang Lain

Adaptasi dari Kesuksesan Orang Lain

* sumber: www.wsj.com

Di Indonesia, ada banyak orang sukses dengan kisah perjalanan bisnisnya yang sangat inspiratif. Sebagai contoh, William Tanuwijaya – founder Tokopedia – tumbuh besar di keluarga sederhana. Beliau bahkan sempat bekerja paruh waktu menjadi penjaga warnet. Kecintaannya terhadap internet membuat William menemukan ide bisnis untuk mendirikan Tokopedia.

Siapa sangka, Tokopedia yang dahulu pernah ditolak oleh sejumlah investor kini menjadi perusahaan startup terbesar dan memperoleh gelar unicorn di Indonesia. Nah, kisah perjalanan bisnis William Tanuwijaya saat membangun Tokopedia ini bisa kamu contoh.

Dari mengamati kesuksesan bisnis orang lain, kamu bisa mencontoh bisnis serupa tapi dengan memberikan modifikasi yang membuatnya berbeda dan lebih menarik di mata konsumen. Intinya, kamu boleh mencontoh bisnis dan kisah suksesnya, tapi hindari menirunya sama persis karena bisnis yang serupa akan sulit laku di pasaran.

Amati bisnis orang lain dan berpikirlah out of the box untuk memodifikasi bisnis tersebut agar menjadi lebih menarik di mata konsumen.

4. Manfaatkan Peluang yang Ada

Manfaatkan Peluang yang Ada

* sumber: www.newhavenbiz.com

Kebanyakan orang gagal dalam berbisnis karena sibuk mencari modal usaha sebanyak-banyaknya untuk mengembangkan bisnis yang belum ia riset sebelumnya. Belajar dari kesalahan tersebut, kamu tak perlu sibuk mencari modal usaha dalam jumlah besar sampai menggadaikan aset yang kamu miliki.

Dalam berbisnis, usahakan menekan modal sekecil mungkin dan memaksimalkan pendapatan sebesar mungkin. Manfaatkan modal usaha tanpa agunan yang kini banyak ditawarkan oleh bank. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan peluang dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh perusahaan yang sukses dalam memanfaatkan peluang dari kehidupan konsumen-konsumennya adalah Unilever. Unilever terbukti telah menyiapkan semua kebutuhan konsumennya sejak bangun di pagi hari sampai hendak tidur di malam hari.

5. Berpikir Out of the Box

Berpikir Out of the Box

* sumber: www.jantomholidays.com

Kamu tidak akan menemukan ide bisnis yang unik dan ‘laku’ di pasaran jika saat ini kamu masih berpikiran sama dengan orang-orang kebanyakan. Jika kamu ingin mendapatkan bisnis yang kreatif, kamu pun harus berpikiran out of the box.

Pikiran yang sama dengan orang lain tidak akan menghasilkan ide bisnis yang kreatif. Jadi, setelah melakukan riset, mengamati tren, dan mengadaptasi kesuksesan bisnis orang lain, kini saatnya kamu meluangkan waktu untuk berpikir. Pikirkan ide-ide out of the box dari risetmu selama ini. Kalau kamu bertekad untuk menciptakan bisnis yang lain dari yang lain, maka pikiranmu juga akan keluar dari zona nyamannya.

Yuk, jangan takut untuk memulai bisnis! Namun, kamu juga jangan gegabah dalam berbisnis. Lakukan cara-cara di atas agar kamu bisa memperoleh ide bisnis yang inspiratif dan memiliki prospek yang bagus. Anda juga bisa mendapatkan ide-ide lainnya melalui “Blog Bisnis dan Investasi” ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *