Bacaterus / Tidur / Ingin Tidur Nyenyak Saat Sakit Gigi? Yuk, Coba 9 Cara Ini!

Ingin Tidur Nyenyak Saat Sakit Gigi? Yuk, Coba 9 Cara Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Setujukah kamu dengan pendapat yang mengatakan: “Lebih baik sakit hati, dari pada sakit gigi”? Kiasan ini menggambarkan bahwa sakit gigi memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, mau tidur pun rasanya susah saat gigimu terasa cenat-cenut.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi sakit gigi adalah berobat ke dokter gigi. Akan tetapi, bagaimana jika sakitnya terjadi pada malam hari saat klinik dokter gigi sudah tutup? Apakah itu artinya kamu harus begadang semalaman menahan sakit gigi? Tenang, Bacaterus akan memberikan cara sederhana agar kamu tetap bisa tidur nyenyak meskipun sedang sakit gigi, lho.

1. Kumur dengan Air Garam

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi berlubang, gigi yang hampir tanggal, atau penyakit di sekitar gusi. Pengobatan sakit gigi memang seharusnya dilakukan dengan bantuan dokter gigi. Namun, jika sakit gigi terjadi pada malam hari sehingga membuat kamu tidak bisa tidur, sebaiknya kumur saja dengan larutan air garam.

Air garam memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi. Untuk membuat larutan air garam sebaiknya gunakan air hangat. Pasalnya, kombinasi antara air hangat dan garam terbukti ampuh mematikan bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan rasa nyerinya.

2. Kompres Es

* sumber: www.orthodonticslimited.com

Nyeri yang ditimbulkan oleh sakit gigi memang bisa membuat seseorang jadi susah tidur. Agar kamu bisa tidur nyenyak meskipun sedang sakit gigi, sebaiknya gunakan kompres es untuk mengompres dari luar. Titik pusat sakit gigi umumnya berada di sekitar pipi. Jadi, kompres pipi kamu dengan menggunakan es batu.

Sensasi dingin yang dihasilkan es batu terbukti ampuh meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Sambil berbaring di tempat tidur, tempelkan kompres es batu ini di pipi. Walaupun tidak seratus persen menghilangkan rasa nyerinya, tapi setidaknya rasa nyerinya akan berkurang sedikit sehingga kamu bisa tidur.

3. Kumur dengan Obat Kumur Antiseptik

* sumber: www.jenbroyles.com

Pernahkah kamu berkumur dengan menggunakan obat kumur antiseptik? Obat kumur tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau mulut, tetapi kamu bisa juga memakai obat kumur ini untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Sebelum tidur, gosok gigimu terlebih dahulu dengan pasta gigi. Setelah membersihkan sisa pasta gigi dari mulut, berkumurlah dengan memakai obat kumur antiseptik ini selama 30-60 detik. Obat kumur antiseptik bekerja dengan membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

4. Tempelkan Koyo

* sumber: hellosehat.com

Masyarakat Indonesia tentu saja sudah akrab dengan koyo. Koyo merupakan obat luar yang ditempelkan pada bagian tubuh yang pegal linu atau terasa nyeri. Sensasi panas atau hangat yang dihasilkan oleh koyo mampu meredakan rasa sakit di bagian tubuh.

Ketika kamu mengalami sakit gigi menjelang tidur, jangan biarkan rasa nyeri pada gigi tersebut mengganggu tidur nyenyakmu. Tempelkan saja koyo ke pipi untuk meredakan rasa nyeri karena sakit gigi. Saat koyo berhasil mengurangi rasa nyeri di area pipi, maka kamu pun bisa kembali tidur dengan nyenyak.

5. Manfaatkan Minyak Cengkeh

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Selalu ada solusi untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk sakit gigi. Kali ini, kamu dapat memanfaatkan minyak cengkeh untuk menghilangkan rasa sakit gigi yang mengganggu tidur.

Minyak cengkeh ini diteteskan sedikit ke kapas, bila perlu gunakan kapas yang memang khusus dirancang untuk bagian dalam mulut. Gunakan gigi yang sakit untuk menggigit kapas yang sudah diberi minyak cengkeh tadi. Biasanya rasa sakit gigi yang kamu derita akan segera hilang setelah menggigit kapas yang sudah diberi minyak cengkeh.

6. Tekan pada Titik Hoku

* sumber: inginsehat-selalu.blogspot.com

Apabila semua cara yang sudah kami berikan tak cukup mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi, maka sebaiknya kamu menekan titik hoku, suatu area yang berada di dekat punggung tangan. Pemijatan pada titik hoku ini terbukti ampuh untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, sampai dengan sakit leher.

Tekan titik hoku ini sambil diberi pijatan ringan. Rasa sakit memang tidak langsung hilang seketika, tetapi dalam hitungan menit sakit gigi yang menyiksa akan terasa berkurang.

7. Atur Posisi Tidur

* sumber: www.rd.com

Usut punya usut, ternyata posisi tidur bisa menentukan kenyamanan tidur ketika kamu sedang mengalami sakit gigi. Posisi tidur yang benar dapat sedikit mengurangi rasa nyeri pada area gigimu, lho. Nah, berikut ini adalah posisi tidur yang sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit gigi:

  • Telentang

Saat sakit gigi, sebaiknya tidurlah dengan posisi telentang dengan 2-3 bantal. Bantal yang tinggi akan membuat rasa nyeri di gigi sedikit berkurang. Telentang juga dapat mengurangi tekanan pada bagian kiri dan kanan pipi yang notabene adalah area pusat sakit gigi.

  • Miring ke Arah Berlawanan

Kalau sakit gigi yang kamu rasakan berada di sebelah kiri, maka sebaiknya tidurlah dengan posisi miring ke kanan. Namun, jika sakit gigi terasa di sebelah kanan, tidur saja dengan posisi miring ke kiri. Pokoknya, kamu harus menghindari tekanan di area yang sedang mengalami sakit gigi.

Posisi tidur memang tidak akan menghilangkan rasa nyeri karena sakit gigi. Namun, setidaknya posisi tidur yang benar tidak akan memperparah rasa nyeri di gigi. Kami menyarankan Anda untuk tetap menggunakan cara lain untuk meredakan sakit gigi saat tidur.

8. Minum Obat Pereda Nyeri

* sumber: www.netdoctor.co.uk

Rasa sakit tak tertahankan akibat sakit gigi memang susah ditahan. Sekuat apapun kita menahan rasa sakit tersebut, pasti pada akhirnya tidur kita jadi sangat terganggu. Agar tidurmu lebih nyenyak ketika sakit gigi tak bisa diajak kompromi, minumlah obat pereda nyeri yang banyak dijual di pasaran.

Dewasa ini, sudah banyak apotek yang buka selama 24 jam. Jadi, kamu tak perlu khawatir mencari obat pereda nyeri pada malam hari. Mintalah pada petugas apotek obat nyeri yang benar-benar bekerja secara cepat sehingga kamu bisa kembali tidur dengan pulas.

9. Kunyah Bawang Merah

* sumber: cleavercooking.com

Butuh pertolongan pertama untuk atasi sakit gigi yang terjadi saat malam hari? Cobalah pergi ke dapur untuk menemukan bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa menjadi solusi yang mujarab untuk mengatasi sakit gigi sehingga kamu bisa kembali tidur.

Ambil bawang merah satu butir, lalu kupas kulitnya sampai bersih. Potong bawang merah menjadi dua bagian, lalu kunyah bawang tersebut. Fokuskan mengunyah pada bagian gigi yang sakit. Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang berguna untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi.

Cara-cara di atas hanya berguna untuk mengatasi sakit gigi sementara waktu saja. Cara ini sebaiknya dilakukan ketika kamu merasakan sakit gigi tak tertahankan pada malam hari menjelang tidur. Keesokan harinya sebaiknya kamu segera mencari dokter gigi untuk mengobati sakit gigimu.

 

Hindari menggunakan cara di atas untuk mengobati sakit gigi. Pada dasarnya, cara-cara ini hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri saja, tapi tidak mengobati masalah yang menyebabkan kamu sakit gigi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *